Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bukan Istri Pilihan” as Want to Read:
Bukan Istri Pilihan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Bukan Istri Pilihan

3.14  ·  Rating details ·  105 Ratings  ·  14 Reviews
Tersiksa sebagai anak angkat yang tidak dicintai orangtua angkatnya, Ratih menerima lamaran Bu Marta untuk anak lelakinya, Hartomo. Mula-mula memang perkawinan ini berjalan manis. Tapi tidak lama, karena Hartomo bosan beristrikan wanita yang pendiam, tak berani mengeluarkan pendapat, dengan penampilan kuno. Apalagi setelah dia melihat sahabatnya di Jakarta sukses dan beris ...more
Paperback, 392 pages
Published July 5th 2012 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1981)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Ana  Fitriana
Sep 07, 2017 rated it it was ok
Bacanya di tab, dan rasanya pengen dibantig pas nemu endingnya begitu. ASDFGKJKLH!!!!
Yuliana
Dec 12, 2012 rated it it was ok
Tersiksa sebagai anak angkat yang tidak dicintai orangtua angkatnya, Ratih menerima lamaran Bu Marta untuk anak lelakinya, Hartomo. Mula-mula memang perkawinan ini berjalan manis. Tapi tidak lama, karena Hartomo bosan beristrikan wanita yang pendiam, tak berani mengeluarkan pendapat, dengan penampilan kuno. Apalagi setelah dia melihat sahabatnya di Jakarta sukses dan beristrikan wanita modis dan berwawasan.

Hartomo lalu meninggalkan kota kecilnya, menuju Jakarta untuk meraih kebahagiaan materi ya
...more
Alexandra
Jun 16, 2017 rated it it was ok
Karakter Hartomo, tidak memiliki sifat yang pantas dijadikan sebagai tokoh utama. Suami yang telah meninggalkan istrinya bertahun-tahun tanpa ada kabar, bahkan berniat menikah dengan wanita lain tanpa memberitahu istrinya, juga tidak meminta restu akan sang ibu, yang ditinggalkannya bersama istrinya.

Ratih sangat mencintai suaminya, dan berharap Hartomo kembali, walaupun begitu banyak lelaki yang mendekatinya bahkan melamarnya. Setelah bertahun kemudian tidak ada kabar, Ratih mencoba menyusul ke
...more
Nur Fadilla Octavianasari
#2018-[104]

Cerita yang cukup panjang untuk inti yang begitu-begitu aja. Iyaa, dibeberapa part sih ngerasa kaya kapan sih ini nyampe discene si Ratih & ibu mertunya ini ketemu sama Mas Tomo—Hartomo. Gemay deh dibuatnya. Malah fokus ke acara pdkt si Pak Dody ke Ratihnya.

Ah... Love blind banget sih ini. Si Ratih ini sebenernya naive atau maso yah? 6 tahuh ditinggal suami tanpa status yang jelas, eh si Doi tetep aja setia nunggu lelaki brengsek itu pulang. Yaya kalau cinta mau apa gitu? Oh cmon
...more
Dhia Citrahayi
Jan 15, 2013 rated it it was ok
Shelves: romance, novel
*sigh*

Sebetulnya saya hanya mampu membaca urut buku ini sampai di halaman 124 setelah itu, saya membaca buku ini dengan halaman meloncat-loncat mulai dari halaman terakhir buku hingga menarik mundur ke belakang. Walau begitu, tidak sulit bagi saya untuk memahami ceritanya karena memang... alur cerita ini linier.

Ini buku kedua Maria A. Sardjono yang telah saya baca. Buku pertama beliau yang saya baca adalah Sekar, yang sukes membuat saya termangu dan mengernyitkan dahi. Menurut saya, tokoh yang b
...more
Oky Septya
Dec 15, 2012 rated it it was ok
Shelves: romance-comedy
Review lengkap nan panjang di http://sinopsisuntukmu.blogspot.com/2...

Maria A. Sardjono sukses menggambarkan perkembangan psikologis Ratih dari yang awalnya perempuan nrimo hingga menjadi perempuan modern matang yang tidak melupakan akarnya sebagai perempuan Jawa. Bayangkanlah perempuan ayu dengan penampilan anggun modern, cerdas dan luas wawasannya namun bijaksana dan memegang erat nilai-nilai Jawa. Perfect banget deh~

Sayangnya Ratih digambarkan sebagai perempuan yang setianya setengah mati dan
...more
Natha
Jul 16, 2012 rated it it was ok
Shelves: drama, romance
Tidak bisa dibilang suka, tapi tidak bisa dibilang tidak suka.

