Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ketika Cinta Bertasbih” as Want to Read:
Ketika Cinta Bertasbih
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Ketika Cinta Bertasbih

3.69  ·  Rating details ·  6,269 Ratings  ·  481 Reviews
Entah kenapa tiba-tiba ia merasa berdosa. Ia merasa berdosa dan jijik pada dirinya sendiri yang begitu rapuh, mudah terperdaya oleh tampilan luar yang menipu. Ia jijik pada dirinya sendiri yang ia rasa terlalu cair pada lawan jenis yang belum halal baginya. Ia hairan sendiri kenapa jati dirinya seolah pudar saat berhadapan atau berdekatan dengan Eliana. Apakah telah sedemi ...more
Paperback, 477 pages
Published 2007 by Republika
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ketika Cinta Bertasbih, please sign up.

Be the first to ask a question about Ketika Cinta Bertasbih

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Iyank
Oct 08, 2007 rated it really liked it
Shelves: borrow
"...Mencintai makhluk itu sangat berpeluang menemui kehilangan. Kebersamaan dengan makhluk juga berpeluang mengalami perpisahan. Hanya cinta kepada Allah yang tidak. Jika kau mencintai seseorang ada dua kemungkinan diterima dan ditolak. Jika ditolak pasti sakit rasanya. Namun jika kau mencintai Allah pasti diterima. Jika kau mencintai Allah, engkau tidak akan pernah merasa kehilangan. Tak akan ada yang merebut Allah yang kaucintai itu dari hatimu. Tak akan ada yang merampas Allah. Jika kau berme ...more
Nicegreen
Feb 15, 2008 rated it it was amazing
Membaca Novel ini membuat kita seolah-olah berada di Negeri 1000 Menara, Negerinya Para Nabi, Negeri Mesir. Novel ini menceritakan perjuangan para mahasiswa/mahasiswi Indonesia dalam menuntut ilmu. Ada yang benar-benar menuntut ilmu karna memang berasal dari keluarga berada. Tapi ada juga yang harus banting tulang berjualan tempe dan bakso agar dapat menghidupi keluarganya di Indonesia. Sehingga harus menunda kelulusan kuliah S1-nya selama 9 tahun hanya agar tetap dapat mencari uang untuk membia ...more
Gobokairina
Aug 25, 2010 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Shelves: favorites, koleksi-ga
Membaca novel ni, nak tak nak tetap akan membandingkan dengan AAC. Barangkali pengharapan yang terlalu tinggi akan menyebabkan ramai yang berkata ia tak sehebat AAC. Benarkah?

Secara jujurnya aku lebih senang dengan KCB. Mungkin aku tak pernah berjumpa lelaki yang sesempurna Fahri (AAC), jadi kehadiran Azzam dalam novel ini membuatkan aku rasa wataknya lebih dekat di hati.

Khairul Azzam – Lelaki yang biasa-biasa saja. Berpendidikan agama tetapi tetap ada khilafnya. Dia tak kaya, tidak miskin cuku
...more
Momot
Apr 22, 2008 rated it did not like it
Kenapa gw gak suka ayat-ayat cinta tap masih baca ini?
Karena tugas itu jawabannya, boss gw yang lagi mau invest d film minta gw untuk baca buku ini.
Masih dengan cara menulis Kang Abik yang runut dan detil, yang kadang-kadang nggak perlu sebenarnya.
Masih dengan cara pemunculan konflik melalui masalah yang dibuat terlalu rumit (mahasiswa Indonesia kaya, kamarnya diselundupi oleh PSK sekaligus anggota mossad yang cukup bodoh untuk memperlihatkan wajah aslinya, yang membuat foto-foto tidak senonoh d
...more
Maya Sari
Jul 08, 2007 rated it really liked it
Recommends it for: everyone
Shelves: islamic-fiction
Sastra yang baik dan indah akan lahir dari seseorang yang juga berkepribadian baik, insya Allah. Itulah benang merah yang saya ambil dari beberapa karya-karya Kang Abik. Lewat tulisannya, Kang Abik memaparkan bagaimana menjadi seorang muslim di abad 21 ini. Tak harus menjadi orang-orang terasing yang menghindari keramaian. Namun, bagaimana kita tetap mengamalkan Al-Qur'an dan sunnah di setiap ritme hidup kita. satu poin lain yang juga menarik dari tulisan2 beliau adalah tentang jodoh:) Jangan pe ...more
Praptining
Mar 23, 2008 rated it really liked it
Allah selalu tepat,tidak pernah terlambat maupun terlalu cepat
Helga Soenimanggar
Aug 07, 2007 rated it really liked it
can't wait to read next chapter and what happen with everybody especially who get HIV,,, and what he will do,, ah,, his anme is Furqon,,a good religi novel even i am not a muslim but i like this book
Black Panther
Abdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.

Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Mar
Dec 14, 2008 rated it really liked it
Judul : Ketika Cinta Bertasbih I
Pengarang : Habiburrahman el Shirazy
Penerbit : Republika
Jumlah halaman : 471
Cetakan : I, Februari 2007

Bertasbih di Dunia Cinta

Untuk yang kesekian kalinya, penulis produktif Habiburrahman el Shirazy meluncurkan novel terbarunya "Kecinta Cinta Bertasbih". Tidak berbeda dengan novel terdahulunya "Ayat-Ayat Cinta", novel ini mengambil setting Alexandria dan Kairo di Mesir. Berkisah tentang perjalanan pemuda 28 tahun bernama Khoirul Azzam yang menuntut ilmu S1 di unive
...more
Yazlina Saduri
Feb 25, 2017 rated it really liked it
Kisah Azzam mahasiswa Al Azhar yang terpaksa memanjangkan tempoh pengajiannya untuk bekerja menyara keluarga setelah kematian ayahnya. Eliana Dubes, "kilauan matahari di musim bunga", anak Pak Duta Indonesia di Cairo menghimpitnya dengan kejelitaan, kelincahan & keegoan tahap tinggi. Azzam pula siapa? "Biarlah masyarakat Indonesia di Cairo tahunya saya adalah mahasiswa Al-Azhar yang tidak lulus-lulus kerana lebih suka bisnes tempe, bakso dan catering". Bagaimana Azzam menangani Eliana yang b ...more
Shiennta Naisna
Apr 20, 2011 is currently reading it
kisah seorang anak manusia bernama abdullah khaerul azzam, lulusan al azhar,mesir.belajar sambil bekerja selama 9 tahun di al azhar,membuat usianya sudah cukup untuk berkeluarga. apalagi ibunya,ingin segera memiliki cucu. tawaran calon istri datang silih berganti sambil menekuni usahanya di tanah air, penjual bakso. tak disangka,seorang gadis cantik bernama anna althafunnisa, yang pernah ditolongnya ketika di mesir dulu adalah putri kyai luthfi,pengasuh pondok pesantren darul quran,sekaligus tem ...more
Afifah
Dec 03, 2007 rated it it was ok
Novel ini seting dan gaya penggambaran karakter tokohnya masih sangat mirip dengan karakter di novel terdahulunya "Ayat-Ayat Cinta" yaitu karakter-karakter yang sangat ideal. walaupun di novel ini sang tokoh utama sedikit berlawanan yaitu mahasiwa Alazhar yang sudah lama tidak lulus S1 karena harus berwirausaha berjualan Tempe dan Bakso di cairo ( bingung juga sih ko bisa)
namun seperti novel khas nya kang abik di ayat-ayat cinta, yang paling saya sukai adalah perang batin para karakter ketika d
...more
Imas
Oct 12, 2009 rated it really liked it
Satu lagi buku yang buru-buru dibaca karena telah difilmkan dan segera akan ditayangkan. Buku yang menarik, membacanya tidak pake berhenti karena penasaran akhirnya seperti apa. Berlatarbelakang cinta dengan lokasi di Mesir dan tetap bagus seperti novel Ayat-ayat cinta. Sempat berfikir lumayan rumit juga masalah perjodohan ini ya.


Mariana Buanita
Sep 20, 2009 rated it really liked it
For the first boo. Its a really good story until the 2nd book i read. Its not as good as i hope. ridiculous just tell the story about Azzam, and in the end of story telling how selfish Anna. she just left his husband. "cerai gk mau pokoknya cerai!" Salah siapa yang mau nikahin, nikahnya aja mau mau kagak kagak.
Didit
Apr 27, 2008 rated it it was amazing
Lebih dahsyat dari Ayat-Ayat Cinta
Agus
Jun 16, 2010 rated it really liked it
Bagus, menginspirasi, dan romastis...
Tiwik
Jan 06, 2008 rated it it was amazing
Shelves: fiction
Eliana gusar bukan main. Dirinya yang tidak pernah ditolak, yang selalu dinantikan kehadirannya, seorang anak diplomat yang disegani serta wanita yang cerdas merasa dipecundangi dan diremehkan oleh Azzam dengan menyatakan hadiah yang tidak diberikannya kepada setiap orang itu adalah musibah.

Azzam, mahasiswa Al Azhar yang lebih dikenal sebagai penjual tempe, bakso dan jasa katering, yang harus menanggung nafkah keluarganya yang tinggal ibu dan ketiga adik perempuannya di Indonesia pasca meninggal
...more
Andina
May 24, 2018 rated it it was ok
I had a higher expectation and got disappointed.
Pada dasarnya saya suka dengan jalur ceritanya dan pesannya. Tapi di tengah - tengah dan akhirnya terlalu banyak cerita. Setiap karakter tiba-tiba jadi punya cerita utama.. Akhirnya menurut saya jadi kurang fokus. Yang paling aneh dan buat saya jadi sangat merusak buku ini adalah cerita ketika seorang karakternya dijahati oleh seorang agen Mossad..??? Agak terlalu berlebihan sih fantasinya.. Jadinya malah gak nyambung..
Muhammad Haekal
Sep 02, 2017 rated it really liked it
Shelves: spritual
BISMILLAH

Langsung saja pada intinya , novel ini merupakan salah satu karya sastra yang cukup bagus.
Menceritakan sosok seorang Azzam yg begitu menginspirasi sikap dan mentalnya yg kuat berhasil membuat pembaca masuk kedalam crita.
Wan Hamidi
Jan 18, 2018 rated it it was amazing
a very good islamic novel written by islamic scholar partly from his own experience. the writer also produced a big hit movie based on this novel
Vieta Madchen grobzugig
May 12, 2013 rated it it was amazing
Novel ini menceritakan tiga sosok anak muda yang sedang menuntut ilmu disebuah perguruan Tinggi, Yaitu Universitas Al-Azhar Di Cairo, yang didalam perjalanan menuntut ilmu itu mereka banyak menghadapi konflik, khususnya didalam mencari jodoh, mereka adalah : Anna Altafunnisa, Khairul Azzam, dan Furqan Andi Hasan, serta banyak peran pendukungnya lainnya.
Anna Altafunnisa adalah anak dari seorang kiai ternama disebuah pesantren termahsyur di Desa Wangen yakni, Kiai Lutfi. Ia tumbuh dan besar dengan
...more
Derina Ellya
Abdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.



Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Likha
Apr 06, 2011 rated it it was amazing
Abdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.

Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Ulil Ulya

Abdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.

Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Zidane
Apr 04, 2011 added it
bdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.

Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Eva
May 21, 2012 is currently reading it
Judul : Ketika Cinta Bertasbih 1
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika-Basmalah
Tahun terbitan : 2007
Dimensi : 20,5 cm x 13,5 cm
Tebal : 477 halaman
Ketika Cinta Bertasbih
Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Al Azhar, Cairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan
...more
Naili Khariratul
Oct 09, 2013 rated it really liked it
Judul Novel : ketika Cinta Bertasbih
Pegarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Replubika-Basmalah
No ISBN :97-89-793-6004-022
Tahun Terbit : 2007

Novel karangan Habiburrahman El Shirazy ini mengisahkan seorang mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Al-Ahzar, Kairo. Pendiriannya sangat teguh, apalagi masalah agama Islam. Ketika ayahnya meninggal, Azzam menjadi tulang punggung bagi keluarganya Karena ia merupakan anak tertua dikeluarganya di Solo. Akhirnya Azzam pun bekerja sebag
...more
Dewii Harianiie
Apr 06, 2011 rated it really liked it
"KETIKA CINTA BERTASBIH"

Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Al Azhar, Cairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya meninggal, sebagai anak tertua dalam keluarganya, dialah yang menanggung kehidupan keluarganya di Solo. Oleh karena itu, selain sebagai mahasi
...more
Wijayanto
Dec 17, 2008 rated it really liked it
Novel dengan nafas Islami karya Habiburrahman El Shirazy ini benar-benar membuatku terhipnotis sejak kemarin. Entah kenapa, seorang yang sebenarnya sangat sangat sangat malas membaca ini tiba-tiba bisa mengkhatamkan buku setebal 470 sekian halaman (termasuk prolognya) dalam 2 hari. Novel dwilogi yang ditulis sejak 20 Juli 2005 dan baru selesai 22 September 2006 ini membawa kita kepada kehidupan para mahasiswa yang belajar di Mesir. Tidak heran karena penulisnya sendiri memiliki background pendid ...more
Rint'z
Apr 24, 2011 rated it liked it
Buku ini menceritakan tentang seorang pemuda pekerja keras, Azzam, yang selain melakukan study di universitas tertua Al Azhar, Cairo, ia juga bekerja sebagai penjual bakso dan tempe. Namun terkadang ia juga sering mendapatkan order makanan lain, sperti Nasi Timlo Solo dan Soto Palembang, dan makanan khas Indonesia lainnya.
Dalam buku ini diceritakan pula perjuangan Azzam menghidupi keluarganya yang berada di Indonesia, karena ayahnya meninggal setahun setelah ia berada di Cairo. HAl ini juga be
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
ketika cinta bertasbih 2 29 Dec 07, 2011 06:35PM  
  • Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
  • Negeri 5 Menara (Negeri 5 Menara, #1)
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Jaja & Din
  • Salju Sakinah
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Tautan Hati
  • Cinta di Ujung Sajadah
  • Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan
  • 1511H [KOMBAT]
  • Secangkir Teh Pengubat Letih
  • Menjadi Wanita Paling Bahagia
Kang Abik, demikian novelis ini biasa dipanggil, adalah sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dikenal sebagai dai, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai kental nilai Islaminya dan mendorong semangat para pembacanya.

Selama di Kairo, kang Abik banyak menul
...more
More about Habiburrahman El-Shirazy