Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Pintu Harmonika” as Want to Read:
Pintu Harmonika
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Pintu Harmonika

by
3.84  ·  Rating details ·  589 Ratings  ·  86 Reviews
Dijual cepat: S U R G A!

Punyakah kamu surga di Bumi, tempatmu merasa bebas, terlindungi dan… begitu bahagia hanya dengan berada di situ?

Rizal, Juni, dan David menemukan surga lewat ketidaksengajaan; Buka pintu harmonika, berjalan mengikuti sinar matahari, dan temukan surga. Surga yang tersembunyi di belakang ruko tempat tinggal mereka.

Walau mereka berbeda usia dan tidak ju
...more
Paperback, 307 pages
Published March 22nd 2013 by PlotPoint
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Pintu Harmonika, please sign up.

Be the first to ask a question about Pintu Harmonika

Community Reviews

Showing 1-30
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Harukaze Mizuki
Sekarang aku tahu kenapa reviewnya di Goodreads bagus banget. Bahkan sampai ada yang nggak "tega" nyela buku ini saking "mulianya" buku ini. Oh wow? Karena penasaran, aku pun berburu bukunya. Sayang di Mizanstore udah habis. Untungnya aku dapat juga dari Tsundoku Bookshop di FB :)

Rupanya Plot Point itu hobi bikin kover-kover buku super unik. Mereka nggak puas dengan kover yang cuma kotak nyel gitu. Maka dibuatlah kover Pintu Harmonika menjadi dua lapis. Lapis pertama adalah jajaran tiga ruko yan
...more
bakanekonomama
Ketika mendengar kata surga, otak saya langsung berkelana dan mulai berimajinasi ke tempat terindah yang saya impi-impikan. Saya membayangkan diri saya sedang duduk di antara hamparan padang bunga yang maha luas. Bunga-bunga tercantik di dunia dengan beraneka warna, berada di sekeliling saya, dengan sejuta keharuman yang menyesakkan dada.

Di kejauhan, ada sebuah gunung salju yang tinggi menjulang, dengan latar langit biru cerah yang membentang tak terbatas. Di antara padang bunga itu, tak jauh da
...more
Peni Astiti
Suatu hari, si sayah tersinggung sekali dengan ucapan seorang aki Hippo dari Hongkong, waktu itu dia bertanya kepada si Ipin, tentang link review Eleanor and Park. Si sayah kan nanya, "aki nggak nanyain review sayah?" Dia kemudian jawab, "jarang buka review yang ngelink ke review lain yang eusinya dongeng buat anaknyah" *konteks jawabannya kurang lebih kek gitu*

Si sayah tersinggung setersinggung-tersinggungnya tersinggung. Sebal! Tapi dipikir-pikir, dari mana yah, dia tahu kalo isi review sayah
...more
Rahmah Asyiah
Jun 17, 2013 rated it really liked it
4 Bintang buat novel ini jadi artinya harus banget kamu baca, ^^

Novel ini seperti cabe rawit, kecil tapi pedasnya ngga nahan. Sedangkan novel ini ringan tapi makna luar biasa dalam. Ceritanya simple tapi bisa bikin ketawa, cengengesan sampai nangis sesegukan. Bianya sih rada males baca novel yang terlalu simple tapi pas baca novel ini mmmhhh langsung malu sendiri gituh karena ternyata cerita yang simple bisa bikin aku takjub banget sama tokoh - tokohnya dengan kata lain takjub juga dengan penuli
...more
Sulis Peri Hutan
Mar 23, 2013 rated it it was amazing
Shelves: koleksiku, best-book
read more: http://kubikelromance.blogspot.com/20...

Perlu berhari-hari saya move on setelah baca buku ini, setiap saya baca bagian akhirnya mata saya kembali berkaca-kaca. Tema besar novel ini tentang remaja dan anak-anak, permasalahan yang sering muncul di dunia mereka tapi tema besar bagi saya adalah tentang keluarga. Saya sangat suka cerita bertema tentang keluarga, terlebih anak-orangtua, tema yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita, mencoba memahami dan mempelajarinya, karena setiap
...more
R-Qie R-Qie
Feb 10, 2018 rated it liked it
“Segala sesuatu pasti ada bagian susahnya, tapi harus kita lewati.”



Terbagi menjadi tiga bagian menggunakan sudut pandang orang pertama Rizal, Juni, dan David yang berkisah dalam semacam jurnal. Tiga anak dan remaja yang menemukan kedamaian di tanah kosong yang mereka sebut surga.

Ekspektasi saya rupanya terlampau tinggi ketika melihat nama Clara Ng yang karyanya berjudul Dimsum Terakhir menjadi salah satu novel favorit. Bagian pertama, Rizal, gaya berceritanya ala Raditya Dika (tapi jauh lebih b
...more
Desty
Apr 02, 2013 rated it it was ok
Pintu Harmonika bercerita tentang surga di mata 3 orang anak: Rizal, Juni dan David. Ketiganya tidak sebaya, Rizal kira-kira duduk di bangku SMA, Juni SMP, dan David masih SD. Tapi ketiganya menemukan bahwa tanah kosong, pesing dan penuh ilalang di belakang ruko David adalah sebuah surga. Ohya, ketiganya tinggal di kompleks ruko yang saling berdekatan. Pak Firdauz, ayah Rizal, adalah pedagang barang kelontong. Pak Niko, ayah Juni, pengusaha sablon. Imelda, ibu David memiliki toko kue.

Rizal, pemu
...more
Ega
May 27, 2013 rated it it was amazing
Shelves: teenlit, anak
Pintu Harmonika. Saya nggak tahu ya harus memulai review ini dari mana. Perasaan saya terlalu emosional dan mengharu-baru setelah baca novel ini. Tapi baiklah, saya coba ya..

Novel ini berkisah tentang persahabatan yang unik dari tiga orang anak manusia yang berbeda umur. Bahkan lebih tepat hubungan ketiganya seperti kakak beradik.Rizal Zaigham Harahap yang duduk di bangku SMA. Juni Shahnaz, anak perempuan yang berbeda umur 3 tahun dengan Rizal, duduk di bangku SMP. Dan David Christian Hadijaja
...more
Matris Londa
Apr 18, 2013 rated it really liked it
Kamu punya surga di dunia?
Ketiga teman kita ini punya surga. Meski hanya berupa sepetak lahan yang tak di huni di belakang ruko mereka, namun lahan yang sudah ditumbuhi ilalang itu adalah surga bagi mereka bertiga. Tempat di mana mereka menemukan kenyamanan dari dunia luar. Tempat mereka bisa bebas melakukan apa saja yang mereka suka. Meski berbeda usia, namun sebentuk rasa kekeluargaan timbul di antara mereka bertiga.

Rizal Zaigham Harahap : Seorang anak muda, sepertinya usia SMU, senang berkic
...more
Farisa
Apr 18, 2013 rated it liked it
Pintu Harmonika adalah sebuah buku yang terdiri atas tiga cerita, sejenis omnibus, dengan benang merah kehidupan ruko perumahan. Tiga cerita tersebut memiliki tiga tokoh utama yang saling mengenal karena bertetangga, dan dituturkan dalam bentuk jurnal. Sasaran pembaca buku ini adalah para remaja (Where is omnibus/journal for New Adult? Not fair!) .

Jurnal pertama bercerita tentang Rizal, anak SMA yang eksis banget di dunia maya. Karena catatan jurnal pribadi dan blog sering tercampur, pembaca d
...more
Fertina N M
Apr 10, 2013 rated it liked it
Dilembar-lembar pertama saya agak sedikit skeptis dengan buku ini. Saya kira ini hanya sekedar buku remaja / teenlit biasa. Tapi semacam ingin terus menyelesaikan buku ini. Mungkin juga ada titipan pesan untuk membaca buku ini. Apapun alasannya, menurut saya buku ini baru "berasa" saat semakin dalam kamu menyelaminya.

Buku ini dibagi kedalam tiga kisah utama. Setiap kisahnya menceritakan tokoh yang berbeda dari segi umur dan karakter, tetapi tetap mengitari dalam satu tema. Dikisahkan kehidupan k
...more
ima Andina
Jan 24, 2015 rated it really liked it
Review :

Dijual cepat : S U R G A!

Apakah kalian punya surga?

