Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dilatasi Memori” as Want to Read:
Dilatasi Memori
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dilatasi Memori (Al Banna #2)

by
3.66  ·  Rating details ·  571 Ratings  ·  52 Reviews
Kelanjutan dari Diorama Sepasang Al-banna.

Ketika cinta dikhianati, apa yang akan terjadi? Ketika ketulusan disalahartikan, akankah kesetiaan bisa dipertahankan?

Dea, kekasih Ryan di masa lalu, datang bagai badai yang mengguncang bahtera AlBanna. Badai itu datang saat Rani menghadapi proyek besar, merancang shopping mall!

Benarkah cinta itu bersemi kembali di antara Dea dan
...more
Paperback, 312 pages
Published 2004 by DAR! Mizan
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Kurnia
Jul 15, 2014 rated it really liked it
Shelves: fiksi-religi
Subhanallah.. sangat-sangat suka dengan novel ini. Ini 2 kali saya baca. yang pertama ketika saya masih SMP lupa tahun berapa. Dan beberapa hari lalu saya mendapatkan buku ini dengan cover baru. Novel berlatar arsitektur memang jadi daya tarik. Meski banyak istilah yang tidak saya pahami, tapi menambah wawasan saya seperti apa dunia tersebut. Tidak hanya itu, novel yang dikemas religi namun cukup ringan ini memberikan banyak pesan-pesan khususnya mengenai rumah tangga. Bagaimana tugas seorang is ...more
Kerlip Bintang
Dec 02, 2007 rated it liked it
Shelves: islam, novel, indonesian
buku ini gak se-asik buku yang pertama, tapi tetep menarik untuk dinikmati bersama secangkir teh dan biskuit di sore hari, ditemani alunan gemericik air yang turun dari langit menuju bumi..

tttuuuuuh kannnn jadi ikutan puitis gara-gara baca novel ginian..
Toffan Ariefiadi
Feb 02, 2008 rated it really liked it
Shelves: indonesian
ini lanjutannya diorama sepasang albana.
tokoh utamanya udah menikah dan punya satu anak.
pesan moral dari novel ini: saat usia pernikahan anda memasuki usia lebih dari 5 tahun bersiap-siaplah dengan masalah klasik. selingkuh..!! hehe...
caniea
Mar 15, 2008 rated it it was ok
emmm,,, lebih seru diorama sepasang albanna... kLo dolatasi memori mirip cerita di sinetron2,,
but, oke lah teteup ada nuansa romantisnya...
Amanda Sastri
Mar 13, 2011 rated it did not like it
Buku ini jelas terjun bebas dari buku sebelumnya. Cheesy sinetron, sangat disayangkan. Sisanya ga perlu gw jelasin lagi, intinya ga begitu suka --a
Aleepha lelana
to twiitt...heheh
Desi Anita
Sep 14, 2008 rated it liked it
Shelves: novel, indonesian
hihi.. sama aja dgn yg pertama
teteup aku ga begitu suka %peace%
Rahman Elfath
Dec 20, 2010 rated it really liked it
Shelves: fiksi, inspiring
DILATASI MEMORI, dari judulnya saja sudah terlihat kalau buku ini sarat nilai pendidikan dan pengetahuan. Namun nilai formil tersebut sungguh manis ketika dibungkus dalam sebuah novel romantis yang penuh keteladanan.

Sedikit berbeda dengan buku pertama “Diorama sepasang Albanna”. Dilatasi Memory lebih memberikan keteladanan selain sisi romantisme nya yang tak habis-habis. Di beberapa “cluster” awal banyak berisi kisah romantisme cerdas yang membuat saya iri setengah mati. Padahal menikah saja say
...more
Uswatun
Mar 14, 2017 marked it as to-read
this novel is a good
Simbahenom
Jun 25, 2012 rated it it was ok
Shelves: minjem
Hanya beberapa yang terlintas di otak, dengan asumsi saya ga salah antara buku 1 dan 2 ini.

1. Si pria ngasih kejutan berupa rumah di lingkungan yang nyaman, yang memungkinkan anak kecil bermain dengan aman di jalanan. Setelah sebelumnya istrinya mengira suaminya ini selingkuh atau apalah, padahal sedang nyiapin kejutan rumah ini.

2. istrinya merancang sebuah konsep mall dengan masjid sebagai pusatnya di tengah, berdasar pertimbangan mayoritas mall saat ini mengesampingkan masjid, tanpa masjid, at
...more
Mizuki Arjuneko
Jan 23, 2015 rated it really liked it  ·  review of another edition
Aku beruntung. Temenku meminjami buku ini tepat setelah aku selesai baca Diorama. Buku ini bikin dia makin terobsesi nikah sama arsitek huahahaha. Entah ya apa obsesi itu masih paten sampai sekarang.

Di sini Ryan diperlihatkan sisi unyunya XD Karena bacanya dah lama banget (pas SMA), adegan yang masih keingat sampai sekarang dialog Ryan, Rani dan anaknya yang masih imut di mobil. Huahahah ngakak liat dua orang dewasa cold sweating gara-gara celetukan bocah belum puber XD


Cuma ya... rada nesu juga
...more
Danu Raharjo
May 02, 2009 rated it really liked it
Buku ini bagus dengan kesederhanaannya. Sederhana dalam sisi alur cerita, isi-makna yang ingin disampaikan dan gaya bahasanya. Dengan segala kesederhaannya, dinamika cukup membuat pembaca masuk dan menjadi bagian dalam cerita itru sendiri. Karena point-point yang diangkat sangat realis.

Bercerita tentang sebaik-baik jalan (sikap-tindakan) yang perlu ditempuh ketika mengalami konflik-gejolak dalam lingkungan rumah tangga dan lingkungan kerja berbalut kenangan masa lalu yang bersemi kembali.

Namun
...more
Yessyka Widy
Oct 05, 2014 rated it really liked it
Saya sangat menyukai novel ini, mungkin memang novel dengan gaya yang khas novel lama. Tapi di luar itu, saya sangat menyukai kearifannya, tentang rumah tangga yang islami, yang tak melupakan kewajiban dan hak sebagai suami dan istri... Tak salah, adik saya merekomendasikan novel ini pada saya.. Hihi~

Banyak memang hal-hal yang pernah saya dengar dari teman dan saudara yang sudah berkeluarga yang juga dituturkan di novel ini.. Saya pun semakin keras berpikir dan mempertimbangkan... Berusaha meman
...more
Retno
Jul 31, 2010 rated it really liked it
satu kata; KEREN. :)
saya suka sekali dengan alurnya yang mengalir lancar dan cara penulis 'mengacak-acak' emosi pembaca. karakter yang dibangun juga kuat.
beberapa hal yang saya pelajari dari buku ini adalah:
tidak ada manusia yang sempurna.
bahkan makhluk idealis dan nyaris sempurna seperti Ryan punya kekurangan. adakalanya manusia akan jadi lemah. dan hanya kepadaNya-lah kita menyerahkan diri.
suka banget deh dengan cara penulis menuturkan kisah dan rangkaian konflik yang terjadi.
SERU! :D
Azzahro Wijaya
Jun 15, 2011 rated it it was amazing
Shelves: islami
Buku kedua lanjutan Diorama sepasang Albanna ini memang sangat bagus. Sebuah ikatan pernikahan yang terkena benturan sana-sini mulai dari masalah pekerjaan, anak, dan wanita lain. Agak shock dan sedih juga waktu Ryan hampir selingkuh (tepatnya dijebak sama temen wanitanya itu). memang kehidupan pernikahan itu rumit. Dua orang yang berlatar belakang berbeda tinggal dalam satu atap pastinya mendapat banyak cobaan.

Novel ini begitu berwarna, kadang membuat pembacanya sedih, kadang deg-degan, kadang
...more
Anggraini
Oct 20, 2008 rated it liked it
Kalo buku pertamanya "cinderella"kind-of-story...
buku ini menceritakan kisah selanjutnya,
did they live happily ever after?

Kehidupan Post-wedding, menarik dengan segala problematikanya. Walo problem utamanya masih dibalut dengan tema yang "biasa" lagi...

Adanya "tokoh baru" dari masa lalu,yang mengancam keutuhan dan kehidupan happily ever after kedua tokoh utama!

Apa yang akan terjadi?
Hmm..kayaknya dah cukup ketebak ya jalan ceritanya?
Septa
Apr 01, 2011 added it
Biro Arsitek Albanna, yang mereka (Ryan dan Rani) dirikan, telah berkembang. Rani mendapat proyek menggarap desain sebuah mal. Di tengah pergaulan metropolitan, ia harus tetap mempertahankan idealisme sebagai akhwat. Ia juga seorang ibu dari putranya, Rifki. Hadir pula dua orang dari masa lalunya, Galih, dan dari masa lalu Ryan, Dea. Dea yang masih mencintai Ryan dan Galih yang masih menyimpan kekaguman pada Rani.
Nisa Shofa
Feb 17, 2015 rated it really liked it
Hanyut. Suka dengan suasana cerita keluarga muda seperti ini. Apalagi penggambaran anaknya Rani dan Ryan :v

Yah mungkin suasananya kayak sinetron, cuma suka sama konflik antara arsitek itu :D Suka sosok Ryan, nggak suka sosok Dea--terlalu maksa -_- Aku juga nggak suka pas Rani balik ke rumah orang tuanya dan ninggalin anaknya. Seakan nggak bertanggung jawab banget itu ibu -_-
Liana Kuspatiatun
Feb 11, 2013 rated it really liked it
thanks to Nika yang udah ngenalin buku ini (bahkan sampai sekarang bukunya masih nangkring di rak buku, belum sempat dikembalikan) :)
mbak Ari Nur emang bisa aja bikin ketawa.....
yang belum baca, musti baca!!
eiitt...... musti baca seri pertamanya dulu >> Diorama Sepasang Al-Banna... (g baca juga gpp sih, aku juga baca seri ini dulu kok....he)
Mewangidijingga
Dec 10, 2007 added it
Recommends it for: my ukhtifillah
Shelves: manna
so sweet...
biar banyak org bilang buku ini ga sebagus diorama sepasang al banna, tapi ndak tau napa pas baca episode (clucter)dimana mereka misah, ampe anaknya sakit...diriku ampe nangis....ga tau yahh koq gt tersentuhnya
in my opinion this book.....so complete....dilematis....and...happy ending ofcourse....^_^
Neimah Baidani
Sep 21, 2016 rated it liked it
baca buku ini, karena ini sekuel dari buku pertamanya.., sepasang albanna, dipilih untuk dibaca karena tokohnya adalah arsitek.. hohoho...

sejujujurnya.., sy lebih suka sepasang albanna, karena cukup menginspirasi sebagai arsitek..., buku ini terasa kurang greget.., hanya seperti novel romansa biasa yang mungkin tidak biasa..

yah.., walau bagaimanapun, buku ini tetap worth untuk dibaca...
miss
Feb 13, 2009 rated it really liked it
Shelves: religi, novel, favorite
Pertama baca pinjem punya anak temen SMA. Setelah selesai, langsung meneguhkan hati, "Gue harus punya!" Akhirnya dapet juga di Gramed Merdeka Bandung setelah nunggu sekian lama & ngubek2 tiap Gramed yg didatengin.. Xoxo..
Ulfah Uswatun
Jan 08, 2013 rated it it was amazing
Dilatasi memori ini lanjutan dari diorama sepasang albanna. Kisahnya melanjutkan perjalanan setelah pernikahan mereka. Masih tetap berkutat tentang arsitektur, dan permasalahan pelik lainnya yang menghantam para eksmud..
Muti Ara
Feb 21, 2015 rated it it was amazing  ·  review of another edition
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Ryan
Apr 20, 2008 rated it liked it
Shelves: great-fiction
Sekuel dari fiksi Diorama Sepasang Al Bana. Kali ini mengetengahkan fragmen fase awal berumah tangga dua arsitek muda : rani dan ryan. Ari Nur mencoba menghadirkan konflik paling klasik dalam jagad pernikahan : bayangan cinta masa lalu dan ancaman perselingkuhan.
Rizki
Jan 25, 2015 rated it really liked it
Selalu ngefans dengan tokoh Rian Fikri :)

Pas baca zaman kuliah dulu, sampe pengen punya suami arsitek dan berkacamata seperti dia. hehe

*review ga mutu yahh*
Angelica
Jan 16, 2015 rated it did not like it
Lagi-lagi cinta masa lalu. Terlalu drama dan mengada-ngada. Di dunia nyata nggak ada itu wanita dateng buat nyodorin diri, kecuali mantan si pria itu perempuan murahan
Ayu Zuraidah
Oct 02, 2007 rated it really liked it
seri kelanjutan Al Banna. Problematika mulai bermunculan dlm rumah tangga.
Asep Deni Hermawan
novel kedua setelah "diorama ...."
memberikan gambaran, betapa komunikasi yang sehat dalam keluarga sangat penting.
Dinda blekedot
Jul 10, 2011 rated it really liked it
buku ini saya baca waktu SMA dulu,sukaaak banged!
islami tp ada romantis2nya,hahahaha
buku islami romantis pertama yg jadi favorit!
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Setitik Kabut Selaksa Cinta
  • Pingkan: Sehangat Mentari Musim Semi
  • Bukavu
  • De Winst
  • Facebook On Love
  • Meminang Bidadari
  • Pudarnya Pesona Cleopatra
  • Balada Si Roy 3: Rendez-Vous
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Pilihan Terakhir (Nomik Catatan Harian Olin #1)
  • Cerita Hujan
763224
Books:
1. Diorama Sepasang Albanna
2. Dilatasi Memori
3. Pengantin Baru
4. Sketsa
5. Rumahujan

facebook: http://facebook.com/arinurutami.frenari
twitter: http://twitter.com/arinur13
More about Ari Nur...

Other Books in the Series

Al Banna (2 books)
  • Diorama Sepasang Al Banna