Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “S.P.B.U: Dongeng Sebelum Bangun” as Want to Read:
S.P.B.U: Dongeng Sebelum Bangun
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

S.P.B.U: Dongeng Sebelum Bangun

by
really liked it 4.00  ·  Rating details ·  338 ratings  ·  20 reviews
Suatu hari, ada seekor kelinci bernama Klin Klin sedang beristirahat di bawah pohon.
Ia melihat seekor keong sawah bernama King Kong sedang menggambar bunga-bunga di tanah.
Lalu, Klin Klin mengajak King Kong untuk balapan lari. Berhasilkah, King Kong mengalahkan Klin Klin?
Ikuti juga dua kisah lainnya.
Paperback, 116 pages
Published June 2012 by curhat anak bangsa
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about S.P.B.U, please sign up.

Be the first to ask a question about S.P.B.U

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
really liked it Average rating 4.00  · 
Rating details
 ·  338 ratings  ·  20 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of S.P.B.U: Dongeng Sebelum Bangun
Amanda Sastri
Aug 02, 2012 rated it liked it
Shelves: punya-dong
Jadi ceritanya gw pulang dari kantor, terus ke Toga Mas dan beli ini. Habis itu gw perjalanan pulang, nyampe rumah buka puasa (belom makan nasi dan males btw, caelah penting banget). Terus gw sholat Maghrib, dan iseng aja kepengen baca tuh buku, terus gw baca...

...SEPULUH MENIT KEMUDIAN GW UDAH TAMAT BACANYA =)) APAAN =))

25.000 hanya berhasil dibaca 10 menit -_-; Ini rugi deh.

Eh tapi gw suka kok. Iya lah Pidi Baiq. Dia selalu punya keabsurdan yang sesungguhnya kalau ditelaah ga absurd. Ada makna
...more
Alisnaik Alisnaik
Jul 24, 2012 rated it really liked it
Shelves: komik-indonesia
komik dengan cerita yang unik dan aneh.
ada 3 sub-cerita,
saya paling suka sama Dongeng Kafibara, tentang kisah si kancil dan buaya yang jadi favorit saya sejak kecil, namun di Dongeng Kafibara ini kisah tersebut di-plesetkan sedemikian rupa.
cerdas dan lucu.

sub-cerita terakhir, dongeng Dip Dip Pop, ceritanya absurd total. haha. tapi asyik.

gambar dari Rizki Goni di komik ini juga lebih rapi tarikan garisnya, bila dibandingkan komik sebelumnya, D'Maling Sial.
...more
yunia damayanti
Komik ini lebih gak jelas daripada komik Baracas: Barisan Anti Cinta Asmara. Tapi lumayan lah menghibur. Hahaha... ...more
Arif Abdurahman
May 06, 2013 rated it liked it
Aneh. Mahal. Dibaca ga sampai 30 menit udah khatam. Ga ngerti lagi lah.
Milka
Aug 31, 2012 rated it really liked it
ini buku terlalu tipis dan terlalu cepat habis dibaca. coba lebih tebal, dicetak di kertas ukuran A4+, gambarnya gede-gede, ceritanya lebih panjang..
Siraa
Nov 01, 2021 rated it liked it
Bicara tentang buku yang tidak ada faedahnya. Tapi, siapa yang menggunakan logika untuk hiburan. Pidi baiq menggunakn kesempatan itu memporak-porandakan pikiran kita secara nista. Leluconnya taik banget tapi bisa bikin ketawa puas sampai bengek. Buku ini seperti kentut, tidak ada manfaatnya tapi bikin lega juga.
Muhammad Irhan
Dec 01, 2017 rated it it was amazing
S.P.B.U
Dongeng Sebelum Bangun.
Judulnya aja udah lucu apalagi isinya.
Komik yang ceritanya dibuat oleh pidi baiq dan digambar oleh Rizki Goni ini dibikin untuk memenuhi toko buku katanya, tapi dari mulai buku ini terbit tahun 2012 sampai sekarang saya gak pernah melihat buku ini di toko buku manapun. 😂
***
Semenjak baca Komik ini pertama kali dari teman pada tahun 2015 (kalau gak salah itu juga :D) , saya terus nyari nyari komik ini karena baru baca setengahnya. Alhamdulillah beberapa hari yang lalu
...more
Reiza
May 15, 2014 rated it really liked it
Shelves: humor
Komik ngawur yang menghibur. Alamat dapet di Pameran seharga 10 ribu saja, cerita-cerita khas Pidi Baiq dengan goresan gambar yang juga menghibur oleh Rizki Goni.

Berisi 3 cerita dongeng yang pasti belum pernah anda dengar sebelumnya, dari mulai dongeng lomba lari kelinci dengan siput (udah pernah denger? eits, yang ini edisi revisi), dongeng kancil dan buaya yang diintervensi buaya sepuh dan seekor Kap(f kalo Sunda)ibara, sampai dongeng a la Godzilla, tapi nama makhluknya panjang, ampe ngabisin
...more
Nana
Oct 16, 2013 rated it it was amazing
Ini salah satu komik mahal yang gue beli di diskonan dan harganya tetep muahal!!

Gue butuh 30 menit sampai 1 jam untuk baca ini. Padahal paling lama gue baca komik itu 20 menitan. Kenapa? Karena gue kelamaan berhenti buat ngakak doang.

Belum pernah ada yang bikin dong sehancur ini. Dan belum pernah gue nemu dongeng dimana binatang-binatang bisa bebas bicara, kecuali buaya. Iya, buaya di dalam buku ini butuh penerjemah. Kasian.

