Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sialan Salman” as Want to Read:
Sialan Salman
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sialan Salman

by
3.31  ·  Rating details ·  29 ratings  ·  10 reviews
Kisah anak SMA yang tak biasa!

Sialan Salman! Adalah sebuah buku tentang catatan keabsurdan saat MOS SMA yang penuh lika-liku dan pergulatan bathin. Kadang pergumulan itu membuat tawa meledak ke angkasa kadang malah membuat pikiran terbuka lebar menganga. Apakah anda siap berkelahi dengan analogi kata? Atau anda takut hatimu tak siap lantas merana?

Paperback, 216 pages
Published April 17th 2013 by Elex Media Komputindo
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sialan Salman, please sign up.

Be the first to ask a question about Sialan Salman

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-38
Average rating 3.31  · 
Rating details
 ·  29 ratings  ·  10 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Sialan Salman
Farah
Apr 30, 2013 rated it did not like it
Shelves: reviewed, blah, novel
Sama seperti halnya membandingkan apel dengan pisang, tidak pernah adil rasanya membandingkan satu karya dengan karya lain yang dituliskan oleh penulis lain.

Gue sudah membaca buku-buku karya Hilman, Boim, Aditya Mulya, dan Raditya Dika, bertahun-tahun lalu. Jadi cukuplah rasanya gue katakan bawa penilaian gue terhadap buku ini tidak terdistorsi oleh gaya penulisan dan humor yang pantas dari para penulis tersebut di atas.

Kisah Salman, si tokoh utama di dalam buku ini sebenarnya adalah kisah bias
...more
Eko Wurianto
May 11, 2013 rated it really liked it
Di usia belasan, saya membaca buku tentang anak SMA yang kurus, berjambul dan selalu mengunyah permen karet. Lupus, karya Hilman Hariwijaya. Hilman menuturkan kisah tokoh rekaannya itu dengan gaya tulis yang mengalir lancar dan jenaka. Ngocol, begitu kosakata yang muncul saat itu untuk menunjukkan gaya bertutur Hilman.

Sudah lama saya tidak mendapatkan buku tentang anak SMA yang bisa membuat saya gembira. Sampai saya mendapatkan buku Sialan Salman! ini. Saya mulai membaca dari halaman paling depa
...more
Mujibuddin Ajmal
May 19, 2013 rated it it was amazing
banyak buku komedi saya lahap dari orang Indonesia punya sampai asing. Saya kira buku ini mempunyai kualitas yang berbeda dari buku komedi kebanyakan. Buku ini tidak mencoba untuk menyampaikan kesialan tokoh-tokohnya sebagai bahan candaan tapi justru penulis tidak ikut-ikutan cerita komedi kebanyakan dan tidak berusaha untuk menjadi lucu, tetapi justru dengan cara ini, penulis dapat menulis lelucon dengan bentuk berbeda dengan banyolan slapstick atau buku - buku komedi lain sebelumnya.

maka dari
...more
Amanda
May 19, 2013 rated it it was amazing
Saya adalah seorang guru Bahasa Indonesia dan ketika saya pertama kali membaca buku ini saya dikagetkan oleh struktur kata yang tak biasa dan cara pemikiran serta sudut pandang penulis yang tidak mainstream saat melihat fenomena-fenomena sosial dalam kehidupan SMA.

Sudut pandang ini sering kali membuat orang yang membacanya tertawa lebar. Orang yang tertawa lebar adalah orang yang punya sudut pandang yang open minded dan terbuka sehingga guyonan yang ditulis penulis dapat dicerna dengan baik. han
...more
Karina
May 02, 2013 rated it it was amazing
Shelves: humor
Ketika gw pertama membeli buku ini gw gak ngarepin apa-apa. Gw udah pernah melahap novel komedi dari mulai Hilman dengan Lupusnya hingga Radith dengan seri Kambing Jantannya walau gak semua seri.

jujur gw juga baru denger penulis bernama Salman Aditya, jadi keputusan gw membeli bukunya adalah seperti perjudian.

Beberapa lembar terlewati dan gw mulai menyadari bahwa novel ini menyuguhkan sebuah penyampaian komedi yang jarang gw temukan dari buku novel komedi kebanyakan yang gw pernah baca.

Penyampa
...more
Rose Gold Unicorn
Apr 30, 2013 rated it did not like it
“Kisah anak SMA yang tak biasa!”

Gitu sih slogan buku ini yang tertulis di kaver depannya. Dari situ, aku jadi mikir, wah “tak biasa” gimana nih maksudnya? Apakah buku ini menceritakan soal anak SMA yang lebih pilih pakai gigi emas ketimbang pakai behel, atau kisah tentang sekumpulan anak SMA yang lebih suka nongkrong di Indomaret ketimbang di Sevel? #antimainstream #yakalidah

Sayangnya, harus kukatakan. Slogan tetaplah hanya slogan. Bukan berarti mencerminkan isi buku. so, beware. Don’t ever be t
...more
Salman Aditya
Apr 09, 2013 rated it it was amazing  ·  (Review from the author)
Shelves: humor, comedy, philosophy
Endorsement List “Sialan Salman”

"Saya udah sangat lama lulus SMA, 18 Tahun lalu! Buku ini membawa saya membayangkan masa SMA lagi. Tokoh dan ceritanya jadi saya sama2in dengan yang terjadi semasa SMA dulu. Ringan, lucu, sedikit nakal. Boleh Banget dibaca :)"
- Eddi Brokoli

"Wiiii buku yang sangat istimewa lucunyaa..!!!"
- Anisa Chibi

"Salmaan memang sialan..!!" bisa membuat kisah-kisah ringan menjadi sangat menarik, gampang dicerna dan mengingatkan pada nostalgia SMA"
- anakunpad.com

"Sialan Salman! H
...more
Indah Threez Lestari
May 18, 2013 rated it did not like it
Shelves: indonesian, weeded
336 - 2013

Membaca buku ini jadi dejavu, serasa membaca ulang buku pertama Salman Aditya yang berjudul High In School, cuma beda nama tokoh, setting, dan tentu saja disajikan dalam bahasa Indonesia.

Tapi terus terang, sampai sekarang aku belum sanggup menamatkan buku High In School, terutama karena disajikan dalam bahasa Inggris yang bikin sakit kepala. Iya sih, penulisnya sudah memperingatkan kalau bukunya memang sengaja ditulis begitu karena tokoh utamanya memang suka high. Tapi meskipun aku bu
...more
Agatha Andari
May 20, 2013 rated it did not like it
I remember I went to Gramedia Bandung and found this book.

They said that there was a launching of the book earlier.
I have never seen any book launching ever, but I really wished I was there, at Gramedia Bandung, during the book launching, because I really wanted to slap the editor real hard on the face.

Because, Bozo, why would a well-known publisher published such a book like this? I mean, ew..
You broke my heart, Elex. We had a great time back then with all those comics and such.
And now you
...more
Arumm
Jul 12, 2013 rated it liked it
well.. ketika baca buku ini jadi teringat masa masa SMA dulu... bacaannya ringan banget..

Vivi Denika
rated it it was ok
Oct 08, 2017
Kimberly Scott
rated it really liked it
Jul 09, 2013
Mary Sue
rated it really liked it
May 28, 2013
Eva
rated it it was amazing
Dec 14, 2013
Alexa
rated it really liked it
May 28, 2013
Runa Ratri
rated it liked it
Apr 18, 2013
Daniel Zusak
rated it really liked it
Jul 09, 2013
nana_nans
rated it it was ok
Apr 14, 2013
Intan Kirana
rated it it was ok
Jan 01, 2014
Dikenpartiiymail.com
rated it it was amazing
Sep 23, 2013
Kiki
rated it liked it
Mar 26, 2014
Sarah Zhafira
rated it really liked it
Jul 26, 2013
Citra Ashri
rated it did not like it
May 24, 2013
Rido Arbain
rated it it was ok
Jun 24, 2013
James  Bond
rated it liked it
Mar 10, 2014
Paul
rated it really liked it
May 28, 2013
Dago Press
rated it it was amazing
Dec 14, 2013
Jenny
rated it it was amazing
Dec 14, 2013
Iqbal
marked it as to-read
Apr 11, 2013
Dodi Prananda
marked it as to-read
Apr 16, 2013
Inas Zahra
marked it as to-read
Apr 17, 2013
Ika Wisnu
marked it as to-read
Apr 18, 2013
Ryan Nopa
marked it as to-read
Apr 22, 2013
Inayah  Lie
marked it as to-read
Apr 29, 2013
Dinur A.
marked it as to-read
Jun 09, 2013
Desy Hartini
marked it as to-read
Aug 06, 2013
topics  posts  views  last activity   
Goodreads Indonesia: Undangan Launching & Pesta Buku Sialan Salman 1 23 Apr 19, 2013 06:59AM  
159 followers
Salman Aditya (born October 23, 1989) is a Indonesian novelist, musician and dreamer. His first book Sake is released in December 2012. His second book is High in School, an English humorous fiction book and its available to buy all over the world on Amazon. His newest work are released by Elex Media Komputindo, its called Sialan Salman.Find more about his work on Wikipedia

...more

Related Articles

You might know comedian Colin Jost from his work as the co-anchor of Saturday Night Live’s Weekend Update, or perhaps you know him as Scarlett Joha...
89 likes · 33 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »