Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2” as Want to Read:
Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2

3.7  ·  Rating details ·  5,024 Ratings  ·  292 Reviews
Paperback, 412 pages
Published 2007 by Republika - Basmala
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ketika Cinta Bertasbih, please sign up.

Be the first to ask a question about Ketika Cinta Bertasbih

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Seno Pamungkas
Mar 13, 2008 rated it it was amazing
Novel yang gak kalah bagus dengan novelnya Kang Abik yang Ayat-Ayat Cinta…
Novel inipun memberi pemahaman Islam yang mendalam dan menghujam ke qolbu.
Awalnya saat saya membeli novel ini, sempat sedikit bingung, kok dituliskan episode 2 ? Padahal saat itu di deretan buku-buku best seller gak ada yang episode 1. Ah, saya pikir mungkin ini maksudnya adalah cetakan ke-2 (gak nyambung....^_^). Namun setelah saya tanyakan ke temen-temen MP, yang sudah mengikuti novel ini, ternyata memang saya sok tahu.
...more
Yaya
Category: Books
Genre: Romance
Author: Habiburrahman El Shirazy

Jumlah halaman: 412
Penerbit: Penerbit Republika
Resensor: Nahria Medina Marzuki

Setelah buku Ayat-ayat Cinta, saya tidak terlalu menggubris karya-karya Habiburrahman (yang akrab dipanggil Kang Abik ini) lainnya. Sebut saja Ketika Cinta Berbuah Surga, Di Atas Sajadah Cinta, bahkan Ketika Cinta Bertasbih (KCB)yang pertama juga luput dari bacaan saya. Tapi karena Sabtu kemarin saya ikut hadir dalam bedah buku ini dan setelah Kang Abik me
...more
Fathimah
Jun 02, 2008 rated it liked it
Recommends it for: everyone
Setelah baca KCB 1, aku pun jatuh cinta. Sampai aku bela-belain minta adikku di Indonesia ngirimin buku itu ke sini (Madinah).

Tapi baca KCB 2, agak jatuh kecewa nih.. Padahal aku dah bela-belain begadang loh untuk membacanya sampai akhir.. :p

Karenaaaaa,,,
Hampir ga ada lagi nuansa Mesirnya. Padahal itu salah satu poin yang aku suka dari KCB 1.

Beberapa kisah-kisah di KCB 1 ga tergarap lanjutannya apa? Seperti kisah cinta Fadhil, juga kisah cinta Hafez. Dan yang aku penasaran bgt, hubungan Sara Zif
...more
Nicegreen
Feb 15, 2008 rated it liked it
Di buku KCB 1, Kang Abik berhasil membuat pembacanya seolah-olah berada di Negeri 1000 Menara, Negeri Para Nabi, Negeri Mesir. Di buku itu pula diceritakan mengenai perjuangan para mahasiswa & mahasiswi Indonesia dalam menuntut ilmu di Negeri Para Nabi tersebut seperti review (http://nicegreen.multiply.com/reviews...) yang saya buat.

Di buku ini, Kang Abik lebih banyak mengangkat Kota Solo dan Pesantren Daarul Qur'an atau yang lebih dikenal dengan Pesantren Wangen yang diasuh oleh Kiai Lutfi.
...more
Izza Hima
Apr 20, 2013 rated it it was amazing
BAB I
RESENSI NOVEL
1.UNSUR EKSTRINSIK
1.2.Nama Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
1.3.Riwayat hidup : Habiburrahman El Shirazy adalah sarjanaAl Azhar Uneversity Cairo. Dan Pengasuh Utama Pesantren Karya dan Wirausaha BASMALAH INDONESIA, yang berkedudukan di Semarang, Jawa Tengah. Ia di kenal secara Nasional sebagai dai, novelis, dan penyair. Beberapa penghargaan bergengsi pernah di raihnya, antara lain Pena Award 2005,The Most Favorite Book An Writer 2005,dan BF Award 2005. Tak jarang ia di und
...more
Dewi
Mar 30, 2011 rated it liked it
Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Al Azhar, Cairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya meninggal, sebagai anak tertua dalam keluarganya, dialah yang menanggung kehidupan keluarganya di Solo. Oleh karena itu, selain sebagai mahasiswa, dia juga bekerja ker
...more
Gobokairina
Aug 25, 2010 rated it it was amazing
Shelves: koleksi-ga
Kali ni sekuelnya berkisar tentang kehidupan Azzam sekembalinya ke Indonesia. Cerita tentang keluarga Azzam khususnya. Secara peribadi ia kurang menyengat. Barangkali disebabkan kedudukan Azzam sebagai tunjak utama dibayangi dengan kehadiran watak-watak kaum Hawa di sekelilingnya atau mungkin aku lebih suka dengan cerita Azzam di bumi para anbia.

Bermula dengan Eliana – perasaan puteri Pak Durbes yang semakin condong padanya. Dari perasaan yang biasa-biasa dia kemudiannya makin mengagumi sikap de
...more
puTri
Feb 24, 2008 rated it it was amazing
Recommends it for: titiz
U/ yg blm pernah baca buku ini tp penasaran mw tau kelanjutan film kcb 1, kenapa ga baca dulu aja siy...(he..he..promo) singkatnya, setting ceritanya ga lagi d timur tgh tp sepenuhnya d indonesia. Furqon akhirnya memutuskan menikah dgn anna walaupun sblmnya ragu krn khawatir dirinya bnr2 tertular HIV (egois ya) tp ya selama menikah ia pun g berani menyentuh anna. Anna blm tau mslah ini. Trus, azzam jg sempat mau menikah dgn seorang dokter (lupa namanya) tp krna dia mngalami kclakaan yg mnybabkn ...more
Anggia
Dec 19, 2008 rated it did not like it
Shelves: indonesia
Buku pertama gak suka, yang buku keduanya juga aku gak suka. Napa coba terus baca? Penasaran hehe. Tapi pas udah bacanya jadi kecewa banget.

Itu si anna egois banget sih jadi perempuan. Trus yang dimaksud perawan ama perjaka itu apa sih sebetulnya, kok kayaknya buat autor pengertian perawan dan perjaka itu saklek banget yah? Kan kasian aja para wanita atau laki2 yang terenggut keperawanannya atau keperjakaannya karena musibah.

Si Furqan malang banget nasibnya, emang si dia boong, gak bilang2 kalo
...more
edrian
Mar 09, 2008 rated it did not like it
tuk para penggemar kcb 2 i'm really sorry..
tapi dibandingkan dengan KCB 1 ini bener2 gak sesuai harapan,di kcb 1 ada konflik2 yang emang menarik en tentunya kita menanti penyelesaian yg menarik juga di seri ke-2 yang sepertinya berakhir biasa2 saja dan tentunya..dipaksakan..(especially when furqan's email in the last chapter)
Dengan seting yang beda dan konflik2 yang ada dari kcb1 sepertinya tokoh2 seperti berseliweran aj..gak ada pendalaman en sangat gampang ditebak
en penyelesaian masalah2 yang
...more
Yuanita Alamsyah
Novel yang diberi tema Dwilogi Pembangunan Jiwa ini adalah penuntasan dari kisah tokoh-tokoh yang digambarkan pada KCB 1.
Misalnya tokoh Azzam, Furqon, Anna dan Elliana. Pada episode 2 ini dikisahkan tokoh yang hanya disebut di buku pertama yaitu Ayatul Husna adik kandung dari Azzam.

Banyak aqidah dan fiqih yang diselipkan pada buku ini, membuat kita lebih peka lagi terhadap perbuatan dan perkataan yang sering kita lakukan dan lontarkan sehari-hari.

but I really like the 1st book.

y
Imas
Oct 12, 2009 rated it really liked it
Shelves: fiction
Buku kedua serial Ketika Cinta Bertasbih. Terbirit-birit membaca buku ini karena kabar rilis filmnya akan segera beredar di bioskop-bioskop kesayangan anda.

Fokus cerita tentang azzam, yang pulang kekampung halamannya setelah menyelesaikan kuliah. Masih belum dapat kerja, kembali jual bakso di Indonesia, namanya bakso cinta (apa sih...).Mencari-cari perempuan untuk dinikahi dan akhirnya siapakah...bagaimanakah...

Intinya perjalanan cinta Azzam yang berliku-liku akhirnya menikah juga dengan gadis i
...more
Neeya
Jan 14, 2008 rated it it was amazing
Shelves: indonesian
God do his things in myterious way....
Faizatul
Apr 18, 2013 rated it really liked it
Judul : Ketika Cinta Bertasbih 2
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Percetakan : PT.Gramedia, Jakarta.
Penerbit : Republika
Tebal : 414 halaman
Melukiskan kisah dua insan laki-laki dan perempuan yang sebenarnya saling mencintai, namun untuk mereka menyatu membutuhkan banyak halangan dan rintangan sampai akhirnya mereka menyatu. Perempuannya bernama Anna Althafunnisa putri seorang Kyai pengasuh utama Pesantren Daarul Quran yang terletak di tengah-tengah desa Wangen, Polanharjo, Klaten yang biasa di p
...more
Alif
Mar 24, 2011 rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Dyah
Mar 25, 2011 added it
Abdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.

Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Wit Wit
Dec 03, 2015 rated it it was amazing
Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Universitas Al Azhar, Kairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya meninggal, sebagai anak tertua dalam keluarganya, dialah yang menanggung kehidupan keluarganya di Solo. Oleh karena itu, selain sebagai mahasiswa, dia juga
...more
Ariz
Apr 02, 2011 added it
Judul
Ketika Cinta Bertasbih - Habiburrahman El Shirozi
Berbeda dengan karya sebelumnya, terutama Ayat Ayat Cinta, yang mengeksplorasi kisah seorang mahasiswa yang haus ilmu, novel Ketika Cinta Bertasbih, mengeksplorasi sosok mahasiswa yang berjiwa entrepreneur. Jadilah novel ini sebuah novel yang penuh dengan spirit entrepreneurship.
Jiwa entrepreneneurship seorang Habiburrahman nampak sangat kuat dan diwujudkan dalam tokoh utama. Perjalanan panjang tokoh utama, yang penuh dengan lika liku dunia
...more
Irawan Setiabudi
Apr 06, 2011 rated it it was amazing
Novel karya Habiburrahman El Shirazy yang brjudul Ketika Cinta Bertasbih 2 sangat menarik untuk dibaca. Tidak hanya saya, tapi banya remaja yang sangat suka Novel ini. Menurut saya, kandungan dan nilai pada Novel ini sangatlah banyak dan berbobot. Novel yang banyak halamannya hampir 1 eksemplar, lebih tepatnya 434 halaman ini, mempunyai cover yang menarik dengan gambar masjid dan warna hijau semburat kuning, membuat mata tidak jenuh.Penerbit novel ini adalah Republika dan harganya pas dikantong ...more
Lutfi Mufarida
May 07, 2013 rated it really liked it
1. Identitas Buku

Judul Buku : Ketika Cinta Bertasbih episode 2
Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Replubika
Tahun Terbit : Cetakan ke-1 November 2007
Jumlah Halaman : 412 halaman

2. Sinopsis

Novel ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang bernama Azzam dan seorang perempuan yang bernama Anna.Didalam novel ini Azzam menjadi seorang yang mandiri,tidak mudah menyerah,dan terus maju untuk untuk meraih anugrah Allah.Sedangkan Anna menjadi sosok yang islami,sholehah,patuh pada orang tua d
...more
Risky Bustami
Tengah malem erbe selesai baca, bener2 malem penuh isak tangis (maaf kalo rada lebay, ini beneran), bacanya sambil denger lagu, eh kok ya pas banget playlist muternya lagu2 melow & galau, nambah2 dah mewek wkwk, ampun dehh, bener2 deh emosi diuji pas baca klimaksnya, ujian buat kluarga Mas Azzam berat banget:"""
Ada dua hal yg buat erbe kagum dan semangat buat ga berenti2 baca karya Kang Abik ini.
Pertama, unik, karena nyeritain tentang Mas Azzam yg bener2 wirausahawan sejati, berani untuk kre
...more
Limau Nipis
Oct 22, 2008 rated it really liked it
Harus diingatkan KCB2, settingnya bukan di Cairo seperti buku KCB1, tetapi di Indonesia. Jadi, haruslah kita lupakan kisah Fadhil dan cintanya yang tidak kesampaian. Atau kisah Hafez yang ingin menyunting adik Fadhil, Cut Mala.

Buku ini sebenarnya dilihat melalui kacamata mereka yang sudah kembali ke Indonesia seperti Khairul Azzam, Anna Althafunnisa dan Furqan.

Ternyata, penulis pandai menyambung rentak yang tidak berkesudahan di KCB1. Azzam hanya muncul dalam KCB2 bermula dari Bab 7. Bab-bab awa
...more
Vivaldi
Apr 24, 2008 rated it liked it
Shelves: fiction
Jika dibandingkan dengan novel Ayat-ayat Cinta (AAC), buku ini satu tingkat di bawahnya. Tidak ditemukan simbolisasi yang brilian seperti dalam AAC, misalnya kehausan sang tokoh pada ilmu, sampai-sampai bermimpi bertemu Abdullah Ibn Mas’ud untuk menanyakan beberapa hal mendasar dalam disiplin ilmunya. Atau juga pergolakan keyakinan Maria yang digambarkan oleh pertemuannya dengan Bunda Maria di pintu surga.

Plot cerita cenderung datar, rasanya cuma menggambarkan ‘meshy polygon love’. Hampir selur
...more
Indah Hilmiyati
Apr 18, 2013 rated it really liked it
Resensi novel Ketika Cinta Bertasbih 2

