Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Hanami” as Want to Read:
Hanami
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Hanami

by
3.6  ·  Rating details ·  286 Ratings  ·  42 Reviews
Kepada Sakura

Kau adalah hangat. Padamu aku temukan dunia yang ramai dan selalu bahagia. Kau adalah rumah. Tempat aku menitipkan tawa kanak-kanakku, juga menyimpan mimpi tentang sebuah masa depan.
Suatu hari, mungkin rumahku tidak lagi kau. Tidak bisa dan tidak mungkin. Kau hanyalah rumah tempat aku menyimpan berpuluh-puluh frame yang tidak akan lapuk karena waktu. Tempat ak
...more
Mass Market Paperback, 456 pages
Published September 2012 by Gagas Media
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Hanami, please sign up.

Be the first to ask a question about Hanami

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Devita Natalia
Nov 20, 2012 rated it it was amazing
Bagus banget...
Awalnya ragu untuk baca buku ini karena ada unsur jepang didalamnya. Bukan berarti gue nggak suka negara jepang, tapi berhubung terlalu banyak buku yang menggangkat tema korea dan jepang. Jujur saya sedikit bosen. ;p

Tapi untuk buku ini, gue akuin sangat..sangat bagus. Dari ceritanya yang punya alur bagus banget, tokohnya dan yang pasti bisa membuat gue membaca sampai habis.

Oke mulai review.
Buku ini menceritakan tentang perempuan bernama Sakura. Dalam sepanjang hidupnya, Sakura t
...more
Dewi Kirana
Dec 27, 2012 rated it liked it
Shelves: indonesian, novel
Buku ini bercerita tentang romance yang menurutku.... aneh. (view spoiler)

Entahlah ya. Menurutku hubungan cinta yang baik itu adalah hubungan di mana kedua orang yang terlibat merasa bahagia ketika bersama. (view spoiler)
...more
Afrianti Pratiwi
Apr 14, 2016 rated it liked it
Buku ini bercerita tentang kehidupan Nishikado Sakura yang sepanjang hidupnya hanya tinggal bersama kakaknya, Kawaguchi Keigo. Kehidupan Sakura berjalan layaknya remaja perempuan lainnya. Dengan Keigo di sampingnya, Sakura tidak merasa kurang sesuatu apapun karena Keigo sangat menyayanginya. Meskipun Sakura sendiri sudah tahu bahwa Keigo bukanlah kakak kandungnya, namun ia tetap menyayanginya sebagai kakak.

Pada suatu malam, Sakura bersama teman-temannya pergi ke tempat karaoke. Sewaktu ia pergi
...more
Deta NF
Oct 20, 2013 rated it really liked it
Saya tidak akan menuliskan sinopsis novel ini, silahkan baca sendiri hihi yang jelas novel ini keren!Terus terang ini novel bersetting Jepang pertama yang saya baca, asli serius, i don’t tell a lie. Saya mengenal Jepang dari lagu dan film pada awalnya. Novel ini berhasil membuat saya seperti tengah menjadi bagian dari tokoh-tokoh di dalamnya, beberapa kali berhenti membaca hanya untuk membayangkan suasana Jepang seperti yang diceritakan novel dan itu wow banget nyampe ke hati hahah entah karena ...more
Rizky
Sep 24, 2012 rated it liked it
Shelves: koleksiku
3 star for this novel

Novel ini cukup membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menyelesaikannya, bukan hanya karena novel ini cukup tebal dari segi halaman, tapi terlalu banyaknya kepingan puzzle yang terurai membuat aku ingin menyelesaikannya sedikit demi sedikit agar bisa menikmati setiap kepingan yang terungkap satu per satu.

Novel ini bukan tentang cinta, lebih kepada drama keluarga di masa lalu dan cinta yang hadir di tengah perjalanan.Ini tentang Sakura, yang hidup bersama Keigo, seseorang
...more
Najwa Shufia
May 25, 2013 rated it liked it
Nishikado Sakura, gadis remaja yang cantik dan polos, tinggal bersama Kawaguchi Keigo yang sudah dia anggap sebagai kakak sendiri. Usia mereka terpaut cukup jauh, dan mereka juga tidak ada hubungan darah, namun dari kecil mereka sudah tinggal bersama. Sakura tidak tahu sama sekali tentang keluarga dan juga latar belakangnya. Ia sering bertanya pada Keigo, namun Keigo tidak pernah menjawabnya. Pernah sekali Keigo memberikan sebuah foto. Di dalam foto tersebut ada seorang pria, wanita, dan seoran ...more
Delisa sahim
Nov 24, 2012 rated it really liked it
Dari awal liat di toko buku sudah suka dari covernya.
Aku sudah skeptis gitu, soalnya pernah membaca novel dari si penulis ini, aku tidak terlalu suka dari ceritanya.
Tetapi itu musnah setelah berhasil menyelsaikan bab awal.

aku suka buku ini.
Bahasa yang sederhana, kalimat yang tak berbelit-belit.
Membuat buku ini layak aku beri bintang 4

Ceritanya sih berawal dari Nishikado Sakura seorang perempuan muda yang ditanggal berdua dengan kakaknya Kawaguchi Keigo. Tanpa ada pertalian darah mereka berdua h
...more
Elisa Yuliana
Oct 29, 2012 rated it liked it
Shelves: romance, family, own
HANAMI artinya : Acara melihat bunga sakura di musim semi.
Mungkin diberi judul hanami karna kebahagiaan tokoh di novel ini, terjadi pada saat hanami.

Di novel ini, aku bisa nangkap : sesempit itukah dunia hingga semua tokohnya berhubungan?

Aku suka cerita yang diangkat dari si penulis, beda aja gitu sama novel-novel roman lain.
Trus setting Jepangnya yang buat aku nyaman.
Tapi terlalu banyak nama tokoh Jepang yang diceritakan, buat aku bingung.

Seperti drama Indo, love in paris. Ada cowok yang say
...more
Stefanie
"Aku begitu sedih kemarin ketika tahu mungkin Ayah telah membuangku... Namun, dalam pelukan Keigo tadi, aku sadar, pikir Sakura dalam hati, tersenyum pada foto yang dipegangnya, untuk apa mengejar-ngejar orang yang tidak menginginkanku... ketika yang begitu menyayangiku ada tepat di hadapanku?"

Nishikado Sakura, seorang gadis yang tidak pernah tahu tentang keluarganya. Satu-satunya orang yang ia kenal adalah Kawaguchi Keigo - lelaki yang tinggal bersamanya sejak kecil dan ia panggil Kakak, meski
...more
Gita Romadhona
Dec 18, 2012 rated it liked it
sangat menikmati saat menulis backcover buku ini. biasanya, saya menulis backcover saat "terhanyut" cerita dalam naskah. dan cerita buku ini, benar-benar "menghanyutkan".

tak banyak penulis yang mampu menulis panjang tetapi tidak membosankan. Fenny Wong adalah salah satu dari tidak banyak itu.

saya menunggu naskah selanjutnya :)
Osanda Kusuma
Jul 25, 2017 rated it really liked it
emotional roller coaster for me -
Buku yang cukup menarik dengan alur cerita serta penokohan yang jelas tergambarkan membuat novel ini mudah dan asik untuk dibaca. Tapi harus diakui memang heroine di novel ini rada nyebelin hahaha.


Orinthia Lee
Apr 14, 2018 rated it it was ok
Shelves: indonesian, owned, romance
Just not my cup of tea.
Sabrina Zee
Sep 28, 2012 rated it really liked it
Nishikado Sakura, Kawaguchi Keigo, dan Sakamura Jin...

Ketiganya tanpa sadar memiliki masa lalu yang saling terkait. Semuanya disembunyikan demi melindungi perasaan masing-masing.

Dimulai saat Sakura bertemu dengan seorang nenek yang ternyata mengenal ibunya di masa lalu. Selama ini Sakura selalu bertanya-tanya siapakah orang tuanya dan kenapa ia hanya tinggal berdua dengan Keigo. Di mata semua orang, kesan tinggal berdua dengan seorang laki-laki sangatlah buruk. Namun Sakura hanya menganggap Kei
...more
Silvia Natari
Jul 20, 2013 rated it really liked it
Akhirnya setelah sekian lama novel ini nangkring manis, selesai juga dibaca. Hanami, novel pertama karya Fenny Wong yang saya baca. And I luv it!

Cerita dengan setting Korea-tepatnya di Tokyo ini berkisan tentang seorang gadis- Sakura yang berusaha menggali ingatan kisah masa lalunya. Sakura tumbuh besar tanpa pernah bertatap muka dengan orangtuanya bahkan ia tidak mengenal orangtuanya. Ia tumbuh besar bersama Keigo- yang ia kenal dan sayang sebagai kakak tirinya tanpa perlu tahu asal-usulnya. Sa
...more
Andrea Ika
Apr 20, 2013 rated it liked it
Review : Hanami

Fenny Wong


Judul : Hanami
Penulis : Fenny Wong
Tebal : 456 halaman
Penerbit : Gagasmedia

Sinopsis
Kepada Sakura

Kau adalah hangat. Padamu aku temukan dunia yang ramai dan selalu bahagia. Kau adalah rumah. Tempat aku menitipkan tawa kanak-kanakku, juga menyimpan mimpi tentang sebuah masa depan.
Suatu hari, mungkin rumahku tidak lagi kau. Tidak bisa dan tidak mungkin. Kau hanyalah rumah tempat aku menyimpan berpuluh-puluh frame yang tidak akan lapuk karena waktu. Tempat aku selalu kembali
...more
Primadonna
Nov 02, 2012 rated it did not like it
Shelves: indonesian
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Hilwy Al Hanin
Dec 28, 2012 rated it it was ok
Saya selalu suka cara nulisnya Mbak Fenny. Dan saya juga suka tulisannya di buku ini. Banyak Jepangnya, kota, tradisi, makanan, semuanya serba Jepang. Tapi masih kurang Jepang. Maksudnya, agak kurang didalami hehe. Saya ngerasa klop dan mikir, "Ini baru kerasa Jepangnya," pas di bagian Jin dan Sakura ngelakuin Hanami bareng. Di situ bener-bener saya bisa bayangin letak dan suasananya dan saya suka banget.

Mengenai cerita, complicated. Menarik, sih. Tentang yakuza dan klannya yang hampir punah. T
...more
Eka
Oct 06, 2013 rated it did not like it
Well, I gotta say that I regret bought this book. Maybe if I just borrow it, I won't be so disappointed.

The character is surreal. Even with his dark past, Keigo is still too perfect. He is handsome, capable for doing household, caring even a bit protective. He'll do everything for Sakura. And why the author keep mentioning whether Keigo is wearing shirt or not after he showered? It's distracting. ha..ha..
Sakura is should be a lovable, cheer up and naive girl but I was annoyed by the way she depe
...more
Nena
May 28, 2013 rated it liked it
Very Japan-ish. The characters, setting, and plot. Keigo and Jin are definitely typical manga boys. Sakura, although she is lovely, really bugs me with her childish attitude sometimes. (Or it's just me with my own allergy to the main-character-who-gets-the-spotlight cliche? I guess I've mentioned it before?). And somehow, Keigo, Jin, Sakura, and Toshihiro really reminded me of the similar characters in Orizuka's Fate. :| Seriously.

Well, what bother me most are the grammar and diction, especially
...more
Desy Miladiana
Sedikit curhat ya, saya waktu pertama buka segel dan baca beberapa lembar tiba-tiba mood baca saya hilang akibat tugas menempuk segunung. Akhirnya, beberapa bulan setelahnya ketika mood baca saya membaik saya lihat novel ini dan tergerak baca dari awal.

Berawal dari cerita seorang gadis SMA bernama Sakura, gadis ini hanya tinggal berdua dengan seseorang yang mengaku sebagai kakaknya, Keigo. Keigo sejak kecil di didik untuk menganggap Sakura sebagai adiknya walau tak memiliki hubungan darah sama s
...more
*eKa*
Akhir-akhir ini aku emang lagi males baca, makanya setiap baca buku suka lamaaaaa banget. Tapi setidaknya waktu baca To Kill A Mockingbird aku masih bisa menikmati dan terhubung dengan cerita dan juga setiap tokohnya. Tapi untuk Hanami ini... aku gak ngerasain itu.

Rasanya gak ada masalah soal kelas penulis di sini, karena aku biasanya bisa relate langsung ke suatu novel baru dengan berbagai genre dan gaya penulisan setidaknya sesudah memasuki bab 2. Nyatanya kali ini aku gak bisa relate terus,
...more
Ajeng Diliantami
Nov 19, 2012 rated it liked it
Sinopsisnya bagus. Walaupun banyak kalimat yang saya nggak ngerti -dan akhirnya saya tahu setelah tanya sama teman-. Covernya menunjukkan Jepang banget. Tapi, menurutku ceritanya terlalu berat. Agak membingungkan. Terlalu berputar-putar juga. Sorry to say.
Setelah baca review yang sebelumnya, saya setuju sama yang bilang kalau ini latarnya diganti pun nggak akan mempengaruhi ceritanya. Karena sebenarnya arti Hanami disini nggak terlalu kentara. Yang menunjukkan kalau ini berlatar Jepang hanya na
...more
Nurul
Oct 19, 2012 rated it it was ok
I was attracted to the simple paragraph written at the back of this book. As it says "Tak ada kau dan aku dalam cerita masa depan. Itulah mengapa aku memilih menjauh". It hooks me as this is the very reason I decided to walk away from someone I love the most in my whole life..

As I read, I found the book enjoyable. Nice and well written. But somehow, I skipped most of the second part of the book and go straight back to find the ending. Simply because I want to get the answer for all the puzzle w
...more
Windi Sugiharti
Sep 11, 2016 rated it liked it
hanami.. kalau penyuka anime,komik,dorama pasti familiar banget dengan kata hanami, dari judulnya saja sudah bisa membayangkan bunga sakura yang sedang mekar. Secara keseluruhan ceritanya bagus, apalagi setting di jepang, jadi mikirin kegiatan selain hanami, tapi hanabi (nonton kembang api) juga wkwk, tokoh nya membuat saya berandai-andai dengan karakter atau aktor di dorama hahaha, mulai dari Takeru satoh, Miura haruma, Fukushi shota, Kanata hongo, atau mungkin Oguri shun? tapi paling fav Yamaz ...more
Harun Harahap
Nov 24, 2012 rated it really liked it
Shelves: fiksi, indonesian, punya
Waahhh..yang ngasih bintang si Delisa nih. Tapi gakpapa, gue setuju kok kalau buku ini dikasih empat bintang. Sejujurnya gue agak males-malesan waktu pertama kali dikasih buku ini sama Delisa. Tapi ya namanya juga buku buat bahan siaran, mau nggak mau ya dibaca. Ehhh, ternyata bukunya bagus lho. Nikmat aja gitu bacanya dari halaman satu ke halaman berikutnya. Mulus tanpa ditambahin bumbu cerita yang berlebihan. Pokoknya pas deh rasanya. Konfliknya banyak dan ditaruh di saat yang tepat. Menyenang ...more
Finesta Biyantika
Aug 08, 2013 rated it really liked it
Aku lupa kapan tepatnya membaca buku ini, yang jelas, masih di tahun 2013. Dari pertama kali liat sinopsisnya, aku udah penasaran. Makanya waktu itu pun langsung kutamatkan membaca seharian penuh. Dan aku gak nyesel. Ceritanya menarik, banget malah. Konfliknya keren. Perasaan kita ikut diaduk-aduk saat baca novel ini. Ditambah lagi, latar cerita kebetulan di Jepang. Aku memang tertarik hal-hal berbau Jepang :D Novel ini recommended banget buat kalian yang suka romansa penuh drama :p
Ayu
Nov 22, 2012 rated it it was ok
Shelves: fiction, indonesian
Saya berusaha keras menyelesaikan buku ini. Sempat berpikir untuk menutup buku ini tanpa menyelesaikannya, kalau saja Jin dengan karakternya yang kesepian itu tidak muncul :)

Tapi tapi, kesan yang terbangun dari setting jepang dalam buku ini tidak menggugah saya. Lebih mirip manga. Mungkin kalau dibuat jadi manga saja akan lebih menarik kali ya. Saya nggak suka dialog-dialognya yang kaku dan mirip terjemahan komik itu.

Dan yang pasti saya nggak suka endingnya. Terlalu biasa.

Sekian :p
Intan Mutia
Dec 15, 2012 rated it really liked it
Cerita yang manis tentang 'sang kakak' yang harus menjaga 'sang adik' yang ternyata masing-masing dari mereka memiliki rasa. Keseluruhan dari cerita ini benar-benar tidak bisa ditebak. Siapa sangka 'Kakak-Adik' ini pada akhirnya tidak bersatu? Siapa sangka ternyata bukan sang adik yang pada akhirnya menelan kekecewaan? Siapa sangka sang adik jatuh cinta ke orang yang benar-benar tak terduga? All my thumbs to the author!
Shelma
Feb 12, 2015 rated it really liked it
novel ini tuh sebenernya nggak nyeritain kisah cinta yang luar biasa romantis. tapi tetep aja novel ini aku baca. awal-awal baca sempet yang males ngelanjutin karena kayaknya ceritanya garing. tapi ternyata makin kesini ceritanya makin bagus, dan secara nggak langsung novel ini mengajarkan kesederhanaan cinta yang nggak muluk-muluk seolah kak fenny mau ngasih tau bahwa cinta yg sederhana dan tulus tuh masih ada di dunia ini (walau pun ini cerita fiksi). wajib dibaca :)
Caca Venthine
Dec 16, 2012 rated it really liked it
satu lg keluaran dr Gagas Media yg oke punya. ceritanya berlatar belakang di jepang,tp ceritanya bagus.. dengan ending yg susah ditebak menjadikan buku ini makin tambah keren!! byk teka-teki jg,complicated bngt deh,tp jgn salah,bahasa yang dipake ringan banget yg bikin kita langsung ngerti.. good job buat cece Fenny Wong,slah 1 karya terbaik di indonesia..
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Camar Biru: Cinta Tak Selalu Tepat Waktu
  • Beautiful Mistake
  • Syarat Jatuh Cinta
  • Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa
  • Athena: Eureka!
  • You Are My Sunshine: Matahari dari Tokyo
  • Bangkok: The Journal
  • Guilty Pleasure
  • Before Us
  • Paper Romance
  • Daisyflo
  • Pandangan Pertama: Ada Hadirmu Di Mataku
  • Memori
  • Kāla Kālī
  • Restart
  • Rhapsody
  • Unfriend You: Masihkah Kau Temanku?
60 followers
Fenny Wong writes mainly romance fiction, ranging from contemporary to ones with a dash of fantasy.

She is currently creative directing at her eponymous fashion label: http://fennywong.com
More about Fenny Wong
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Sakura menekan tombol teleponnya, menelepon orang yang sempat melintas dalam hidupnya itu. Meninggalkan jejak, meninggalkan bekas, tapi tidak pernah muncul kembali. Apakah ia hanya melintas, lalu pergi?” 4 likes
“Kau lahir penuh harapan dan kau memberiku sedikit harapan itu.” 4 likes
More quotes…