Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dua Belas Pasang Mata” as Want to Read:
Dua Belas Pasang Mata
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dua Belas Pasang Mata

by
3.7  ·  Rating details ·  361 Ratings  ·  76 Reviews
Sebagai guru baru, Bu Guru Oishi ditugaskan mengajar di sebuah desa nelayan yang miskin. Di sana dia belajar memahami kehidupan sederhana dan kasih sayang yang ditunjukkan murid-muridnya. Sementara waktu berlalu, tahun-tahun yang bagai impian itu disapu oleh kenyataan hidup yang sangat memilukan. Perang memorak-porandakan semuanya, dan anak-anak ini berserta guru mereka me ...more
Paperback, 248 pages
Published November 28th 2013 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1952)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dua Belas Pasang Mata, please sign up.

Be the first to ask a question about Dua Belas Pasang Mata

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Farah
Oct 26, 2008 rated it liked it  ·  review of another edition
Mengisahkan tentang 12 orang murid ibu guru koishi di sebuah sekolah dasar di desa nelayan yang terletak di teluk seto Jepang..

Buku ini tergambar dikepala saya saat membaca Laskar Pelangi. Mungkin karena sama-sama memceritakan tentang segerombolan anak-anak.. tapi selain itu masih ada kesamaan lain yang saya ingat..

Kesamaan kedua adalah tentang proses anak-anak itu menjadi "seseorang" di masa depan..

Kesamaan ketiga adalah settingnya yang indah persis gambaran tetraloginya andrea hirata... (dalam
...more
umberto
Oct 22, 2013 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: fiction, japan
This novel "Twenty-Four Eyes" (Tuttle, 1983) is surprisingly readable and nostalgic since, I think, its readers can't help reminiscing some of the good old days, that is, our fun and hardships when we were children while studying in the primary school in the rural area anywhere in the world in which it might be more or less harsh in terms of its weather, fauna, terrain, etc. that we can compare with our own. Published in 1952 in Japan, it became a best-seller then; however, it might be a bit dif ...more
Virna
Another book I wish I'd bought the English edition for in the first place! The synopsis describes the book as a fictional account of a young female teacher, with 12 little kids surrounding a lady as its cover. I say, it's another teacher story - bring it on then!
Twenty-Four Eyes Movie Village

The story revolves around the life of Ms. Oishi (later, Mrs. Oishi), a young lady fresh out of a teacher's school. Because of her lack of experience, and her youth, she's assigned to a village school, located just across her own village
...more
Muhammad Ridwan
Manis. Mengharukan. Tentang seorang guru yang mengajar 12 anak di sebuah sekolah dasar "inpres" di suatu desa terpencil yang terletak di ujung tanjung. Menceritakan bagaimana Jepang pada masa perang dengan membawa semangat dan pesan kedamaian dan humanisme, melalui sudut pandang seorang Ibu Guru.
cindy
Akhirnya berjodoh juga membaca buku ini stlh agak lama wl, dpt di obralan pula. ^^

Awalnya kusangka ini menceritakan dari sisi para murid2, tp ternyata malah sebaliknya. Kisahnya ttg sang guru Oishi-Koishi Sensei dan pengalaman dan pandangan hidupnya saat dicerminkan oleh nasib kedua belas murid2 pertama dan terakhirnya (sblm akhirnya ia kbl mengajar lg). Pandangan yg unik, mengingat setting waktu novel ini dimulai pada 1928, merentang hingga 20an tahun kemudian, melewati saat2 perang PD2 dan saa
...more
Shandy Yeo
Jan 25, 2014 rated it really liked it
Shelves: fiction
Sungguh cerita yang menyentuh hati. Perjalanan hidup para tokoh benar-benar menggambarkan susahnya kehidupan pada zaman perang saat itu. Tragis, namun nyata. Novel ini mampu membuka mata generasi muda yang hidup serba berkecukupan. Sebagian besar dari generasi muda sekarang tidak merasakan perjuangan hidup orang terdahulu atau bahkan menghargai dan menjadikannya pelajaran. Melalui novel ini; susahnya hidup, perjuangan untuk sekolah, perang yang memisahkan keluarga, cinta, kasih sayang, suka dan ...more
Azizah SL
Ya ampun, mata saya nyaris berkaca-kaca baca novel ini. Rasanya kaya baca Totto Chan atau Saga no Gabai Bachan, cerita sederhana tentang pendidikan yang bagus dan menyentuh realita.

