Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Kukila” as Want to Read:
Kukila
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Kukila

by
3.77  ·  Rating details ·  1,551 ratings  ·  241 reviews
Nak, dua hal aku benci dalam hidup: September dan pohon mangga. September tidak pernah mau beranjak dari rumah. Betah. Ia sibuk meletakkan neraka di seluruh penjuru. Di ruang tamu. Di ranjang. Di meja makan. Bahkan di dada.Batang pohon mangga tetap selutut persis prasasti batu. Ia berdiri mengekalkan dosa-dosa—dan dosa adalah pemimpin yang baik bagi penyesalan-penyesalan.

K
...more
Paperback, 192 pages
Published September 2012 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Kukila, please sign up.

Be the first to ask a question about Kukila

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.77  · 
Rating details
 ·  1,551 ratings  ·  241 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Kukila
Annisa M Zahro
Oct 18, 2012 rated it did not like it
Shelves: kumcer
Sebuah kumpulan cerita yang di dalamnya ada 16 judul cerita. Kukila sendiri merupakan salah satu judul cerita di dalam Kumcer ini. Di antara cerita yang lainnya, Kukila adalah yang terpanjang. Alurnya maju-mundur-maju-mundur, hhe. Unik pokoknya. Harus benarbenar menyimak ceritanya agar bisa memahaminya. Gaya bercerita Bang Aan (hurufkecil) memang selalu unik, dari awal sampai kisah terakhir yang saya baca. Endingnya hampir selalu tidak tertebak, mau dimuarakan kemana. Yang saya suka lagi, kataka ...more
Masya Ruhulessin
Jul 21, 2013 rated it it was amazing
Buku yang penuh kejutan. Saat memembaca luapan gairah mengalir untuk melanjutkan kehalaman berikutnya. Ada 16 cerita, yang dimulai Kukila Rahasia pohon rahasia) hingga Cinta (kami) seperti anjing dan kucing. Beberapa cerita dalam buku ini penuh ledakan kejutan dan punya akhir yang menarik sebab membiarkan interpretasi pribadi pembaca berkembang liar. Surat-surat cinta yang hadir ditulis romantis dengan bahasa sederhana yang mengalun indah. Saya sangat suka surat cinta sang penulis pada ibunya (d ...more
Helvry Sinaga
Jan 04, 2016 rated it liked it
saya bacanya dari belakang ke depan.
soalnya cerpen pertamanya udah kategori cerpenpan.
Mobyskine
May 24, 2013 rated it liked it
Hanyut dalam alur bahasa penulis. Kisah-kisah yang bermain antara emosi dan perasaan, masalah-masalah perhubungan dan kesetiaan, adegan nakal dan ironis, lucu dan bikin tersenyum-senyum sendiri.

Kisah "Kukila (Rahasia Pohon Rahasia)" sendiri memakan hampir separuh isi buku. Kisah yang panjang dan mengugah rasa hati. Penulis bijak menyusun atur satu-satu bab dengan bahasa ritma yang cantik dan mudah difahami. Namun tak aku nafikan, kerana kisahnya terlalu panjang untuk sebuah cerpen aku sedikit bo
...more
Neti Triwinanti
Aug 12, 2016 rated it liked it
Shelves: owned
Buku ini bisa dibilang sebagai karya sastra yang melankolis romantis, meskipun saya sendiri kurang suka dengan temanya. Ini subjektif sekali sih. Membaca Kukila seolah-olah memaksa saya untuk menyadari realitas yang (mungkin) sewajarnya terjadi di zaman seperti ini. Kukila seperti mematahkan hati saya bergitu saja yang hingga saat ini (berusaha) percaya tentang cinta dan kesetiaan.
Yang saya suka dari buku ini adalah diksinya yang sangat apik dan romantis (meskipun ceritanya getir). Yang saya kur
...more
ABO
Sep 25, 2012 rated it really liked it
Shelves: 2015-books
Secara keseluruhan, semua cerpen di dalam buku ini bagus, masing-masing punya kelebihan yang menonjol, bahkan hampir semuanya menyajikan twist mengejutkan di endingnya. Tapi, mungkin karena saking bagusnya cerpen pertama, Kukila (Rahasia Pohon Rahasia), setelah membaca cerpen-cerpen selanjutnya saya jadi tidak bisa tidak membandingkannya dengan cerpen pembuka yang dahsyat itu.

Di cerpen pembuka inilah saya paling mengenali ke-khas-an tulisan Aan Mansyur di mana setiap paragrafnya ditulis dengan i
...more
tirta
Oct 14, 2012 rated it liked it
Kukila. Bayangkan seorang perempuan dengan nama yang cantik seperti itu. Kukila. Kukila. Kukila.

Pohon besar itu punya rahasia. Dulu, ceritanya, terdapat tiga anak manusia. Dua laki-laki dan satu perempuan. Laki-laki pertama sering datang dan duduk di bawah pohon itu, memandang ke arah rumah dengan dua jendela. Satu jendela di samping, dan satu di arah utara. Dari kedua jendela tersebut, terlihat dua anak manusia lainnya. Satu perempuan dan satu laki-laki. Dua anak tersebut juga melihat ke luar,
...more
Nugroho Aw
Feb 10, 2014 rated it liked it
Harus saya akui, kekuatan kumpulan cerpen yang diberi nama 'Kukila' ini tertumpu pada cerpennya yang berjudul sama. Cerpen-cerpen lainnya standar, biasa saja. Mungkin agak salah juga Aan menempatkan masterpiecenya pada pembuka kumpulan ini, kualitas kumpulan ini berat ke depan.
Ini sedikit mengingatkanku pada dirimu. Agaknya kau benar juga, cinta kita dan kekagumanku hanya berada di depan saja. Nampaknya aku tersihir pada masa-masa awal kita bertemu. Kau begitu... entahlah. Barangkali menakjubkan
...more
Raafi
Sep 27, 2015 rated it liked it
Buku ini berisi 16 cerita. Aku tidak bisa menyebutnya 16 "cerita pendek". Cerita berjudul "Kukila" termuat 60 halaman—cerpen biasanya tidak lebih dari 10 halaman. "Lebaran Kali Ini Aku Pulang" malah sebaliknya, berisi bab-bab sangat pendek yang membentuk satu cerita. Cerita lainnya berjudul "Setia adalah Pekerjaan yang Baik" bahkan berformat kultwit (kuliah twitter), berisi deret kicauan beruntun yang bercerita. Beragam sekali.

Cerita-cerita yang diangkat adalah seputar kegelisahan hati dan kekej
...more
Imas
May 20, 2016 rated it liked it
Kukila adalah nama seorang perempuan dalam dongeng. Dalam dunia nyata, Kukila adalah seorang perempuan dengan kisah cinta yang rumit. Merupakan salah satu cerpen dari kumpulan cerpen di buku ini. Kukila menjadi nama karakter dibeberapa cerpen lainnya. Agak bingung dengan cerpen Kukila, sepertinya perlu dibaca ulang.

Pilihan kata-katanya bagus, dan terdengar puitis.

Sherry Abdullah
Jul 16, 2017 rated it really liked it
Kahkah kalau tengokkan tarikh start baca sampai habis baca, 6 bulan gak aku baca buku tak tebal mana ni. Tapi aku berjaya habiskan bacaan dalam masa seminggu je sebenarnya. Sebab aku dah lama tinggal, and aku re-read.

Anyway, aku tak reti tulis review. So kau orang baca je lah apa yang aku cuba nak sampaikan ni. Kau baca !

Overall, aku suka buku ni dan aku (Nora) bagi 4 bintang sebab aku suka gila gaya penulisan Aan Mansyur ni. Dia punya puitis sampaikan kau rasa macam nak pergi Indon dan dengar
...more
Nike Andaru
Oct 19, 2020 rated it liked it
127 - 2020

Menemukan buku ini hanya 5rb saja, ya kan sayang banget kalo gak dibeli :D

Aan Mansyur adalah seorang penyair yang saya suka karya puisi-puisinya. Hampir semua buku kumpulan puisinya sudah saya baca dan saya suka. Kali ini kumcernya pun menarik, nama Kukila memang tertulis di mana-mana hampir di tiap judul cerpen. Saya jadi penasaran dongeng khas Makassar soal Kukila dan Pilang. Semua tentang cinta, yang drama berikut persoalan-persoalan tentang cinta.

Judul yang saya suka selain Kukila
...more
Fajar At-Tuhry
Jan 18, 2018 rated it it was amazing
Tentang 16 cepen Aan Mansyur. Bagaimana penyair jika menulis cerpen? Aan mampu menulis potret dirinya yang menceritakan potret muram realitas kehidupan yang penuh ironi & melankolis tapi sekaligus romantis. Yak Aan selalu menampakkan dirinya begitu dalam setiap karyanya. Tapi karena kali ini via cerpen, ia mampu membolak balikkan perasaan dengan pilihan diksi yang tepat tentunya. Makin tertarik sama Mas Aan.
Qunny
Dec 20, 2017 rated it really liked it
Rating 4 mostly karena saya suka sama diksi yang digunakannya. Lalu memang cerpennya mengandung twist, (meskipun mayoritas bergenre Romance) dan ada beberapa bagian yang bikin nyes di hati.
Muhammad Bahrul Abid
Sep 08, 2017 rated it really liked it
Ceritanya didominasi oleh tokoh-tokoh yang tak berubah sejak cerpen pertama sampai yang terakhir: Kukila, Pilang, Nanti, dll.
Yang aku suka dari kumcer ini adalah cara berbahasa-nya M Aan Mansyur.
FinChu Harefa
Dec 24, 2013 rated it liked it
Judul: Kukila
Penulis: M. Aan Mansyur
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2012 (September)

Kukila. Bayangkan seorang perempuan dengan nama yang cantik seperti itu. Kukila. Kukila. Kukila.

Pohon besar itu punya rahasia. Dulu, ceritanya, terdapat tiga anak manusia. Dua laki-laki dan satu perempuan. Laki-laki pertama sering datang dan duduk di bawah pohon itu, memandang ke arah rumah dengan dua jendela. Satu jendela di samping, dan satu di arah utara. Dari kedua jendela tersebut, terlihat dua anak m
...more
Meriana
Nov 07, 2015 rated it liked it
"Seperti akar-akar pohon merindukan hujan. Begitulah seorang ibu merindukan anak-anaknya. Jika kalian punya sayap, terbanglah ke sini. Dan kalian akan tahu, aku tidak berhenti percaya kalian masing-masing memiliki sepasang sayap. Tuhan pernah menanamnya di punggung kalian masing-masing jauh hari sebelum kalian mengenal kata "terbang". Ibumu ini, yang celaka, merindukan kalian tiada kepalang." --Kukila

****

Kumpulan 16 cerita dengan tema cinta keluarga, dan cinta dewasa yg tak pernah berakhir baik-
...more
Rizky Nindy Lestari
Jun 15, 2016 rated it liked it
[REVIEW SINGKAT]

Kebiasaan saya adalah 'menelantarkan' buku-buku baru yang masih bersampul plastik karena bingung ingin baca yang mana duluan. Kukila, adalah salah satunya. Setelah cukup lama berada di container buku, akhirnya saya robek sampul plastik itu dan menghapus rasa penasaran.

Sebagai pengikut Aan semenjak ia masih memakai pseudonym "tomat" di twitter, saya cukup lama mengidamkan buku ini. Buku berisi kumpulan cerita pendek ini tidak terlalu tebal, tidak pula terlalu tipis. Cocok dibaca s
...more
Luthfi Amri
Jun 25, 2016 rated it liked it
Kukila mungkin sebuah sastra romantis dengan tema yang mengganggu. Aan menggambarkan realitas percintaan tidak seindah dan segamblang dari dongeng-dongeng biasa. Tema yang mengganggu ini dibungkus dengan diksi yang romantis dan digambarkan dengan getir. Sepintas karya ini terkesan dalam, namun pada nyatanya repetisi menjadikannya dangkal. Aan Mansyur mencoba menggambarkan sesuatu yang besar namun gagal dalam inovasi penyampaiannya.
Farissa Nuri
"Masa lalu tidak pernah hilang. Ia ada tetapi tidak tahu jalan pulang, untuk itu ia menitipkan surat -kadang kepada sesuatu yang tidak kita duga. Kita menyebutnya kenangan."

Saya lebih suka kumpulan puisinya dibanding cerpennya.
...more
Uni
Jun 11, 2020 rated it really liked it
Interesting. Buku yang penuh kejutan. Beberapa halaman awal seperti ah biasa saja. Tapi, halaman selanjutnya nagih terus. Dan tiap bagian memiliki akhir yang tidak dapat ditebak.
lita
Dec 08, 2012 rated it liked it
Perempuan-pohon-cinta segitiga-rambut-ciuman-rekayasa pembunuhan-bangun pagi-toko buku-celana besi-perselingkuhan
mei
Sep 25, 2015 rated it liked it
diluar dugaan. kurang memuaskan. kurang menikmati juga atau mungkin saya tidak terbiasa dengan tulisan kak Aan
Farah Fitria Sari
Jan 23, 2016 rated it really liked it
Shelves: indonesian
4.5
Fauziah Ramadhani
Nov 07, 2015 rated it liked it
Saya boleh cinta buku ini setengah hati, separuh sisanya saya selipkan di cerita-cerita pilihan yang saya amini untuk jadi kamu yang terjabar dalam kata berserakan yang sedang saya eja.
Irasaurus
Jun 20, 2015 rated it really liked it
Shelves: fiksi, indonesiann
cerita paling favorit: Cinta (kami) seperti Sepasang Anjing dan Kucing
Sheila Viona
Jul 01, 2021 rated it really liked it
Sinopsis

Nak, dua hal aku benci dalam hidup: September dan pohon mangga. September tidak pernah mau beranjak dari rumah. Betah. Ia sibuk meletakkan neraka di seluruh penjuru. Di ruang tamu. Di ranjang. Di meja makan. Bahkan di dada.Batang pohon mangga tetap selutut persis prasasti batu. Ia berdiri mengekalkan dosa-dosa—dan dosa adalah pemimpin yang baik bagi penyesalan-penyesalan.
Kukila adalah perempuan itu, yang membenci September dan pohon mangga. Hidupnya didera rasa bersalah yang besar, kepad
...more
Miftahul Jannah
Jul 25, 2021 rated it it was amazing
Having no expectation di awal, karena dulu buku ini hype sekali, saya jadi khawatir beli buku karena hanya sekedar mau ikut ikut nge-hype. Tapi karena lagi butuh bacaan ringan, saya meminjam buku dari teman. Dalam buku ini ada 16 cerita pendek. Sebenarnya konfliknya kompleks tapi alurnya halus banget, diantarkan ke problem satu-satu. Pelan pelan sekali, kamu diajak untuk menyimak satu tokoh, ke tokoh lainnya. Perumpamaan di Galeri Museum, Kurator akan mengajak kamu touring menyimak satu satu pen ...more
Hesti
Jan 15, 2017 rated it really liked it
M. AAN MANSYUR mendokumentasikan beberapa tulisan pendeknya dalam Kukila. Buku ini memiliki 180 hal dengan jenis kertas paperbook terbitan Kompas Gramedia. Buku yang saya baca adalah cetakan ketiga, tahun 2015.

Kukila sendiri merupakan nama tokoh perempuan yang digunakan Aan Mansyur dalam cerita utama berjudul sama, dan juga beberapa judul yang berbeda. Penggunaan nama Kukila hampir sama fungsinya dengan nama Alina pada cerita-cerita karangan Seno Gumira Ajidarma.

Kumpulan cerita ini masih berceri
...more
Haefa Azhar
Feb 13, 2020 rated it it was amazing
Setelah membaca buku "Tidak Ada New York Hari Ini", buku M. Aan Mansyur selanjutnya yang saya baca adalah "Kukila". Dari buku ini, sepertinya Aan Mansyur menggoda saya untuk menjadi penggemarnya. Dengan rangkaian kata yang sederhana dan cerkas, Aan Mansyur mengajak saya menikmati tanpa ekspektasi hingga akhirnya berekspektasi. Namun, di beberapa cerita, ia mampu memberikan akhir di luar ekspektasi. Di beberapa cerita lainnya, ia bertutur dengan singkat dan memberikan kesan sedih yang menyesap. D ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Hujan Bulan Juni
  • Aroma Karsa
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
  • Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi
  • Sumur: Sebuah Cerita
  • Laut Bercerita
  • Antologi Rasa
  • Filosofi Teras
  • Malam Terakhir: Kumpulan Cerpen
  • Man Tiger
  • Beauty Is a Wound
  • Perahu Kertas
  • Sepotong Senja untuk Pacarku
  • The Book of Invisible Questions
  • Pulang
  • Critical Eleven
  • 9 dari Nadira
  • Hujan Bulan Juni
See similar books…
985 followers
Hujan Rintih-rintih (2005) | Perempuan, Rumah Kenangan (2007) | Aku Hendak Pindah Rumah (2008) | Cinta yang Marah (2009) | Tokoh-tokoh yang Melawan Kita Dalam Satu Cerita (2012) | Sudahkah Kau Memeluk Dirimu Hari Ini? (2012) | Kukila (2012) | Kepalaku: Kantor Paling Sibuk di Dunia (2014) | Melihat Api Bekerja (2015)

Related Articles

Trying to bust a reading slump? No time to sink into a long novel? Prefer plots that can be contained in a handful of pages? Then a short story...
87 likes · 13 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Masa lalu tidak pernah hilang. Ia ada tetapi tidak tahu jalan pulang. Untuk itu ia menitipkan surat-kadang kepada sesuatu yang tidak kita duga. Kita menyebutnya kenangan” 74 likes
“Kau harus tahu lupa adalah lahan subur kenangan-kenangan. Biarkan ia mengalir seumpama sungai. Saatnya akan tiba, kau akan betul-betul lupa.” 28 likes
More quotes…