Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Epigram” as Want to Read:
Epigram
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Epigram

by
3.5  ·  Rating details ·  120 Ratings  ·  26 Reviews
1989
Demonstrasi di kampus mereka di Bandung menyeret Kris dan Nara ke dalam nasib yang tidak pernah mereka bayangkan: dipecat rektor, diculik aparat, dipenjara lalu dibebaskan, tapi untuk dibuang ke negeri lain: Kris ke Jerman, Nara ke Amerika Serikat.

2003
Dibuang ke bagian lain dunia membuat Nara harus menerima kenyataan yang membalikkan nasib dan idealismenya. Sementara K
...more
Paperback, 384 pages
Published May 2006 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Epigram, please sign up.

Be the first to ask a question about Epigram

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Bunga Mawar
May 17, 2009 rated it liked it
Tahun 1989, Universitas Tralala Trilili yang berlokasi di Bandung kedatangan tamu seorang purnawirawan jenderal TNI AD yang menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan RI. Sebagian mahasiswa bersiap menolak kehadiran Pak Menteri dengan orasi dan happening art. Eeeh... demo itu berakhir rusuh dan aparat keamanan masuk ke dalam kampus, menciduk beberapa mahasiswa yang dianggap penggerak massa dalam membenci pemerintah. Dua di antara para terciduk itu adalah Kristunov, mahasiswa Geologi yang sudah ...more
Endah
Oct 12, 2008 rated it liked it
Jamal tergolong novelis produktif. Hanya dalam kurun waktu 3 tahun sejak novel pertamanya, Louisiana Louisiana (2003) diluncurkan, ia telah menghasilkan 3 buah novel berikutnya : Rakkaustarina, Fetussaga, dan yang paling anyar, Epigram (2006)

Dari covernya, saya menduga Epigram adalah novel yang bercerita seputar kehidupan di rig (anjungan minyak lepas pantai). Dugaan saya tak terlalu meleset, meski juga tak sepenuhnya tepat.

Epigram terdiri dari dua bagian kisah, masing-masing ber-setting tahun 1
...more
htanzil
Apr 30, 2009 rated it liked it
Jamal penulis yang berbahaya!

M. Fadjroel Rachman, Kolumnis, presenter TV, mantan aktivis.



Endorsment dari Fadjroel Rachman di sampul novel ini pasti akan membuat calon pembaca novel ini penasaran. Seberapa berbahayakah kandungan novel Epigram ini sehingga Jamal dijuluki penulis yang berbahaya ?

Dari ketiga novel sebelumnya (Louisiana-Luoisiana, 2003, Rakaustarina ,2004, Fetussaga,2005) tak terlihat indikasi bahwa Jamal adalah penulis yang berbahaya. Louisiana-Louisiana dan Rakkaustarina berbicara
...more
Helvry Sinaga
Apr 30, 2009 rated it it was ok
"Jamal Penulis yang berbahaya!"
~M. Fadjroel Rachman~

"Suatu Novel yang ambisius"
~Dr Mikhiro Moriyama. Professor of Indonesian Studies, Nanzan University, Nagoya~

Mahasiswa dan demonstrasi, sepertinya suatu keadaan yang otomatis. Kita tidak tahu apakah demonstrasi yang sering terjadi sekarang ini banyak diisi oleh mahasiswa-yang waras- tentunya.

Mengambil penokohan di dunia akademis, novel epigram menjadi lambang mahasiswa yang berjuang dengan jalur demonstrasi. Mereka sangat anti dengan kebijakan p
...more
Indah
Sep 19, 2007 rated it liked it
Editor : Indah S. Pratidina
Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Jakarta, Mei 2006
384 hlm.; 20 cm.

Masih ingat peristiwa demonstrasi yang dilakukan sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Bandung, yang berbuntut penangkapan tokoh mahasiswa yang dianggap memotori aksi tersebut ? Novel Epigram karya Jamal, menjadikan peristiwa tersebut sebagai latar belakang kisah dari novel keempatnya itu.

Alkisah tersebutlah Kristunov, seorang pria Indonesia asal Lembang, Bandung, yang me
...more
Ferina
Jul 12, 2007 rated it it was ok
Shelves: fiction
Cerita ini sendiri seperti kilas balik tentang kehidupan seorang bernama Kris, yang menjadi bekerja di lepas pantai Norwegia, di sebuah rig raksasa tempat pengeboran minyak dan gas Troll West milik Norsk Hydro. Email dari sahabatnya, Adun, membuat Kris seolah memutar kembali kenangan kehidupannya di masa lalu, ke tahun 1989.. awal dari perubahan kehidupan Kris. Kris adalah mahasiswa Geologi di UTT yang tinggal menunggu untuk wisuda kesarjanaannya, ‘dibuang’ karena dianggap terlibat demo ketika s ...more
Abduraafi Andrian
May 11, 2013 rated it liked it
Shelves: 2012, indonesia
Nah! Kalo novel ini aku temukan di rak buku abang sepupuku. Dari banyak CD dan kaset player band luar negeri, aku malah menemukan ini! Tak apa, aku memang suka buku.

Awalnya aku kira ini tentang cerita tempat pengeboran minyak di laut lepas dan sangkut-paut tentang itu. Tetapi tidak! Kisah ini diawali dengan kekejian Pemerintah di masa orde baru kepada rakyatnya sendiri. Para mahasiswa mencoba menyadarkan mereka dan membuat negara ini menjadi tidak menjadi sehina saat itu.

Dipenuhi rasa dendam yan
...more
Pera
Jul 16, 2007 rated it liked it
Recommends it for: aktivis mahasiswa, arsitek
Shelves: novel, sosial, indonesia
Kristunov=krisis tujuh november.itu adalah asal nama tokoh utama cerita ini.protes pada pemerintahan dengan tambahan humor ringan menjadi daya tarik novel ini. dan salah satunya dilekatkan dalam nama tokoh utama yang lebih pas untuk nama orang rusia.

aku tertarik pada buku ini karena 2 hal yang dekat dengan ku. Pertama tentang kehidupan aktivis, kedua, penulisnya adalah orang desain interior yang suka menulis.
Menceritakan keterseretan Kris yang mantan aktivis dalam sebuah demonstrasi yang melempa
...more
Rahman seblat
Jul 19, 2010 rated it liked it
berlatar pergulatan para aktifis mahasiswa tahun 80-an, dengan bumbu cinta yg masih terasa sangat normatif. alur ceritanya enak sih. terbukti saya tak berhenti membacanya sampai tengah buku. baru setelah kisah masuk ke cerita sang tokoh bertualang di eropa/ perusahaan pengeoran, saya mulai jenuh membacanya.
Andita Nisa
Oct 12, 2016 marked it as to-read
....
Ipang
Oct 17, 2007 rated it it was amazing
Shelves: novel
Salah satu novel terbaik yang pernah gua baca....
Ngebaca ini gua jadi bisa ngebayangin bagaimana sunyi dan dinginnya rig itu......
Weirdaft
Dec 17, 2011 rated it really liked it
Kristunov dan Nara adalah mahasiswa dan juga aktivis demonstran pada tahun 1990-an. Ketika kehadiran seorang menteri yang juga mantan Jenderal ke kampus mereka disambut dengan demonstrasi, saat itulah garis nasib mereka ditentukan. Sang pembesar yang tak senang kehadirannya ditolak, kemudian menggunakan cara-cara militer untuk menculik pelaku dan pentolan demonstrasi. Kris dan Nara akhirnya tertangkap dan dipenjarakan di penjara militer. Setelah siksaan demi siksaan diterima, akhirnya berkat cam ...more
Enira
Oct 22, 2007 rated it it was ok
Shelves: indonesian
aku tertarik sama buku ini karena 'menawarkan' cerita yg berbeda..di tengah banjirnya chicklit,yang menuh2in rak toko buku,epigram dengan cerita berlatar pergerakan mahasiswa terasa menarik.
saya suka bagian ketika kris dkk, masih jadi mahasiswa di UTT,pergolakan pemikiran dan idealisme mereka,menarik buat dibaca..sayangnya di bagian berikutnya,ceritanya jadi agak basi..penyelesaian2 masalah terasa dimudahkan,karakter2nya seolah jadi superhero,terlalu perfect,rasanya saya kehilangan kontak dan em
...more
Annisa Icha
Mar 10, 2014 rated it it was amazing
Ya-ya-ya bintang sempurna. Dan aku jarang sekali kasih bintang ini kesiapapun. Sama kaya aku kasih 1 bintang untuk beberapa tulisan. Aku melihat kang jamal menelisik jelas tentang apa-apa yang ia tulis. Mencoba menciptakan suasana perdetil di tiap katannya. Aku sudah baca novel ini 5 kali atau lebih. Awalnya kurang menarik tapi ketika sudah dibaca, bersiaplah untuk merasakan seperti apa menjadi 'terbuang'. Aku suka seekali endingnya, itu ga biasa. Bang Jamal mencoba menarik ending yang realistis ...more
Nenangs
Aug 09, 2008 rated it liked it
Ini buku sebenernya asik. Baik saat cerita tentang masa kuliah Kristunov (aktivis demo 1989), maupun saat dia ditangkap & dipenjara, dibebaskan teman-temannya, lalu kisahnya saat melanjutkan kuliah & lulus S2 di luar negeri dengan rekomendasi "dewa gila", dosennya di jurusan geologi, sampai kerja di pengeboran lepas pantai laut utara.