Mendapat referensi karya dari penulis ini untuk dibaca, akhirnya memutuskan membaca salah satu bukunya yang baru terbit bulan ini. Alih-alih suka, aku justru merasa gamang. Mungkin karena tokoh-tokohnya yang cenderung berbudaya yang halus dan kemayu, jadi rasanya membosankan. Kisahnya memang mudah ketebak, tapi itu tidak menjadi masalah yang bikin ceritanya tak berkesan.
Bisa dibilang aku suka dengan klimaksnya, karena si tokoh utama
...more
Togar  Silaban
Jan 13, 2013 added it
Shelves: novel
Buku ini terasa sekali menggurui. Tokoh-tokoh utamanya semua menggurui secara berlebihan, jadinya terasa hambar. Dialog yang dituliskan menjadi kering. Ratih menggurui, Dody menggurui, Bu Marta menggurui.

Setting ceritanya kurang lengkap, terkesan asal-asalan. Ini memang novel, jadi terserah pengarangnya, mau seperti apa settingnya. Tapi perlu agak realistislah sedikit.

Faktor kebetulan dan tidak masuk akalnya juga agak berlebihan. Remaja desa kalau baca novel ini akan berbondong-bondong ke Jakar
...more
Yessy Christy
Aug 25, 2013 rated it did not like it
Sebenarnya inti ceritanya bagus, ada selipan hal-hal positif dan juga pengetahuan umum..
Tapi, agak sedikit berlebihan, bertele-tele, mengguruinya juga terlalu kentara hehehe
Mana tulisannya juga kecil-kecil, jadinya perlu waktu sedikit lama.
Udah gitu, endingnya begitu.. Uggggh~ bikin pengen teriak sendiri -> udah bela-belain baca ampe abis, eeeeh endingnya cuman begitu. Huhu

Padahal sebenarnya bisa lebih bagus novel ini... Kalau lebih dieksplor lagi huhu
Tiara D. A. Purnomo
Jul 26, 2013 rated it liked it
Setelah semua kepahitan yang dialami Ratih, aku berharap dia bakal dapet akhir yang bahagia..
Well, bagiku, endingnya sama sekali nggak bahagia. Soalnya nggak sebanding dengan penderitaan Ratih. 2,5 bintang buat buku ini. Aku bulatin jadi 3. Nilai plus buat covernya.
Anissa
Feb 11, 2015 rated it did not like it
saya fikir seting dr novel ini tahun 80-an, jika dilihat dr gaya bahasa, jalan cerita, dll.. tp ternyata jaman sekarang.. terlalu aneh jalan ceritanya untuk tahun sekarang, dimana ada sosmed dimana2, hp sdh jd barang biasa (untuk apa pasang telepon rumah jika sdh ada hp yg mudah didapat), dll..
Melinda
Oct 17, 2012 rated it liked it
Ratih adalah wanita yang tangguh, kuat dalam segala hal hidup termasuk cinta.
Namun akhirnya cinta sejati menghianatinya tp keputusan yg dibuat ratih adalah yang tepat :)
Feby Sutiadji
Oct 20, 2012 rated it did not like it
datar. Mustinya lebih diceritain lagi gimana penyesalan si laki2, seharusnya lebih ngebahas kelebihan tokoh utama dibanding tokoh wanita lainnya.
Nia
Jan 14, 2014 added it
belum beli bukunya
Irmadela Cahayani
rated it liked it
Dec 09, 2012
Patricia Sandjaja
rated it liked it
Nov 19, 2013
Tityn
rated it did not like it
Nov 13, 2014
Yona Margharet
rated it it was ok
Jul 21, 2012
ABE
rated it really liked it
Sep 21, 2016
Bondan Stanislaus
rated it really liked it
Nov 25, 2012
Wisik
rated it really liked it
Feb 16, 2016
Lusi
rated it it was ok
Nov 11, 2013
Dyah Subagyo
rated it it was ok
Sep 11, 2012
Tya Kila
rated it really liked it
Nov 10, 2014
Estrella
rated it liked it
Sep 15, 2012
Yulia Anggraini
rated it it was ok
Feb 04, 2016
Devita Natalia
rated it liked it
Dec 30, 2013
Riensoe
rated it liked it
Jun 02, 2016
Herly
rated it liked it
Jan 15, 2014
Rini Astuti
rated it really liked it
Nov 20, 2017
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Winter Dreams
  • Teka-Teki Terakhir
  • Making the Surgeon Smile (NYC Angels, #7)
  • What If
  • Blackjack
  • Sebelum Cahaya
  • After the Wedding
  • No One Needs to Know (Made in Montana, #5)
  • How to Be A Writer
  • Christmas Cowboy - Natal Sang Koboi (Long, Tall Texans #14.5)
  • Catatan Ichiyo: Perempuan Miskin di Lembar Uang Jepang
  • Spy Candy (Spy Camp, #1)
  • Marriage at His Convenience [Cinta Terpendam]
  • tokoh-tokoh yang melawan kita dalam satu cerita
  • Un Soir du Paris
  • Sand Castle (Magical Seira, 2.5)
  • Coba Tunjuk Satu Bintang
  • I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar
97 followers
Maria A. Sardjono sudah menulis sejak remaja tetapi baru dipublikasikan mulai tahun 1974. Hingga kini karyanya berjumlah 80 buku, sebagian dimuat sebagai cerita bersambung terlebih dulu, 150 cerpen, belasan cerita anak-anak, beberapa naskah sandiwara radio, satu buku ilmiah, dan puluhan artikel tentang berbagai macam topik. Ia adalah sarjana Filsafat Sosial Budaya dan master di bidang Filsafat Hum ...more

