Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Wanita” as Want to Read:
Wanita
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Wanita

by
4.16  ·  Rating details ·  286 ratings  ·  53 reviews
Theodora adalah pelacur muda di Konstantinopel. Dia sangat cerdas, pemberani, dan setia. Sifat-sifat itu membawanya dari lumpur jalanan Konstantinopel sampai ke puncak kemaharajaan. Kecerdasan dan ketegasannya selalu menyelamatkannya. Dia pernah dibuang dari Konstantinopel, lalu sekali lagi diusir sehingga terpaksa mengarungi keganasan Sahara. Meskipun demikian, perlahan ...more
Hardcover, 528 pages
Published 2005 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1953)
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Wanita, please sign up.

Be the first to ask a question about Wanita

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 4.16  · 
Rating details
 ·  286 ratings  ·  53 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Wanita
Tonkica
Aug 01, 2017 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Recommends it for: Sandra Bašić
Recommended to Tonkica by: Morana Mazor
4.5

Teodora RULES!

Isrekno, mrvu je preduga i prije svakog novog poglavlja opisano je što će se u njemu desiti. Osoba sam koja ne voli znati ni što se točno u knjizi dešava, a kamo li spojlanje prije svakog novog događanja! :-(
Istina da je Teodora postojala i da sigurno čitaoci znaju što se desilo u njezinom životu, ali sigurna sam da ne znaju točno baš kada će se što desiti, tako da je i njima spojlanje neminovno. :P

Svaka čast autoru što se uhvatio u koštac s tako jakom ženom i uspio prenijeti
...more
Morana Mazor
Mar 26, 2015 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Maestralno jedno djelo...! Isto kako me oduševila prije dosta godina, oduševila me i sada.. Priča o djevojci iz najnižih slojeva društva, koja se od kurtizane uspinje do bizantske carice, a sve prema istinitim događajima.. Još smo se jednom uvjerili da život zaista piše najbolje priče.. Uz zanimljivu radnju, životne likove, prekrasne opise tadašnjeg života (npr. "Današnje će doba teško razumjeti stav 6st. prema kurtizanama, ili pak stav samih kurtizana prema vlastitom bavljenju...Kurtizana je ...more
Debby Ariyani
Jul 07, 2009 rated it it was amazing
the writer really understand about woman's nature, ambition.. it's amazing that a male writer tells about the life of a hooker but the story is clean of vulgar sex scene.. not many male writer could do that *salute*
Lelyana
Oct 31, 2013 rated it it was amazing
Read a long time ago, 25 years ago or something...forgot to put it on GR..LOL!

Really a great book!

Recommended for all.
Tatjana Stoiljkovic
Per aspera ad astra
Rani Aulia
Jul 14, 2009 rated it really liked it
Shelves: history, novels
saya sangat suka penggambaran Theodora disini..

Theodora dari jalan hawa adalah kepuasan, kepuasan saat dia menghukum laki laki yang tidak tahu diri, kepuasan saat dia menekuk lutut laki laki yang menghambakan diri kepada kecantikan, kepuasaan saat dia memperdaya laki laki yang licik.

theodora adalah kecantikan serta kekejaman yang agung.

Nataša Marković
Teodorina priča sama po sebi ostavlja bez daha, ali je ovaj maestralni prevod učinio da se zaljubim u ovu knjigu već posle par stranica! Teme uopšte nisu lake, ali je sve ispričano sa takvom suptilnošću i lepotom reči, a opet ništa nije izostavljeno.
Ono što me je takođe privuklo je tačnost istorijskih događaja i fantastično izgrađeni likovi... uživanje za svakog ljubitelja istorije. Topla preporuka za čitanje.
Toto
Aug 22, 2018 rated it it was amazing
Good
Depoy
Jan 02, 2008 rated it liked it
Buku ini mengisahkan seorang wanita cerdas dan rupawan bernama Theodora yang dibesarkan di jalan hawa, tempat pelacuran terbesar pada zamannya. Theodora berangkat dari seorang pelacur kelas rendah yang berkawan dengan pengemis di jalan hawa tersebut hingga menjadi orang yg paling berkuasa di Romawi.

Yang menarik dari buku ini adalah penggambaran tradisi maupun kebudayaan yunani-romawi kuno. hal menarik lainnya dari Buku ini adalah bahwa buku ini juga memperkenalkan kita kepada dunia dari sudut
...more
Armita Budiyanti
Dec 28, 2015 rated it really liked it
Wanita by Paul I. Wellman Aku membacanya untuk kedua kali. Banyak novel roman sejarah yang telah kubaca, tapi tak banyak yang kisahnya begitu memikat hingga aku merasa perlu untuk membacanya ulang.

Dalam novel Wanita, Paul I. Wellman menuturkan bagaimana luar biasanya seorang wanita dapat menjalani dan melewati begitu banyak kejadian dalam hidupnya; dimulai dari kemiskinan, penghinaan, penindasan, pengkhianatan, peperangan, hingga perebutan kekuasaan. Sebuah kisah yang menakjubkan, bagaimana seorang wanita berhasil
...more
Fanda Kutubuku
Aug 10, 2011 rated it it was amazing
Kisah perjalanan hidup Theodora, dari pelacur hingga maharani. Bersetting di Konstantinopel, di kerajaan Romawi pada sekitar abad 600. Ibunya adalah pelacur di tingkat yang paling rendah, menjadikan Theodora masuk ke strata manusia yang paling rendah dari yang rendah. Saat kecil Theodora berteman akrab dengan pengemis lumpuh bernama Hagg. Saat remaja, mau tak mau Theodora langsung menjadi pelacur. Namun, lain dari pelacur lainnya, di balik wajah cantik dan tubuh menggiurkan, Theodora memiliki ...more
Constantinos Nterziotis
Mar 18, 2016 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Shelves: history
I cannot overstate enough how greatly this book describes the life of the most important Empress of the Byzantine Empire. It is a well written history novel with some psychological notices as well as a sharp view of things like the mind of Theodora.
The reader wants to move to the next chapter to read more about this girl. Theodora is a charismatic character. Since she was born she was fighting with higher forces, cruel men to survive. She lived a near death experience and she decided to left her
...more
Anne
Jun 30, 2007 rated it it was amazing
Recommends it for: all women and girls
Exhilarating! aku baru membaca cerita klasik oleh Paul I. Wellman ini sekitar 2 tahun yang lalu, setelah diterbitkan kembali dalam edisi bahasa Indonesia - hard cover oleh Gramedia Pustaka Utama di bulan Juli 2005. setiap kali aku melihat buku ini di tumpukan buku2ku yang lain, aku jadi teringat sosok perempuan hebat lain yang dikisahkan oleh Nawal el Saadawi dalam bukunya Perempuan di Titik Nol (PdTN). mereka - Theodara (tokoh utama dalam buku ini) dan Firdaus (PdTN), kedua perempuan yang ...more
.:FLOE:. Floe
Apr 22, 2009 rated it it was amazing
Wua..h akhirnya kelar juga baca niy buku, setelah hampir 2 minggu gotong2 kmn pun gw pergi niy buku.. lumayan berat euy..
Tp ga sia2lah... puas gw ngebacanya..
Walopun cerita ttg sejarah tp ga ngebosenin kya buku2 sejarah lainnya,byk intrik yg bikin semangat utk terus baca..

Jadi ceritanya tuh jaman Romawi dulu,namanya aja msh Byzantium. Tentang anak kecil yg dah susah dari lahirnya,namanya theodora.
Hidup dijalanan,jadi pengemis dan juga pelacur.
Dmn jaman itu pelacur itu msh pny status yg bagus
...more
Juniar
Aug 02, 2007 rated it it was amazing
Shelves: novel
Baca versi terjemahannya. Mengupas tokoh nyata dalam sejarah Kekaisaran Romawi, yang lebih terkenal karena kesan-kesan buruk yang diberikan oleh ahli sejarah maupun penulis sejarah Romawi sendiri.

Kurang lebih mendukung pepatah "Di balik setiap pria sukses ada seorang wanita luar biasa". Untuk buku ini, saya lebih memilih "Kesuksesan dan keluarbiasaan seseorang tidak ditentukan oleh gendernya".

Mendekati endingnya, cerita agak terkesan terpenggal-penggal; justru saat ketegangan mencapai klimaks.
...more
Sinar
Feb 06, 2008 rated it it was amazing
Shelves: women, novel
With background time of the Babylonian time this book talks about what women's values and their position in human hierarchy. A 'woman' named Theodora, from the lowest-level family (if you could call that 'a family') of a cheap prostitute mother, no certain 'father', a sister - who later on became another cheap prostitute, Theodora changed her life path by using her wits and wisdom, making good friendship with group of people that many people wouldn't even bother to turn their head to. She grew ...more
Sakinah Mariz
Dec 27, 2014 rated it it was amazing
Theodora, Ratu yang berhasil mendampingi Raja Justinianus dalam memimpin Byzantium adalah sentra cerita ini. Posisinya sebagai wanita yang lahir di keluarga miskin, pernah bekerja sebagai budak, dan akhirnya berhasil menjadi Ratu yang mengatur negera.


Novel ini menceritakan sosok Theodora yang dikagumi, dicintai, dan dihormati. Bagaimana seorang perempuan bisa bangkit dari ketertindasan pandangan bahwa perempuan ada di posisi subordinat dan sebagai objek seks. Theodora yang cantik, cerdas, dan
...more
Katherine 黄爱芬
Jun 07, 2010 rated it it was amazing
Semasa masih SMA saya membaca novel ini, jelas tercengang dan terpesona pada sosok Theodora ini. Dari seorang pelacur kelas bawah, perlahan merangkak naik hingga pelacur kelas tinggi. Kabur menjadi simpanan seorang gubernur yg biseksual, terusir hingga terlunta-lunta di gurun pasir yg kejam. Tidak menyerah pada nasib begitu saja, Theodora dgn sabar dan hati-hati mulai menenun masa depannya, menjerat Pangeran Justinianus, yg kelak menjadi salah satu Kaisar Romawi Timur yg paling terkenal.

Sepak
...more
Tika
Nov 06, 2008 rated it really liked it
Shelves: my-collection
One of my favorite book, ever! Buku ini dah gw baca 2x, pertama waktu sma n masih dalam bentuk 2 jilid pocket book.. Judul aslinya "The Female"

Pertama kali baca novel sejarah ini langsung kesengsem, jatuh hati.. cerita tentang kekuatan dan kehebatan wanita paling hebat dalam sejarah Byzantium. Siapa coba yg bisa ngalahin Theodora, seorang wanita pelacur kelas paling bawah yg kemudian menjelma jadi maharani kekaisaran romawi, Ratu dari Justinian I. Semua berkat kepiawaiannya n tentu saja
...more
Tomi Pakei
Jul 04, 2013 rated it really liked it
Shelves: story-general, 2-ďŀ
Kekayaan sosok penuh warna
Yang paling memikat dari roman sejarah ini mungkin adalah kepiawaiannya menggambarkan manusia secara [sangat] utuh.

Jadi apakah Theodora merupakan figur ambisius-manipulatif atau justru patut dihormati, atau apakah Justinianus pemimpin besar atau justru kurang tanggap, semua tergantung dari sisi mana dan dengan cara apa kita melihatnya. Tokoh-tokoh dalam 'Wanita' tidak hadir hitam-putih (baik/jahat, pintar/bodoh atau nestapa/berkuasa, misalnya), melainkan dalam sosok
...more
Janthi
Jul 19, 2008 rated it really liked it
Dua jempol buat pengarang novel yang mau repot2 meneliti sejarah dan mengolahnya menjadi suatu fiksi yang menarik. Karakter2nya adalah pelaku2 sejarah yang dibumbui sedemikian rupa sehingga seolah2 nyata dan hidup. Sayangnya seperti biasa proses editingnya kayaknya kurang maksimal. Pertama kali baca buku ini rasanya udah lamaaaa banget, masa2 SMP gitu lah. Ngumpet2 curi baca, soalnya buku bokap. Kaget2 sampai bikin muka merah, soalnya isinya buat anak SMP lumayan vulgar. Sekarang begitu punya ...more
Novie Octavia
Dec 21, 2008 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: fiction
Theodore live and grown up by a single parent who works as a prostitute. And she grown up and struggle with unfriendly life. She was a whore, slave, then become a Julius Cessar mistress after survive in long rage and unpleasent survive. She is an ambitious woman. Near to death experience, runaway prisoner in long journey make her more stronger and smartest to see the situation and accomplish what she want to have. Until she took the power, become a QUEEN with no doubt.
Alexa Ayana
May 10, 2016 rated it it was amazing
Ini salah satu buku yang sudah lama banget kubaca. Detail storylinenya sudah pasti aku lupa. Tapi heroinenya super memorable. Dia adalah gambaran karakter yang from zero to heroine. Dari seorang pelacur menjadi ratu. Well, perjuangannya berat dan penuh tantangan tapi semua sepadan. Ini buku yang seru dan penuh informasi tapi diceritakan dengan menarik.

Review ini akan kuupdate lebih detail saat aku baca ulang buku ini.
Helvira Hasan
Jan 22, 2012 rated it it was amazing
Shelves: favorites, novel
Keagungan laki-laki seperti Justinianus hanya bersandar pada ketangguhan dan keteguhan hati seorang wanita, Theodora. Sayang sekali, usianya tak panjang, Theodora wafat karena kanker payudara yg saat itu tak tahu pengobatannya. Tapi justru keinginannya tercapai, ia tak perlu melihat tubuh indahnya menua.
Sondang
Aug 05, 2007 rated it liked it
Shelves: goodbooks
I picked this book because it was hardcover, has beautifull kind of paper and the font size soothes my eyes that already weary looking at numbers :D
I like the story.
The description was great, even thought while reading this I kept thinking how could the people could live in such hedonism... Phew... Certainly not the ages I want to jumped in..
Indy
Dec 17, 2009 rated it liked it
Kisah perempuan cantik yg terlahir dr seorg ibu yg terpaksa mnjd perempuan penghibur namun berhasil menemukan cinta sejatinya yaitu seorang raja.karena kesabaran,kecantikan dan kebaikannya...keren deh!
Martine
Het taalgebruik en de vooroordelen - voornamelijk die over vrouwen, mannen en eunuchen - zijn wat ouderwets, maar als je daar eenmaal aan hebt kunnen wennen leest het wel fijn weg. Ik weet nog niet hoe historisch accuraat het is, maar tot nu toe komt het overeen met wat ik van Theodora weet.
Adinda
Sep 20, 2008 rated it liked it
buku ini bagus banget..awalnya mamaQuw yg saranin aq baca ini buku..n yach buku ini menggambarkan bahwa wanita dapat menjadi sebuah kekuatan yang menggoncang dunia,dan buku ini juga membenarkan jargon"dibalik pria hebat pasti ada wanita yang hebat".
Tuteh Pharmantara
Nov 23, 2013 rated it really liked it
Luar biasanya seorang wanita yang melewati, dan menjalani, begitu banyak kejadian dalam hidupnya : cinta, pengkhianatan, perang, perebutan kekuasaan, kehidupan pelacur, hingga berjalan sampai kakinya hancur. Theodora, perempuan baja.
Franci
Jul 20, 2010 rated it it was amazing
bagus bgt.
theodora sangat 'kuat' menjalani lika-liku hidupnya.

pertemanan dengan orang besar (pelacur kelas atas) maupun orang tidak punya (pengemis) memberikan pengaruh besar dalam jalan hidupnya. perempuan yg penuh dengan emosi dan analisis yg pintar.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Smrt Smail-age Čengića
  • Hajduk Stanko
  • Winnetou IV: Ahli Waris Winnetou
  • The Bridge on the Drina
  • Prokleta avlija
  • Autobiografija
  • Frasa Kerja Bahasa Sunda
  • Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah
  • Pemakaian Bahasa Dalam Iklan Berita Dan Papan Reklame
  • The Librarian's Passionate Knight (Dynasties: The Barones #8)
  • Seribu Satu Kesalahan Berbahasa: Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia
  • Wife in the Shadows
  • Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi
  • Bukan Cinderella
  • Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar
  • Žene solunci govore
  • The Persians
  • Hajduk sa druge strane
See similar books…
8 followers
Paul Iselin Wellman, newspaperman, writer of popular history, novelist and screenwriter, is best known for his books set in the Great Plains of the United States and Kansas. In addition to his books several Hollywood movies , Cheyenne, The Walls of Jericho, Jubal, Apache, The Comancheros, and The Iron Mistress are based on his novels.

Links:
http://en.wikipedia.org/wiki/Paul_Wel...
...more
No trivia or quizzes yet. Add some now »