Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “12 Menit” as Want to Read:
12 Menit
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

12 Menit

by
4.17  ·  Rating details ·  312 ratings  ·  71 reviews
Elaine, sang pemain biola, yakin bahwa musik adalah segala-galanya. Namun, ayahnya menentang, menganggapnya sia-sia.

Tara, berusaha menguasai nada-nada snare drum meski memiliki keterbatasan pendengaran. Tetapi, luka masa lalunya terus menghantui.

Lahang, di tengah deritanya, berusaha memenuhi janji pada sang ayah. Namun, dilema membuatnya ragu melangkah.

Rene bermimpi membaw
...more
Paperback, 362 pages
Published May 2013 by Noura Books
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about 12 Menit, please sign up.
Popular Answered Questions
This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.17  · 
Rating details
 ·  312 ratings  ·  71 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of 12 Menit
Regina
Jun 26, 2013 rated it it was amazing
Terima masih dari hati yang terdalam untuk semua teman-teman yang sudah membaca novel ini. Tadinya novel ini dibuat untuk menjangkau teman-teman yang tinggal di daerah yang tidak memiliki jaringan bioskop 21 dan Blitz.

Novel ini diadaptasi dari skenario Film dgn judul 12 Menit Untuk Selamanya (saat ini masih dalam proses editing). Sungguh luar biasa Noura Books bersedia menerbitkan novel ini.

Novel dan Film ini kami persembahkan sebagai penghargaan kami untuk seluruh pembina, pelatih, staff offici
...more
Riawani Elyta
Jun 13, 2013 rated it it was amazing
Shelves: finish-reading
RESENSI NOVEL :
12 MENIT, KISAH INSPIRATIF-KAH?

Judul : 12 Menit
Penulis : Oka Aurora
Penerbit : Nourabooks
Tebal : 348 hal
Terbit : Mei 2013

“Kisah yang mencerahkan dan inspiratif.” (Andy F. Noya, host Kick Andy)
“...........Cerita yang akan menyemangati dan menginspirasi pembaca hingga lembar terakhir.” (Helvy Tiana Rosa, penulis)

Dua kalimat diatas adalah penggalan endorsement untuk novel buah karya Oka Aurora ini. Menarik. Saat menemukan kata inspiratif dan menginspirasi pada kedua kalimat terse
...more
melati hp
Nov 25, 2013 rated it really liked it
Jika Musik Bicara Lantang tentang Hidup dan Keluarga

"Dua belas menit ini yang akan menentukan apakah kita akan juara. Dua belas menit ini yang akan menetukan apa yang akan kita kenang seumur hidup."

12 Menit mengambil latar Bontang, sebuah kota kecil yang hanya bisa dicapai lebih cepat menggunakan pesawat kecil dari Balikpapan, Kalimantan Barat. Dari seratus tiga puluh anggota marching band Vincero ini kisah ini berputar pada empat tokoh. Rene, sang pelatih asal Jakarta, yang memiliki berbagai pr
...more
Nuri Dhea S
Aug 30, 2013 rated it really liked it
Judul : 12 Menit
Pengarang : Oka Aurora
Penerbit : Noura Books
Tebal : xiv + 348 halaman
Cetakan : Pertama, Mei 2013
ISBN : 978-602-7816-33-6

12 Karakter 12 kisah 12 tantangan dalam “12 Menit”

Judul : 12 Menit
Pengarang : Oka Aurora
Penerbit : Noura Books
Tebal : xiv + 348 halaman
Cetakan : Pertama, Mei 2013
ISBN : 978-602-7816-33-6

Pada 12 menit pertama, 12 halaman pertama, novel ini akan membawa pembaca masuk pada pusaran kisah yang asyik, menyedot masuk seluruh perhatian. Kita makin mengenal s
...more
Maryeni Auliyati
Aug 29, 2013 rated it really liked it
12 Menit - Jalan Panjang Perjuangan Menaklukan Diri Sendiri,Menjangkau Mimpi

Judul : 12 Menit
Pengarang : Oka Aurora
Penerbit : Noura Books
Tebal : xiv + 348 halaman
Cetakan : Pertama, Mei 2013
ISBN : 978-602-7816-33-6

