Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Olenka” as Want to Read:
Olenka
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Olenka

really liked it 4.00  ·  Rating details ·  924 ratings  ·  131 reviews
Dalam Olenka, kita dibawa dalam alam absurd penuh obsesi dan ketidakberdayaan: sebuah petualangan pikiran lebih dari perjalanan jasmani. Seorang pria bernama Fanton Drummond, yang kita tahu adalah jelmaan pengarangnya sendiri, digambarkan begitu terobsesi dengan Olenka, seniman perempuan yang keberadaannya menyerupai hantu berkelibat. Dalam perjalanan spiritual ini muncul ...more
Paperback, 232 pages
Published 1986 by Balai Pustaka (first published 1983)
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Olenka, please sign up.

Be the first to ask a question about Olenka

Community Reviews

Showing 1-30
really liked it Average rating 4.00  · 
Rating details
 ·  924 ratings  ·  131 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Olenka
Ririenz
Jul 06, 2009 rated it really liked it
Shelves: sastra-sosial
OLENKA
Penulis : Budi Darma
Penerbit : Balai Pustaka
Tebal : 264 halaman

Seringkali ketika aku berkesempatan berada di Toko Buku ( biasanya sih di Gramedia Matraman ), aku menjumpai “ Orang-orang Bloomington ( OOB ) “ di sana, tapi entah mengapa tak tergerak hati ini untuk memilikinya apalagi membacanya. Aku merasa tidak fair dan tidak afdol jika melangkahi Olenka. Lebih enak jika menikmati sesuatu itu secara berjenjang. Terus satu hal lagi alasan ke-enggananku pada OOB adalah karena buku itu sebua
...more
Palsay
Jul 13, 2009 rated it really liked it  ·  review of another edition

Entah kenapa aku merasakan perasaan yang hampir sama dengan saat berkenalan dengan Holden Caufield (Catcher in the Rye) , hanya saja dengan yang ini, (Fanton Drummond) aku malah sedikit jijik. Holden lebih membuatku iba.

Tapi tidak seperti dalam buku Catcher in The Rye yang sempat membuatku pusing tujuh keliling akibat sikap maju-mundurnya Holden, aku lebih suka cara berceritanya Budi Darma. bahkan sangat suka sekali.

menurutku Budi Darma adalah salah seorang sastrawan terbesar yang masih Indones
...more
Denny Prabowo
Kadang-kadang saya ingin memperlakukan tubuhnya seperti sebuah peta. Kalau dapat melakukannya demikian, saya akan menggulungnya, kemudian membukanya di atas ranjang, atau di atas meja, atau di atas lantai, atau di atas rerumputan. Kalau perlu saya dapat menggantungkannya di dinding, kemudian menuding-nuding bagian-bagian tubuhnya bagaikan seorang guru ilmu bumi menuding kota-kota di atas peta. Saya akan menelusur jalan yang menghubungkan satu kota dengan kota lain, satu danau dengan danau lain, ...more
an
Mar 09, 2010 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: novel
lost identity

olenka, pertama membaca judul novel na, bagi pembaca yang taat mungkin akan mengira cerita utama dalam novel ini adalah olenka. memang. tokoh yang sering disebut di dalam na adalah perempuan ini. namun jika merasakan lebih lanjut isi na... maka sebenar na cerita ini mengisahkan perjalanan setiap tokoh-tokoh yang disebutkan di dalam na. setiap orang pada dasar na masih mencari jati diri yang sebenar na. siapakah saya? pertanyaan itu ada di diri setiap orang yang ga bisa dijawab denga
...more
Ossy Firstan
May 11, 2015 rated it it was amazing
Saya menemukan buku ini di perpustakaan kampus, cetakan pertama, tapi masih seperti baru dan dari cap tertulis 2014. Saya mengambil novel ini, hanya karena tokohnya namanya O. Saya suka huruf O. Oke, salah fokus.
Saya tidak berpikir lagi untuk memberi lima bintang.
Ini bukan hanya cerita tentang Fanton, tapi saya pikir ini juga tentang Olenka dan Wayne dan mungkin M.C. Tentang kasih yang tak sampai mungkin, tentang pencarian hidup. Wayne yang berambisi menjadi penulis, Olenka yang berbakat meluki
...more
gieb
Nov 21, 2007 rated it it was amazing

hari ini adalah a priori terhadap realitas kemarin.
Widya Rafifa
Feb 04, 2020 rated it really liked it  ·  review of another edition
Di akhir buku ini, Budi Darma menulis asal-muasal Olenka lahir. Terdapat satu potongan paragraf yang sangat menarik perhatian saya. Isinya begini

“Saya juga sudah beberapa kali menyatakan bahwa tema yang saya garap adalah kepahitan. Cerita-cerita saya adalah serangkaian jatuh bangunnya para individu dalam usaha mereka untuk mengenal diri mereka masing-masing. Sadar atau tidak, setiap individu pada akhirnya harus mengakui bahwa hidupnya hanyalah serangkaian kekosongan.”

Sebelum paragraf tersebut mu
...more
Manik Sukoco
Dec 28, 2015 rated it liked it
Sekilas chapter demi chapter terlihat tidak nyambung. Barulah di bab-bab akhir saya mulai memahami plot cerita. Saya salut akan keberanian penulis untuk mengangkat topik serta gaya kepenulisan yang berbeda dengan karya-karya sastra Indonesia yang terbit pada masanya.
Pringadi Abdi
Mar 27, 2016 rated it it was amazing
Sampai hari ini aku percaya, kemampuan seorang penulis dilihat dari caranya menghadirkan ironi. Olenka adalah salah satu contoh terbaik.
Nellaneva Nellaneva
Jan 18, 2021 rated it really liked it
"Saya takut tergelincir seperti kebanyakan perempuan sekarang; kawin, mempunyai anak, dan menderita bersama-sama anak saya." ...more
Sentot Gurun Setiawan
Kalau Pak Budi Darma seorang perempuan dan feminis mungkin dia adalah Ayu Utami hahaha .... Saya pernah baca kalau tidak salah Ayu Atami mengagumi karya Budi Darma atapun pernah menulis sesuatu (pengantar?) pada tulisan beliau. Saya sebenarnya pernah membaca Larung dan Saman dulu. Saya melihat kemiripan tulisan Ayu Utami dengan tulisan beliau. Tulisan yang membutuhkan pembacaan dan pemahaman interteks, referensi dari kondisi sosial historis, filosofi dan budaya (tentu saja sesuai masanya), tapi ...more
Ayu
Nov 18, 2011 rated it liked it
judulnya mungkin Olenka, tapi tokoh utama dan bertindak sekaligus sebagai pencerita namanya Fanton Drummond. bener-bener ada emosi dan ekspresi campur aduk ketika saya baca buku ini. tapi lama-kelamaan saya menyadari kalo saya tenggelam makin dalam ke dalam petualangan Fanton Drummond.

cerita berawal dari pertemuan Fanton dan Olenka secara tidak sengaja, lanjut teruuuuus, ternyata muncullah sebentuk ikatan batin diantara mereka. Olenka mencintai Fanton dan Fanton mencintai Olenka. cerita makin ko
...more
Sunny.
Jan 19, 2019 rated it it was ok
Bukan sejenis buku yang bikin aku nagih, tapi lumayan "tersangkut" sama ceritanya. Mau bilang makasih sama Budi Darma yang karena beliau aku lebih kurang memahami jalan pikir pria seperti Fanton. Sebenarnya, dia (dan hampir semua karakter di sini) adalah karakter yg sulit untuk dipahami, sih. Budi Darma menulis dengan terlalu liar dan ngelantur kemana-mana, tapi lanturannya cerdas. ...more
Aqmarina Andira
May 12, 2016 rated it really liked it
Sejak pertama kali membaca cerita pendek Budi Darma, saya merasa ada sedikit jarak antara saya sebagai pembaca dan beliau sebagai penulis yang tidak berhasil saya seberangi. Mungkin pemahaman saya saja yang tidak sampai. Atau mungkin juga hanya masalah selera. Tetapi secara utuh dan objektif saya paham benar dan mengakui kalau karya-karya Budi Darma adalah karya matang dengan teknik penceritaan yang luar biasa, yang pantas dibahas tuntas di kelas-kelas sastra di universitas, maupun di diskusi sa ...more
OliveOlive
Jul 17, 2020 rated it really liked it
Saya sangat menikmati membaca novel pertama dan satu-satunya karya Budi Darma. Cuma ada sedikit ketidaksempurnaan pada logika cerita, di sini sy melihat dan merasakan Budi Darma bukan tokih2 sentralnya,
Eko Ramadhan
Nov 27, 2019 rated it liked it
Fanton Drummond bertemu seorang wanita yang belakangan diketahui bernama Olenka di lift apartemen Tulip Tree. Pertemuan itu membuatnya tak dapat melenyapkan bayangan Olenka dari pikirannya. Fanton selalu membayangkan bisa memiliki Olenka. Sejak itu, bayangan Olenka tidak mau lepas dari Fanton Drummond dan ia pun jatuh cinta kepada Olenka. Sayangnya, Olenka sudah mempunyai suami (Wayne Danton) dan anak (Steve). Fanton Drummond senang mengetahui bahwa perkawinan Olenka dan Wayne Danton di ambang k ...more
Mandewi
Jul 12, 2016 rated it it was amazing
Ketika bilang saya baru akan baca Olenka sekarang-sekarang ini, seorang kawan bilang barangkali perasaan yang saya dapatkan akan sangat berbeda dengan apabila saya baca novel ini bertahun-tahun yang lalu.

Bisa jadi.

Karena dari segi cerita, sudah lumrah. Tapi deskripsinya memang juara. Bukan deskripsi yang komplit, runut, teratur melainkan padat dan konflik batinnya sangat terasa. Cara Budi Darma menceritakan tentang Olenka dan dosa itu lho, ya ampun sedih.

Plus, lumayan bikin mikir tentang cinta d
...more
Teguh
Oct 09, 2016 rated it it was amazing
Saya rasa Budi Darma adalah pengarang dengan ketengilan paling oke. Dan Olenka membuktikannya. Dan masih tetap membuat manusia dalam buku ini sebagaimana manusia pada umumnya. Baik dan buruk selalu ada dalam satu pribadi manusia. Kece sekali laaah
Rika
Dec 10, 2008 rated it it was ok
I guess it's just not my kind of book. Beberapa orang merekomendasikannya dengan menggebu-gebu, beberapa orang yang saya hormati selera sastranya. Tapi saya ngga pernah berhasil membaca lebih dari beberapa halaman pertama. Entah mengapa... ...more
Winna
Mar 12, 2008 added it
Shelves: most-wanted
Ada yang punya..?
Audee Mirza
Nov 27, 2013 rated it really liked it
Bagus!
Pengen baca lagi dan lagi :D
Titon
Feb 10, 2008 rated it it was amazing
Bila diminta menyusun rating sepuluh novel Indonesia terbaik, "Olenka" akan menduduki posisi terbaik versi saya. Novel ini benar-benar dahsyat. Sepenuhnya unik, memukau dari awal sampai akhir. ...more
Bagus
Aku pertama kali berkenalan dengan karya Pak Budi Darma ketika ia disandingkan dalam panggung yang sama dengan Mbak Clarissa Goenawan dalam salah satu diskusi di Jakarta International Literary Festival tahun 2019 lalu. Tema diskusinya sendiri menarik, dengan tajuk Outside of the Fence atau lebih tepatnya bisa dibilang menabrak pagar. Menabrak pagar dalam konteks ini dapat diartikan dengan menulis melalui sudut pandang yang berbeda dengan latar belakang kepengarangan dari masing-masing penulis. S ...more
Bimana Novantara
Saya pernah baca Olenka pada sekitar tahun 2008 atau 2009, lupa kapan tepatnya. Waktu itu saya beli edisi terbitan ulang Balai Pustaka dengan sampul berwarna kuning keemasan dan terdapat siluet seseorang yang terlihat mencolok. Dengan sampul seperti itu dan desain buku yang menurut saya agak payah secara estetik, saya membaca Olenka dengan pengetahuan bahwa novel ini adalah novel penting karya Budi Darma.

Entah kenapa pembacaan saya atas Olenka yang pertama itu kurang meninggalkan kesan bagi say
...more
Aauli
Mar 26, 2020 rated it really liked it
Sebenarnya bintang 4 ini karena penilaian objektif. Kalau penilaian subjektif, jujur mungkin saya gak bakal ngasih bintang. Karena setelah saya baca sampai habis, saya enggak suka baca buku ini (dan enggak akan membacanya lebih dari satu kali).

Berdasarkan penilaian objektif saya, Budi Darma enggak memakai bahasa yang sulit di novel ini. Kata-kata yang beliau gunakan sederhana, tapi beliau punya kemampuan untuk merangkai setiap kata supaya jadi lebih hidup. Seakan-akan setiap kalimat ini punya ny
...more
Fabi
May 10, 2019 rated it it was amazing
kumpulan cerpennya yang berjudul "Orang-Orang Bloomington". Novel ini sama seperti kumpulan cerpen tersebut, sama-sama berlatar di Bloomington, meskipun kadang-kadang melanturkan diri ke Indiana, Washington, dan Virginia.

Novel ini ditulis ketika Budi Darma masih bersekolah di Amerika, tepatnya ketika ia naik lift lalu melihat seorang wanita dan tiga anak kecilnya. Dengan sekonyong-konyong Budi Darma menulis Olenka berdasarkan kejadian tadi, dengan nama yang diambil dari tokoh cerpennya Anton Che
...more
Jessy
Sep 16, 2017 rated it it was amazing
Shelves: favorites, top-notch
Ada hal yang sangat menarik dari Budi Darma. Saya pertama membaca bukunya tahun 2014 setelah membelinya dari Ganesha, sebuah toko buku menyenangkan di Ubud. Orang-orang Bloomingtoon saya baca 2015. Lama sekali. Mungkin momentumnya tidak 'pas', tapi Olenka hanya saya selesaikan dalam tiga hari. Memang karena momentumnya pas saja.

Menyoal narasinya? Saya jatuh cinta pada Budi Darma. Memang pengarang-pengarang lama yang sudah dibaptis waktu karyanya memang harus dibaca. Olenka adalah perjalanan panj
...more
Ahmad Ahmad
Jan 04, 2019 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Meskipun tidak bercerita tentang kebahagiaan, novel ini sangat menarik untuk dibaca, dihayati, juga dianalisis oleh mahasiswa sastra atau siapa saja yang senang dengan buku sastra. Ada banyak hal menarik untuk dibicarakan lebih dalam, dua diantaranya adalah:
1. Novel setebal 400 halaman ini, berdasarkan pengakuan pengarang, ditulis dalam waktu tiga minggu. Meski demikian saya melihat cerita ini dikerjakan dengan sangat hati-hati. Meskipun fiksi, pengarang tidak mau memberikan informasi kurang tep
...more
Gianni Reiza Maulania
"Karya sastra yang baik pada hakekatnya adalah kisah berkecamuknya pikiran dan pandangan orang-orang yang tidak malu-malu mengakui siapa mereka sebenarnya."
.
.
Yup, tepat sekali. Fanton Drummond bertemu Olenka di lift apartemennya dan semenjak itu hidupnya berantakan. Fanton menjalani hari-harinya dengan datar tanpa ambisi. Namun Olenka yang nyentrik, gaya bicaranya yang blak-blakan namun kepribadiannya yang misterius membuat Fanton melihat dan menilik ulang ke dalam dirinya; kepribadiannya, ambis
...more
Adinda Putri
Mar 06, 2020 rated it really liked it  ·  review of another edition
Enigma.

Satu kata yang terngiang-ngiang dalam pikiran saya setelah membaca novel ini. Bagaikan memasuki labirin dengan jalur-jalur yang tiada habisnya di mana kita menemukan sisi terdalam dan tergelap dalam diri manusia. Ya, ini yang saya bayangkan ketika menelusuri jejak-jejak kisah seorang Fanton Drummond yang secara emosional terikat dengan seorang wanita yang Ia temui untuk pertama kalinya di lift Tulip Tree.

Pak Budi Darma adalah seorang genius. Beliau berani mengekspos karakter dari setiap
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
  • Ronggeng Dukuh Paruk
  • Man Tiger
  • Harimau! Harimau!
  • Laut Bercerita
  • Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi
  • Woman at Point Zero
  • Gadis Kretek
  • Entrok
  • Orang-orang Proyek
  • Atheis
  • Beauty Is a Wound
  • Pulang
  • Ayah
  • Orang-Orang Oetimu
  • Imperfect
  • Burung-Burung Manyar
  • Sebuah Pertanyaan untuk Cinta
See similar books…
136 followers
Budi Darma lahir di Rembang, Jawa Tengah, 25 April 1937. Semasa kecil dan remaja ia berpindah-pindah ke berbagai kota di Jawa, mengikuti ayahnya yang bekerja di jawatan pos. Lulus dari SMA di Semarang pada 1957, ia memasuki Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Kebudayaan, Universitas Gadjah Mada.

Lulus dari UGM, ia bekerja sebagai dosen pada Jurusan Bahasa Inggris—kini Universitas Negeri Sur
...more

News & Interviews

Readers have a lot to look forward to this year! Just feast your eyes upon all of these debut books to check out and emerging authors to...
55 likes · 27 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »