Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “The Journeys 2: Cerita dari Tanah Air Beta” as Want to Read:
The Journeys 2: Cerita dari Tanah Air Beta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

The Journeys 2: Cerita dari Tanah Air Beta

(The Journeys)

3.41  ·  Rating details ·  287 ratings  ·  50 reviews
“Dekat Bandar Udara Boven Digoel, patung Bung Hatta itu berdiri tegak dengan telunjuk tangan kanannya menuding tanah. Dia seperti ingin mengatakan: ‘Saya pernah di sini!’ Patung itu membelakangi kompleks bangunan lama yang kini menjadi tangsi polisi, bersebelahan dengan bekas Penjara Digoel.” —Farid Gaban, Berziarah ke Digul, Penjara Tak Bertepi

“Kalau kita tanya ke pembati
...more
Paperback, 264 pages
Published March 2012 by Gagas Media
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about The Journeys 2, please sign up.

Be the first to ask a question about The Journeys 2

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
3.41  · 
Rating details
 ·  287 ratings  ·  50 reviews


More filters
 | 
Sort order
Rahmadiyanti
Mar 12, 2012 rated it it was ok
Dari subjudulnya, kita bisa langsung menangkap napas buku ini. Bahwa Indonesia indah, cantik, ganteng, cute.... Maka terekamlah sudut-sudut elok Indonesia melalui beragam perjalanan. Menyusuri keunikan batik di Cirebon, diving di Nusa Penida, kemping di Pulau Sempu, menjejak keeksotisan Raja Ampat (meski tak menyelam), hingga menapak sejarah di Digul.

Beberapa tulisan bagus dan menarik, beberapa biasa, ada satu yang saya kesal bacanya. Tulisan tersebut berisi aktivitas penulisnya melakukan kegia
...more
Karlina
Dec 31, 2016 rated it liked it
cerita yang saya sukai, "Berziarah ke Digul, Penjara Tak Bertepi" dan "Maluku: Beta Pasti Pulang"
Alvina
Mar 31, 2012 rated it it was ok
Shelves: traveling
Judul Buku : The Journeys 2 – Cerita dari Tanah Air Beta
Penulis : Alanda Kariza, Fajar Nugros, dkk
Editor : Resita Wahyu Febriatri
Penerbit : Gagas Media
Cetakan Pertama : 2012
ISBN : 978-780-550-6
Tebal : 256 halaman, paperback

Indonesia adalah negara yang luar biasa besar, bayangkan saja, dengan lebih dari 17 ribu pulaunya (yang semoga sampai sekarang bener-bener masih ada segitu) tak heran jika banyak objek wisata yang luput dari ekspose dunia luar. Pantai, pegunungan, hutan, dan ada begitu banyak
...more
Uthie
Dec 26, 2012 rated it liked it
The Journeys kali ini akan mengajak pembaca untuk berkelana tidak jauh-jauh. Cukup di seputaran Indonesia saja. Karena masih begitu banyak  hal-hal tersembunyi yang belum dieksplorasi di negeri ini. 12  perjalanan dari 12 penjelajah bercerita tentang Indonesia. Tidak melulu bicara keindahan alamnya tapi juga filosofi yang terdapat di berbagai upacara adat bahkan benda-benda yang bernilai seni.

Perjalanan panjang Farid Gaban dalam rangka Ekspedisi Zamrud Kathulistiwa 2009-2010 ke Digoel, Papua ada
...more
Yovano N.
May 17, 2012 rated it liked it
The Journeys 2: Cerita dari Tanah Air Beta. Sesuai tagline-nya buku kedua ini berisi cerita-cerita dari para penulis yang melakukan perjalanan atau travelling, khusus di wilayah Indonesia. Sama seperti buku pertama, buku kedua ini juga berisi 12 cerita dari 12 penulis berbeda. Dua penulis buku pertama turut ambil bagian di buku ini, mereka adalah Ve Handojo dan Windy Ariestanty.

Kisah pertama, yang sangat saya sukai, berjudul "Berburu Gajah, Garuda, dan Naga ke Trusmin". Judul yang unik, bukan? T
...more
Ellen Isabella
Apr 06, 2012 rated it liked it
Shelves: 2012, travel, own
Membaca pengalaman-pengalaman para penulis di buku ini membuat saya semakin peka lagi bahwa Indonesia, tanah air kita yang tercinta ini memang memiliki banyak sekali tempat-tempat yang indah dan berpotensial untuk menjadi tempat wisata yang bakal didatangi oleh banyak turis. Hanya saja mungkin promosi dan kesadaran para masyarakat masih kurang dalam memperkenalkan keindahan negeri kita.

Selain itu, kita sebagai warga negara Indonesia juga sebenarnya harus ikut bertanggung jawab dalam melestarikan
...more
Stefanie Sugia
Packing itu belajar memilih, mana-mana saja yang kita bawa dan pertahankan, seperti halnya memilih siapa yang akan kita masukkan ke hati. Hidup adalah perjalanan, hati adalah koper. Baca secukupnya di dalamnya. Tinggalkan yang memberatkanmu, singkirkan yang merepotkanmu."

Buku The Journeys 2: Cerita dari Tanah Air Beta ini berisikan 12 cerita perjalanan dari 12 orang yang berbeda. Hal yang membedakan buku ini dengan buku perjalanan yang lain adalah, 12 kisah ini menceritakan petualangan mereka me
...more
Ani Andriyanti
Dec 18, 2012 rated it it was ok
Shelves: traveling
Buku yang bagus sebenarnya. Berisi kumpulan cerita perjalanan di negeri tercinta ini. Tetapi, sayangnya saya tidak cukup puas buku ini.

Buku ini berisi 12 cerita perjalanan dari orang yang berbeda. Di awali dengan tulisan dari Ve Handojo yang berjudul "Berburu gajah, Garuda, dan naga ke Trusmin". Kira2 tentang daerah mana? Ternyata Cirebon, Ve melakukan perjalanan kesana untuk mengenal batik. Keren deh, ini mah karena pada dasarnya saya suka batik siiih. hihihi...

Cerita yang paling saya suka adal
...more
Desti
Jun 18, 2012 rated it really liked it
membaca buku tarvelling sellau bisa mengalihkan sejenak dari dunia rutintias...memupuk bawah sadar, someday I must go there..then lama2 mampu menjadi obsesi dan menjadi candu....xixixixi....

the journey edisi tanah air beta, mengeksplore keindahana alam indonesia. raja ampat, ambon, bali, lombok, cirebon dengan kampung batiknya, solo dg slow-nya...dan smakin membaca, smakin...DAMN I love indonesia. semakin gede niat buat pindah ke departemen pariwisata aja...xixixi....habisnya, indonesia yg kaya
...more
Delisa sahim
Jun 09, 2012 rated it really liked it
Shelves: travel, pinjem, indonesia
makasih kak wulan parker yang berbaik hati mau meminjamkan,
sepertinya aku akan membeli buku ini.

di tengah mood malas membaca yang sedang terjangkit kepada saya,
karena bosan dengan bacaan itu-itu saja lagi pula saya baru medapatkan hal-hal yang baru dan lagi dilanda demam k-pop.
serius, saya baru suka k-pop saat ini.
karena asik dalam dunia baru buku ini mengembalikkan mood membaca saya.
*okey, sesi curhat ditutup*

buku ini bukan hanya mengisahkan tentang indahnya alam indonesia tetapi kebudayaannya
...more
Yulistiani D. Indriasari
Jun 15, 2012 rated it really liked it
Shelves: indonesia, nonfiksi
Kalau buku pertama saya hanya kasih 3 bintang, buku ini saya kasih satu lagi. Jujur nilai plusnya adalah karena semua tujuan perjalanan di buku ini di Indonesia!

Dari kecil saya ingiin sekali pergi ke luar negeri. Tapi setelah membaca buku ini saya jadi mikir, untuk apa jauh-jauh dan keluar uang banyak kalau di Indonesia saja banyaak sekali tempat-tempat yang indah. Keluar pulau Jawa saja belum pernah, hehe.