Cara bercerita kang Jamal, sang pengarang, juga semakin baik, dibandingkan Louisiana & Rakkaustrarina, lebih runtut dan teratur.

Sayang, ada cerita tenta
...more
Kresna Dwipayana
Jan 08, 2016 rated it liked it
Shelves: favorites
Novel ini saya baca ketika masih duduk di bangku SMA. Sebuah kisah yang kompleks, tentang catatan kehidupan mahasiswa. Perjuangan yang menyulitkan, ditangkap dan diasingkan. Kebencian tumbuh, namun cinta jua yang membawa batin rindu kampung halaman.
Nia
Dec 29, 2009 marked it as to-read
Shelves: hasil-bbm
Hasil BBM di Citywalk.
Siska Yuniar
I love kristunov very much. Kini saya tau bagaimana perasaan kekasih saya saat idealismenya tdk diindahkan pihak universitas.
Miftah Faridh
Oct 02, 2009 rated it it was amazing
Menurut gw ceritanya seru dan tidak terburu-buru. Sayang endingnya ga seindah yg gw kira tapi overall sangat bagus
Alya N
Jun 16, 2014 rated it really liked it
Suka filosofi di balik nama Kristunov. Ceritanya agak membosankan dan terasa lambat di tengah, tapi semakin mendekati halaman akhir, temponya semakin cepat.
Indarpati Indarpati
Dec 16, 2009 rated it it was ok
Sebenarnya mau aku kasih bintang 1, tapi tak tega. Hehe... Secara novel ini membosankan, penuh dengan ceramah idealisme n berputar-putar.
Inmas santi
Nov 13, 2007 rated it liked it
menyentuh...sendu...dan akhir nya...kasihan deh looo
Hanny Retno
Feb 10, 2008 rated it really liked it
Shelves: fiction
exciting book to read
Aji
Dec 29, 2009 rated it it was amazing
Cerita tentang mantan demonstran yang harus menjalani hidup dalam 'pembuangan' setelah dibebaskan dari penjara oleh sahabat-sahabatnya.
Billy
rated it it was amazing
Feb 06, 2012
Joseph Mary
rated it really liked it
Sep 14, 2014
Mutiah
rated it liked it
Feb 07, 2009
.:FLOE:. Floe
rated it really liked it
Dec 15, 2008
Azia
rated it really liked it
Jan 20, 2008
Kistiana
rated it really liked it
Aug 10, 2011
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »