Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bulan Terbelah di Langit Amerika” as Want to Read:
Bulan Terbelah di Langit Amerika
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Bulan Terbelah di Langit Amerika

4.21  ·  Rating details ·  1,752 ratings  ·  240 reviews
Amerika dan Islam. Sejak 11 September 2001, hubungan keduanya berubah.

Semua orang berbondong-bondong membenturkan mereka. Mengakibatkan banyak korban berjatuhan; saling curiga, saling tuding, dan menyudutkan banyak pihak.

Ini adalah kisah perjalanan spiritual di balik malapetaka yang mengguncang kemanusiaan. Kisah yang diminta rembulan kepada Tuhan. Kisah yang disaksikan bu
...more
Paperback, 352 pages
Published June 2014 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

Community Reviews

Showing 1-30
4.21  · 
Rating details
 ·  1,752 ratings  ·  240 reviews


Filter
 | 
Sort order
Prinska Sastri
Jun 11, 2014 rated it it was amazing
Shelves: islam
Setelah puas baca 99 Cahaya di Langit Eropa dan Berjalan Diatas Cahaya, saya tertarik baca buku ini *walaupun dibelinya ama kakak*. Kemarin, ditengah kegalauan saya yang sedang sakit, dibanding tidur dan tidak mensyukuri penyakit yang diberikan Allah, saya baca buku ini, dan Masya Allah kurang dari 24 jam menyelesaikan buku ini.

Kalau di 99 Cahaya di Langit Eropa bercerita tentang sejarah Islam di Eropa, dan Berjalan Diatas Cahaya tentang perjuangan para muslimah di tanah Eropa, Bulan Terbelah di
...more
Zahrina Mardina
Aug 07, 2014 rated it it was amazing
Novel yang sukses bikin saya nangis di pagi buta. Niat beli ketunda terus akhirnya dapet pinjeman dari temen yang berbaik hati nganter ini langsung ke rumah. Dan kesan saya adalah totally amazing. Terlepas dari saya tidak tahu seberapa besar porsi fiksi dan realita yang ada di dalamnya. Kalau dibandingkan dengan 99 cahaya, Bulan terbelah di langit Amerika menyajikan jauh lebih banyak konflik dan tantangan. Setting utamanya adalah tragedi 11 september 2001 runtuhnya WTC di New York. Ada tokoh Jul ...more
Deni Aria
Jun 30, 2014 rated it it was amazing
Buku Hanum sekali lagi memukau, personifikasi Bulan Terbelah dalam buku ini membuktikan sang penulis adalah sosok "The agent of Islam". Epilogue nya ditulis dengan sangat Indah ! Very recommending!
Amelia
Jul 19, 2014 rated it it was amazing
Buku yang berhasil membuat saya merinding dari awal sampai akhir cerita. Membayangkan jika sy adalah salah satu keluarga korban 9/11, bukan hanya menyisakan tekanan batin krn kehilangan orang yg dicinta tanpa mendapatkan kepastian ttg keberadaan jasadnya, tetapi juga tekanan sosial dari lingkungan sekitar yg mencibir keimanan serta kepercayaan kita krn menganggap semua muslim seperti teroris. Buku ini membuat saya sadar dan teramat bersyukur betapa selama ini rintangan yg saya hadapi untuk menta ...more
Endah Sulistyorini Soemardiono
Buku ini bisa dibilang "bukan buku biasa". Buku ini lebih dari sekadar kumpulan kisah perjalanan Hanum dan Rangga di Amerika, tapi buku ini juga siap menjadi "mesin waktu" yang akan membawa para pembaca masuk ke dalam alur cerita yang disajikan, bahkan seringkali ikut terjebak dalam situasi yang digambarkan Mbak Hanum Rais dan Mas Rangga Almahendra. Buku ini juga bisa menjadi "buku sejarah" yang paling menarik untuk dipelajari.

Bulan Terbelah di Langit Amerika sebuah judul buku yang yang membuat
...more
Ginan Aulia Rahman
Aug 13, 2014 rated it did not like it
Shelves: fiction
Buku ini bercerita tentang Hanum dan Rangga yang mendapat tugas di Amerika. Hanum mencari bahan untuk menulis artikel tentang peristiwa 9/11 dan Rangga melakukan presentasi di Washington DC.

Membaca novel ini saya kira akan ada banyak yang bisa saya kutip dan jadikan quote, ternyata gak ada -_-

Dengan novel ini saya kira penulisnya berniat ingin membersihkan Islam dari tuduhan dan kecurigaan atas isu-isu atau stigma negatif yang melekat di Islam. tapi kok malah menghadirkan stigma dan isu negatif
...more
Wan Amalyn
Mar 11, 2016 rated it really liked it
Shelves: wan-baca-2016
Menarik!

Saya hampir percaya pada setiap kejadian yang diceritakan oleh Hanum dan Rangga di sebalik keruntuhan WTC New York.

Sebuah kisah yang bagi saya sangat menginsafkan.


~tbc
Purwo Susanto
Jun 13, 2014 rated it really liked it
Keren novelnya.

Buku ini seolah ingin menepis, bahwa dunia tidak akan lebih baik tanpa Islam. Selain itu, menceritakan sejarah Islam di benua Amerika yang mengandung nilai-nilai Islami, seolah melanjutkan dari buku sebelumnya yaitu 99 Cahaya di Langit Eropa yang menceritakan nilai Islami di benua Eropa.

Kelebihan :

Semua tokoh, alur tertata apik. Saya sungguh gak nyangka kalau ternyata tokoh "pria arab" & Julia yang disebutin di awal itu bertemu di belakang.

Gaya penulisan buku kali ini sediki
...more
Almira Nuringtyas
Aug 01, 2014 rated it really liked it
Bacaan buat charge iman banget. Selalu suka bukunya Mbak Hanum, yg membawa misi perdamaian dalam tiap bukunya. Gimana ya, nano nano bgt nih rasanya baca nih buku. Dan lagi, walopun ini fiksi dan bukan bener2 kisah nyata, gue tetep percaya kalo gaada satupun peristiwa di dunia ini yang terjadi karena "kebetulan" belaka. Semua terjadi atas izin-Nya. Tinggal kitanya, bisa nggak sih kita memaknai kejadian itu sebagai saat buat menaikkan iman kita lagi. Sempet agak bosen di pertengahan karena terlalu ...more
Helvira Hasan
Jul 11, 2014 rated it really liked it
Shelves: non-fiksi, novel
Tak jelas mana yang fiksi mana yang non-fiksi dalam buku yang dilabeli novel ini, kecuali pembaca juga mau meriset. Namun, secara keseluruhan, ceritanya berhasil menjerat rasa penasaran saya, lalu menyeret saya dalam kepedihan. Mencari jawab apakah dunia lebih baik tanpa Islam. Beberapa kali, air mata saya tak bisa dibendung, bahkan tak hanya sekali ia menderas. Haruskah bulan terbelah lagi demi menunjukkan jawaban itu?! Terima kasih, Mbak Hanum, Mas Rangga, sudah menuliskan kisah indah ini. Sej ...more
Sartika Putri
Nov 18, 2014 rated it it was amazing
membaca bulan terbelah di langit Amerika sangat rame sekali, seakan-akan kita terbawa suasana disana dan disetiap kejadian yang dilalui hanum atau orang-orang yang melengkapi cerita tersebut. banyak sekali hikmah yang bisa diambil baik dari segi sejarahnya tentang islam yang ada di amerika dan seluk-beluk dari tragedi WTC. yang pasti hidup di negara orang itu tidak mudah karena perbedaan agama, suku dan budaya dan kita pun sebagai orang islam dituntut untuk bisa meneguhkan keyakinan kita.
Jessica
Jul 11, 2014 rated it it was amazing
subhanallah this is like the best book ever!! this book kept me up all night but its all worth it. please release the english version one so everybody's out there who still think that all muslims are terrorist will finally realize that they arent. thank you so much hanum and rangga, this book is so inspiring.
Amanda Sastri
Jul 31, 2014 rated it it was amazing
Shelves: islam
Would the world be better without Islam?

Yap, ini pesan pertama yang disampaikan buku ini. Tentu saja buat orang kayak gw dan disodorin pertanyaan seperti itu, gw akan menampiknya dengan jumawa dan mengatakan, "This world will be nothing without Islam." Tapi kalau ngeliat pengalaman gw hidup, ya wajar gw ngomong gitu. Gw ga punya trauma sama sekali terhadap agama terutama Islam. Dan bisa dibilang hidup gw sampe sekarang terbantu luar biasa karena nyokap adalah orang yang memegang teguh agama Isla
...more
Nurleti A
Jun 06, 2014 rated it it was amazing
Setelah merilis Novel 99 Cahaya di Langit Eropa yang booming di berbagai toko buku hingga antusias masyarakat yang tinggi terhadap filmnya. kini Hanum Rais dan Rangga Almahendra Comeback dengan novel yang tidak kalah keren dibanding novel-novel lain buatannya, Bulan Terbelah dI Langit Amerika novel yang baru dirilis hari ini 9 Juni 2014 sangat membuat hati dan pikiran gue kretek-kretek saat membacanya. senang sekali rasanya menjadi salah satu dari mereka yang beruntung jadi orang pertama yang bi ...more
Nisa Rahmah
Jan 03, 2015 rated it it was amazing
Islam menyebutnya Ibrahim. Kristen dan Yahudi menyebutnya Abraham. Dan mungkin Hindu menyebut Brahma. Berbagai nama untuk satu semangat ketakwaan. Ibrahim adalah bapak yang mengajarkan ketuhanan. Ia-lah simbol sempurna, bagaimana seharusnya manusia menjalani ujian-Nya. [Hal. 331]



Diawali dengan sudut pandang orang ketiga, buku ini menegaskan kalau dia adalah sebuah novel, bukan memoar perjalanan seperti 99 Cahaya di Langit Eropa--buku Mbak Hanum sebelumnya. Maju sedikit, barulah cerita bergulir m
...more
Muhammad Fathi Rayyan
Sep 11, 2014 rated it it was amazing
Shelves: favorites
Ini sungguh bukan kebetulan. Tuhan memang menakdirkanku untuk membaca buku yang luar biasa ini saat jutaan orang sedang memperingati persitiwa malapetaka itu. Peristiwa yang merenggangkan hubungan Islam dan Amerika.

"Would the world be better without Islam?".. Kata ini mengingatkanku pada buku yang kubaca beberapa bulan yang lalu, A World Without Islam Berbagai kata "what if" yang terus memenuhi benak kita. Namun, kini kuyakin, "Dunia tanpa Islam adalah dunia tanpa kedamaian, Islam tanpa amalan
...more
Ika Permata
Jul 01, 2014 rated it really liked it
Mbak Hanum dan Mas Rangga fix membuat saya meneteskan air mata saat detik-detik terakhir saya membaca buku ini. Awalnya saya kira novel ini adalah kisah nyata seperti novel sebelumnya, 99 Cahaya di Langit Eropa. Karena penuturan bahasa dan alurnya sangat mengalir seperti sebuah kronologi yang pernah terjadi sebelumnya dan tidak bisa ditebak, kecuali mengapa Julia Collins memakai turtle neck setinggi leher ;)

Saya sudah membayangkan betapa hebatnya Mbak Hanum dan Mas Rangga berhasil menjadi tamu
...more
Xiao Ming Aisyah
Jan 11, 2015 rated it it was amazing
Kesan saya setelah baca novel Bulan Terbelah di langit Amerika..
sangat rame sekali dan banyak hikmah yang bisa diambil dari buku itu, kita sebagai pembaca seakan-akan dibawa ketempat itu langsung dan merasakan apa yang dialami disana.

Apalagi saya sangat terkesan sekali dengan buku bulan terbelah di langit Amerika yang menceritakan pandangan dunia terhadap islam dan tragedi WTC.

Saya pun salut sekali dengan teman mba hanum yang bernama azima disisi lain dia menghargai ibunya yg telah melahirkann
...more
Balqis
Nov 17, 2014 rated it really liked it
betapa buku yang sangat menggugah..islam yg begitu indah dikemas dgn romansa kisah sepasang suami istri yg saling mencintai :')
aah
aku paling suka yg bagian bulan lg menumpahkan semua 'unek-unek'nya kepada manusia di bumi..:') bagaimana jika suatu saat nanti, Tuhan yg menciptakan bulan memerintahkannya utk terbelah lg, hanya saja bukan sebagai penunjuk kekuasaanNya..tetapi sbg tanda berakhirnya tugas ia dan matahari :"((
aku udah tau kisah nabi ibrahim..dr semenjak SD..tp dibuku ini, semua terrang
...more
Mumpuni Pratiwi
Jun 13, 2014 rated it really liked it
Novel ini menggelitik rasa ingin tahu saya dengan sangat baik. Unsur-unsur pendukung cerita khususnya sejarah Islam di Amerika membuat saya ingin tahu lebih banyak tentang suku Melungeon, Thomas Jefferson dan Quran, fakta ilmiah di balik terbelahnya bulan, dan potongan surat An-Nisa di dinding fakultas Hukum Harvard.

Dari segi cerita, alur disusun dengan baik, hubungan antar tokohnya juga baik dan tidak membosankan. Semua hubungan di dalamnya berakhir dengan penjelasan yang cukup gamblang, sehin
...more
Diza Permatasari
Aug 08, 2014 rated it really liked it
Unexpected at the end of the story. Bikin banjir pas di akhir2 cerita. Nice!
Awal Hidayat
Kalau saja buku ini benar-benar true story, sungguh buku ini mampu mengobati perasaan umat muslim dan membuka mata dunia tentang stigma beberapa orang terhadap dunia Islam. Ya, buku ini memang gabungan dari pengalaman empirik, fakta sejarah, dan fiksi. Sehingga abu-abu di mana letak bagian yang sungguh nyata, dan direka-reka. Tak ada batas hitam dan putih yang menjadi pembeda.Buku ini kembali memaparkan soal pengalaman spiritual seminyata. Tak banyak orang yang tahu tentang jejak Islam di Eropa. ...more
Gladys Sandy
Aug 23, 2014 rated it it was amazing
Buku luar biasa ini telah memukau siapa saja yang membacanya. Buku Bulan Terbelah di Langit Amerika ini adalah salah satu buku yang memberikan kita "cahaya" tentang islam di berbagai negara. Pastinya kita akan bertanya-tanya, apa hubungannya islam dengan Amerika? Bukankah Amerika adalah negara adikuasa yang sangat minim populasi muslimnya? Lewat buku ini mbak Hanum Salsabiela Rais dan mas Rangga Almahendra memberikan jawabannya. Bahwa, setiap negara memiliki cerita dengan kepercayaannya masing-m ...more
Hestia Istiviani
Aug 15, 2014 rated it really liked it
Petualangan Hanum dan Rangga pun berlanjut. Dan kini mereka sedang ada di Amerika!

Gaya Bahasa dan Kosa Kata
Aku masih menyayangkan cara bertutur yang (bagiku) belum pas. Aku masih menemukan kosa kata yang berulang pada paragraf yang sama dan membuatku tidak nyaman. Untung saja, diksi yang dipilih cukup indah, membuat cerita ini lebih mengharukan.

Penokohan
Tokoh utamanya masih tetap, Hanum dan Rangga yang secara kebetulan pula ditugaskan ke Amerika. Tokoh lainnya seperti Jullie atau Azima, Philipus
...more
Indriana Bagaya
Sep 13, 2014 rated it really liked it
Would the world be better without Islam?

Tanya yang memang menggelitik setelah berbagai tragedi dan peristiwa yang menempatkan Islam menjadi sorotan media global, terlebih pasca 9/11.

Buku ini, entah nyata atau rekaan penulis, cukup memberikan referensi sejarah tentang para Founding Fathers Amerika yang ternyata lebih demokrat dan 'religius' dibanding para pemimpinnya di era ini. Mereka mengambil hikmah dari semua agama dan bangsa dunia, untuk membangun sebuah bangsa yang dinamakan negeri harapan
...more
Bai Ruindra
Jul 01, 2014 rated it really liked it
Dan seperti biasa, Hanum & Rangga mampu menciptakan harmoni dalam setiap langkah mereka dalam kata-kata, mengitari New York dan DC dalam pertarungan keyakinan sebagai muslim sejati di antara muka muram dari korban 9/11 di 2001 silam. Seluruh rasa dipertaruhkan sebagai dua manusia saling mencintai; kecemasan, kesetiaan, kekhawatiran, ketakutan akan kehilangan, serta keinginan "memamerkan" hasil penglihatan maupun pendengaran selama berpisah antara NY dn DC.
Pasangan penulis ini sangat piawai
...more
Kurnia Dwi Aprilia
Nov 14, 2014 rated it really liked it
Shelves: fiction
Buku ini mengisahkan tentang perjalanan sepasang suami-istri yang sedang diberi amanat tugas ke Amerika dengan misi yang berbeda namun berujung pada satu benang merah yg sama. Berawal dari Rangga, sang suami yg ditugaskan untuk menyampaikan presentasi jurnal internationalnya di Amerika mengenai Bisnis International yg mengambil tema The power of Giving, dan Hanum, sang istri yg bertugas sebagai seorang reporter di salah satu perusahaan percetakan berita yg bernama Heute ist Wunderbar. Perusahaan ...more
Fitria Mayrani
Jun 06, 2014 rated it really liked it
Shelves: 2014
Selain Al Quran, mukjizat Nabi Muhammad yang lain adalah bisa membelah bulan. Masih ingat dengan ceritanya? Kala itu Rasulullah SAW ditantang oleh kaum kafir untuk membuktikan kebenarannya sebagai Rasul utusan Allah.