Buku ini saya baca menjelang liburan kenaikan kelas, sama seperti buku sebelumnya. Lumay
...more
Niken S arisandhy
Oct 16, 2013 rated it liked it
Buku ini bercerita mengenai pengalaman liburan ke-dua-belas penulis yang berbeda profesi dan genre tulisannya. Sebelumnya saya pribadi belum membaca The Journeys 1-nya, langsung ke The Journeys 2 karena mereka bercerita tentang Indonesia. Yang secara pribadi saya sangat tertarik karena mereka menampilkan sisi Indonesia mereka melalui tulisan mereka.
Ada dua belas penulis berarti ada dua belas cerita yang berbeda. Dan setelah baca buku ini, saya jadi pengen berlibur ala mereka. Dari mulai liburan
...more
Tirta
Jul 01, 2012 rated it really liked it
The Journeys 2: Cerita dari Tanah Air Beta ini masih mengusung konsep sama seperti The Journeys 1, hanya saja kisahnya berpusat di tanah Indonesia. Ada Windy Ariestanty yang 'berlibur' bersama teman-temannya di Pulau Sempu tanpa perbekalan yang memadai, Matatita tentang pengalamannya menaiki pesawat jenis Twin Otter ke Ewer (Asmat, Papua), JFlow yang 'kembali' ke kampung halamannya di Ambon, Riyanni Djangkaru tentang 'pencariannya' akan ikan Mola-Mola, dan banyak lagi. Favorit saya sendiri ada 3 ...more
Rebellion Violetta
Apr 09, 2016 rated it really liked it
Saya paling suka sama ceritanya Ve Handojo karena terlihat sekali dia menguasai dengan baik mengenai batik dan juga kecintaannya akan batik serta nilai-nilai budaya dan filosofis yang berada di dalamnya. Kemudian saya juga menyukai cerita mengenai Boven Digoel yang ditulis oleh Farid Gaban karena kaya akan informasi yang selama ini tidak banyak diketahui oleh orang awam. Sebenarnya tidak terlalu mengherankan, mengingat Farid merupakan seorang jurnalis berpengalaman.

Tiap penulis punya cerita yang
...more
Rofi
Aug 09, 2016 rated it it was ok
KEREN!!!
hasrat ingin jalan-jalan makin menggebu-gebu setelah membaca buku ini.
Buku ini cukup menarik karena ditulis 12 orang dan ceritanya perjalanan di Indonesia. Sayang, nggak ada cerita di pulau Kalimantan jadi sangat berasa kurang dari buku ini.

Ada cerita yang menarik, biasa, dan biasa saja. Paling suka cerita Ve Handojo. Andai ceritanya dibikin full satu buku tentang perjalanannya pasti bakalan seru banget. Apalagi gambar diceritanya juga mendukung. Ohya, cerita yang lain juga ada gambar-ga
...more
Fitria Mayrani
May 27, 2012 rated it liked it
Belom baca yang pertama tapi malah lebih penasaran sama yang kedua. Buku ini lebih tepat disebut 'Guidance for Travelista'. Berisi informasi buat para traveler yang pengen menjelajah bumi Indonesia. Buku ini Indonesia banget deh! Gak usah ke luar negeri, dari cerita sama gambarnya aja udah indah banget dan nggak bakal kita temui di tempat mana pun di luar sana.

Saya suka di bagian yang ditulis oleh Mas Ve Handojo soal batik. Dari situ jadi tahu sejarah dan cara buat batik. Ternyata nggak gampang
...more
Haryadi Yansyah
Jan 26, 2017 rated it it was ok
Di buku pertamanya aja aku kesulitan untuk baca semua tulisannya. Maklum ditulis secara keroyokan, kan? trus aku baca buku ini hanya karena penasaran sama ulasan teman-teman yang menyorot salah satu cerita. So, aku baca buku ini karena itu, ya sesederhana itu.

Saat mengetik ini pun aku lupa cerita mana yang spesial (beda dengan buku sebelumnya yang masih ada cerita fav-ku yang ditulis oleh Firdiriva dan Raditya Dika), aku beneran blank sama buku ini (padahal dibaca beberapa minggu lalu).

Padahal b
...more
Sharulnizam Mohamed Yusof
12 kisah dalam satu buku. Berbeza dengan buku pertama, The Journeys 2 memfokuskan cerita-cerita pertualangan sekitar Indonesia.

Latar belakang penulisnya yang pelbagai (antaranya ahli muzik, "mat saleh") mencorakkan penyampaian kisah yang menarik untuk dibaca. Tidak keterlaluan, buku ini juga boleh dirujuk jika mahu bercuti ke negara jiran ini. Walaupun ada cerita yang sudah lama berlaku, masih relevan untuk dibuat panduan hari ini.

Buku ini menarik kerana ianya bukan sekadar travel. Turut terseli
...more
Halida
Jan 25, 2013 rated it really liked it
Shelves: travel
Tulisan Ve Handojo tentang filosofi batik dan JFlow (yang katanya tidak merasa cukup bagus untuk menulis sesuatu) tentang pulang ke Ambon benar-benar pas untuk mengawali dan mengakhiri The Journeys 2. Sangat ngena.
Buku ini berisi kumpulan kisah perjalanan berbagai penulis. Budaya, sejarah, manusia, dan sejumlah kejadian unik yang terjadi di Indonesia menjadi fokus cerita-cerita tersebut. Bagi saya yang belum banyak menjelajah Indonesia, buku ini memberi inspirasi untuk langsung membuat rencana p
...more
Sintia Astarina
Jul 10, 2013 rated it liked it
Nah, gini dong. Cerita perjalanan kali ini dari Indonesia sendiri. Ternyata, rasanya sangat asyik membaca pengalaman orang lain di di tempat-tempat yang mungkin belum pernah kita datangi sebelumnya. Buku ini bisa membuka mata kita semua, kalau di Indonesia itu punya banyak banget pesona alam tak tertandingi. Rela pergi jauh-jauh ke ujung indonesia demi mendapatkan keindahan alamnya yang nggak kalah sama kota-kota lain di luar negeri? Wah, mau banget!

Orang Indonesia yang suka jalan-jalan, wajib b
...more
Vivi suciana
Apr 25, 2012 rated it liked it
Shelves: how-to-see-world
buku ini tidak hanya menceritakan keindahan tempat2 yang dikunjungin se-Indonesia tapi lebih dari itu. Seperti tulisannya Ve Handojo yang bercerita tentang batik, Matatita yang bercerita tentang pengalaman naik Pesawat Twin Otter dan JFlow tentang sifat orang-orang Ambon yang streotype. :)
Dari semua cerita yang paling menyentuh gw adalah cerita dari Farid Gaban tentang kunjungannya ke Tanah Tinggi tempat pembuangan pada jaman Hatta. Cerita ini menjadi refleksi tersendiri kepada diri gw, bahwa be
...more
e.c.h.a
Saya yakin dari setiap perjalanan yang kita alami akan meninggalkan banyak cerita. Saat kita melakukan perjalanan dari dan menuju tempat kita beraktivitas, pasti ada yang kita petik. Seperti kisah perjalanan yang tertuang di buku ini, saya bisa belajar banyak hal. Dari sehelai kain yang bercerita, dari alam pedalaman yang tidak pernah melupakan sejarah, dari sebuah pulau yang tak akan terlupakan oleh perantaunya dan dari mimpi anak-anak pulau paling timur Indonesia. Tak peduli dengan siapa anda ...more
Ernawati
Jul 07, 2012 rated it it was ok
Shelves: travelling
Buku ini sebenarnya menarik. Tapi sebenarnya saya tertarik pada gambar sampulnya ketimbang cerita-cerita di dalamnya. Entahlah saya koq tak begitu suka dengan kisah perjalanan dalam negeri, mungkin karena saya telanjur membaca The Journey yang pertama yang lebih menceritakan hal-hal keluarnegerian yang belum pernah saya ketahui. Kalau gaya bertutur, menurut saya kisahnya Richard Miles dan Rahne Puteri lebih mengena batin saya. Segar dan ada perenungan. Dan yang paling membuat risi adalah kisahny ...more
Rina Purwaningsih
Apr 03, 2012 rated it liked it
Cerita-cerita dari tanah air beta ini justru lebih seru dibanding di buku The Journeys 1 (yang membahas traveling di LN). Suka banget dengan ulasan Ve Handojo dilembar pertama yang membahas batik cirebon. Jadi pengen juga ke cirebon dan bereksplorasi ke Trusmi. Uraiannya tentang batik membuatku makin cinta sama Indonesia.
Ada juga kisah lucu Richard Miles (mahasiswa Australia) yang bercerita tentang pengalamannya tinggal dan praktek kuliah di Salatiga. Cara dia menulis justru lebih atraktif darip
...more
miss hfan
Jul 11, 2012 rated it really liked it
Shelves: adventure, 2012
Uwooo.. Aku suka sekali dengan kumpulan cerita di The Journeys 2 : Cerita Tanah Air Beta. Khususnya Salatiga: Sejuk, Segar, Tujuh Benar by Richard Miles. Aseli, selama baca cerita ini, aku ga yakin kalo sang penulis itu bule. Ngakak habis pokoknya. Good job mas Richard!

Hidup adalah perjalanan, hati adalah koper. Bawa secukupnya di dalamnya. Tinggalkan yang memberatkanmu, singkirkan yang merepotkanmu.

Tetep yaa, seindah-indahnya tanah orang masih lebih indah tanah sendiri. I <3 Indonesia!
Lila Cyclist
Jun 20, 2014 rated it really liked it
Selalu syukaaaaa dengan cerita perjalanan. Berasa jadi orang rumahan banget klo baca cerita macam gini, cuma hasrat traveling aja yg gedhe hahahaha..

Paling suka dengan kisah Fajar Nugros dg bola kulit MU-nya. Semoga tetap menjadi bola harabagi anak2 Papua hingga kini.

Paling seru kisah dari Windy Ariestanty. Jika kejadian traveling dg minum air comberan itu terjadi padaku, ngga bisa dibayangkan
Christina
May 28, 2012 rated it liked it
Dengan tag line 'Cerita Dari Tanah Air Beta', kumpulan cerita perjalanan para penulis di buku ini seakan ingin menyuarakan bahwa Indonesia memiliki ribuan tujuan wisata. Dari mulai yang sederhana, dalam artian mudah dijangkau dengan moda transportasi umum sampai tujuan wisata yang terpencil seperti Boven Digoel di Papua. Kumpulan kisah perjalanan dalam buku ini ingin tidak sekedar mengenalkan Indonesia ke kalayak namun terlebih lagi, membuat kita makin mencintai negeri tercinta kita, Indonesia.
Dini Novita  Sari
Beberapa orang melakukan perjalanan berbeda dan menuturkan kisahnya masing-masing, menyenangkan untuk disimak. Betapa sebuah perjalanan tidak melulu tentang tempat-tempat yang indah, namun juga cerita tentang manusia, dan budaya yang ada di setiap tujuan. Menarik. :)
Wiwi
Jun 13, 2012 rated it liked it
Saya suka cerita masing-masing tokoh di buku ini. Salah satunya Ve Handojo yang bercerita tentang batik. Atau dua cerita di buku ini tentang indahnya Lombok yang membuat saya ingin pulang kampung dan rehat sejenak sambil berlibur di sana..:D
Dewi Natalia
Sep 17, 2016 rated it really liked it
Saya dibawa traveling oleh mereka yang bercerita di sini. Mereka yang menulis di buku ini nyatanya tidak semua penulis tetapi mereka cukup pandai bercerita dan bisa membawa kita sebagai pembaca, menikmati keiindahan alam Indonesia kita.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • The Naked Traveler: 1 Year Round The World Trip Part 2 (1 Year Round The World Trip, #2)
  • The Journeys
  • The Not-So-Amazing Life of @aMrazing
  • Life Traveler
  • Rhapsody
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Harmoni
  • Kāla Kālī
  • Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu
  • Bangkok: The Journal
  • Balada Ching-Ching dan Balada Lainnya
  • Sila ke-6: Kreatif Sampai Mati
See similar books…
312 followers
Alanda Kariza is a 20-something Indonesian writer. She has published four books on her own (Mint Chocolate Chips, Vice Versa, DreamCatcher, Travel Young), and four books as a co-writer (Pertama Kalinya!, The Journeys 2, Jika, Beats Apart).

For more information, please contact: info@alandakariza.com.

Other books in the series

The Journeys (2 books)
  • The Journeys