Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “The Chronicles of Audy: 21” as Want to Read:
The Chronicles of Audy: 21
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

The Chronicles of Audy: 21

(The Chronicles of Audy #2)

by
4.28  ·  Rating details ·  1,931 ratings  ·  279 reviews
Hai. Namaku Audy.
Umurku masih 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja,
sampai aku memutuskan untuk bekerja di rumah 4R.

Aku sempat berhenti, tapi mereka berhasil membujukku untuk kembali setelah memberiku titel baru: "bagian dari keluarga".

Di saat aku merasa semakin akrab dengan mereka,
pada suatu siang,
salah seorang dari mereka mengungkapkan perasaannya kepadaku.

Aku tidak
...more
Paperback, 308 pages
Published July 2014 by Penerbit Haru
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

Showing 1-30
4.28  · 
Rating details
 ·  1,931 ratings  ·  279 reviews


More filters
 | 
Sort order
Lona Yulianni
GOSH! Suka banget sama kisahnya si Audy Nagisa ini, baik di buku 1 ataupun di buku 2 ini! Memang kedengeran sinetron banget, tapi sekali lagi di tangan Orizuka semua jadi rasanya asyik. Lucunya dapet banget, belum lewat halaman ke 50 udah berapa kali saya ketawa ngakak gara-gara kelakuan Rafael yang kecil-kecil cerdas dan Audy yang harus menahan gondok menghadapi Rafael ini.

Spoiler alert, anyway. Gak tahan banget kalo ga spoiler abisnya.

Well, Audy udah resmi jadi pengasuh Rafael anyway. Skripsin
...more
Alvi Syahrin
Jun 26, 2014 rated it really liked it
Sejujurnya, baru benar-benar tertarik ketika (view spoiler)
Lalu, sekarang, saya berusaha menebak-nebak apa yang akan terjadi di buku ketiga:
1. Regan (view spoiler)
2. Audy yang benar-benar harus pulang karena jangka enam bulan itu telah habis dan kuliahnya pun sudah lulus. Bakal jadi perpisahan yang sangat berat.
3. Mungkin, mungkin, ada salah satu R yang mengajak Audy pulang
...more
Ramadhania
Jul 25, 2014 rated it it was amazing
sebelum menulis panjang lebar, aku pengin menyatakan satu harapan saja untuk Orizuka dan Penerbit Haru.

supaya kalau memungkinkan, seri selanjutnya terbit nggak harus nunggu bulan puasa tahun berikutnya. nggak harus nunggu setahun lagi setidaknya. *pasang mata berbinar2 penuh harap* *pembaca nggak sabaran* X) apalah daya, kronik Audy ini nagih banget.


aku bisa baca buku ini lumayan susah. aku pesan lewat toko buku online. pertama diantar dapat yang cacat produksi, dan penukaran bukunya butuh waktu
...more
Nur Saidatunnisa Widiatti
Jul 28, 2014 rated it really liked it
"Nggak perlu diterima. Nggak perlu ditolak. Cukup untuk kamu ketahui" - Rex Rashad.

Satu quote itu saja sudah cukup untuk mencintai cerita 4R1A / 21. Karena, bukankah sebenar-benarnya cinta adalah untuk diungkapkan dan diketahui. Tanpa istilah diterima atau ditolak. Karena, cinta sesungguhnya universal dan sederhana.
Brenda
3,5 bintang

yuppp kak Orizuka selalu membuat buku yang berakhir sesuai harapan gue!! hahaha. Kenapa gue kasih 3,5 bintang? gue ngerasa ada yang kurang aja, semua berasa cepet banget, gak nyangka udah abis aja (300 hlm) padahal gue udah nungguin ini buku kurang lebih setahunan T_T yang pantes dong kalo gue minta akhir yang lebih panjang xixixi.

Okee jadi Audy diijinin orangtuanya buat tinggal di rumah 4R sampe skripsinya selesai. Audy seneng banget dong ya, apalagi dia dianggap jadi "bagian dari ke
...more
Hidya Nuralfi Mentari
Jun 26, 2014 rated it it was amazing
|"Sebenarnya, arti "bagian dari keluarga" itu apa, sih? Aku bahkan ingat ekspresi sendunya saat mengatakan itu. Yang tidak kuingat adalah arti kata "bagian dari keluarga" itu sendiri, karena dia memang tidak pernah menjelaskannya."|


Sebulan setelah kembali tinggal di rumah 4R dengan label baru "bagian dari keluarga" mau tak mau membuat Audy Nagisa memikirkan hal itu matang-matang. Sebab, ada banyak hal yang setelah Audy pikir-pikir, sebutan 'keluarga' terhadap 4R tak begitu pantas disandangnya ka
...more
Rido Arbain
Jun 28, 2014 rated it really liked it
Karena sudah banyak yang membandingkan buku ini dengan buku pertamanya, jadi aku mau bilang: aku suka dua-duanya!
Yah, walaupun di sini porsi lugunya Audy nggak terlalu bikin ceritanya jadi lucu banget kayak yang sebelumnya.

Kalau kata anak zaman sekarang, novel ini lebih banyak 'drama'. Kronik Audy cenderung ke konflik hati (apalagi setelah makin intim dengan salah satu R).

Selain terhibur dengan omel-omelan Audy yang penuh cerocos, kadang juga ada bagian-bagian yang bikin terenyuh. Misalnya, pa
...more
Eva
Jun 26, 2014 rated it it was amazing
Lebih suka buku keduanya ^^
Entah kenapa saya malah lebih sering tertawa membaca buku yang ini ketimbang yang pertama (yang itu banyak bikin senyun-senyun). Rasanya lebih lengkap. Lucu dan sangat mengharukan. Rasa kekeluargaannya kental. Bagian-bagian Rafael kena banget. Mungkin juga karena dekat dengan kehidupan saya XD Sampai dua kali nangis :')

Ditunggu buku ketiganya, Ori.
Eka Masih SMA
Aug 10, 2014 rated it liked it
Nyaris speechless sebenarnya..

Selesai baca buku ini, aku hanya bersandar ke dinding (sepertinya lagu menghela oksigen sejenak). Merenungkan semuanya yang terjadi (dalam kehidupan Audy dan 4R)..

Tapi satu hal yang pasti! Aku girang mampuusssss dengan percintaan antara Audy dengan salah satu R. Dan memang itu yang kuinginkan! Aku memang ngarep banget ada something special di antara dua orang ini!! Hahahaha.. alhamdulillah.. dikabulkan Tuhan (tepatnya sih penulisnya ya..hihi). Walau masih sangat kur
...more
Maulida Puteri
Jun 30, 2014 rated it it was amazing
Yang nembak audy itu ternyata si R..... Yang jelas bukan R4 ya :p Aku dari dulu yakin pasti yang nembak audy itu si R-sekian, karna dia itu yang hubungannya paling kagok gitulah sama audy, dan dia meninggalkan bumbu-bumbu romansa di seri #audy4r. Kalo masalah R-yang lain kepribadiannya kurang ditekankan, dibuku ini emang lebih di penyet-atau begitulah istilahnya- tapi sebagai bagian keluarga. Pasti taukan siapa yang nembak audy ^^. Aku yakin cinta R-sekian itu pasti diterima, pasti. Tapi sayangn ...more
Lelita P.
Jun 04, 2016 rated it really liked it
Sensasi membaca buku kedua ini masih semenyenangkan yang pertama, bahkan di sini nuansanya lebih dodol, lebih emosional, dan lebih banyak adegan menyentuh hati. :') *peluk Rafael* Perasaan Audy lebih terasa di sini. Sayangnya saya merasa akan lebih seru kalau ada tokoh luar baru yang bisa menjadi subplot, misalnya senior atau junior Audy di kampus yang naksir dia. Jadi ceritanya tidak hanya berpusat pada 4R1A, yang saya rasa sudah lumayan cukup di buku pertama sebagai arc pembuka. (Oke, saya keb ...more
Haris Firmansyah
Jul 21, 2015 rated it really liked it
Sekarang saya tau arti 21 yang jadi judulnya.

Hmm. Saya lebih suka yang pertama. Tapi buku kedua ini lebih bikin penasaran sih. Saya pengen baca buku ketiganya! Ini serial yang enak untuk diikuti.
Nike Andaru
May 03, 2018 rated it really liked it
Shelves: fiksi, seri-lanjutan
Lanjut baca buku kedua kronik kehidupan Audy Nagisa.

Akhirnya Audy tetap tinggal di rumah 4R. Rafael udah mulai suka lagu anak-anak, Rome ternyata punya fobia, Regan akhirnya naik tingkat asmaranya. Lalu Rex? cowo 17 tahun itu jatuh cinta.

Ah, padahal saya berharapnya Audy deket sama R2, dibalik ketengilan Romeo, dia pasti lelaki yang unik kan ya? 😁

Dibuku kedua ini kok rasa sakit hatinya kerasa banget ya, sampe sedih deh di seperempat bagian akhir.
Stefani
Masih seru mengikuti kronik hidup Audy setelah menjadi bagian 4R. Udah keduga dari buku 1 kalau dari 4R yang 2 itu bakalan jadi saingan cinta buat Audy, tapi udah feeling kapalku kandas dari buku 2 ini 😂😂 . Kepengen baca lanjutan buku 3 nya tapi masih maju mundur untuk baca nya. Maybe, baca nanti setelah perasaan nyesek kapal yang karam ilang 😅😅😂
Seffi Soffi
Dec 14, 2018 rated it really liked it
Di bukuu, ini gemes-gemes sedih gimana gitu. Ah, sabar yaa Au! Tapi tetep sukaa sih sama kehebohan keluarga 4R ini!
Ira Booklover
Oct 29, 2016 rated it really liked it
"Oke," kataku lagi, mencoba untuk tidak sakit hati.
Aku tidak boleh menyerah hanya karena satu-dua komentar pedas.
Keluarga tidak menyerah atas satu sama lain.---hlm. 40


The Chronicles of Audy buku kedua, sama kocaknya dengan buku pertama XD. Kelakuan Audy itu loh, bikin ngakak.

Ternyata semua buku di seri ini, selain cover-nya yang cakep, pinggiran halamannya juga ber-blink-blink ya. Saya sampai melongo saat membuka paketnya (saya beli online keempat-empatnya sekaligus); mereka cantik sekali. Saya
...more
Ayu Lestari Gusman
Jun 22, 2017 rated it it was ok
kurang suka yang ini....
Sista Sulistiyawati
May 22, 2015 rated it really liked it
Novel ini merupakan kelanjutan dari novel The Chronicles of Audy 4R. Masih mengisahkan tentang kronik seorang Audy. Seorang Audy sempat berhenti dan meninggalkan kediaman 4R. Namun, 4R berhasil membujuk dan membuat Audy kembali. Setumpuk kata-kata rayuan diungkapkannya pada si Audy, sampai pada akhirnya 4R memberikan gelar kepada Audy “bagian dari keluarga”.

Berawal dari gelar baru itu akhirnya Audy semakin hari semakin akrab dengan 4R. Dan di saat sudah seakrab itu, salah satu dari 4R mengungka
...more
Yunia Damayanti
Buku kedua ini tidak se-page turner buku pertama. Jadi aku kasih bintang 3 aja yaaa.

Masih berkisah tentang "petualangan" Audy Nagisa bersama 4R, yang mana cerita semakin kompleks ketika Rex menyatakan ketertarikannya kepada Audy. Ditambah ada Maura (tunangannya Regan) yang sudah siuman dari koma selama dua tahun itu.

Aku bukannya tidak menyukai cerita The Chronicles of Audy: 21, hanya saja aku berekspektasi ke cerita yang lebih kompleks dan mendalam. Bukan hanya mengulang cerita yang menurut aku
...more
Pippo
Aug 16, 2014 rated it it was amazing
HUEEEE. Saya kasi 5! Nggak rela ini novel tamat. Kami dari aliansi(?) cewek pecinta brondong (Rex, maksudnya) masih menginginkan yang lebiihh (sounds ewww yaa)

Beneran dah, saya terpesona sama kak Orizuka. Sebenarnya kalau dipikir-pikir ceritanya biasa aja. Tentang cewek yang kurang beruntung hidup dengan cowok-cowok tampan. Tapi dengan olahan dari sang penulis novel ini sukses bikin perasaan saya teraduk-aduk.
Mulai dari Audy yang akhirnya (katanya) diterima menjadi bagian 4R. Rafa yang kian lam
...more
Iklima Bhakti
Jul 06, 2014 rated it it was amazing
Oh maii gaaatt!!
Aku ngeduluin baca dari yang punya buku, ehehe :D
Dan tentu aja aku gak salah dengan 5 bintang itu. Bener-bener bikin kesengsem.
Kocaknya masih tetep. Kejutan-kejutan yang muncul bikin mata terbelalak dan teriak histeris. Rafael tambah pinter aja ya, ahaha :D
Ya ampun!!
Rex!! Awalnya aku udah curiga dengan sikapnya ke Audy yang rada ajaib itu. Tapi, memang tidak disangka-sangka dia yang punya kejutan :D
Semakin ke dalam ternyata sikap cuek Rex yang bikin aku jatuh hati, hihihi
Aku suka
...more
Abdul Azis
Jun 26, 2014 rated it liked it
gue pengen punya ade kaya RAFAEL !!! berhubung gue anak bontot alias bungsu alias terakhir, yang paling gue suka dinovel terusan audy ini ya chemistry dan adegan antara audy sama rafael. entah kenapa sepertinya mba ori *sok kenal* menuliskan adegan yang berulang-ulang seperti kejadian memasak dan makan (gue itung ampe 5x lebih) yang bikin gue bingung sebenernya si audy ini kerjaannya dirumah itu cuman masak? pas selesai baca buku pertama, gue punya idea atau bayangan kalo novel kedua pastinya le ...more
Odet Rahmawati
Apr 21, 2015 rated it liked it
Audy di buku pertama kelucuannya lebih natural dibandingkan di buku kedua ini. Apalagi pas bagian ke sekolah Rex dan manas-manasin temannya. ✌ Namun dari keseluruhan ceritanya, saya cukup menikmati. Apalagi di bagian-bagian Rafael yang belajar untuk bersikap lebih baik, juga mulai mengenal lagu anak-anak. Pastinya tidak mudah menghadapi pemikiran anak kecil, apalagi sekian tahun hanya hidup dengan tiga kakaknya yang seringkali, sibuk sendiri-sendiri. Konon akan ada buku ketiga, jadi dengan senan ...more
Adethia Apriliyani
Nov 28, 2014 rated it it was amazing
membaca novel ini membuat saya terlarut pada kisah cinta audy dan rex. bahkan, novel ini berhasil membuat saya jatuh hati pada sosok rex dan menyukai parfum peppermintnya (bahkan aku gatau wangi parfumnya) haha
Cindy Irvida
Aug 26, 2015 rated it it was amazing
Satu hal tentang buku ini; SINDROM TANTE-TANTE! ya ampun apaan ngingetin aku pas jaman nyekripsi bulan-bulan kemarin, dan juga tentang kebiasaanku fangirling in Thomas Brodie-Sangster ria di umurku yang sudah kepala dua -_-
Rizky
Jul 02, 2014 rated it really liked it
Shelves: koleksiku
Wah orizuka selalu bisa membuat ceritanya yang sederhana menjadi menarik...

Review selengkapnya coming soon, gak sabar lanjut buku ketiganya :)
Nora Apriyani
Jul 01, 2017 rated it it was amazing
Kali ini Audy Nagisa mempertanyakan tentang arti dirinya sebagai 'Bagian dari Keluarga' di dalam kehidupan rumah tangga 4R. Di saat bersamaan, salah satu dari 4R menyatakan perasaan sukanya pada Audy, membuat hidup Audy menjadi semakin rumit.

Ditambah dengan kembalinya kesadaran Maura dari koma panjangnya selama 2 tahun, membuat Audy merasa sedikit 'terancam' meski di sisi lain ia juga turut bahagia dengan kabar baik tersebut.

Layaknya waktu yang terus bergerak membawa kepada perubahan, hidup Audy
...more
Ratna Sari
Feb 04, 2018 rated it really liked it
Shelves: ebook-2018

.
"Kamu adalah entitas yang jadi kelemahan sekaligus kekuatanku; yang membuatku merasa lebih hidup."(hlm. 291)
.
Setelah Audy "diresmikan" menjadi bagian dari keluarga 4R, peran Audy semakin penting, tak hanya sekedar sebagai babysitter/asisten rumah tangga. Audy juga secara perlahan mulai mengenal lebih dekat 4R, mulai mengetahui dan memahami semua kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri masing-masing dari 4R. Bagaimana nasib skripsi Audy bila gadis itu selalu "mengurusi" semua masalah 4R? Te
...more
Rifatus Sariroh
Aug 22, 2014 rated it it was amazing
Shelves: drama, romance
Mbak Orizuka kembali lagi dengan novel terbarunya dari The Chronicles of Audy. Sekali lagi mbak Orizuka mengajak kita untuk bertemu Audy–mahasiswi semester akhir yang dibuat galau bukan hanya karena skripsi, tapi juga empat cowok keren nan unik yang tinggal bersamanya. Membaca seri kedua ini tidak membuatku menyesal. Novel ini membuatku tertawa, dan juga sekaligus menangis serta terharu. Ya, terharu adalah perasaan terakhir yang kurasakan setelah membaca novel ini.

The Chronicles of Audy: 21 meru
...more
Novella Marselly
Mar 16, 2018 rated it it was ok
kalau saya membaca buku ini ketika zaman SMP atau SMA, mungkin saya akan memberikan bintang 4 pada buku ini, tapi berhubung bacanya ketika sudah berumur kepala dua jadi saya kurang menikmati ceritanya.

The Chronicles of Audy ini buku pertama Orizuka yang saya baca. Meski sudah sering dengar tentang Orizuka dari adik, tapi baru tertarik baca ketika melihat buku ini di perpus kantor. Dan sebenarnya dari awal saya juga tidak terlalu mengharapkan cerita yang bisa dibilang "wah" dari buku ini (ini me
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
pengen baca buku 21 3 7 Jan 21, 2016 07:10PM  

Readers also enjoyed

  • Bangkok: The Journal
  • Interlude
  • Evergreen
  • Runaway Ran
  • Tomodachi (SCHOOL, #2)
  • Touché: Alchemist (Touché, #2)
  • Tokyo: Falling
  • Marriagable: Gue Mau Nikah Asal...
  • Restart
  • Teka-Teki Terakhir
  • Paper Romance
  • Mahogany Hills
  • Sweet Melody 2
  • Barcelona, Te Amo: Masih Ada Sketsa Rindu Untukmu
See similar books…
1,618 followers
Books written by Orizuka:

1. Me & My Prince Charming (Puspa Swara, 2005)
2. Summer Breeze (Puspa Swara, 2006)
3. Duhh... Susahnya Jatuh Cinta...! (Tanda Baca, 2006)
4. Miss-J (Tanda Baca, 2006)
5. High School Paradise (Puspa Swara, 2006)
6. Fight for Love! (Puspa Swara, 2007)
7. High School Paradise 2nd Half: Love United (Puspa Swara, 2008)
8. The Truth about Forever (Gagas Media, 2008)
9. 17 Years of
...more

Other books in the series

The Chronicles of Audy (4 books)
  • The Chronicles of Audy: 4R
  • The Chronicles of Audy: 4/4
  • The Chronicles of Audy: O2
“Kamu adalah entitas yang jadi kelemahan sekaligus kekuatanku; yang membuatku merasa lebih hidup” 28 likes
More quotes…