Singkat kata, gue kecanduan untuk beli komik yang isinya dongeng kayak
...more
Sandra Sopian
May 19, 2015 rated it it was amazing
Hahaha, .... komik dengan cerita plesetan yang iya banget. dan saya baru ngeh. Ah uniklah si surayah ini.

Mulai dari dongeng balap lari antara si kancil dan si keong yang dimenangkan oleh si kancil (ya eya lah, kadang dongeng itu suka membodohi kita), kemudian dongeng kafibara, sang babi yang tidak mau jadi pablik pigure dan bisa menyelamatkan si kancil dari buaya. dan terakhir, si SPBU, alias Sersan penyemprot bau. nah, katanya, di bagian SPBU ini ada nomer teleponnya surayah yang asli. mungkin
...more
Hans Zebua
Feb 23, 2021 rated it really liked it
Shelves: owned
Komik simple & singkat BANGET, tapi gak terlalu masalah dan tetep enjoy bacanya karena ceritanya unik dan lumayan lucu lah.. suka juga sama artwork-nya yang gak kalah absurd. Inget waktu masih bocah pas pertama kali baca ini tuh ampe terbahak-bahak banget... kalo sekarang ya paling sekadar terhibur aja hahah.
Peni Astiti
Nov 14, 2013 rated it liked it
Komik termahal yang pernah dibeli. Tapi bukan Pidi Baiq kalo nggak bikin cerita yang unik dan quirky. Dibilang nyesel nggak, sih. Udah "kenal" om Pidi dari lama. Jadi, emang ga pernah berharap terlalu suci kalo beli buku-buku Pidi Baiq :))

Pasti nyesel kalo udah berharap terlalu indah, terus dapetnya... so so... :P

Yang jelas: menghibur-bikin kening berkerut-mulut monyong.

Sekian.
...more
Dea
Jul 13, 2014 rated it it was ok
Selesai dibaca dalam waktu 10 menit. Sepuluh menit saja! :)). Surayah punya gaya menulis yang lucu, unik, dan tulus. Dua bintang sebagai bentuk penghargaan atas ide yang mungkin hanya Surayah yang bisa.

"Keberanian adalah penemuan bahwa anda tidak mungkin menang dan mencoba ketika tahu anda bisa kalah"- Pidi Baik dalam S.P.B.U Dongeng Sebelum Bangun.
...more
bakanekonomama
May 03, 2014 rated it really liked it
Shelves: my-precious
Tadinya mau beli, tp akhirnya mutusin buat numpang baca aja di Gramed Depok :p

Cerita-ceritanya lucu dan super absurd. Tapi saya suka jenis lucu-lucu aneh kayaj gitu X)

Aduh... beli nggak ya?? *tetiba galau*
Ariyanti
Dec 24, 2013 rated it it was ok
ga selucu yang dibayangkan,
cenderung garing malah,
padahal kan pidi baiq bikin cerita nya lucuuu
Tre
Oct 29, 2012 added it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Ibnu Nashr
May 11, 2014 rated it really liked it
Ya Allah, baru kali ini saya nemu komik yang ceritanya asburd begini.
Eva Inzu
Jun 26, 2015 rated it liked it
o_O tapi... bagus :DD
Muhamad Ridwan
May 18, 2015 rated it liked it
Shelves: bacaan-ringan
Komik ga jelas. Beli harganya 10rb di acara seminar yg diselenggarain kompas. Lumayan lah buat tambah-tambah koleksi bukunya surayah.
Wahyu Lubis
rated it liked it
Mar 03, 2015
Dat
rated it it was amazing
Mar 06, 2015
Kemala Putri
rated it it was amazing
Oct 18, 2015
Fian Fian
rated it it was amazing
Dec 06, 2018
Zen Greentea
rated it it was amazing
Aug 28, 2014
Rama
rated it it was amazing
Oct 22, 2016
Novia
rated it it was ok
Aug 06, 2016
Muhammad Fakhri
rated it it was amazing
Jan 26, 2015
tukang gambar
rated it liked it
Jul 02, 2013
Faza Meonk
rated it it was ok
Oct 02, 2012
Rana
rated it it was amazing
May 14, 2014
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Touché (Touché, #1)
  • Tun
  • プラチナエンド 7 [Platina End 7] (Platinum End, #7)
  • プラチナエンド 2 [Platina End 2] (Platinum End, #2)
  • プラチナエンド 5 [Platina End 5] (Platinum End, #5)
  • プラチナエンド 6 [Platina End 6] (Platinum End, #6)
  • プラチナエンド 9 [Platina End 9] (Platinum End, #9)
  • プラチナエンド 12 [Platina End 12] (Platinum End, #12)
  • 終末のハーレム 3 [Shuumatsu no Harem 3] (World's End Harem, #3)
  • World's End Harem Vol. 1
  • プラチナエンド 11 [Platina End 11] (Platinum End, #11)
  • プラチナエンド 3 [Platina End 3] (Platinum End, #3)
  • プラチナエンド 1 [Platina End 1] (Platinum End, #1)
  • プラチナエンド 13 [Platina End 13] (Platinum End, #13)
  • プラチナエンド 4 [Platina End 4] (Platinum End, #4)
  • プラチナエンド 8 [Platina End 8] (Platinum End, #8)
  • プラチナエンド 14 [Platina End 14] (Platinum End, #14)
  • プラチナエンド 10 [Platina End 10] (Platinum End, #10)
See similar books…
1,371 followers
Pidi Baiq adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus.
Pidi Baiq mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang.

News & Interviews

Need another excuse to treat yourself to a new book this week? We've got you covered with the buzziest new releases of the day. To create our...
19 likes · 4 comments