Di tempat tinggal Rizal yang baru, ia menemukan sebuat tempat penuh ilalang di belakang rukonya. Di tempat itulah segala emosi berkecamuk di dada Rizal, hingga akhirnya ia bisa menangisi kepergian mamanya. Tempat itu hanyalah sebuah tempat yang tak terawat, tapi ditempat tersebut Rizal menemukan ketenangan. Dan disitulah semua awal terjadi.
Tapi kali ini hati gue mulai hangat kaarena saat itu gue tahu gue sudah menemukan surga gue di sin
...more
Riebka Damanik
Apr 10, 2013 rated it it was ok
Novel yang diadaptasi dari skenario film layar lebar dengan judul yang sama, memang sangat cocok dibaca oleh para remaja. Ketiga peran utama, yaitu Rizal, Juni dan David mampu mewakilkan tiga karakter dan pengalaman hidup yang sering dialami anak-anak remaja. Rizal yang berusaha menggunakan topeng demi membentuk citra yang terkesan high class. Juni yang berprestasi, tapi nyatanya nggak lepas dari dunia kekerasan dan terpaksa berurusan pada problem keluarga, dan David kecil yang jenius ternyata m ...more
Diyah Hasanah
Jul 20, 2014 rated it really liked it
Jurnal tiga bocah beda usia yang masih dalam proses membangun jati dirinya masing-masing. Dimulai dari Rizal dan pencitraannya di dunia maya. Juni dan bully-annya di sekolah, serta David dan dunianya sendiri di atap rukonya.

Rizal yang selalu memakai hastag #AntiPencitraan padahal apa yang ia tulis dalam sosial media yang ia punya sebenarnya bertunjuan untuk membuat pencitraan tersendiri, bertolak belakang dari kehidupan nyatanya. Juni yang awalnya menjadi korban bully kini justru membully orang
...more
Naufal RM
Apr 12, 2014 rated it liked it
Shelves: fiksi, novel, young-adult
Baca novel ini sekitar akhir tahun 2013 lalu, dan... lumayan suka dengan ceritanya, meski alurnya agak ngebingungin. BTW, makasih buat Teh Jia Effendie yang udah menghadiahi novel ini untuk gue karena gue menang kuis di TL Twitter-nya. Hehehe.

Ada tiga kisah di novel ini, namun masih saling berkaitan. Tiga tokoh utama, yakni Rizal, Juni, dan David, dihubungkan dengan satu hal, yaitu "SURGA". "SURGA" di sini adalah tanah lapang di belakang kompleks ruko mereka yang sering mereka jadikan tempat ber
...more
Lutfia Khoirunisa
Pintu Harmonika pada awalnya adalah skenario film dengan judul sama yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah buku. Dalam novel ini, kita diajak memahami cerita dari tiga sudut pandang: Rizal, Juni, dan David. Saya suka dengan ide kisah ini. Menggabungkan antara ekspresi remaja, hubungan dengan orang tua, dan pergaulannya dengan teman-teman. Saya jarang menemukan novel remaja yang membahas tema seperti ini.

Setiap sudut pandang dalam novel ini memiliki ciri masing-masing. Rizal, seorang remaja popu
...more
Zelie
Mar 31, 2013 rated it liked it
Shelves: my-fav-author
Buku yang ringan, hanya membutuhkan sekitar dua jam untuk menuntaskannya.
Warna-warna pastel pada cover membuat saya merasa bahwa buku ini pastilah buku yang 'manis' dan ternyata, perkiraan saya benar.
Buku ini terbagi menjadi tiga bagian, masing-masing merupakan jurnal alias cerita yang dijelaskan dari sudut pandang dari para tokoh utama, yaitu Rizal, June dan David.
Awalnya saya mengira bahwa saya akan membaca cerita secara bersambung dengan pergantian sudut pandang di tiap bab, ternyata tidak. C
...more
Biondy
Judul: Pintu Harmonika
Penulis: Clara Ng & Icha Rahmanti
Penerbit: Plot Point
Halaman: 307 halaman
Terbit: Maret 2013

"Pintu Harmonika" adalah sebuah novel yang terdiri dari 3 novelet. Ada kisah tentang Rizal, seorang seleb dunia maya. Ada Juni, seorang anak gadis dengan tampang judes. Juga ada David, seorang anak kecil yang cerdas.

Bertiga mereka memiliki Surga, sebuah tanah kosong tempat mereka biasa berkumpul. Saat Surga berada dalam bahaya, mampukah mereka menyelamatkan tempat itu?

Review

Akhirn
...more
Ani Andriyanti
Mar 06, 2013 rated it liked it
Shelves: koleksi, childhood
Yep, buku pertama Clara Ng yang saya baca :D Apa yah? Saya mau bilang bahwa novel ini punya cover yang manis sekali, sangat. Itu yang awalnya bikin saya memutuskan membelinya. Ah, pokoknya baguuus deh covernya. Di samping itu, rating goodreads kok tampaknya juga baguuus. Oke, deal. Saya memasukkan ke dalam keranjang belanja saya :)

Dijual cepat: S U R G A!

Punyakah kamu surga di Bumi, tempatmu merasa bebas, terlindungi dan… begitu bahagia hanya dengan berada di situ?

Ya, itu juga potongan kalimat d
...more
Ira Booklover
Nov 06, 2016 rated it liked it
Covernya cantiiiik!!!

Ceritanya bikin senyum-senyum sendiri di awal, terus nangis bombay di akhir. Untuk bagian nangisnya abaikan saja, saya memang cengeng dari sononya. :D

Jadi buku ini menceritakan tentang petualangan 3 orang sahabat yang berbeda usia. Ada Rizal yang kira-kira seusia anak SMA, ada Juni yang masih SMP, dan David yang masih TK atau SD (saya kurang ngeh untuk bagian ini).

Mereka tetanggan, sama-sama tinggal di ruko yang gambarnya nongol di cover depan itu. Kalau kita amati, dari gam
...more
Hilda
Sep 25, 2013 rated it liked it
Shelves: owned
Saya suka novel-novel karya Clara Ng. Indiana Chronicles, Tiga Venus – you name it. Saya menyukai humornya yang menghibur, gaya bahasanya yang lugas tapi tetap ngena, dan karakterisasi yang kuat di setiap tokohnya. Tidak dapat dipungkiri, Pintu Harmonika adalah buku yang mendapatkan ekspektasi tinggi dari saya. Kehadiran co-author Icha Rahmanti membuat saya berharap akan membawa angin segar dalam buku tersebut.

Pintu Harmonika bercerita tentang Rizal, Juni, dan David – trio yang disatukan dengan
...more
Arline
Mar 31, 2013 rated it really liked it
Dijual cepat: S U R G A!

Punyakah kamu surga di Bumi, tempatmu merasa bebas, terlindungi dan begitu bahagia hanya dengan berada di situ?

Petualangan tiga remaja yang bernama Rizal, Juni dan David menemukan surga lewat ketidaksengajaan: Buka pintu harmonika, berjalan mengikuti sinar matahari dan temukan surga. Melalui catatan Rizal, Juni dan David melewati hari-hari mereka bermain bersama, Surga membuat mereka menemukan bukan hanya sahabat, tetapi juga saudara dan keluarga.

Meski mereka berbeda usi
...more
Sukmadanty
Sep 10, 2013 rated it really liked it
"Dijual cepat: S U R G A!
Punyakah kamu surga di bumi, tempatmu merasa bebas, terlindungi dan bgitu bahagia hanya dengan berada di situ?"

Sebentar, aku ingat2 dulu. Dulu, waktu ku kecil punya, hanya saja aku tak pernah menyebutnya surga. Tempat itu tidak hanya satu, banyak dan berpindah2. Tetapi Juni beruntung memiliki teman di "surga" seperti kak Rizal yang kocak dan David yang pintar (sengaja mengambil sudut pandang dari Juni, Krn dialah satu2nya cewek di 3 sekawan ini, sama seperti saya kan).

Ce
...more
Almira Nuringtyas
Hmmm, ragu ragu antara pengen ngasih 3 bintang atau 4. Tapi setelah dipikir pikir, meskipun gue lumayan suka sama cerita di buku ini, yang mengangkat permasalahan remaja nggak biasa, gue putuskan gue cuma suka, tapi gak sampe membuat meninggalkan kesan mendalam banget di hati gue. Well, kesan setelah membaca buku ini apa ya? Hangat, aura keluarganya lumayan kental. Part favorit gue di bagian Rizal, pencitraan kayaknya jadi masalah yang akrab sama kehidupan remaja kebanyakan ya hahaha, sayangnya ...more
Fadhilatul
Jun 07, 2014 rated it liked it
Saya baru saja menyelesaikan membaca cerita ini. Yakni tentang tiga anak sekolah yang berbeda usia, namun tinggal dalam lingkungan yang sama dan punya keinginan yang sama; ketenangan dan ketentraman. Itulah awal mereka bertemu dan itulah yang menjadi asal usul surga, sepetak lahan sengketa yang menjadi suaka mereka.

Ada beberapa hal yang ingin saya paparkan disini: Judul, tokoh, dan gaya cerita.

1. Judul
Seperti yang kita tahu bersama, judul dari novel ini adalah Pintu Harmonika, dengan subjudul "d
...more
Launa Rissadia
Apr 30, 2013 rated it liked it
Rating: 3/5

My short review:
Ini pertama kalinya aku membaca novel anak anak. Mulanya karena membaca komen-komen yang mengatakan bahwa novelnya bagus, suka cerita dari sudut David, dan sebagainya yang di retweet oleh kedua penulis. Aku suka cara kedua penulis menyuguhkan kisah ketiga anak-anak dengan latar belakang yang berbeda di buku ini. Tak seperti novel anak-anak lainnya — yang tak membahas tentang percintaan –, di sini kedua penulis membahas mengenai percintaan, persahabatan, juga hubungan a
...more
Syaffa
Aug 25, 2017 rated it it was amazing
Saya menyesal membaca buku ini. Menyesal kenapa tidak dari dulu saya membacanya? Karena buku ini luar biasa. Marshal saya membeli buku ini dengan unsur ketidaksengajaan pada diskon besar-besaran Mizan. Ketidaksengajaan yang sangat saya syukuri karena dengannya saya bisa mengintip sedikit dunia Rizal, Juni, dan David.

Buku ini bercerita tentang kehidupan. Kehidupan yang unik tapi juga keseharian. Rizal dengan gayanya yang 'alay' menjadi selebtwit dan seleb blogger, kerap kali membuat saya geleng-g
...more
Ghyna Amanda Putri
Jul 26, 2013 rated it it was amazing
Five stars akhirnya...

Ada beberapa hal yang bikin saya suka sama novel ini: tokohnya yang muda dan sederhana, lebih dari itu, seperti biasa karakter anak kecil akan menambah nilai maksimal buat saya. Juni sama David ya... love them so much walau endingnya twist tak terduga. Saya juga suka banget sama tokoh Rizal yang unik, dan bikin pemikiran saya terbuka terhadap cowok remaja. Kedua plotnya, banyak kejutan, banyak pertanyaan, siap-siap deg-degan terbukti bikin saya baca cepet banget karena pena
...more
Cindy Pricilla
Jan 29, 2014 rated it really liked it
oke, jadi di buku ini terbagi menjadi tiga sudut pandang. yaitu Rizal, Juni, dan David. hm, bahkan di bagian epilog ada pov 3 dan sudut pandang Tante Imelda juga, which is mamanya David.

Saya suka gaya bercerita Rizal yang lucu dan narsis banget, bahkan kadang lebay. tapi lebih suka dari sudut pandang David, polos tapi cerdas. Kalau yang dari sudut pandang Juni, agak nggak konsisten dengan pemakaian kata "aku", kadang-kadang Juni menyebut dirinya "gua" juga, mungkin penulisnya masih kebawa-bawa s
...more
Aria Anggana
Apr 27, 2013 rated it liked it
Shelves: fiksi, hadiah, novel
Saya nggak bisa bilang kalau saya kecewa sama novel ini. Entah untuk alasan apa.

Pada awalnya saya nggak menyangka jika novel ini akan dibuat dengan tiga sudut pandang dari masing2 tokoh di dalamnya. Pintu Harmonika adalah novel yang mengisahkan keterikatan Rizal, Juni dan David kepada sebuah lahan kosong tempat mereka bermain, yang mereka sebut surga. Surga adalah titik masalah novel ini tp entah kenapa cerita malah bergulir lebih ke kehidupan pribadi para tokoh. Malahan sedikit sekali cerita ya
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
ask 2 13 Jul 02, 2013 10:23PM  
  • Blue Romance
  • After School Club
  • Evergreen
  • Sweet Nothings
  • Bi!
  • Unfriend You: Masihkah Kau Temanku?
  • Runaway Ran
  • Bangkok: The Journal
  • Morning Light
  • Notasi
  • Memori
  • Percaya
  • ROMA: Con Amore
  • Camar Biru: Cinta Tak Selalu Tepat Waktu
  • Bittersweet Love
  • 12 Menit
  • L
271 followers
Clara Ng adalah pengarang sejumlah novel dewasa dan juga buku anak-anak. Ibu muda berbintang Leo ini lahir di Jakarta tahun 1973. Lulusan di Ohio State University jurusan Interpersonal Comunication ini tidak pernah bercita-cita jadi penulis, namun kini karya-karyanya mengalir tanpa henti.
Novel-novel dewasa yang sudah diterbitkan adalah Indiana Chronicle: Blues, Indiana Chronicle: Lipstick, Indiana
...more