Orang-orang musyrik berkata, "Wahai Muhammad, kalau engkau benar Nabi dan Rasul, coba tunjukkan kepada kami satu kehebatan yang bisa membuktikan kenabian dan kerasulanmu (mengejek dan mengolok-olok?"

Rasulullah bertanya, "Apa yang kalian inginkan? Mereka menjawab: "Coba belah bulan!"

R
...more
Miftahul Jannah Nasution
Nov 03, 2014 rated it it was amazing
WOULD THE WORLD BE BETTER WITHOUT ISLAM?



“Would the world be better without Islam?” seorang Hanum Salsabiela harus menulis mengenai tema itu karena diperintahkan oleh bosnya, Gertrud Robinson untuk menyelamatkan koran mereka, Heute is Wunderbar (hari ini luar biasa) dari kebangkrutan. Momentum peringatan sewindu tragedi 9/11 diharapkan untuk menaikkan oplah koran semigratisan tersebut. Awalnya Hanum menolak tugas tersebut. Dia tidak bisa membayangkan kalau misalnya dari hasil liputannya nanti, ja
...more
MY
Aug 19, 2014 rated it did not like it
GOD. This book is sooo overrated.
Gw bahkan cuma sanggup baca sampe halaman 24.

Narasinya gak enak, tone-nya gak dapet, dan siratan maknanya memuakkan banget.
Atau mungkin buku ini cuma gak klop sama selera saya.

Serius deh, kalo Anda objektif, melihat sebuah buku dari sudut penilaian & pedoman yang umum digunakan, buku ini enggak banget.
(view spoiler)

Udah ah, gak mau ulas banyak-banyak, ntar malah dipikir penistaan agama.
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Rantau 1 Muara
  • Menatap Punggung Muhammad
  • Notes from Qatar 2
  • Mata yang Enak Dipandang
  • 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
  • Bangkok: The Journal
  • Athirah
  • Menikah Untuk Bahagia: Formula Cinta Membangun Surga di Rumah
  • Ayah
  • Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah!
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Laut Bercerita
  • Semusim, dan Semusim Lagi
  • Gelombang
  • Meet The Sennas
  • Hujan Matahari
  • Life Traveler
  • Pasung Jiwa
Hanum Salsabiela Rais, adalah putri Amien Rais, lahir dan menempuh pendidikan dasar Muhammadiyah di Yogyakarta hingga mendapat gelar Dokter Gigi dari FKG UGM. Mengawali karir menjadi jurnalis dan presenter di TRANS TV.

Hanum memulai petualangannya di Eropa selama tinggal di Austria bersama suaminya Rangga Almahendra dan beke rja untuk proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tah
...more
“Usaha dan berupaya sekuat raya, dalam keadaan apapun, hingga Tuhan melihat kesungguhan itu dan mengulurkan tangan-Nya ... Ikhlas terhadap takdir yang telah digariskan Tuhan, setelah usaha yang maksimal. Harapan besar yang kandas, belum tentu sungguh-sungguh kandas. Tuhan tak akan mengandaskan impian hambanya begitu saja. Dia tak akan menaruh kita dalam kesulitan yang tak terperi tanpa menukarnya dengan kemuliaan pada masa mendatang. (307)” 6 likes
“...Setiap hari dia harus tidur lebih awal. Lalu saat sepertiga malam, dia harus bangun. Minta dirinya mencuci muka. Lalu membuka tirai jendela kamarnya dan pandanglah malam yang penuh bintang dengan sorot bulan. Tundukkan kepalanya, resapi apa kesalahan yang selama ini telah dia lakukan dalam hidupnya, dan katakan, ‘Ampunilah aku, Tuhan, atas segala perjalanan hidup yang tak menyusuri perintah-Mu. Masukkan aku ke dalam surga-Mu jika Engkau menghendakiku kelak’. (42)” 6 likes
More quotes…