Gaya bahasanya sendiri menurut saya khas Jepang ya. Memang cenderung berjalan lambat dan membosankan. Entah aslinya seperti itu atau pilihan kata penerjemahannya yang kurang oke. Tapi ya saya sendiri pas baca novel terjemahan Jepang lainnya juga dapet feel yang sama. Jadi saya anggap emang begitu kali ya khasnya orang
...more
Haditha Haditha
May 12, 2018 rated it really liked it  ·  review of another edition
war has never been good
Yuliani Liputo
Dec 27, 2013 rated it liked it
Tertarik utk membacanya karena pernah disebut2 bahwa Laskar Pelangi terinspirasi buku ini, kala media ramai meributkan klaim Andrea Hirata awal tahun lalu. bahkan seorang kritikus menyebut "jangan-jangan..." tanpa secara tegas mengungkapkan prasangka apa yang terlintas di benaknya. Berkisah tentang 12 anak sekolah dasar di pulau Shodo, Jepang, berjuang mendapat pendidikan di tengah keterbatasan. Seperti dalam Laskar Pelangi, ada seorang guru yang sangat berperan dalam pendidikan mereka, Miss Ois ...more
David
Jan 12, 2012 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: big-red-circle
A bit clunky.

Why open with the predecessor teacher and the older siblings?

Why put our hero so far away? The teacher's difficulties of getting to school dominated much of the book. Was it just so that we could have her in Western clothes and riding a bike, and yet avoid upsetting the reader by appearing to self-consciously blaze a trail?

Tsuboi's opposed to heroic young men being cut in half by machine gun fire, but I don't think her writing is really pitched for those who are pro heroic young me
...more
Trin
Dec 15, 2008 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: fiction, japanese-lit
A classic Japanese anti-war novel. The prose is frequently clunky—which may or may not be a translation issue, I don't know—but the story, which follows a young teacher in an isolated seaside village as she watches a group of her students grow up, is ultimately quite moving. Makes an interesting read if you're mostly only familiar with Allied views of World War II, or of American views on Japanese attitudes toward involvement—this novel constitutes a marked departure from all that, being so stau ...more
Kelly
May 21, 2009 rated it liked it  ·  review of another edition
A wonderful story about the effects of war, particularly on those in rural areas. The simplicity of the writing (partially due to translation?) drains some necessary emotion from the book -- a problem that was soon corrected with the Kinoshita/Takamine movie of 1954. Watch the film first, as it is one of the best in Japanese cinema, then read the book if you're interested in the source material.
Zulfy Rahendra
Saya kayaknya kurang cocok sama karya penulis Jepang.. -_-

Yha. Itu pembelaan aja kayaknya. Selalu bosen baca buku karya penulis Jepang, padahal ceritanya bagus. Buku ini misalnya, ceritanya bikin baper sebenernya, tapi gaya berceritanya bikin saya ngga tahan. Loncat-loncat ngga jelas, ceritanya kurang fokus melebar kemana-mana, bahasa (terjemahan)nya bikin saya ngga nyaman juga. Malah capek sendiri ngikutinnya. Hhhhhhhhh
rochejad
A story of a strange teacher. And the students involved. The book is all about loving your job as a teacher. Being passionate with your job and loving the people surrounding you.
eti
Sep 26, 2014 added it
#02-2016

buku pinjaman hehe...
Nina
Feb 10, 2016 rated it it was amazing
:'( Mendekati ending dan bab bab terakhir, sy makin sedih. Perang memang membawa kesedihan bagi pihak yg menang maupun kalah.
Trian Lesmana
Feb 27, 2018 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Sebelum perang datang, meski desa di tanjung itu tergolong miskin, anak-anak tampak bahagia. Setelah naik ke kelas lima, untuk pertama kali barulah mereka diperbolehkan pergi ke sekolah desa utama yang jauhnya lima kilometer perjalanan. Sandal jerami buatan tangan yang mereka kenakan pasti rusak setiap hari, tetapi anak-anak itu justru bangga. Betapa senangnya mereka memakai sandal baru setiap pagi! Lihat, betapa syahdunya Sakae menceritakan kisah yang sangat mengharukan ini. Anak-anak desa tanj ...more
Annisa Amalia Helandri
Sangat merubah cara pandang terhadap perang serta pendidikan secara bersamaan. Novel dengan kisah yang menyentuh. Konflik yang dipaparkan juga terasa nyata. Serta cara penyampaian setiap tokoh membuat saya semakin mengenal karakternya masing-masing, walaupun ada beberapa yang tidak mendapat porsi yang sama namun cukup membuat saya tau setiap tokoh yang ada. Novel anti perang sekaligus pendidikan yang 'memanusiakan manusia'. Sangat terhibur dengan kepolosan anak-anak murid Oishi.
sylviaparamitha
buku yg mengisahkan tentang seorang guru, yang awalnya terpaksa mengajar anak-anak di sebuah desa tanjung pada zaman perang dulu. lumayan suka sama cerita ini karna ada bagian dimana kerasa emosionalnya💕
Ratna Indradjanue
Buku ini mengisahkan tentang pendidikan di tengah suasana perang. Tentang perjuangan seorang guru yang harus mengajar sekelompok anak2 di desa yang cukup jauh.
Tentang mimpi anak-anak yang sederhana namun bermakna.
Membaca buku ini membuat saya membayangkan dunia pendidikan di pelosok negeri
Irene
May 16, 2017 rated it liked it  ·  review of another edition
A soft, feminine and easy-to-read story that is disrupted by war, but even still feminine with Miss Koishi character all over it. Many stories with similar theme are more exciting, bombastic and heroic. This book chose to stay calm and humble. I’d like the story to continue, it stopped abruptly.
Imas
Aug 09, 2017 rated it liked it
Kisah seorang guru bersama 12 anak muridnya disebuah sekolah dasar cabang disebuah desa. Miss Oishi dan murid-muridnya harus melewati masa-masa perang. Kehidupan menjadi tidak sama setelah perang pecah.

Kondisi Jepang yang menghadapi perang, perekonomian yang sulit sangat berpengaruh terhadap kehidupan mereka.

Keluguan dan kecintaan anak murid kepada gurunya sangat mengharukan. Suka dengan gaya humor dalam buku ini yang menurutku sangat khas Jepang

Mengharukan.
Marikke
Mar 06, 2018 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Pesan yang dikandung begitu banyak. Adik saya juga tertarik untuk membaca buku ini.
Dhamala Shobita
Awalnya, saya membeli buku ini karena sampul cetakan keduanya yang manis dengan nuansa pastel. Ketika membaca kisah Mrs. Oishi dan murid-muridnya, tentu saja perasaan saya menghangat. Di awal-awal bab, diceritakan bagaimana anak-anak didik Mrs. Oishi dalam kehidupannya. Banyak karakter unik dari murid-murid tersebut. Ditambah kisah kemasyarakatan yang ada di dalamnya semakin membuat buku ini kaya.
Sayangnya, feel terjemahan ini kurang berasa. Bagian tertawa dan menangis seolah tidak begitu mendap
...more
Desty
Dua belas pasang mata bercerita tentang seorang wanita muda yang menjadi guru sekolah dasar cabang di sebuah tanjung yang adalah desa petani dan nelayan yang miskin. Kala itu masih jaman perang, kehidupan masyarakat di desa itu sangat sederhana. Anak-anak diwajibkan oleh pemerintah untuk bersekolah, meski pelaksanaannya tidaklah semudah aturan tersebut dikeluarkan. Karena letak desa yang terpencil, anak-anak kelas 1 sampai 4 akan bersekolah di sekolah cabang yang ada di desa itu. Setelah naik ke ...more
mei
Feb 27, 2017 rated it liked it  ·  review of another edition
selama membaca ini mbayanginnya film Setouchi shonen yakyu (2016)l soalnya agak2 mirip. dan ya, sedikit mirip Laskar pelangi ya. kalau gak salah sih dulu ada gosip yang bilang bahwa laskar pelangi sedikit banyak terinspirasi dari buku ini. tapi ya mbuh juga.

cuma cerita di buku ini terlalu ''jauh'' banget. ya memang sih intinya menceritakan 12 anak murid bu gurunya. cuma sampai dewasa banget gitu jadi ceritanya kemana-mana dan kurang puas. soalnya saya mengharapkan kisahnya lebih banyak pas masi
...more
Anis Arafah
Nov 03, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: borrow
Menjadi guru adalah cita-cita yang timbul tenggelam dalam pikiran dan hatiku. Selalu ada sisi kontra yang muncul dan menggoda benak untuk menyerah saja dengan cita-cita mulia itu saat mengaca pada diri dan menemukan ada banyak hal yang belum layak. Namun, muncul banyak sisi pro juga saat melihat orang-orang inspiratif yang dengan segala kurangnya justru berjuang agar pendidikan bisa dirasakan oleh banyak anak. Salah satunya sosok inspiratif dalam buku ini, Oishi Sensei, yang telah berhasil menim ...more
Tristanti Tri Wahyuni

Miss Oishi adalah guru baru yang ditugaskan di Desa Tanjung, sebuah desa nelayan yang miskin. Semula, Miss Oishi merasa sangat berat menjalani tugasnya. Bukan hanya karena ia harus menempuh jarak 8 km sekali jalan dari tempat tinggalnya, melainkan juga karena dia harus menghadapi sikap penduduk desa yang kurang menyukainya karena dianggap terlalu modern.

Seiring berjalannya waktu dan banyaknya kejadian yang dialami, Miss Oishi kemudian justru memiliki keterikatan hati dengan Desa Tanjung. Khususn

...more
Teguh Affandi
Dec 04, 2013 rated it really liked it
Tidak berlebihan kalau menurutku ini lebih muda dibandingkan dengan BOTCHAN yang bergenre pendidikan Jepang pada 1900-an awal, sedang "NIJUSHI NO HITOMI" ini terbit pada tahun 1952. Novel ini tetep menarik perhatian.

Menariknya adalah bagaimana penulis tidak berusaha memasukkan pandangannya mengenai perang Jepang yang masa itu sedang berkecamuk. Buku ini murni mengisahkan kisah 12 anak murih Miss Oshio. Dengan keluguan, kelucuan, dan kepolosan anak-anak SD Kelas 1.

Diceritakan seorang guru muda b
...more
Paula
Jun 21, 2010 rated it it was amazing  ·  review of another edition
'Twenty-four eyes' tells the story of Miss Hisako Koishi and the twelve children she teaches at different points in their lives. From the minute Miss Koishi arrives on Shodoshima Island in March 1928, she is seen as 'modern' because she wears Western clothes and rides a bicycle, at the time, Japan is going through a change with the first election of the new Universal Suffrage Act taking place in February of the same year.

Shodoshima Island is a small island where all of the inhabitants (including
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Saga no Gabai Bachan - Nenek Hebat dari Saga
  • Teka-Teki Terakhir
  • Spring-Heeled Jack
  • Än lever Emil i Lönneberga
  • Bite-Sized Magic (The Bliss Bakery, #3)
  • Berjuang dan Dibuang (Untuk Negeriku, #2)
  • The Dead Returns
  • Pasung Jiwa
  • Manxmouse
  • Beyond the Blossoming Fields
  • More Naughty Little Sister Stories (Naughty Little Sister, #2)
  • Harry and the Wrinklies
  • Scandal
  • The Maid
  • The Sound of Water: Haiku by Basho, Buson, Issa, and Other Poets
  • Sepeda Merah Vol. 2: Bunga-Bunga Hollyhock
  • A Riot of Goldfish
  • The Life of an Amorous Woman and Other Writings

Fiction Deals

  • Mercy Among the Children
    $14.99 $1.99
  • Darkness There: Selected Tales by Edgar Allan Poe [Kindle in Motion]
    $1.99 $0.99
  • An Empty Cup
    $3.99 $1.99
  • I Like You Just Fine When You're Not Around
    $4.99 $1.99
  • Abby's Journey
    $4.99 $1.99
  • The Underground River
    $12.99 $2.99
  • The Word Game
    $4.99 $1.99
  • Fraulein M.
    $4.99 $1.99
  • The Lost Girls of Camp Forevermore
    $11.99 $2.99
  • Sister of Mine
    $3.99 $1.99
  • Bury What We Cannot Take
    $5.99 $2.99
  • Chomp
    $6.99 $1.99
  • Searching for Grace Kelly
    $15.99 $1.99
  • Bricking It
    $3.99 $1.99
  • The Fifth of March: A Story of the Boston Massacre (Great Episodes)
    $8.99 $2.99
  • Starfish
    $10.99 $1.99
  • Thunder and Rain
    $9.99 $2.99
  • All Grown Up
    $9.99 $2.99
  • The Light of Hidden Flowers
    $4.99 $1.99
  • Olive's Ocean
    $6.99 $1.99
  • Ecstasy
    $13.99 $1.99
  • The Elephant Keeper's Daughter
    $5.99 $2.99
  • The Virtues of Oxygen
    $3.99 $1.99
  • Home to Harmony (Harmony #1)
    $11.14 $1.99
  • Dog Crazy
    $7.99 $1.99
  • The Towers of Tuscany
    $3.99 $1.99
  • The Noticer: Sometimes, all a person needs is a little perspective
    $9.99 $2.99
  • Who We Were Before
    $4.99 $1.99
  • The Reluctant Midwife (Hope River, #2)
    $10.49 $1.99
  • Sin No More (Reverend Curtis Black)
    $10.39 $1.99
  • The List
    $7.99 $2.99
  • Lost & Found
    $5.74 $1.99
  • A Watershed Year
    $3.99 $0.99
  • Savage
    $3.99 $1.99
  • The Designer
    $4.99 $1.99
  • The Novice: A Story of True Love
    $10.74 $1.99
  • Go Away Home
    $3.99 $1.99
  • The Leaving of Things
    $4.49 $1.99
  • Train I Ride
    $6.99 $1.99
  • We'll Always Have Paris: Stories
    $9.99 $1.99
  • The Hidden Flower
    $9.99 $1.99
  • Greyhound
    $3.99 $0.99
  • The Heart Mender: A Story of Second Chances
    $9.99 $1.99
  • Lisette's List
    $11.99 $1.99
  • This Burns My Heart
    $10.99 $1.99
  • The Journeys of Socrates
    $10.99 $1.99
  • Annie on My Mind
    $9.99 $1.20
  • An Absent Mind
    $4.49 $1.99
  • The Book of Ruth
    $18.99 $1.99
  • Smoke
    $4.99 $1.99
  • The Sisterhood of Blackberry Corner
    $7.99 $1.99
  • The Covenant
    $11.99 $2.99
  • Digging In
    $5.99 $2.99
  • The Confessions of Catherine de Medici
    $11.99 $12.99
  • The Traveling Vampire Show
    $3.99 $0.99
  • The Long Way Home
    $3.99 $1.99
  • Martin Dressler: The Tale of an American Dreamer
    $11.99 $2.99
  • Going Home
    $3.99 $1.99
  • In Between Days
    $7.99 $1.99
  • The Girl in the Glass
    $9.99 $1.99
  • Super Sad True Love Story
    $11.99 $2.99
  • Prayers and Lies
    $14.99 $1.99
  • Go the F**k to Sleep
    $8.99 $1.99
  • Fat Chance
    $3.99 $1.99
  • Just a Couple of Days
    $17.99 $1.99
  • The Boleyn Inheritance (The Tudor Court, #3)
    $12.99 $2.99
  • The Girls from Corona del Mar
    $9.99 $1.99
  • The Daughter of Union County
    $4.99 $1.99
  • The Fighting Ground
    $6.49 $1.99
  • Embers
    $9.99 $2.99
  • The Sugar Men
    $3.99 $1.99
  • You Can't Keep a Good Woman Down: Stories
    $17.99 $1.99
  • The Last Storyteller: A Novel Of Ireland
    $11.99 $1.99
  • The Sleepwalker's Guide to Dancing
    $5.99 $1.99
  • A Dog's Purpose (A Dog's Purpose, #1)
    $9.99 $2.99
  • The Temple of My Familiar (The Color Purple Collection)
    $17.99 $1.99
  • Vengeance Road
    $9.99 $2.99
  • Ungifted
    $7.99 $1.99
  • Julie of the Wolves
    $6.99 $1.99
  • Mrs. Saint and the Defectives
    $4.99 $1.99
  • Stiltsville: A Novel
    $10.99 $1.99
  • To the Bright Edge of the World
    $11.99 $2.99
  • The Patriots
    $11.99 $1.99
  • The Flicker of Old Dreams
    $9.99 $1.99
  • All the Good Parts
    $3.99 $1.99
  • The Food of Love
    $3.99 $1.99
  • So Long, See You Tomorrow
    $11.99 $2.99
  • A Scattered Life
    $3.99 $1.99
  • Every Ugly Word
    $3.99 $1.99
  • A Memory of Violets: A Novel of London's Flower Sellers
    $11.99 $1.99
  • Desert God (Ancient Egypt, #5)
    $9.99 $1.99
  • Bloody Jack: Being an Account of the Curious Adventures of Mary "Jacky" Faber, Ship's Boy (Bloody Jack, #1)
    $8.99 $2.99
  • The Woman Who Breathed Two Worlds (Malayan #1)
    $3.99 $1.99
  • An Amish Buggy Ride
    $4.99 $1.99
  • Old Yeller
    $6.99 $1.99
  • The Secret Healer (The Secret Healer #1)
    $3.49 $0.99
  • Elizabeth Street
    $4.99 $1.99
  • The Gates of Rome (Emperor, #1)
    $4.99 $1.99
  • The Unkillable Kitty O'Kane
    $4.99 $1.99
  • It Is Well
    $4.99 $1.99
  • A Sinful Calling (Reverend Curtis Black #13)
    $9.99 $2.99
  • On a Cold Dark Sea
    $4.99 $1.99
  • My Lady Viper (Tales from the Tudor Court #1)
    $4.99 $1.99
  • Kings of Broken Things
    $4.99 $1.99
  • Edward Adrift
    $4.49 $1.99
  • The Restaurant Critic's Wife
    $3.99 $1.99