Judul : Ketika Cinta Bertasbih 2
Penulis: Habiburrahman El Shirazy

Novel kedua dari Ketika Cinta Bertasbih ini menceritakan kehidupan Azzam setelah pulang dari Kairo. Di sini kita akan lebih dikenalkan kepada tokoh-tokoh yang dibilang lama tetapi belum terlalu sering muncul seperti Husna, Lia, Buk e, juga masih banyak tokoh-tokoh baru lainnya.
Dalam novel ini kita akan dikenalkan mengenai tata krama atau aturan pergaulan antar lawan jenis dalam islam. Juga pe
...more
Fadilah Tahir
Feb 06, 2011 rated it really liked it
Lanjutan daripada KCB 1, KCB 2 diteruskan lagi dengan pencarian azzam menemukan calon belahan jiwanya.
banyak wanita solehah yang ditemukan azzam, tetapi ada sahaja masalah dan alasan untuk menyebabkan azzam tidak berjodoh. akhirnya azzam bertemu seorang wanita, lalu dipersetujui ibunya dan mereka pun bertunang.
dalam tempoh pertunangan beliau, azzam dan ibunya ditimpa kecelakaan menyebabkan ibunya meninggal. Azzam pula terlantar dihospital selama 6 bulan kerna kecederaan kakinya.

Dalam tempoh itu,
...more
Dayat
Aug 18, 2008 rated it it was amazing
There are too many character in the first sequel but still for me it is better than the second.

I took one week to finish the first novel and went on full throttle (maybe have skipped one or two pages) for the second novel on Sunday Morning, Maroon 5.

A story about Khairul Azzam an excellent student and he was the only Indonesian who scored jayyid jiddan (excellent grade) in the first year in Al Azhar. Unfortunately not long after that his father died because of an accident. He have 2 little siste
...more
Risvank
Feb 19, 2008 rated it it was amazing
Sebelumnya saya telah banyak mendengar tentang karya-karya abik.. ya karena blom ada waktu luang saja maka blom smpat beli bukunya.. Buku yang pertama ayat-ayat cinta saya belum membaca. Cuma kemaren ada waktu luang saya coba baca KCB (Ketika Cinta Bertasbih).

Setelah membaca saya langsung jatuh hati pada buku ini..
Saya merasa sangat iri dengan Azzam, karena dengan segala keterbatasannya mampu melalui segala cobaan hidupnya...

Sedang saya merasa selama ini telah banyak menyiakan hidup, membuang w
...more
Janthi
Jun 19, 2008 rated it liked it
Salut dengan pendalaman materi mengenai tempat2 sebelum penulisan buku ini. Sampai pakai satuan kilometernya segala! Sampai penasaran apa pesantren wangen itu betul2 ada. Yang agak menjengkelkan justru pada ulasan2 tempat seperti Jalan Slamet Riyadi dan serangan "oemoem"nya. Kadang-kadang info2 bersejarahnya terasa banget dipaksainnya. Ada satu hal lagi yang agak mengganggu. Pemakaian gramatika bahasa indonesia-nya itu lho. Pemakaian kata "di" atau "ke" jadi gak jelas sebagai kata depan atau imb ...more
Akhi & Ukhti
Jul 24, 2008 rated it it was amazing
KCB2 (ketika cinta bertasbih 2) merupakan lanjutan buku pertama (judulnya sama) dan kebetulan saya bacanya berurutan (1 s/d 2) tanpa jeda (tancap gas... terus). Cerita pada buku ini lebih rumit dibandingkan ayat ayat cinta, dan tentunya lebih baik.

tokoh utamanya yaitu azzam mahasiswa 'abadi' universitas al-azhar mesir, tetapi banyak peran penting teman-teman dan keluarga azzam yang tidak hanya sebagai figuran saja tapi memiliki porsi cerita yang cukup banyak.

call me a sheep! coz beri rating '5
...more
Aqila Safira
May 07, 2013 rated it really liked it
1.Identitas Buku:
ISBN : 978-979-1102-13-1
Judul buku :KETIKA CINTA BERTASBIH
Penulis :Habiburrahman El Shirazy
Editor :A.Mujib El Shirazy,A. Basith El Qudusy
Desain Sampul :Abdul Basith El Qudusy ( Basmala-Art)
Percetakan :Tama Printer Indonesia
Jumlah Halaman :414 halaman
Ukuran buku : 20,5 cm x 13,5 cm
Tahun Terbit : Tahun 2007
Penerbit :Replubika

2.Resensi Buku
Kelebihan dari buku ini adalah pada cerita ini mengandung pesan dan motivasi yang sangat berguna bagi pembacanya.Terutama sifat-sifat
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
susah dapetnya 7 38 May 31, 2016 05:59PM  
  • Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
  • Negeri 5 Menara (Negeri 5 Menara, #1)
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Tautan Hati
  • De Winst
  • Salju Sakinah
  • Agar Bidadari Cemburu Padamu
  • Secangkir Teh Pengubat Letih
  • Surat Ungu untuk Nuha
  • Cinta di Ujung Sajadah
489970
Kang Abik, demikian novelis ini biasa dipanggil, adalah sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dikenal sebagai dai, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai kental nilai Islaminya dan mendorong semangat para pembacanya.

Selama di Kairo, kang Abik banyak menul
...more
More about Habiburrahman El-Shirazy...

Share This Book