Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Manusia & Pengharapan: Segelas Beras untuk Berdua” as Want to Read:
Manusia & Pengharapan: Segelas Beras untuk Berdua
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Manusia & Pengharapan: Segelas Beras untuk Berdua (Sindhunata on "Manusia")

3.81  ·  Rating details ·  124 Ratings  ·  22 Reviews
Buku ini mengisahkan sosok manusia, setelah penulisnya menyelami kehidupan orang miskin, rakyat jelata dan kaum pinggiran sampai dimensi yang terdalam. Empati, emosi dan kepekaan terhadap penderitaan rakyat kecil tergambar jelas dalam buku ini.
Paperback, 188 pages
Published 2006 by Buku Kompas
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Manusia & Pengharapan, please sign up.

Be the first to ask a question about Manusia & Pengharapan

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
nanto
Oct 03, 2008 rated it really liked it
Shelves: nant-s-book
Memulai...

Membacanya saya menyepakati anjuran Ki Ageng Banguntapan. Membacalah dari yang paling suka. Biarkan hatimu bicara untuk persoalan yang konon penuh dengan kesempitan.

Memulakannya dari cerita pertama, ah...tak tahan saya. Menarik napas barang sebentar. Mana ada yang lebih miris dari pandangan syahdu merindu bulan dari sepasang mata yang tidak lagi bersahabat dengan cahaya? Mana ada yang sanggup menahan keromantisan sepasang buta dari lereng Merapi, Mbok Tukinem dan Pak Suwito.

Bab bergant
...more
mahatma anto
Oct 15, 2008 rated it really liked it
seorang jesuit senior pernah berujar: "hari gini kok bikin buku. lebih baik bikin paper seminar. selain honornya gede juga nanti bisa dikumpulin untuk dijadiin buku".

sekarang saya sedang menghadapi 'buku' yang tidak lain adalah bekas kumpulan tulisan-tulisan lepas di kompas. dari seorang jesuit yang lebih junior. seorang rekan mengirimkan buku ini ke rumah ketika saya justru sedang tidak di sana. pagi ini saya sempatkan menengoknya.

karena ini kumpulan tulisan, maka saya bisa mengaksesnya dari ha
...more
lita
Oct 05, 2008 rated it it was amazing
Phoebe Buffay tiba-tiba memutuskan untuk hamil. Rachel, Monica, Joey, Ross, dan Chandler terkejut dan berusaha mencegahnya. Bukan apa-apa. Karena janin yang dikandung Phoebe bukanlah miliknya. Janin itu titipan sepasang suami istri, di mana sang istri tidak mampu mengandung.
“Apa kau tidak akan sedih melepas anak yang sudah kau kandung selama itu?” tanya Joey
“Melihat kebahagiaan orang yang menerima pemberianku jauh melebihi kesedihan itu,” kata Phoebe.

Saya kembali teringat adegan dari serial tv
...more
Arinamidalem
Oct 10, 2008 rated it really liked it
Shelves: indonesian
Collection of life stories which really eye opening.. it did happened.. and maybe still, I think. From really touching stories, to some motivating stories... and end up gratefully for having read the book!

-- Mbok Tukinem
A courageus blind woman, selling pottery, walking from Jogya to Semarang.. that is approx 140km! Never complaint to the Lord for what she had to encounter in life, even when she was given trial far more than she can endure.

-- Kasih Sayang Seorang Ayah Yang Cacat
I was imagining a
...more
Roos
Sep 29, 2008 rated it really liked it
Recommends it for: Goodreaders Indonesia
Recommended to Roos by: Group Indonesia
Membaca buku ini membuat kita jadi lebih bersyukur karena hidup di masa sekarang, dengan segala fasilitas untuk segala kemudahan dan pendidikan yang membuat kita untuk berpikir maju, Sosok-sosok manusia di buku ini hidup dalam penderitaan karena masa atau jaman dan kurangnya pendidikan tapi tidak terkesan bahwa mereka hidup sengsara dan menderita, justru mereka hidup bahagia dengan segala kekurangan dan keterbatasan fisik dan usia, dan yang menambah kagum adalah mereka masih bisa memberi dan mem ...more
miaaa
Oct 19, 2008 rated it really liked it
Recommended to miaaa by: Goodreads Indonesia
Speechless. That's the only word I can say about this book. It is not easy to write about human and their sufferings but at the same time able to avoid putting them as the object of pity.

***

Shindunata memang jagonya bikin feature begini. Kisah tentang orang-orang yang susah, menderita, tertekan namun tidak mengutuk hidup mereka yang sulit. Menikmati segala yang mereka punya, menjalani kehidupan yang mereka tahu dan bahkan menyisihkan sesuatu untuk orang di sekitarnya.

Mbok Tukinem, Pak Dadi dan
...more
Dwi
Oct 20, 2008 rated it liked it
Alinea terakhir dari salah satu artikel dalam buku ini, mbah Setro, sangat menyentuh bagi saya:

"Meski miskin, suami istri Setro merasa tidak berkekurangan. 'Untuk kami berdua, segelas beras sudah cukup. Yang mesti kami pikirkan, bagaimana menyumbang tetangga yang mempunyai hajatan.' hidup jujur, tidak mengambil milik orang lain, hanya itulah yang setiap hari diminta mbah Setro dan istrinya. Tiap hari mbah Setro menyunggi arang. Upayanya ini seakan sia-sia karena tak membuahkan apa2. Tapi justru
...more
Alisyah Samosir
Feb 02, 2010 rated it really liked it
Bagaimana rasanya terpaksa harus puasa gara-gara tidak ada makanan? tidak ada uang?

Bagaimana pula rasanya harus menahan sakit kanker karena tidak sanggup membayar biaya perobatan? Mengerang sejadinya. Memanfaatkan air untuk mengurangi rasa panas?

Tidak terbayangkan bagaimana nenek tua usia 60 tahun pekerjaannya mendayung rakit penumpang? Bayarannya Rp. 10 - Rp. 25. Hidup sebatang kara.

Saya tidak tau sejauh mana antara Yogyakarta dengan Semarang, tapi merasa sedih membaca kisah pencari nafkah yang
...more
Imas
Aug 22, 2010 rated it liked it
Shelves: indonesia-buku
Merupakan buku pertama Sindhunata yang aku baca. Bercerita tentang orang-orang yang menjalani kehidupan yang keras namun tetap tidak menyerah. Hidup memang harus dijalani, susah dan senang bisa jadi berbeda pada setiap orang. Bagi kita yang sepertinya lebih tidak susah, semestinya bersyukur dan malu terhadap orang-orang yang lebih susah dengan penderitaan yang lebih besar namun tetap memikirkan kesusahan orang disekitarnya. Mereka orang-orang hebat.








Tanti
Feb 21, 2008 rated it liked it
Membaca kumpulan artikel Sindhunata ini membuat hati terenyuh. Betapa banyak orang-orang yang masih hidup serba kekurangan di sekeliling kita, dan melalui tulisan-tulisannya Sindhunata mengajak kita untuk melongok ke dalam keseharian mereka, beratnya beban hidup yang mesti ditanggung orang-orang kecil, dan hal-hal yang luput dari perhatian kita.
Shabhi Mahmashani
May 15, 2018 rated it really liked it
Sebuah karya jurnalistik Sindhunata yang pernah dimuat di harian kompas pada tahun 1970-an.

Berisi kumpulan feature yang menggambarkan kehidupan pantang menyerah dan ikhlas dari mereka yang jelata, yang masih belum beruntung, yang tersisih dan terpinggirkan.

Tangis adalah kesempurnaan para malaikat. Irama bunyi musik dari biola. Takkan pernah ia dapat diukur manusia

Begitu tulisnya.

Kisah-kisahnya mengajak kita untuk menanyakan kembali kepada diri kita, apakah kita masih perlu merasa diri sebagai or
...more
an
Jun 01, 2010 rated it liked it
Shelves: kumpulan-tulisan
...tansah nyoba gembira ing dira, sumunar ing surya, yen wis ngana atimu dadi ayem, gampang bisa mesem...

sedikit cuplikan dari salah satu feature yang terangkum dalam buku ini. karena review yang baik itu tidak mengandung kata sifat, maka rhe akan me-kerja-kan kata sifat yang ada.

terharu, tertawa, tersentuh, tersenyum, terkagum-kagum, tergetar dan terutama... teingatkan bahwa banyak sesama kita yang ada di luar pagar menempuh kehidupan keras sementara kita berteduh di sisi sebelah pagar. bukan r
...more
Melita
Apr 23, 2012 rated it really liked it
Tujuh milyar orang berjejak di bumi yang sama denganmu. Pernah penasaran pada titik-titik cerita mereka?
Wajah anak kecil yang menyapa kaca jendela mobilmu di lampu merah,
kakek tua yang terbaring di pinggir jalan,
ibu-ibu menggendong keranjang,
tukang ojek,
pejalan kaki,
sosok yang kamu temui setiap hari.

Kumpulan feature Rm.Sindhu bicara banyak tentang sosok dalam perjumpaan. Ditulis dalam kacamata reportase, tapi hangat dalam mengurai peristiwa. Mengajakmu mengenal mereka, yang berbagi satu i
...more
Palsay
Nov 02, 2008 rated it liked it
Recommends it for: everyone
Saya kira sebagai bacaan, buku ini cukup memberi pemahaman baru tentang saudara-saudara kita yang kurang beruntung, dan mudah-mudahan membuat kita lebih bijak dalam menjalani kehidupan. (ini hubungannya sama kebiasaan mahluk urban yang suka konsumtif).

Namanya juga kumpulan feature, jadi yang terasa ya bacaan yang campur aduk (meski sudah diusahakan untuk diklasifikasikan sih). Cuma kalau saya boleh usul, gaya penulisannya agak diubah jadi gimana, gitu.

Tapi sama sekali gada salahnya baca buku i
...more
Leni W
Feb 18, 2009 rated it it was amazing
** Sutiyem keluar menjemput "anaknya". "Ngapa kowe esuk esuk rene. Ayo bali.." Lalu ia berjalan di ikuti binatang itu.

... binatang itu seperti manusia, ia tahu di sayang dan mudah di didik seperti manusia.
... bahkan sering-sering binatang lebih tahu disayang daripada manusia.

Tika We
Jan 02, 2014 rated it liked it
Bagus buat belajar bikin feature, tapi temanya sama dan monoton, jadi tidak disarankan untuk dibaca terus-menerus. Buat selingan bacaan lain, ok lah. :)
upiqkeripiq
Apr 06, 2012 rated it liked it
Shelves: punya
Jangan lupa bersyukur... Bukunya bagus... Jadi pingincari kumpulan feature2 Sindhunata yang lainnya...
Hippo dari Hongkong
Oct 16, 2008 rated it really liked it
Shelves: 2011, fiksi
sebetulnya ini buku "ketangkep" ama emak lagi
cuman gue gak bakalan masukin dialog antara emak dan anaknya kali ini, repoooooooot lah.
lagian, dibukunya ada "ancaman" tuh, kikikiki
Lutfi Retno
Nov 08, 2007 rated it really liked it
Shelves: kumpulan-esai
Aku suka kumpulan features ini. Cara nulis Sindhunata keren dan sangat menyentuh. Ceritanya macam2. Semuanya tentang orang-orang miskin.
Desi Puspitasari
Jan 10, 2014 rated it really liked it
"Hidup es teh!"
Mirma Hapsari
Sep 15, 2008 rated it it was amazing
isinya "dalem banget". walopun diambil dari tahun jadul, tapi kayaknya masih relevan dengan kondisi indonesia sekarang....
Phelphel
rated it liked it
Aug 08, 2008
Dwi
rated it it was amazing
Oct 28, 2008
Mamieq
rated it liked it
Oct 30, 2008
Zulfadli Sultan
rated it it was amazing
Dec 02, 2015
Perempuanluarbiasa
rated it really liked it
Nov 15, 2009
Izam Hakim
rated it liked it
Nov 02, 2015
Mahe
rated it it was ok
Jul 08, 2009
Boesan
rated it liked it
Nov 26, 2008
Adyani
rated it really liked it
Oct 03, 2007
« previous 1 3 4 5 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat
  • Aksi Massa
  • Sokola Rimba: Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Mangan Ora Mangan Kumpul
  • Nyanyi Sunyi Seorang Bisu 1
  • Back "Europe" Pack: Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1.000 Dolar
  • Canting
  • Setelah Revolusi Tak Ada Lagi
  • Mencari Telur Garuda
  • Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
  • From Beirut to Jerusalem
  • 'A9ama' Saya Adalah Jurnalisme
  • Nietzsche
  • Soe Hok-Gie...Sekali Lagi: Buku Pesta dan Cinta di Alam Bangsanya
  • Menikah adalah BUNUH DIRI!
  • Pintu-pintu Menuju Tuhan
52 followers
Dr. Gabriel Possenti Sindhunata, SJ, or just simply call him Romo Sindu is an Indonesian Catholic priest, also an editor for local culture magazine "Basis". He also worked as journalist for national newspaper, especially for commenting football review and culture issues. His famous work was "Anak Bajang Menggiring Angin".

Bibliography:
* Segelas Beras untuk Berdua, Penerbit Buku Kompas (2006)
* Dari
...more

Other books in the series

Sindhunata on "Manusia" (5 books)
  • Manusia & Keseharian: Burung-burung di Bundaran HI
  • Manusia & Kebatinan: Petruk Jadi Guru
  • Manusia & Keadilan: Ekonomi Kerbau Bingung
  • Manusia & Perjalanan: Dari Pulau Buru ke Venezia