Mimpi adalah energi bagi kehidupan. Sejatinya mimpi bisa membawa manusia pada arah kehidupan yang lebih baik. Namun tidak banyak manusia yang percaya dengan mimpinya, dan tidak sedikit juga yang karena badai perjuangan akhirnya memilih untuk melupakan mimpi-mimpi besar terseb
...more
A
Jun 09, 2013 rated it it was amazing
Recommends it for: marching band buffs
I LOVE THIS BOOK!!! I have never played in a marching band or drum corps but I can emphasize with the key characters of this book, particularly with Tara, the snare drum player. Music is all about feeling, not thinking. I totally agree!
Santi Artanti
Aug 18, 2013 rated it it was amazing
12 Inspirasi dalam 12 Menit

“Bayangkan, Jakarta. Kota yang sekarang tak terjangkau tangan kalian. Bayangkan ribuan orang dari kota itu bersorak-sorai untuk kalian. Bayangkan ribuan orang di stadion besar itu mengentak-entakkan kakinya meminta kalian tampil lagi. Pernahkan kalian membayangkan, kalian menjadi pahlawan bagi ribuan orang ini. Ribuan orang yang tak kalian kenal satu juga. Kemenangan kalian akan membuat mereka sadar, bahwa siapa saja bisa menjadi pahlawan.”
-Rene-

Novel difilmkan, itu su
...more
Fisca
Sep 30, 2013 rated it really liked it
“… Yang akan menyambung hidupmu, hanya keberanian.”

Aristoteles pernah mengungkapkan bahwa untuk menjadi pemenang yang paling penting bukanlah soal bagaimana usaha mengenali musuhmu untuk mengalahkannya. Di atas itu, kau harus mengenali dirimu sendiri lebih dulu—mengalahkan dirimu sendiri. Pemenang adalah ia yang tahu potensi sekaligus kelemahannya sendiri. Pemenang adalah ia yang menyakini potensinya, setelah sebisa mungkin membenamkan kelemahan. Mengalahkan diri sendiri, itulah hal pertama yang
...more
Rima Lestari
Nov 13, 2013 rated it it was amazing
Buku ini diawali sebuah ayat yang diambil dari Al Quran. Surat Al Ra'd ayat 11 yang berarti "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sebuah bangsa sampai mereka mengubah keadaan mereka sendiri". Ayat ini mewakili isi novel yang disadur dari kisah nyata perjuangan tim Marching Band Bontang Pupuk Kaltim (MBBPKT). Kisah yang dirancang apik dalam novel "12 Menit".  
Uniknya, di sampul depan sudah ada secarik pesan: "nantikan filmnya". Biasanya, novel best seller atau novel yang memikat sineas
...more
Lutfia Khoirunisa
Apa yang pertama kali terpikir ketika mendengar buku motivasi? Mungkin sebagian besar akan berpikir tentang genre nonfiksi. Namun, tidak dengan buku yang satu ini. Inspirasi dan motivasinya terjalin rapi dalam cerita fiksi. Mari berkenalan dengan tokoh-tokoh yang akan menemani kita sepanjang novel ini.

Rene, seorang pelatih marching band profesional. Ia memiliki banyak pengalaman dalam melatih grup marching band. Kepiawaiannya dalam melatih marching band tidak bisa diragukan lagi. Rene telah ber
...more
Maryeni Auliyati
Oct 03, 2013 rated it really liked it
12 Menit - Jalan Panjang Perjuangan Menaklukan Diri Sendiri,Menjangkau Mimpi

Judul : 12 Menit
Pengarang : Oka Aurora
Penerbit : Noura Books
Tebal : xiv + 348 halaman
Cetakan : Pertama, Mei 2013
ISBN : 978-602-7816-33-6

Mimpi adalah energi bagi kehidupan. Sejatinya mimpi bisa membawa manusia pada arah kehidupan yang lebih baik. Namun tidak banyak manusia yang percaya dengan mimpinya, dan tidak sedikit juga yang karena badai perjuangan akhirnya memilih untuk melupakan mimpi-mimpi besar tersebut. Secara s
...more
Aisyah Sariasih
Nov 09, 2013 rated it liked it
SUKSES ITU, DI TANGAN KITA



Judul Buku : 12 Menit
Penulis : Oka Aurora
Penerbit : Noura Books
Terbit : Mei 2013
Halaman : XIII+343 halaman

Novel bersampul biru gelap, bermotif rak lengkap dengan satu dua perlengkapan marching band. Saat pertama kali menyentuh sampulnya, serasa memegang rak asli, ada tekstur kasar dari sampul novel ini, cukup unik. Nilai tambah yang lain adalah adanya pembatas buku yang bertekstur sama dengan sampulnya.
Tara, Lahang, Elaine, dan Rene. Merekalah tokoh sentral dalam kisah
...more
E.a Pamungkas
Aug 26, 2013 rated it really liked it
Resensi Novel 12 Menit : Dreaming is Believing!

Ribuan Jam yang Menentukan

Ujung keberhasilan terletak pada pangkal apa yang kita lakukan. Artinya, sebuah keberhasilan hanya buah dari sebuah awal yang pernah kita kerjakan.
Kita sering kali berdecap kagum ketika melihat penampilan sebuah pentas yang apik. Tapi kita jarang bertanya: apa yang telah mereka lakukan untuk bisa menghasilkan sebuah pertunjukan yang memukau? Novel 12 Menit karya Oka Aurora mengajak kita untuk menjawab pertayaan itu. Menapa
...more
Stilldaydreaming
May 21, 2013 rated it really liked it
Akhirnya saya berhasil menyelesaikan novel ini. Novel yang berhasil membuat saya merasa ada di dalamnya. Saya nggak tau gimana ngejelasinnya secara teknis, tapi yang jelas bagi saya novel ini punya "soul"-nya. Kekuatan utama dari novel ini menurut saya gimana novel ini punya soul and power (susah ngejelasinnya, tapi itu yang saya rasa). Saya bisa merasakan ambisi dari Rene, semangatnya, keras kepalanya. Mungkin dia adalah tokoh favorit saya. Meskipun keras kepala dan galak, tapi Rene adalah soso ...more
Skylar Alvins
Jul 07, 2013 rated it liked it
Shelves: middle-racks
Madame's Warning: Reviews are subjective as it is supposed to be. And even if I seem to be using quite a harsh criteria on characters or plots, it's just me being a nitpick. Still, everything's all up to you, readers of my review, to either proceed with buying/continuing to read/borrowing (?) the book I review. (I just feel obliged to include this, and will probably include this warning before rants from now on.)

I'm finally back with another read. It feels like I've been reading papers for ages!
...more
Sinta Nisfuanna
May 26, 2013 rated it liked it
"Mereka berlatih ribuan jam hanya demi 12 menit penentuan."

Tidak tau kenapa, saat membaca kalimat tersebut di bagian sinopsis, tiba-tiba di kepala malah muncul, "kok seperti ujian nasional ya, yang jadi titik tentu belajar selama bertahun-tahun." Well, kalau dipikir-pikir, begitulah hidup, yang terdiri dari titik-titik tentu dari setiap usaha dan doa manusia. Tinggal bagaimana manusia berusaha untuk mencapai titik tentu tersebut dengan cara bagaimana. Hasilnya? Pasti yang terbaik dari Allah SWT
...more
Uthie
Aug 01, 2016 rated it really liked it
Shelves: favorites
Ini bukan review cuma curhat yang gak jelas

Ada yang bilang buku ini inspiratif, ada juga yang bilang "INSPIRATIF? INSPIRATIF DARI MANA? DARI HONGKONG?!?!"

Yah... masalah inspiratif atau tidaknya sebuah buku itu berpulang pada masing-masing pembaca dan pengalaman hidupnya sih. Bahkan bagi orang-orang tertentu buku kipas itu bisa sangat inspiratif. Buat anak-anak marching band atau anak-anak yang berada di pelosok daerah dan tak pernah ke Jakarta buku ini mumgkin bakal sangat inspiratif. Tapi buat
...more
Atria Dewi Sartika
Aug 19, 2013 rated it really liked it
Shelves: fiksi-indonesia
Sejujurnya, cover buku ini menurut saya kurang menarik. Warnanya terlalu gelap. Kurang cerah. Kurang merepresentasikan apa yang disajikan dalam cerita ini. Hal ini sempat mempengaruhi minat saya untuk membaca buku ini.

Bahkan jujur di awal membaca novel ini pun saya sempat merasa bosan. Membuat perhatian saya teralih ke novel lain. Dan kini setelah berhasil menamatkannya dalam waktu 3 jam di sela perjalanan kembali ke Bandung setelah mudik lebaran di Majene, maka saya harus mengakui bahwa kali in
...more
Fetri
Jul 24, 2013 rated it really liked it
Vincero! Dreaming is believing!
Jujur saja, saya awalnya penasaran dengan buku ini karena melihat tulisan “Nantikan filmnya”, yang terdapat pada cover depan buku ini. Kemudian saya membaca sinopsis yang berada di belakang buku yang lumayan tebal ini, dan saya terlanjur jatuh hati dengan ceritanya. Menceritakan tentang empat tokoh utama yang mempunyai latar belakang dan kesulitan yang berbeda, namun kemudian mereka bersatu untuk mencapai impian mereka bersama. Menjadi juara.
Elaine murid pindahan
...more
Maryamsy
12 MENIT, UNTUK SELAMANYA. DREAMING IS BELIEVING
A COTTON CANDY
Resensi novel 12 Menit oleh Nur Maryam Afifah Sy
Novel, lembaran penuh cerita mengandung banyak kisah yang memberi kesan tersendiri bagi pembaca. Ada yang seperti sepiring nasi gemuk penuh daging, cerita yang bertema berat dan menarik hati penggemar khusus. Ada yang seperti potongan kue cokelat berkrim, cerita ringan yang menyentil perasaan penggemar yang lebih khusus. Dan ada, cerita yang sederhana, manis dan menyentuh seperti permen
...more
Hairi
Aug 20, 2013 rated it it was amazing
Namanya Tara. Gadis berkerudung itu mempunyai kemampuan teknik bermain drum yang lebih baik dari sebagian anak seusianya. Sampai kemudian satu kecelakaan membuat dia kehilangan pendengarannya. Hanya tersisa berapa persen dari suara yang seharusnya dia dengar, bisa ditangkap telinganya. Tara tertatih menemukan kepercayaan dirinya kembali.

Pertemuannya dengan Rene membuat dia masuk ke tim inti marching band. Namun, bisakah Tara dengan pendengarannya yang mengandalkan alat bantu dengar bergabung den
...more
Denny Ardhianto
May 20, 2017 rated it really liked it
keren banget kata-kata motivasinya. bikin merinding juga. hiy!
Fath Sania
Dec 17, 2017 rated it it was amazing
Amazing!
Nabila Budayana
Jun 15, 2013 rated it liked it
Shelves: first-reads
Vincero!

Seruan itu menghambur di buku ini. Seruan kemenangan, pengobar semangat demi sebuah tujuan. Secara garis besar, 12 Menit mengisahkan tentang perjuangan sebuah Marching Band dari Kalimantan Timur yang berkeras ingin meraih kemenangan di kompetisi nasional di Jakarta. Dengan blurb di bagian belakang, tentunya plot utama telah tergambar dengan genre novel yang jelas. Tentang perjuangan dan pencapaian mimpi. Mengambil genre novel inspiratif saat-saat ini cukup berisiko. Telah jamaknya novel
...more
Naima Knisa
Apr 18, 2014 rated it it was amazing
Membaca buku ini semacam pergi ke 20 tahun yang lalu. Waktu itu saya sempat merasakan apa yang dirasakan Elaine, Tara dan Lahang saat bermain Marching Band. Dimarahin pelatih, berusahaa tetap tegak saat membopong snare drum dan berbaris siang bolong demi sebuah lomba drumband tingkat TK se-Solo raya. Ya, TK! Taman Kanak-kanak. Tapi tentunya saat itu tidak seberat apa yang ada di cerita buku ini.

Ah, kok malah ngelantur dan curhat sih!

Saya tahu buku ini sejak tahun lalu, tapi baru beli awal tahun
...more
Dessy Desma
Aug 26, 2013 rated it really liked it
Adalah Rene, pelatih Marching Band Bontang pupuk Kaltim, dia bermimpi untuk membawa tim yang dilatihnya menjadi juara Grand Prix Marching Band (GPMB) ajang kompetisi Marching band tingkat nasional yang di laksanakan setiap tahun di Indonesia.
Bukan mudah jalan yang harus di tempuh Rene untuk mencapai impiannya, terutama dengan ketidakyakinan orang-orang di sekitarnya, termasuk anak-anak didiknya sendiri, yang merasa ‘kecil’ karena mereka hanya datang dari sebuah kota di pelosok negeri.
Sehingga
...more
Maudy Agusdina
Jun 07, 2014 rated it liked it
Mengejar mimpi. Berasal dari kota kecil. Impian besar meski keadaan terbatas. Rasa-rasanya kita sudah tidak asing lagi dengan cerita-cerita macam itu. Banyak buku yang meminjam formula serupa : tentang anak-anak kampung halaman yang mencoba mencapai cita, menghadapi banyak kendala untuk membuktikan diri bisa sukses meraih mimpi di kota besar. 12 Menit karangan Oka Aurora tak jauh berbeda. Mengangkat cerita tentang anggota marching band di sebuah kota kecil bernama Bontang, Oka Aurora sudah menar ...more
Fauziyyah Arimi
May 16, 2013 rated it really liked it
Pfiuh, ternyata saya sudah mulai membuka dan membaca buku ini sejak bulan Juli -,-
I know exactly that my intention to buy and read this book was to join the review competition. the prize tempted me.

Lalu saya menunda, karena deadline-nya masih lama. Lalu deadline diperpanjang. Saya tunda lagi. Lalu deadline diperpanjang lagi, hingga hari ini, dan ...

I withdraw..

Mundur teratur dari bikin review seriusnya.

shame on me..

Jadi, saya ngereview ngga serius aja ya? :-P
Soalnya saya juga ngga akan bikin re
...more
Dian Putu
Nov 13, 2014 rated it really liked it
Tak banyak orang yang punya mimpi. Kamu, ya kamu, belum tentu kamu orang yang beruntung untuk memiliki mimpi. Atau, kamu bukanlah orang yang menganggap mimpi itu penting untuk diwujudkan.
Tapi, untuk Elaine, Tara, Lahang, maupun para anggota Tim Marching Band Bontang Pupuk Katim, mimpi adalah satu tujuan yang ingin mereka raih. Mimpi mereka, menjadi pemenang. Bukan sebuah hal yang mudah, memang. Untuk sekedar latihan saja, banyak tantangan yang harus mereka hadapi.
Seperti Elaine, sang pemain bio
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 11 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • The Secret Garden
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol
  • Andy Noya: Kisah Hidupku
  • Cinta yang Diacuhkan
  • Jenderal Kambing (Kisah Nyata Seorang Penggembala yang Menjadi Pejabat Negara)
  • Indonesia Mengajar 2
  • Athirah
  • Chairul Tanjung Si Anak Singkong
  • Menatap Punggung Muhammad
  • Saga no Gabai Bachan - Nenek Hebat dari Saga
  • Surat Dahlan
  • Teka-Teki Terakhir
  • Sepatu Dahlan
  • Bulan
See similar books…
12 followers
A stay at home mom with 3 children.
A telecommunication staff of 13 years turned screenwriter and novelist.

News & Interviews

Are you spending this season bundling up against the chill or enjoying summery southern hemisphere vibes (in which case we are...
85 likes · 29 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Perjuangan terberat dalam hidup manusia adalah perjuangan mengalahkan diri sendiri. Buku ini adalah bagi semua yang memenangkannya.” 1 likes
More quotes…