Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sepotong Hati Yang Baru” as Want to Read:
Sepotong Hati Yang Baru
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sepotong Hati Yang Baru

by
3.68  ·  Rating details ·  3,636 ratings  ·  297 reviews
Kita hanya punya sepotong hati, bukan? Satu-satunya.

Lantas bagaimana kalau hati itu terluka? Disakiti justeru oleh orang yang kita cintai? Aduh, apakah kita bisa mengobatinya? Apakah luka itu bisa pulih, tanpa bekas? Atau jangan-jangan, kita harus menggantinya dengan sepotong hati yang baru.

Semoga datanglah pemahaman baik itu. Bahwa semua pengalaman cinta dan perasaan ad
...more
Paperback, 204 pages
Published September 2012 by Penerbit Mahaka

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sepotong Hati Yang Baru, please sign up.
Popular Answered Questions
Irman Rahman Saya sudah baca, isinya bagus, banyak pesan-pesan yang dalem. Kalo cewek baca ini bisa baperan.. Hahaha

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.68  · 
Rating details
 ·  3,636 ratings  ·  297 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Sepotong Hati Yang Baru
Stefanie Sugia
Sepotong Hati Yang Baru adalah semacam sequel dari kumpulan cerita pendek sebelumnya yang berjudul Berjuta Rasanya. Buku ini berisi 8 cerita pendek dengan tema yang serupa dengan kumpulan cerpen sebelumnya: yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan perasaan cinta. Dibandingkan dengan Berjuta Rasanya yang berisi 15 kisah berbeda, buku ini menyuguhkan jumlah cerita yang lebih sedikit - oleh karena itu setiap cerita memiliki kesempatan untuk digali lebih dalam. Ada juga beberapa kisah dalam buk ...more
Linda♥
"Maka saat kebenaran itu datang, ia bagai embun yang terkena cahaya matahari. Bagai debu yang disiram air. Musnah sudah semua harapan-harapan palsu itu. Menyisakan kesedihan. Salah siapa? Mau menyalahkan orang lain?"

Nah, pada hobi geer? Siapa di sini yang sering geer tingkat nasional? Deket sama cowok yang disenengin langsung nganggep tuh cowok juga punya perasaan yang sama? Hati-hati temaaan. Jatuh cinta kadang membuat mata kita buta. Nggak bisa berpikir rasional. Selalu berprasangka apa yang m
...more
Ninartika
Nov 09, 2012 rated it really liked it
Buku ini...ah, bagaimana saya menjelaskannya? Pas banget buat para galauers! Saya selalu suka dengan tulisan Tere Liye, memberikan banyak pemahaman-pemahaman baik, mengajari tanpa menggurui. Buat yang lagi patah hati, mungkin bisa membaca buku ini. Disini banyak hal-hal menarik, semoga bisa mendapatkan pemahaman yang baik juga. Terutama dalam urusan menata perasaan.

Di dalam buku ini ada 8 cerita, yang naskahnya sudah dibagikan secara gratis oleh Bang Tere di page facebook-nya. 'Hiks, Kupikir Itu
...more
Irma Shofia
Dec 03, 2012 rated it really liked it
Shelves: done
sepotong hati yang baru,
kata yang cocok untuk seorang yang pernah terpotong hatinya oleh orang lain.
sepotong hati yang baru,
kata yang cocok untuk seorang yang akan memenuhi hatinya yang telah kosong sekian lama.
sepotong hati yang baru,
meyakinkan kita bahwa cinta hanya berlandaskan kepercayaan...
Cindy Pricilla
Jul 22, 2013 rated it liked it
Buku ini merupakan sekuel dari buku "Berjuta Rasanya", meskipun tidak berkaitan sama sekali untuk jalan ceritanya. Hanya satu tema, yaitu apa lagi kalau bukan tentang cinta?

Sepotong Hati yang Baru terdiri dari beberapa cerita.
1. Hiks, Kupikir Itu Sungguhan
Dari judulnya saja, kita bisa menebak kalau kisah ini sad ending. Bercerita tentang seorang gadis yang menaruh hati pada seorang cowok. Cowok itu membalas responsnya. Tapi, ternyata ada kepentingan tersendiri. Gadis itu hanya termakan GR.

2. Kis
...more
Connie Wong
May 01, 2013 rated it it was amazing
Saya lumayan sering membeli buku, meskipun saya akui, saya lebih suka menonton film ketimbang membaca buku. Betapa banyak buku-buku di rumah saya yang masih rapi terbungkus plastik, karena belum saya baca.

Dua hari yang lalu, saya kembali ke toko buku dan tergoda untuk membeli dua buku. Lagi. Salah satunya adalah buku ini, yang ditulis oleh Tere Liye. Satu buku lainnya saya beli dengan alasan karena saya ingin mempelajari gaya tulisan penulis tersebut yang kata beberapa orang mirip gaya penulisan
...more
rizki
Jan 28, 2013 rated it liked it
Lagi-lagi kalo Tere Liye yang bercerita, kisah sesederhana apapun akan tampak anggun di tangan Tere Liye. Begitu pun juga dengan kumpulan cerpen dalam buku "Sepotong Hati yang Baru" ini.

Buku ini bisa dikatakan merupakan sequel dari kumpulan cerpen pendahulunya, "Berjuta Rasanya". Ada beberapa kisah dengan latar dan tokoh yang sama, namun isi cerita yang berbeda (walaupun saya lebih suka isi cerita pada yang sebelumnya :p).

Mengambil salah satu judul cerpen yang ada di dalam buku ini sebagai tag l
...more
Arif Putera
Jun 02, 2015 rated it really liked it
Shelves: tere-liye, indonesia
Dalam sekalian cerita pendek yang ternukil dalam buku ini, aku sangat terkesan dengan satu cerita bertajuk, Percayakah kau padaku?’. Berbanding cerita-cerita lain, cerita ini membuka kesedaran aku mengenai satu hal yang tidak pernah aku fikirkan sampai demikian sekali tahapnya.

Naratif cerita ini berbingkai. Berbentuk cerita dalam cerita. Kisah dimulakan dengan rintihan seorang ayah kepada anaknya bernama Cindanita, yang sebenarnya ketika itu sudah tidak ada lagi di dunia. Sudah 16 tahun sudah d
...more
Puji Lestari
Oct 22, 2012 rated it liked it
Ini Berjuta Rasanya edisi kedua. Isinya kumpulan cerpen yang macem-macem, ada gokilnya, ada sedihnya, ada juga yang datar-datar saja.

Beberapa cerita mirip dengan yang di buku Berjuta Rasanya, hanya dibuat dalam bentuk yang sedikit berbeda. Sedangkan pada intinya, hal yang ingin disampaikan pun sama.

Whatever-lah, yang jelas saya suka apapun yang ditulis Tere Liye, bahasanya enak, ngalir, tanpa ada kesan menggurui.
Gita
Nov 17, 2020 rated it liked it
Baru pertama ini saya baca karya babang Tere Liye . Dulu pernah nggak sengaja lihat beliau di event book meeting Tentang Kamu dan penasaran kenapa fans nya beliau banyak sekali. Dari cewek2 dewasa, remaja, bahkan laki-laki. Apakah tulisannya sangat bagus dan menggugah?

Penasaran, saya coba baca Rindu dari sepupu saya yang emang fans beratnya beliau. Baru baca awal, saya merasa nggak sanggup lanjut baca. Bukan karena nggak bagus, tetapi saya yang kurang nyampai pikirannya dalam memahami cerita yan
...more
Clara Utami
May 01, 2021 rated it really liked it
"Kenangan indah bersamamu akan kembali memenuhi hari-hariku entah hingga kapan. Itu benar. [...] Biarlah aku menelannya bulat-bula sambil sempurna menumbuhkan hati yang baru, memperbaiki banyak hal, memperbaiki diri sendiri. Apa pepatah bilang? Ah iya, patah hati tapi tetap sombong, patah hati tapi tetap keren."

(Kalimat terakhir pada Sepotong Hati yang Baru)
...more
Niena Aniesza
Jun 26, 2020 rated it liked it
Shelves: buku-2020, fiction
Kumpulan cerpen dari Tere-liye. Cerpen yang paling saya suka tentulah yang bertajuk Sepotong Hati Yang Baru.

Cerpen-cerpen dalam buku ini adalah tentang cinta, pengorbanan dan kepercayaan.

akusipeminatbuku
Jun 06, 2021 rated it liked it
Ada macam-macam cerita, yang membawa pengajaran yang berbeza tentang kisah hati.
beloved wit
Dec 03, 2015 rated it really liked it
Buku ini bukanlah novel, tapi merupakan kumpulan dari 8 cerita pendek.
Cerpen yang pertama berjudul “ Hiks, Kupikir itu Sungguhan” bercerita tentang dua gadis remaja yang menyukai satu orang yang sama, bernama Rio. Inti dari cerita ini adalah tentang “rasa GR”, kedua gadis tersebut menyangka kalau Rio suka pada mereka karena sikap baiknya. Cukup membuat saya tersenyum geli di akhir cerita.

Cerpen kedua berjudul “Kisah Sie Sie”, menurut saya kisah yang sedikit menyedihkan. Cerita dimulai dengan kis
...more
Hanis Khaleeda
Apr 14, 2018 rated it really liked it
Sepotong Hati Yang Baru by Tere Liye.

- Buku ini menghimpunkan 8 kisah-kisah 'chenta' yang bukan kisah cinta semata tapi ada pengajaran di sebalik cerita-cerita tu.

- Mula-mula aku ingatkan buku ni cuma satu cerita je tapi tidak sama sekali. Tajuk buku ini pun diambil dari salah satu cerita dalam buku ni.

- Antara tajuk-tajuk yang terdapat dalam buku ni adalah:
1) Hiks, Ku Pikir Itu Sungguhan.
2) Kisah Cinta Sie-Sie
3) Percayakah Kau Padaku
4) Buat Apa Disesali
5) Itje Noerbaja & Kang Djalil
6) Kalau Sem
...more
Nur Jihad Dwianri
Aug 13, 2014 rated it really liked it
Well, apa yang kalian bayangkan ketika mendengar 'Sepotong Hati Yang Baru'?
Kisah yang menyayat-nyayat hati? move on? menata kembali hati yang porak-poranda? patah hati?

Ya, semua teramu dalam buku ini.

Saya selalu suka gaya tulisan tere-liye yang bersahabat. Bisa nyadarkan kita dengan sederhana tanpa perlu terlarut dalam drama. Saya suka kisah sepotong hati yang baru, bagaimana sosok seperti Alysa banyak berkeliaran belakangan ini dan membenarkan diri atas nama cinta yang buta, tidak rasional. Tap
...more
Mei Hidaningrum
Nov 30, 2013 rated it really liked it
sebenarnya aku baca keseluruhan isi buku ini bukan dalam wujud buku namun dalam bentuk note yang dibagikan gratis oleh bang tere liye d fanspage fbnya. banyak cerita yang makjleb banget , gak semua sih. ada yang galau, konyol, lucu, nyesek, seneng sedih.. semua deh campur aduk jadi satu. bagi aku pribadi yang impressing banget itu kisah ramayana, yang selama ini aku tahu jalan cerita nya namun tere liye berhasil ngedongengin lagi dengan pembawaanya yang soft tapi berbobot serta ending yang emang ...more
Hana Bilqisthi
Nov 15, 2014 rated it liked it
Suka quotesnya:

Cinta bukan sekedar memaafkan. cinta bukan sekedar soal menerima apa adanya. cinta adalah harga diri. cinta adalah rasionalitas sempurna.

Jika kau memahami cinta adalah perasaan irasional, sesuatu yang tidak masuk akal, tidak butuh penjelasan, maka cepat atau lambat, luka itu akan kembali menganga. kau dengan mudah membenarkan apapun yang terjadi di hati, tanpa tahu, tanpa memberikan kesempatan berpikir bahwa itu boleh jadi karena kau tidak mampu mengendalikan perasaan tersebut.
...more
ABO
Sep 29, 2012 rated it really liked it
Shelves: 2015-books
Baca cerpen pertama, berasa familiar dengan cerpennya. Begitu juga dengan cerpen kedua. Tak berbeda dengan cerpen selanjutnya. Sampai saya sadar, kalau saya sudah baca semua cerpen di buku ini sebelumnya sodara-sodara *pinjem toa masjid*.

Kok bisa? Jadi, ternyata semua cerpen di buku ini merupakan tulisan yang pernah dipublikasikan bang Tere Liye lewat fanpage miliknya di Facebook. Untung buku ini pinjeman. <-*tipe pembaca yang nggak mau rugi
Soraya Putri Aprilla
Feb 11, 2013 rated it really liked it
Empat bintang saya berikan untuk buku yang satu ini.
Berisi delapan kisah yang kesemuanya tentang cinta. Salah satunya "Kisah Sie Sie", yang adalah favorit saya. Bahwa dalam hidup dan cinta ada pengorbanan besar, ketabahan, dan keikhlasan menerima.Tujuh kisah lainnya tak kalah menarik. Berisi pelajaran tentang arti cinta dan arti hidup.
...more
Melly meldoang
Cinta.. cinta .. dan cinta.. terkadang butuh sedikit sombong meski patah hati, butuh juga tersadarkan bahwa cinta tanpa kepercayaan takkan ada arti, dan butuh juga mengerti jika cinta tak hanya kata dan janji-janji. bukan juga kebersamaan jika bersama kita orang yang kita cintai tak menjadi l ebih baik dari hari ke hari
AriffHidayah
May 23, 2013 rated it liked it
Saat membacanya, kita rasa terbuai dengan pelbagai rasa. Kadang-kadang menyenangkan dan kadang-kadang menyesakkan dada. Adakah ada sepotong hati yang baru utk diri ini?

Cinta yang besar, tanpa disertai komitmen dan kepercayaan, maka ia hanya akan menelan diri sendiri
Ika Rakhma
Apr 05, 2013 rated it liked it
Cinta bukan sekedar soal menerima apa adanya. Cinta adalah adalah harga diri. Cinta adalah rasionalitas yang sempurna.
Biarlah aku menelannya bulat - bulat sambil sempurna menumbuhkan hati yang baru, memperbaiki banyak hal, emperbaiki diri sendiri.
Theo Nugraha
Dec 08, 2014 rated it it was amazing
Semua cerita dalam buku ini menurut saya kejadiannya sering kita temui di kehidupan nyata. Walaupun beberapa cerita dikemas dalam cerita klasik, tapi makna yang disampaikan penulis mudah dipahami. Easy-reading! :)
Agustin
Apr 09, 2013 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Ade
Jul 25, 2016 rated it really liked it
"Cinta tanpa disertai kepercayaan, maka ibarat meja kehilangan tiga dari empat kaki-kakinya, runtuh menyakitkan"

Sepenggal cerita pendek di penghujung buku berjudul "'Buat apa disesali..." sanggup membuat saya meneteskan air mata
...more
Lilia Nazla
kepengennnn bacaaaaaaa :D
*langsung susun rencana buat ke toko buku*
Amelia
Nov 01, 2012 rated it it was ok
Akhirnya, tau kelengkapan cerita Ramayana dari salah satu cerpen dalam buku ini. Impressive! :)
Suzan Oktaria
Oct 26, 2012 rated it liked it
Suatu kisah memang tak harus berakhir bahagia.
Sarah Luziani
Sep 29, 2012 rated it really liked it
Shelves: punya
ga ada happy ending ya? :") harus tegar bacanya juga... ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
Resensi buku Sepotong Hati yang Baru, Tere Liye 10 171 Feb 18, 2015 11:05PM  

Readers also enjoyed

  • Laut Bercerita
  • Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 (Dilan, #1)
  • Winter in Tokyo
  • Summer in Seoul
  • Ayah
  • Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  • Laskar Pelangi (Tetralogi Laskar Pelangi, #1)
  • Dilan Bagian Kedua: Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
  • Perahu Kertas
  • Negeri 5 Menara
  • Bumi Manusia
  • Autumn in Paris
  • Hujan Bulan Juni
  • 5 cm
  • Aroma Karsa
  • Konspirasi Alam Semesta
  • Bumi Cinta
  • Padang Bulan
See similar books…
See top shelves…
9,699 followers
Author from Indonesia.

"Jangan mau jadi kritikus buku, tapi TIDAK pernah menulis buku."

"1000 komentar yang kita buat di dunia maya, tidak akan membuat kita naik pangkat menjadi penulis buku. Mulailah menulis buku, jangan habiskan waktu jadi komentator, mulailah jadi pelaku."
...more

Related Articles

These twelve books are so consistently adored, they have become regulars month after month in our data of most popular and most read books on...
143 likes · 58 comments
“Cinta bukan sekedar memaafkan. cinta bukan sekedar soal menerima apa adanya. cinta adalah harga diri. cinta adalah rasionalitas sempurna.

Jika kau memahami cinta adalah perasaan irasional, sesuatu yang tidak masuk akal, tidak butuh penjelasan, maka cepat atau lambat, luka itu akan kembali menganga. kau dengan mudah membenarkan apapun yang terjadi di hati, tanpa tahu, tanpa memberikan kesempatan berpikir bahwa itu boleh jadi karena kau tidak mampu mengendalikan perasaan tersebut. tidak lebih, tidak kurang”
134 likes
“Kau tidak harus minta maaf. Meskipun seharusnya kau tahu, sehari setelah kau memutuskan pergi, aku telah membujuk hatiku agar tegar. Tetapi percuma. Menyakitkan. Semua itu membuat sesak. Kalimat itu mungkin benar, ada seseorang dalam hidupmu yang ketika ia pergi, maka ia juga membawa sepotong hatimu. Alysa, kau pergi. Dan kau bahkan membawa lebih dari separuh hatiku.” 108 likes
More quotes…