Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “sHe” as Want to Read:
sHe
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

sHe

3.59  ·  Rating details ·  509 ratings  ·  53 reviews
Dhinar dan Dinar bukan saudara kembar. Mereka memiliki sifat, pola pikir, dan kehidupan yang berbeda, bahkan bisa dikatakan bertolak belakang. Jika Dhinar pendiam, kutu buku, sinis, tertutup, dan sangat cerdas, maka Dinar sebaliknya. Kebetulan saja nama mereka mirip, hanya terpaut satu huruf "H". Kesukaan mereka pada manga dan anime-lah yang membuat mereka akhirnya bertemu ...more
Paperback, 256 pages
Published March 13th 2007 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about sHe, please sign up.

Be the first to ask a question about sHe

Community Reviews

Showing 1-30
3.59  · 
Rating details
 ·  509 ratings  ·  53 reviews


Filter
 | 
Sort order
Dya Ragil
Jan 06, 2016 rated it did not like it
Serius, udah nggak bisa saya hitung lagi pakai jari berapa kali saya ngebanting buku ini dan kehilangan mood untuk lanjut baca. Tapi akhirnya saya bersikap masokis dengan membacanya sampai tuntas. Pertama, bukunya Windhy Puspitadewi gitu. Kedua, saya ini gila jejepangan juga. Dua unsur yang seharusnya bisa bikin saya ngasih paling gak 4 bintang. Tapi sepertinya saya mengekspektasi terlalu tinggi, makanya jatohnya ya... ya gitu deh. Kena PHP buku itu memang gak pernah enak -_-

First, saya benci ba
...more
Ira Booklover
Feb 23, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: ijak
Life is a book.

Everyday has a new page.

With adventures to tell,

things to learn

and tales to remember.

(sHe, hlm. 11)

Kejar tayang baca buku di iJak (lagi) buat tantangan #GPU42. Sebenarnya sudah sering lihat novel GPU berlabel teenlit, tapi ntah kenapa, untuk saya yang bukan pembaca teenlit, kalau melihat label teenlit di sampul novel, bawaannya jadi malas banget buat baca XD

Dari sekian banyak novel teenlit GPU, saya akhirnya memutuskan untuk membaca sHe. Walaupun temanya sudah umum, tapi sepertiny
...more
mei
May 20, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
Sukaaaa

Begitu selesai membaca ini, saya langsung berikan ke adik saya karena kami berdua adalah penggemar berat mbak Windhy. Selang beberapa halaman, adik saya sedikit protes

''kak, kok bahasanya kacau gini ya?''

Ya, itulah sedikit minus yang terdapat dalam buku ini. Kadang seorang tokoh menggunakan kata ''aku-kamu'' kadang menggunakan ''gue-lo''

tapi entah mengapa saya memaafkan mbak Windhy XD

dan saya memaklumi karena ini merupakan karya yang sepertinya debut awal mbak Windhy.

Satu hal yang saya s
...more
Shanya Putri Siahaan
3rd book of 2018!

Telat banget, ya, baru baca sekarang? :"))

Intinya aku suka sama cerita ini. Sama Flemming juga hehe😂😂
Adelia Ayu
Jun 14, 2013 rated it really liked it
Novel pertama karya Mbak Windhy yang aku baca, tapi sampe sekarang lupa belum kasih review -_-v Pokoknya seru! :3
Silvi S.
Jun 10, 2014 rated it liked it
novel pertama mbak Windhy yg sya baca :D dan baru di riviu skrang...TAT padahal sya bacanya pas kelas 2 smp -__- (thx banget buat sarah yg udah minjemin saat itu
Caca Venthine
May 14, 2017 rated it it was ok
Bukan adek kakak, apalagi saudara kembar. Cuma beda di penulisan namanya aja. Dinar si cewek agak tomboy, pembangkang, pemberani, bisa dibilang tukang bikin onar juga. Sementara Dhinar kebalikannya dari Dinar. Penurut, agak kalem, selalu nurutin apa kata orang tuanya. Yang sama antara mereka berdua adalah sama2 penyuka anime dan segala hal yang berbau Jepang.

Awal pertemuan mereka di toko buku yang saat itu sama2 lagi cari seri kelanjutannya komik Conan. Eh gk nyangka lagi mereka 1 tempat kursus,
...more
Tessa Limbong
Jan 29, 2019 rated it it was amazing
Novel pertama dari Kak Windhy yang aku baca, menceritakan dua orang gadis dengan nama yang hampir sama, Dhira dan Dira. Tetapi kehidupan dua cewek ini jauh berbeda. Dhira yang takut untuk memperjuangkan hobinya. dan berprestasi di sekolahnya sementara Dira yang pemberani untuk memperjuangkan kesukaannya. Mereka akhirnya nggak sengaja bertemu dan pertemuan mereka memberikan kepada mereka masing-masing kekuatan. Lucunya di dalam novel ini ada tokoh yang bernama Sapu, yang merupakan pacar Dira. Sel ...more
Syadzwina Sendra
Jul 22, 2017 rated it it was amazing
Baca ini waktu masih SD dan gatau kenapa scene pidatonya berkesan banget buat aku. Great novel for me
Rana
Aug 30, 2013 rated it it was amazing
Shelves: favorites, teenlit
Aku cinta buku ini.

Dari semua novel yang pernah kubaca, novel ini adalah satu-satunya novel yang bikin aku seneng baca lagi dan lagi karena satu hal; idenya yang gak biasa dan alurnya yang gak mainstream.

Novel ini mengajarkan kita untuk menjadi diri sendiri dan menjalani hidup kita sesuai dengan letak kebahagiaan kita, bukan kebahagiaan orang lain. Seperti halnya Dinar dengan cueknya mengecat rambutnya jadi kuning jeruk demi memuaskan hatinya semata, dan jelas-jelas ditentang orang tua dan sekol
...more
Alvina
Jul 23, 2015 rated it liked it  ·  review of another edition

Dinar dan Dhinar bukanlah saudara kembar, saudara jauh pun juga bukan. Mereka berkenalan pertama kali secara tidak sengaja ketika hendak membeli komik Conan dan kemudian berlanjut ketika keduanya satu kelas saat mengambil kursus Bahasa Jepang.

Dinar adalah sosok gadis yang mandiri, percaya diri dan seringkali semaunya sendiri. Ia tidak malu atau sungkan untuk mengekspresikan perasaannya, tidak pula merasa takut untuk memilih apa yang menjadi keinginannya. Hidupnya dijalankan dengan enteng, hari-h
...more
OceMei Belikova♥
"Lu memang mesti ngerasain sakit sebelum bisa ngerasa arti senang yang sebenarnya. Itulah hidup! Orang baru bisa naik sepeda setelah jatuh berkali-kali."

Dua orang yang memiliki pelafalan nama yang sama, hanya beda huruf H, yaitu Dinar dan Dhinar memiliki kepribadian yang jauh berbeda. Dinar tipe wanita yang ceria dan kerap kali melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendaknya. Sementara Dhinar tipe yang introvert, kaku, kesayangan para guru disekolah dan frenemy bagi teman - temannya.

Setelah
...more
ima Andina
Jan 13, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
Review :
“Sejak kapan cewek mesti mengambil langkkah duluan?” (hal. 24)

Dhinar dan Dinar. Dua cewek bernama hampir sama, yang membedakannya hanyalah huruf ‘h’. Mereka pertama kali bertemu di toko buku dan ternyata juga sekelas saat kursus bahasa Jepang. Tidak hanya namanya yang sedikit berbeda, tetapi kepribadian dua cewek itupun juga sangat bertolak belakang.

Dhinar merupakan anak kebanggaan orangtua. Dhinar mau-mau saja menuruti apa yang menjadi keinginan orangtuanya. Sebaliknya, Dinar akan men
...more
Nay
Jul 24, 2015 rated it it was ok  ·  review of another edition
2.5 Bintang.
Di bagian awal banget Mbak Windhy udah ngasih peringatan kalau mungkin akan ada teman-teman (pembaca) yang kecewa dengan buku ini. Aku nggak ngerti kenapa penulis khawatir, karena sejauh ini aku cukup menyukai buku-bukunya, terutama Incognito dan Heart and Soul. Tapi ternyata kekhawatiran penulis terbukti. Aku lumayan kecewa.

Dibandingkan dengan novel-novel Mbak Windhy sekarang, novel ini memiliki bahasa yang terlalu sederhana. Penulis berusaha menyampaikan pesan-pesan moral seperti y
...more
Hesti Mujiastuti
Oct 27, 2013 rated it liked it
Shelves: owned
satu lagi karya kak widhy yang aku baca setelah Let Go, Seandainya, dan Confeito. dan harus kuakui, sHe harus menempati posisi ke-tiga setelah Let Go dan Seandainya... #halah.

bercerita tentang dua orang cewek yang namanya hanya terpaut huruf 'H' tapi dengan sifat yang sangat bertolak belakang.

Dinar, gadis dengan rambut sebahu dan berwarna kuning jeruk ini sangat atraktif dan ceria. Dhinar, gadis pintar yang sinisnya 11-12 sama Nathaniel Irawan-Let Go. bertemu disebuah lembaga kursus bahasa jepan
...more
Tiara Orlanda
Feb 04, 2012 rated it really liked it
“Mungkin akan banyak rintangan yang akan menghadang dalam perjuangan kita dan mungkin pula kita akan mengalami banyak pengalaman pahit dan kegagalan. Tapi jangan pernah menganggap kegagalan dan pengalaman pahit sebagai kenangan buruk yang harus dilupakan. Pengalaman yang tidak menyakitkan tidak akan ada artinya, karena manusia, jika belum pernah mengalami pengorbanan, tidak akan ingat. Percayalah, sesakit apa pun, sesedih apa pun, kenangan buruk itu suatu saat akan membuat kita menjadi orang yan ...more
Hana Bilqisthi
May 24, 2014 rated it really liked it
it my favourite novel :D
soalnya novel ini bahas komik :D
kumpulan otaku gitu
suka banget sama karakter dhinar dan dinar
novel ini mengajarkan untuk tidak takut menjadi diri sendiri dan berani mengejar mimpi

sayangnya novel ini ilang pas dipinjem temen :'(
Alhamdulillah diganti tapi bukan novel yang sama karena novel ini udah ilang dari peredaran
kalau gramed cetak ulang, mau beli lagi
harus!

update 1 September 2015:
Alhamdulillah berhasil beli lagi dan baca ulang :D
masih suka sama novel ini, tokoh flemmi
...more
ABO
May 05, 2015 rated it liked it
Shelves: 2015-books
Lagi butuh bacaan ringan tanpa perlu mikir yang bisa dituntaskan dengan cepat. Akhirnya pilihan jatuh pada buku yang sudah lama dipinjam dan belum dibaca ini (saya emang peminjam yang ngelunjak yak x))
Ceritanya tentang dua remaja cewek yang bernama mirip. Hanya dibedakan satu hurup H. Dinar dan Din-Har, eh maksudnya Dhinar. Walaupun punya nama hampir sama dan hobi sama (baca komik), kepribadian mereka amat bertolak belakang. Dinar lebih ceria seakan hidupnya tanpa beban, dia juga berani melakuka
...more
Dhea Safira
Feb 08, 2016 rated it liked it
Hmm.... coba karakter Dhinar-Fleming ditukar, mungkin aku lebih suka ^^
Kedua karakter cowok di sini bener2 bikin aku suka,
Fleming yang easy-going dan Sapu yang gituuuuu deeeh..... cuek2 tapi perhatian :)

Kayaknya enak punya hidup kayak Dinar, dimana nggak harus peduli bagaimana tanggapan orang, just be yourself.
Sementara kehidupan kayak Dhinar membuatku boring gila!
Pinter sih pinter, tapi kalau serius terus juga nggak enak kan?
Hidup itu butuh penyegaran, apalagi di cerita dikisahkan masih SMA,
b
...more
Hairi
Apr 09, 2016 rated it liked it
bacaan malam minggu, pinjam di Ijak, karena lagi sendirian. *Curcol nih yee*

Ini cerita nyata Windhy? wekekeke... penasaran. kalau cerita nyata, mungkin aku bisa mengerti kenapa buku2 Windhy 'napas'nya seperti yang kubaca selama ini.
Tidak suka dengan kebebasan yang didengungkan. mungkin karena aku termasuk 'manusia yang enggak bebas' tapi ya baik-baik saja. sama dengan karya Windhy yang lain, bikin baper. dan tingkat kesukaanku terhadap karya fiksi berbanding lurus dengan tingkat kebaperan keti
...more
amelia yuliani
Dec 20, 2011 rated it really liked it
Shelves: milik-sendiri
the first my teenlit .
Bangga bisa beli buku ini pake uang sendiri . Xoxoxo

awal nya penasaran dari sinopsis nya . Sinopsis nya tuh menceritakan tentang 2 orang yang mempunyai karakter berbanding terbalik ! Padahal nama mereka tuh cuma terpaut di satu huruf doang , yaitu "H" .

Mulai dari fleeming nya yang ngerubah sikap dhinar supaya dunia dia itu gak cuma terpaut di buku doang .
Lalu sapu pacar nya dinar dimana dia tuh bener" mencintai dinar dengan apa ada nya dinar .

Overall , aku suka banget ama n
...more
Aiu Ahra
Jul 18, 2016 rated it liked it
Cerita yang ringan tapi mengandung pesan yang pantas dicontoh--bahwa masa-masa muda adalah saat di mana seseorang berani mengakui jati dirinya dan mengambil resiko untuk itu.

Aku suka tokoh Flemming yang santai dan cute--dalam artian gemesin hehehe
Suka karakter Dhinar yang ngingetin aku sama Shizuku-nya My Little Monster, my favourite heroine ever~ kkk~ dan novel ini berisi kosa kata Jepang yang ngasih ilmu baru ;D dan tentu saja pembahasan tentang komik dan bukunya bikin aku ternganga. Keren ~
Melinda
Feb 08, 2015 rated it really liked it
Gak ada yang sempurna di dunia ini, terkadang orang ingin menjadi orang lain, sangat manusiawi menginginkan apa yang tidak kita miliki. Novel ini membuat saya mengerti untuk menjadi bahagia kita tidak perlu menjadi seseorang demi orang lain tetapi demi diri sendiri yaitu dengan melakukan hal-hal yang kita suka dan novel ini juga mengajarkan saya untuk tidak takut untuk melakukan hal yang kita suka karena hidup dan masa muda hanya datang satu kali saja. :)
Tapetum Lucidum
Mar 02, 2010 rated it liked it
Shelves: teenlit, friendship
As always, idenya kak Windhy emang udah keren. Disini sendiri, tidak seperti Confeito yang menurut saya gaya tulisnya masih kurang terasah, di sHe ini diksinya lebih baik. Dan saya sendiri lumayan suka sama jejepangan, jadi cocok-cocok aja baca buku ini. Tapi mungkin tulisannya yang komikal ini sedikit ngeganggu.. soalnya ada beberapa adegan yang ngingetin saya kalau lagi baca komik.

Anyway, great book!
Riinda
Mar 30, 2009 rated it it was amazing
novel ini bertemakan persahabatan 2 orang yang namanya hampir sama tapi karakternya bertolak belakang banget dan mempunyai nasib yang berbeda...
dari novel ini aku belajar banyak tentang cara menjadi diri sendiri dan berani melakukan apa yang kita inginkan tanpa peduli apa yang orang pikirkan....
Pokoknya aku salut banget deh sama kak Windhy yang udah menciptakan karya sebagus ini....
Dan aku yakin pasti novel ini udah ngasih inspirasi bagi para pembacanya
Karya
Jul 23, 2010 rated it really liked it
Shelves: favorites, my-own
One of my fav.

Ceritanya yang Dhinar sama Dinar yang berbeda. Yang saling memengaruhi satu sama lain. Yang punya satu kesamaan tapi bisa tetep deket walau perbedaannya segudang. Cerita yang ringan khas anak SMA. Ada kenakalannya juga pasti.

Aku masukin buku ini jadi salah satu buku fav karena lumayan banyak bahasa jepang yang dimasukin di dalem ceritanya :))
Amirasofa
Aug 24, 2011 rated it liked it
to be honest, i'm a lil bit forget the plot in this book. but this is amazing. This book tells me about anything i've never known before. about how you could meet the one that has the same hobby and interested with you, and about how you could find the meaning of friendship and that real bestfriend. recommended, guys!
Eun
Nov 01, 2013 rated it it was amazing
Novel kedua dari Windhy Puspitadewi yang aku baca setelah Conpeito..
Awal2 baca novel ini waktu sma, entah mengapa kurang mengerti maknanya (hahaha bego bgt pas sma)
skr uda kuliah dan baca ulang, ternyata ceritanya menarik banget.
dan aku selalu dibikin penasaran Flemming itu kayak apa sih rupanya? hahaha
Rerina Indah
Nov 29, 2012 rated it really liked it
ceritanya sangat menarik, menggambarkan dua kehidupan antara 2 cewek yg mempunyai nama hampir sama yaitu Dhinar dan Dinar namun berbeda sekali dalam sikap dan tindakannya. mereka saling iri satu sama lain, Dhinar ingin menjadi seperti Dinar dan Dinar pun sebaliknya. selain cerita yg unik, novel ini banyak mengajari dan memperkenalkan jepang :D
novel ini membuatku tidak bosan membaca berkali-kali
Yustie Amanda
Jul 30, 2014 rated it liked it
Shelves: baca-online, teenlit
3,5 bintang

Ide ceritanya asli bagus, cuma beberapa narasi ada yang kaku.
Suka juga sama karkaternya, unik.
Suka juga sama bahasa Jepang yang keselip di buku ini, nambah pengetahuan dan kayaknya seru ya bahasanya, lucu, jadi pengen belajar........
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Seperti Bintang
  • Rock 'n Roll Onthel (Kos-kosan Soda, #3)
  • Aerial (Aerial, #1)
  • Jurnal Jo
  • Love at First Fall
  • 7 Hari Menembus Waktu
  • Lululergic
  • Smash!
  • Éclair: Pagi Terakhir di Rusia
  • U!
  • Dua Belas Pendar Bintang
  • Badminton Freak
  • Dengerin Dong, Troy!
  • Happily Ever After (Tongkat Ajaib Lolita,  #3)
  • Angel's Heart
  • The Bookaholic Club
408 followers
Buat cewek yang lahir tanggal 14 Februari ini, menulis merupakan caranya berbagi pikiran, perasaan, mimpi, imajinasi, dan cita-citanya dengan orang lain. Ia ingin tulisannya bisa menggugah dan menginspirasi pembacanya, sama seperti tulisan kedua tokoh yang pertama-tama menginspirasinya untuk menulis: almarhum Umar Kayam dan Jostein Gaarder.


Banyak yang mengira Windhy mengoleksi kutipan orang-orang
...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“I'm not perfect and you're not perfect but we're perfect together.” 12 likes
More quotes…