Nonfiction Deals

  • Platform: Get Noticed in a Noisy World
    $9.99 $2.99
  • How to Write a Sentence: And How to Read One
    $10.49 $1.99
  • Hidden Figures
    $7.99 $1.99
  • Pocket Prayers: 40 Simple Prayers that Bring Peace and Rest
    $2.99 $0.99
  • Manifest Your Destiny: Nine Spiritual Principles for Getting Ev
    $11.74 $1.99
  • A Three Dog Life
    $9.99 $2.99
  • How Children Succeed: Grit, Curiosity, and the Hidden Power of Character
    $10.99 $2.99
  • Happiness: A Guide to Developing Life's Most Important Skill
    $7.99 $2.99
  • My Glory Was I Had Such Friends: A Memoir
    $10.99 $1.99
  • Say Goodbye to Survival Mode: 9 Simple Strategies to Stress Less, Sleep More, and Restore Your Passion for Life
    $6.99 $0.99
  • Spoiler Alert: The Hero Dies: A Memoir of Love, Loss, and Other Four-Letter Words
    $13.99 $1.99
  • Abigail and John: Portrait of a Marriage
    $14.99 $1.99
  • Casino: Love and Honor in Las Vegas
    $19.99 $2.99
  • The Hidden Reality: Parallel Universes and the Deep Laws of the Cosmos
    $14.99 $2.99
  • I'd Rather Be Reading: A Library of Art for Book Lovers
    $9.99 $1.99
  • The Girl With No Name: The Incredible True Story of a Child Raised by Monkeys
    $17.99 $1.99
  • The World of Lore: Monstrous Creatures
    $11.99 $1.99
  • Helmet for My Pillow: From Parris Island to the Pacific
    $10.99 $1.99
  • America's Women: 400 Years of Dolls, Drudges, Helpmates, and Heroines
    $14.99 $1.99
  • The Good Girls Revolt: How the Women of Newsweek Sued their Bosses and Changed the Workplace
    $9.99 $2.99
  • Dancing in the Glory of Monsters: The Collapse of the Congo and the Great War of Africa
    $11.99 $3.99
  • Dear Bob and Sue
    $6.99 $2.99
  • Hello Mornings: How to Build a Grace-Filled, Life-Giving Morning Routine
    $9.99 $2.99
  • Mossad: The Greatest Missions of the Israeli Secret Service
    $10.24 $1.99
  • Act Like a Success, Think Like a Success: Discovering Your Gift and the Way to Life's Riches
    $12.99 $1.99
  • Those Angry Days: Roosevelt, Lindbergh, and America's Fight Over World War II, 1939-1941
    $10.99 $2.99
  • Prisoners of Geography: Ten Maps That Explain Everything About the World
    $12.99 $2.99
  • The Sea Around Us
    $17.99 $1.99
  • This Is an Uprising: How Nonviolent Revolt Is Shaping the Twenty-First Century
    $11.99 $3.99
  • The Newcomers: Finding Refuge, Friendship, and Hope in an American Classroom
    $14.99 $2.99
  • Minimalism: Live a Meaningful Life
    $8.99 $2.49
  • The Millionaire Fastlane
    $7.99 $2.49
  • Training the Mind and Cultivating Loving-Kindness
    $13.99 $1.99
  • Jesus > Religion: Why He Is So Much Better Than Trying Harder, Doing More, and Being Good Enough
    $9.99 $1.99
  • The Proper Care and Feeding of Husbands
    $9.99 $1.99
  • Unlimited Memory: How to Use Advanced Learning Strategies to Learn Faster, Remember More and be More Productive (Mental Mastery Book 1)
    $9.99 $3.49
  • Forty Autumns: A Family's Story of Courage and Survival on Both Sides of the Berlin Wall
    $11.99 $1.99
  • The Definitive Book of Body Language
    $10.99 $1.99
  • Failing Forward: How to Make the Most of Your Mistakes
    $10.99 $3.99
  • Poor Your Soul: A Memoir
    $9.99 $1.99
  • The Joy of Less, A Minimalist Living Guide: How to Declutter, Organize, and Simplify Your Life
    $9.99 $3.49
  • If Our Bodies Could Talk: A Guide to Operating and Maintaining a Human Body
    $12.99 $2.99
  • The Crossroads of Should and Must: Find and Follow Your Passion
    $15.95 $1.99
  • 1812: The War That Forged a Nation
    $14.99 $1.99
“Menuliskan tanda tanda zaman adalah menuliskan kegelisahan kebudayaan di tengah tengah pelbagai himpitan yang mau meniadakannya. Hanya manusia yang mau resah dan tidak mau mapan mampu menuliskannya.” 13 likes
“Meski miskin, suami istri Setrowikromo merasa tidak berkekurangan. Mereka juga tidak pernah meminta uang dari ketiga anaknya. "Untuk kami berdua, segelas beras sudah cukup. Yang mesti kami pikirkan, bagaimana menyumbang tetangga yang mempunyai hajatan," tutur Khatijah...” 5 likes
More quotes…