Romance Deals

  • The Wedding Shroud (Tales of Ancient Rome, #1)
    $3.99 $1.99
  • Release Me (Stark Trilogy, #1)
    $2.99 $0.99
  • Better Off Without Him
    $3.99 $1.99
  • Veronica's Dragon (Icehome, #2)
    $3.99 $1.99
  • No Prince Charming (Secrets of Stone Series Book 1)
    $6.99 $2.99
  • A Loyal Heart (An Uncertain Choice, #4)
    $3.99 $1.99
  • Surrender (Steel Brothers Saga, #6)
    $7.99 $2.49
  • Forged in Smoke (Red-Hot SEALs, #3)
    $4.99 $1.99
  • Hunted (The Warrior Chronicles, #2)
    $4.99 $2.49
  • A Husband's Regret (Unwanted, #2)
    $4.99 $1.99
  • Be My Reason
    $3.99 $1.99
  • The Jewel (The Lone City, #1)
    $7.99 $1.99
  • Cuffed (Honor Bound Book 2)
    $6.99 $2.99
  • His Unlikely Lover (Unwanted, #3)
    $4.99 $1.99
  • Love Me Sweet (Bell Harbor, #3)
    $4.99 $1.99
  • Forged in Ember (Red-Hot SEALs, #4)
    $4.99 $1.99
  • Taking Catie (Temptation Saga #3)
    $5.99 $2.49
  • Desire After Dark (Gansett Island, #14)
    $4.99 $2.49
  • The Scotch King (Scotch #1)
    $6.99 $2.99
  • This Love of Mine (Mirror Lake, #2)
    $4.99 $1.99
  • Your Scandalous Ways (Fallen Women, #1)
    $6.99 $1.99
  • The End of Feeling
    $4.49 $1.99
  • Seaside Hearts (Love in Bloom: Seaside Summers #2)
    $4.99 $1.99
  • Forgotten Secrets (Singing River Legacy, #1)
    $4.99 $1.99
  • The Knight (Endgame, #2)
    $4.99 $1.99
  • Storm Warrior (Grim, #1)
    $3.99 $1.99
  • Bayside Passions (Bayside Summers, #2)
    $4.99 $1.99
  • Misadventures with a Rookie (Misadventures, #11)
    $5.99 $1.99
  • Finding Libbie: A Novel
    $3.99 $1.99
  • Love at Last (Love in Bloom: The Bradens at Peaceful Harbor, #6.5)
    $2.99 $1.49
  • Nitro's Torment (Sydney Storm MC #2)
    $3.99 $1.99
  • A Strange Hymn (The Bargainer #2)
    $3.99 $1.49
  • Only You
    $4.99 $2.49
  • Lily and the Duke (Sex and the Season #1)
    $5.99 $2.49
  • A Girl's Best Friend
    $9.99 $1.99
  • My Once and Future Duke (The Wagers of Sin, #1)
    $5.99 $1.99
  • Surrender/Submission Bound Hearts 1 & 2
    $2.99 $1.49
  • Burn (Steel Brothers Saga, #5)
    $7.99 $3.49
  • Mistress of Magic
    $6.99 $1.99
  • The Duchess Deal (Girl Meets Duke, #1)
    $4.99 $1.99
  • INK: A Love Story on 7th and Main
    $4.99 $2.49
  • Misadventures of a City Girl (Misadventures, #2)
    $5.99 $1.99
  • A Ruthless Proposition
    $4.99 $1.99
  • Hometown Girl
    $3.99 $1.99
  • Mind (Trinity Trilogy #2)
    $6.99 $2.49
  • Rhapsodic (The Bargainer, #1)
    $2.99 $1.49
  • Surrender My Love: Cole Braden (Love in Bloom: The Bradens at Peaceful Harbor Book 2)
    $4.99 $1.99
  • The Decaying Empire (The Vanishing Girl, #2)
    $4.99 $1.99
  • The Fixer Upper
    $9.99 $1.99
  • Room for More (Cranberry Inn Book 2)
    $4.99 $1.99
  • Neanderthal Seeks Human (Knitting in the City, #1)
    $4.99 $2.49
  • Forever Hunted (Forever Bluegrass #9)
    $4.99 $2.49
  • The Cafe by the Sea
    $9.99 $1.99
  • My Brother Michael
    $3.99 $1.99
  • Elect (Eagle Elite, #2)
    $2.99 $0.99
  • Just Friends
    $7.80 $2.99
  • To Taste Temptation (Legend of the Four Soldiers, #1)
    $6.99 $1.99
  • Dodging Temptation
    $2.99 $0.99
  • Find Me (Corrupted Hearts #3)
    $4.99 $1.99
  • Hunger (The Energy Vampires #2)
    $5.99 $1.99
  • Healed By Love (The Bradens at Peaceful Harbor #1; The Bradens #13; Love in Bloom #32)
    $4.99 $1.99
  • Bittersweet
    $3.99 $1.99
  • The Light In Summer
    $5.99 $1.99
  • For Love and Honor (An Uncertain Choice, #3)
    $7.99 $1.99
  • Collision Point (Brute Force, #1)
    $7.99 $2.99
  • Heirs of Grace
    $3.99 $0.99
  • Storm Bound (Grim, #2)
    $3.99 $1.99
  • The Valiant (Spy Girl Book 4)
    $6.99 $2.99
  • Wrecked
    $3.99 $0.99
  • The Sapphire Heist (Jewel, #2)
    $3.99 $1.99
  • The Other Side of the Story
    $10.99 $1.99
  • Out of Focus (Adams Grove, #2)
    $4.99 $1.99
  • Eighth Grave After Dark (Charley Davidson, #8)
    $8.99 $2.99
  • What If
    $3.99 $1.99
  • Impossible Saints
    $22.73 $1.99
  • Hudson (Fixed, #4)
    $6.99 $2.99
  • Only a Millionaire (The Sinclairs #6.5)
    $2.99 $0.99
  • Elite (Eagle Elite, #1)
    $4.99 $1.99
  • Kulti
    $3.99 $1.49
  • The Soul Summoner  (The Soul Summoner, #1)
    $3.99 $1.99
  • April / May / June (Calendar Girl #4-6)
    $8.99 $3.99
  • Lumière (The Illumination Paradox, #1)
    $3.99 $1.99
  • Valorous (Quantum, #2)
    $3.99 $1.99
  • Tempting Dusty (Temptation Saga, #1)
    $5.99 $2.49
  • When Never Comes
    $5.99 $2.99
  • Misadventures with the Boss (Misadventures, #12)
    $5.99 $1.99
  • The End of the Affair
    $17.99 $1.99
  • Baby Daddy
    $3.99 $1.99
  • Twice Bitten (Argeneau #27)
    $6.99 $2.99
  • Misadventures of a Good Wife (Misadventures, #6)
    $5.99 $1.99
  • Calendar Girl: Volume Three
    $8.99 $3.99
  • Love and Other Unknown Variables
    $7.99 $0.99
  • Storm Warned (Grim, #3)
    $3.99 $1.99
  • The Real Thing (Sugar Lake, #1)
    $4.99 $1.99
  • The Bronze Horseman (The Bronze Horseman, #1)
    $7.99 $1.99
  • A Messy, Beautiful Life
    $3.99 $0.99
  • Pestilence (The Four Horsemen, #1)
    $2.99 $1.49
  • Twisted Up (Taking Chances, #1)
    $3.99 $1.99
  • Journey's End (Gilded Promises)
    $3.99 $1.99
  • Forged In Ash (Red-Hot SEALs, #2)
    $4.99 $1.99
  • Light After Dark (Gansett Island, #15)
    $4.99 $2.49
  • Fangs and Fennel (The Venom Trilogy, #2)
    $4.99 $1.99
  • Pecan Pie and Deadly Lies (Adams Grove, #4)
    $4.99 $0.99
  • How To Marry A Werewolf (Claw & Courtship, #1)
    $3.99 $1.99