Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Rahasia Sunyi” as Want to Read:
Rahasia Sunyi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Rahasia Sunyi

3.33  ·  Rating details ·  159 Ratings  ·  53 Reviews
Lautan Angkasawan pergi ke Pegunungan Kerinci karena sebuah teka-teki.

Kirey Fowler, mantan kekasihnya, tewas dalam kecelakaan di kawasan gunung tertinggi di Sumatra itu. Lachlan Fowler, sang ayah, berharap Lautan membantunya menyibak rahasia di balik kematian anak perempuannya.

Di tengah belantara kemungkinan, satu per satu pintu misteri terbuka. Tapi, Lautan tidak sendiri.
...more
Paperback, 372 pages
Published January 2013 by Gagas Media
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Rahasia Sunyi, please sign up.

Be the first to ask a question about Rahasia Sunyi

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Ren
Review lengkap di blog bisa diakses di banner ini:


Ren's Little Corner

Kirain murni thriller dan misteri, tapi ternyata ada unsur hantu ma kleniknya. Bikin keinget film2 horror Indonesia macam Jalangkung atau Lawang Sewu. Merindingnya dapet sih, tapi gaya penulisannya kok kek amatir. Heran juga padahal katanya penulisnya pernah ikut festival nulis ini itu, tapi gaya nulis dia banyakan tell, not show.

Parahnya lagi, dengan gaya penulisan orang ketiga serba tahu, nulisnya kayak menggurui. Beberapa bagian sangat minim
...more
Ifa Inziati
Jan 09, 2017 rated it liked it
Pernah baca Satin Merah, dan nagih, tapi cuma setengah, dan sekarang susah banget dicarinya.

Pas nemu ini, saya makin penasaran sama karyanya Brahmanto Anindito.

Sukses bangun sampai tengah malam! Nggak bisa berhenti.

SPOILEEERRR
(view spoiler)
Desty
Nama Brahmanto Anindito cukup untuk membuat saya memilih buku ini sebagai salah satu isi dari buntelan #UnforgotTEN. Saya masih ingat karya duet-nya dengan Rie Yanti (yang ternyata sudah menjadi istrinya) berjudul Satin Merah yang bernuansa thriller. Dan pilihan saya tidak salah. Brahmanto masih setia dengan jalur yang tidak begitu populer diantara penulis novel di Indonesia.

Rahasia Sunyi bercerita tentang Lautan Angkasawan (waduh…”berat” ya namanya ) yang diberi tugas oleh seorang pria berkeban
...more
Alvi Syahrin
Jan 06, 2013 rated it really liked it
Saya benci buku ini karena saya tidak bisa berhenti membacanya! :D

...

Jujur, saya bingung mau nulis review apa. Saya nggak tahu cara memuji novel ini, yang jelas ini keren banget. Petualangannya seru, aroma detektifnya luar biasa, ketegangannya sampai puncak, cukup bikin deg-degan. Gaya menulisnya pun keren, berteknik. Saya adalah pembaca nakal yang sesekali suka loncat paragraf karena penasaran interaksi tokoh berikutnya, tapi di novel ini, saya nggak bisa melakukan itu. Karena setiap kali saya
...more
Win
Feb 10, 2013 rated it it was amazing
membaca novel ini, saya seperti diajak bertamasya ke sebuah pelosok eksotik di sumatera.

mari temui Lautan Angkasawan, pria 20 tahun yang secara tak sengaja bertemu mantan calon mertuanya. Kirey Fowler, eks kekasih Lautan, memang sudah meninggal setelah mengalami kecelakaan di daerah jambi. tapi ayahnya ternyata masih penasaran. ia pun meminta Lautan pergi ke kerinci untuk mengungkap rahasia sunyi di balik kematian Kirey. Lautan yang tidak tegaan, plus merasa pernah berutang budi pada Kirey, terp
...more
Putra Marenda
Jan 31, 2017 rated it really liked it
Harusnya bintang 5, tpi ending nya kurang memuaskan saya, masih bnyk pertanyaan, Bagaimana akhir dari Aria, mengapa yg dpt emas Flower dan lain2. tpi buku ini saya acungi jempol Penulisannya rapi, thriller yg seru, dan tidak membosankan. recommended books!
Hania Maghfira
Dec 02, 2017 rated it really liked it
Buku yang berhasil membuat dahi berkenyit, jantung berdesit, dan mulut menjerit. Kisah petualangan yang epik, walaupun ada beberapa bagian yang sulit dicerna dan sukses membuat bingung seperti Lautan yang dibuat bertanya tentang "Kembaran". Kisah yang tujuannya (sebenarnya) sederhana, namun dibungkus dengan balutan panjang yang sulit ditemui ujungnya. Cocok dinikmati untuk orang-orang yang suka petualangan dan mudah penasaran. Namun, jangan berekspektasi tinggi terhadap ending ceritanya! Selamat ...more
Bening Pertiwi
May 31, 2017 rated it it was amazing
apa yg dicari nggak selalu itu yang didapat
tapi apapun itu, selalu ada hikmah yg dapat diambil
asyik sampai akhir
Sulis Peri Hutan
Oct 24, 2013 rated it liked it
Shelves: pinjem
Kali kedua saya membaca karyanya Brahmanto Anindito, sebelumnya saya membaca Satin Merah yang ia tulis dengan Rie Yanti, yang sekarang menjadi istrinya. Saya suka dengan Satin Merah, untuk kategori yang susah move on dari genre romance, Brahmanto menyuguhkan sebuah cerita yang bisa dimasuki oleh kalangan mana pun, seperti saya yang jarang sekali membaca buku thriller atau mystery (saya lebih suka menikmatinya secara visual). Twistnya dapet dan caranya bercerita membuat saya enggan untuk melepask ...more
Dety  Mutiara
Feb 12, 2018 rated it really liked it
Tahu tidak aku jatuh cinta sama buku ini :( Gak tahu kenapa setelah mulai baca di bagian pertama, semakin lama semakin nagih. Semacam ada magnet gitu loh buat aku supaya selesaiin buku ini. Dan yeah emang jujur buku ini aku baca tanpa berhenti wkwk PARAH SERU BANGET! Selalu ada aja yang bikin penasaran sama halaman selanjutnya, apalagi kalau udah di bagian-bagian mau akhir. Beuh makin penasaran XD
Deg-degannya dapet lah menurut aku pribadi. Ngilu-ngilunya juga ih mantep lah pokoknya mah :) Dan ya
...more
minky_monster
Feb 25, 2014 rated it really liked it
Shelves: punya-sendiri
Buku ini direkomendasikan oleh puput sebagai bacaan bulan Maret. Dari testimoninya puput sih bagus banget katanya. Setelah baca, gw setuju. Emang bagus banget. Awalnya yg gw tau genrenya agak misteri detektif gitu, mengungkap kasus kematian seseorang, tapi ternyata unsur mistis juga berperan penting di sini.

Ceritanya, Lautan Angkasawan; nama yg fantastis; diminta oleh Mr Lachlan Fowler, ayah dari mantan pacarnya, Kirey Fowler, untuk menyelidiki penyebab kematian Kirey. Untuk itu, Lautan mesti pe
...more
Linda♥
Jul 22, 2013 rated it really liked it
Bagaimana bisa terjadi kecelakaan mobil rombongan Kirey Fowler? Apakah kondisi mobil tidak baik seperti yang disebutkan Polda? Benarkah penjelasan Polda bahwa Kirey Fowler mati karena kehabisan darah, tapi bukan karena kecelakaannya?

Penyebab kematian Kirey Fowler tidak diketahui secara pasti. Lachlan Fowler, ayah Kirey, meminta Lautan Angkasawan (yang sekarang statusnya adalah mantan pacar Kirey) untuk menyelidiki kematian putrinya di Pegunungan Kerinci. Lautan pun menyetujui permintaan Lachla
...more
Noviellya
Feb 18, 2013 rated it liked it
Lautan Angakasawan, tokoh utama di buku ini cukup memikat hati saya sebaga pembaca karena karakter yang diciptakan oleh sang penulis. Saya pribadi berpikir dia tidaklah istimewa, namun dia cukup kuat untuk ada di dunia. Jelas saja seperti apa yang dia ucapkan di halaman 21:
"Bukannya kehidupan ini juga pahit? Masa kita masih takut pahit?" itulah jawaban filosofisnya saat ada temannya yang takut minum jamu. Mungkin sepele,namun cukup menohok logika sehat.

Ah... selain itu saya juga suka gaya bercer
...more
Halida Hanun
sampai saat nulis review ini saya masih bingung mau kasih rating berapa >,<

bingung juga mau mulai review dari mana??? -,-"
sama bingungnya dengan genre novel ini sendiri. kan katanya thriller ya? tapi saya malah merasakan kok unsur 'horor'nya juga dominan. horornya tuh lebih ke klenik gitu. jadi ngeri sendiri pas bacanya.

udah gitu, sosok Lautan, Kirey maupun Tiara nampak samar di bayangan saya. ini saya yang kurang ngeh dan nggak teliti pas bacanya, atau memang penulis tidak mendeskripsikan
...more
Anita Chandra
Apr 08, 2013 rated it liked it
Late update.

Huhui, ini buku dulu top 1 on my wishlist. Sayangnya harus pending buat beli karena ujian dan lain - lain ya kan om brahmanto? Haha.

Pertama yang langsung dilirik dari buku ini adalah genre-nya. Its thriller dude! Dan latar belakangnya, Kerinci. Sumatra have a deep 'power' inside.

3,5 sih. Kenapa? Kenapa bukunya om brahman aku kasih segitu padahal dulu ngebet banget? Soalnya menurut aku kurang sedikit realistis. Penggambaran perjalanan Lautan dan penerjemahan pacarnya tentang rekaman K
...more
Septantya
Jul 18, 2013 rated it liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Dhani
Mar 19, 2016 rated it liked it
Sinopsis
Pada mulanya, tujuan Lautan ke kawasan Gunung Kerinci adalah memenuhi permintaan Mr Lachlan Fowler untuk menyingkap misteri di balik meninggalnya anaknya, Kirey Fowler, yang juga mantan pacar Lautan.Sesederhana itu. Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Lautan" terperangkap" dalam banyak kepentingan. Dan yang dihadapinya bukan hanya manusia biasa, tapi juga kisah tentang " Roh" manusia yang telah meninggal.Dan ternyata, permintaan Mr Fowler pun ternyata hanya kedok dibalik niatnya yang se
...more
Nay
Feb 25, 2013 rated it really liked it
Shelves: favorites
4.5 stars.
Di pertengahan buku, aku kepikiran ngasih 5 bintang karena buku ini benar-benar membawa imajinasiku ke pedalaman kerinci di Sumatera sana. Suasananya, dialek bahasanya, semuanya benar-benar mencerminkan kalau Mas Brahmanto pernah ke sana dan melakukan observasi yang detil tentang budaya masyarakat sekitar.

Aku tertarik banget dengan pembahasan tentang "uhang pandak" atau manusia pendek. Makhluk mirip manusia, sejenis kera dengan intelejensia melebihi orang utan dan simpanse yang berbau
...more
Tiara Orlanda
Feb 19, 2013 rated it it was amazing
Shelves: gagasmedia
Awal tau dari gagasmedia buku ini ada di daftar 'coming soon' langsung tanpa ragu bkin dia ada di most-wishlist-books.

Bukan karena salah satu tokohnya bernama sama seperti saya (lupakan).

Dan itu karena buku Satin Merah, -culture thriller- yang sebelumnya saya baca, sangat tidak mengecewakan.

Berbekal ekspektasi yang kelewat tinggi saya mulai membaca.

Dimulai dari cover, saya 100% suka sama covernya. Rasanya cocok dengan kesan 'sunyi' dan 'misterius' yang buku ini coba tampilkan.

Jalan ceritanya tid
...more
Diego Christian
May 11, 2013 rated it it was amazing
Lautan Angkasawan mendapat tugas dari Lachlan Fowler untuk menyingkap jawaban dari kasus kematian anaknya yang juga mantan kekasih Lautan, Kirey Fowler. Berbekal beberapa pertanyaan dari Quora, scrapbook Kirey, rekaman audio Kirey selama di Kerinci, dan juga dibantu oleh kekasih Lautan, Tiara, Lautan mengarungi Kerinci untuk mencari jawaban demi jawaban. Dari perjalanannya itulah, Lautan mendapatkan kejadian tak terduga dan lapis makna tentang teka-teka kematian Kirey.

Membaca Rahasia Sunyi ini j
...more
Meg
Aug 06, 2013 rated it liked it
Nggak sesuai dengan ekspetasi yang aku harepin :( alurnya memang sudah mulai berkembang, jauh berbeda dgn si satin merah yang jalan ceritanya mudah ditebak dan nggak ada twist sama sekali menurut aku. Yang mengecewakan dimana nya? Bagian tengah sampai ending! Awalnya cukup buat penasaran. Apa sebenarnya penyebab kematian kirey? Hantu atau manusia kah? Bagaimana Lautan bisa survive disana? Ternyata aku terkecoh dgn kalimat "novel ini menawarkan pengalaman kultular dalam balutan thriller yang inte ...more
Sari Hanifah
Jan 28, 2014 rated it really liked it
Baru selesai baca buku ini beberapa hari lalu.
Buku ini adalah buku thriller buatan penulis Indonesia pertama yang saya baca dan bagi saya (yang terbiasa membaca novel thriller dan detektif dari penulis luar) buku ini menarik. Selain latar belakang lokasinya yang apik (di pedalaman hutan Sumatera sekitaran Kerinci) alur ceritanya pun sedikit banyak membuat jantung saya ikutan berdegup di atas normal, khususnya pada adegan Lautan di hutan dan saat membaca cerita Roa tentang kejadian di rumah Inal
...more
Haris Pasaribu
Jul 22, 2016 rated it did not like it
'Rahasia Sunyi' bisa jadi tambahan menarik di ranah thriller/misteri/horor andai saja dikemas dengan gaya bercerita lebih baik.

Membaca buku, kadang muncul kebingungan, ini kisah serius atau dagelan, mengingat pemilihan gaya bertutur yang cenderung mendukung untuk itu, selain penggunaan diksi yang pasaran dan jenerik. Penulisannya pun mirip dengan yang banyak ditemui di berbagai blog amatiran.

Alhasil, suspensi dan rasa tegang nyaris absen. Belum lagi karakterisasi yang dangkal, serta begitu ban
...more
ayanapunya
Dec 22, 2015 rated it liked it
Dari segi tema, novel ini cukup menarik dan penulisannya cukup baik. Bagian yang cukup menarik bagi saya dalam novel ini adalah perihal investasi emas dan scrapbook yang dimiliki almarhum Kirey. Kayaknya keren ya kalau bisa membuat jurnal berbentuk scrapbook itu :D

Sayangnya dari segi plot saya merasa masih ada bagian yang kurang jelas terutama perihal kematian Kirey. Kenapa bisa cerita penyelidikan kematian langsung beralih ke cerita mistis? Namun meski ceritanya agak berbau mistis, saya tetap m
...more
Salma
Feb 23, 2013 rated it really liked it
God. Pertama baca buku ini, aku kira ini novel romance kya yang biasa aku baca gri gagas media. ehh.. lama-kelamaan.. ko'.. dan ini bener2 bikin aku merinding bacanya. Ada sensasi yang berbeda. Apalagi pas kirey ketemu aria dan bilang klo jamnya itu udah mati,dan jam itu nunjukin waktu kematiannya. Disitu aku udah bener2 takut,, refleksnya aku langsung lari2 keluar kamar nyari orang buat nenangin diri sekaligus buat nemenin aku nerusin novel ini. honestly ini novel misteri ~yg bersifat"hantu2an" ...more
Fatoni M
Jun 17, 2015 rated it did not like it
Pertama baca, agak terganggu dengan gaya penulisan "Hehehe" di sebuah dialog. Jadi seolah2 baca chatting.

Plot lumayan walaupun nggak seru2 banget. Beberapa kejadian terkesan terlalu kebetulan. Di ending, misteri dipaparkan dg gambalang seperti buku non-fiksi.

Banyak topik berjejal di buku ini. Mulai dari emas, hantu, makhluk mitologi, ketuhanan, psikologi kesurupan, dsb. Tapi bagi saya, jadi agak mengganggu alur utama.

Penokohan sendiri tidak terlalu dalam. Tidak ada tokoh yg bisa saya sukai.
Tias
Feb 21, 2013 rated it it was ok
Gak nyangka sama jalan ceritanya. Cerita tentang Lautan yang ditugaskan menguak kematian mantan pacarnya, Kirey Fowler. Berbekal scrapbook beserta MP3 rekaman suara Kirey selama perjalannya ke Kerinci sampai akhir hidupnya. Seiring berjalannya waktu, satu per satu misteri terkuak. Tokohnya pun tak terduga sampai ke pertengahan cerita. Unsur mistisnya juga ada, selebihnya tentang pencarian.

Yaa, gitu deh pokoknya.
Ukhti Winar
Sep 23, 2013 rated it liked it
Ini tentang kisah petualangan seorang Langit Angkasawan di pegunungan Kerinci. Menguak misteri di balik kematian mantan kekasihnya yang masih menyisakan rasa penasaran di pihak mantan calon mertuanya, ayah mantan kekasihnya. Siapa sangka, ternyata terdapat rahasia dibaliknya yang perlahan menyeret Lautan.

Jarang banget baca cerita seperti ini. Cerita ini mengingatkanku pada The Shaman yang ditulis Orizuka. Kental konspirasi dan bumbu dunia halusnya.
Finesta Biyantika
Sep 14, 2013 rated it really liked it
Gak nyesel beli novel ini! Sumpah! Emang sih agak-agak bingung dengan POV yang berubah-ubah, cuma tetep bisa diikutin kok. Suasananya beneran terasa, kaya kita ikutan petualangannya si Lautan. Thrillernya keren. Sempet ikutan merinding juga sih, apalagi pas bagian Kirey mau motong pahanya, aduh beneran ngeri deh... Recommended lah buat yang suka thriller khas Indonesia, apalagi kita dapet pengetahuan juga tentang budaya di Kerinci sana :D
Zahra Salsa
Nov 20, 2016 rated it liked it
Awalnya sih rada merinding-merinding gitu gara-gara ada 'hantu-hantu' (mungkin efek baca pas larut malam juga). Eh mendekati ending kok malah lucu ya menurut aku? Jadi, bagi yang mengharapkan thriller yang berdarah-darah atau yang menegangkan, menurut aku sih nggak ada di buku ini. Buku ini lebih banyak mengungkap latar, kebudayaan daerah, dan.......ekonomi. Haha...
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Sweet Nothings
  • Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa
  • Before Us
  •  Always, Laila: Hanya Cinta Yang Bisa
  • Harmoni
  • After Rain
  • Memori
  • Misteri Patung Garam
  • Pintu Harmonika
  • Unfriend You: Masihkah Kau Temanku?
  • Rhapsody
  • Pink Project
  • Bangkok: The Journal
  • Bi!
  • Sepeda Merah Vol. 2: Bunga-Bunga Hollyhock
  • Notasi
  • Khokkiri
  • Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu
I’m just an ordinary Communication Studies scholar of Unair. Some media have published my thoughts and imaginations, e.g. Intisari, Hai, Cinemags, Mossaik, Clea, Surya, Bangka Pos, Padang Ekspress, Surya, Jawa Pos, and few more. In 2002, I won the First Place of The Scientific Writing Competition for University Students held by Unika Atma Jaya, Jakarta. The subsequently year, Korean Embassy and In ...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »