Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Vandaria Saga: Takdir Elir (Trilogi Elir, #1)” as Want to Read:
Vandaria Saga: Takdir Elir  (Trilogi Elir, #1)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Vandaria Saga: Takdir Elir

(Trilogi Elir #1)

by
3.90  ·  Rating details ·  175 ratings  ·  50 reviews
Ordo Vhranas yang terletak di Tanah Suci Bedina selalu mengirimkan bantuan menuju daerah-daerah Vandaria yang membutuhkan bantuan. Kali ini, seorang gadis frameless bernama Rozmerga yang merupakan anggota Kesatria Valiant Ordo Vhranas diutus untuk pergi menuju sebuah benua yang terletak jauh di timur laut Tanah Utama Vandaria yang bernama Elir, di mana sedang terjadi konfl ...more
Paperback, 265 pages
Published March 8th 2012 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Vandaria Saga, please sign up.

Be the first to ask a question about Vandaria Saga

Community Reviews

Showing 1-30
3.90  · 
Rating details
 ·  175 ratings  ·  50 reviews


More filters
 | 
Sort order
Reineke
Mar 15, 2012 rated it did not like it

Membaca prolog dan bab awal Takdir Elir, hati ini serasa diiris...
Gimana enggak, melihat 25++ lembar kertas dibuang sia-sia

Intinya prolog dan bab 1 sebenarnya bisa dipadatin jadi:
-Pendeta berdoa
-Pendeta diberi perintah oleh dewi.
-Pendeta memanggil tokoh utama nomer 1.
-Pendeta memberi misi ke tokoh utama nomer 1 dan sepasukan prajurit suci agar mengantar surat untuk pimpinan 2 kerajaan yang lagi berselisih di Benua Elir.

Singkat kan? Untuk adegan itu si pengarang sukses menyeret pembaca melal
...more
Fredrik
Mar 08, 2012 rated it it was ok
Shelves: indonesian
Selesai baca dalam beberapa hari. :)

Lumayan cepat, menurutku, buat novel fikfan lokal yang biasanya sering bikin mandek di tengah jalan entah karena gaya berceritanya yang ajegile atau terus menerus bikin kening berkerut.
Tapi gaya penulisan Hans ini asik kok, mudah diikuti, selain memang ceritanya cepet banget (terlalu cepet, bahkan) dan halamannya gak banyak.

Intinya, alkisah adalah lima orang berbeda yang terpilih oleh takdir atau, bisa juga, “takdir?” untuk menyelamatkan Benua Elir dari jiwa j
...more
Anindito Alfaritsi
Mar 15, 2012 rated it it was ok
Kalau kamu seorang pecandu game, yang pernah ikut menikmati kejayaan genre RPG di era 16-bit dan 32-bit, maka ada kemungkinan cukup besar kau akan menikmati buku ini. Tapi kalau kau seorang pembaca novel kelas berat, yang sangat kritis terhadap kualitas isi dari buku-buku tebal, maka kayaknya, sayangnya, akan ada banyak hal di novel ini yang bakal bikin keningmu berkerut.

Entah ini suatu hal yang sudah tersebar atau bukan, tapi memang ada semacam kontroversi soal kualitas novel-novel Vandaria Sa
...more
Harbowoputra
Mar 09, 2012 rated it liked it
Oke. Sebuah novel yang lumayan tipis dan lumayan murah. Sampulnya juga bagus. Comot. Baca sinopsisnya. Hum, tokoh utamanya bernama Rozmerga? Baca endorsmennya. Endorser yang paling atas agak gaje komennya. Sip, bawa ke kasir. Buka plastiknya. Baca.

Sampe rumah, saia selesai membacanya. DAN SAIA KAGET. Kenceng juga, ya. Kirain bakal gimana gitu.
=====

Wah pake prolog. Pertanda buruk. Ya okelah, okelah, okelah... lalu saia masuk bab 2, dan menurut saia kejadian di prolog bisa dimasukin ke bab 2! Iya,
...more
Shiki
Mar 07, 2012 rated it it was ok
Ketipisan buku ini dibandingkan kedua pendahulunya adalah daya tarik tersendiri bagi saya. Sejujurnya, sinopsisnya tidak terlalu menggugah, apalagi perkenalan karakternya yang menurut saya agak monoton, tapi sudahlah, itu tidak penting.

Secara singkat Takdir Elir berkisah tentang sebuah ancaman yang konon tengah mendekat ke benua tersebut, dan lima orang yang asing satu sama lain berkumpul di sana, kemudian terikat oleh suatu takdir unik yang ternyata berhubungan dengan sejarah tempat yang bersan
...more
Dion Yulianto
Mar 16, 2012 rated it really liked it
Judul : Takdir Elir
Penulis : Hans J. Gumulia
Penata letak : Mulyono
Pem. Aksara : Reyner Nabeel
Proofread : Bonmedo Tambunan, Dina Begum, Adit H. Pratama
Pencpt. hikayat : Ami Raditya
PR : Truly Rudiono

Mengkristal bersama Vandaria
Ungkapan inilah yang mungkin dirasakan oleh para pembaca yang pertama kali membaca, dan kemudian jatuh cinta dengan dunia Vandaria. Dibentuk sekitar tahun 1999-2000, Seorang Ami Raditya sukses membangun sebuah universe yang begitu kompleks bernama Vandaria. Sebuah dunia den
...more
Bitwerk
Mar 27, 2012 rated it it was amazing
Hans + Team,

I normally read Ad, Design, Travel, Sci or Business books. I'm trying to read yours and trying to understand the whole Vandaria Stuff. There are few opinions, i won't give any detailed critique as i'm not an expert:

Bashing the other review, cold climate desert do exist, i presume all your audience are avid google scholar, or kids, so i suppose they never go anywhere else outside cities, i went to everest, the base camp were arid desert, no ice or glacier, sands everywhere and in 12pm
...more
Dewi
Mar 12, 2012 rated it really liked it
Pertama kali membaca kata yang tertera di sampul buku ini (Vandaria Saga), saya langsung ngerasa salah buku. "Hah? Vandaria tuh apaan?" pikir saya.

Membaca perkenalan para tokoh dan bab pertama, saya makin mikir kalo saya salah buku. Lah wong saya blank banget dengan istilah dan tata cara dunia Vandaria. Misalnya : frameless itu apa sih? Ordo Vhranas itu apa? Kalo semua penghuni Vandaria memuja Vanadis, kenapa musti ada pembagian ordo segala?

Huaa....saya makin bingung.
But the show must go on. Sek
...more
Aryo
Apr 20, 2012 rated it it was amazing
Jika saya menilai ini sebagai sebuah buku yang berdiri sendiri berdasarkan standar pribadi saya, saya tak akan segan menilai buku ini dua bintang, satu bintang bahkan jika saya tak kenal penulisnya secara pribadi.

Tapi kenapa saya memberinya lima bintang?
Karena saya yakin (tidak hanya ‘berharap’) bahwa Vandaria Saga akan sukses. Karena saya yakin Vandaria Saga akan mengembangkan dunia fantasi Indonesia.

Para pembaca di sini, kita, yang memiliki akun Goodreads, banyak yang bisa dibilang para pemba
...more
Ardani Subagio
Mar 08, 2012 rated it it was amazing
Recommends it for: Pecinta dan pembaca fiksi fantasi
Takdir Elir. Kisah tentang lima orang terpilih yang harus menyatukan beberapa kunci untuk menghentikan kekuatan jahat yang membawa dua kerajaan pada ujung perang. Cerita sederhana yang ditampilkan dengan cara luar biasa.

Secara keseluruhan tidak ada yang mengganggu kenikmatan membaca sewaktu mengikuti kisah ini dari awal sampai akhir. Jika salah satu endorsement di balik buku berkata betah melahap habis halaman demi halaman sampai tak bersisa, maka hal itu benar adanya.

Teknik bercerita yang dimil
...more
Feby
Mar 11, 2012 rated it it was ok
Selesai juga. A little bit struggling.... tapi selesai x__x
-------------------------------------------------------------------

Beberapa hal yang membuat buku ini tidak pantas menyandang 1 bintang:

1. Saya berhasil membacanya sampai habis. (Sudah komit, ga akan kasih 1 bintang buat buku yang berhasil saya habiskan)

2. Jumlah halaman sedikit, dan harganya ga mahal-mahal amat.

3. Ada beberapa hal, cukup membuat saya enjoy bacanya.

4. Dibanding 2 buku sebelumnya (sempat saya intip baca), ada perbaikan n
...more
Biondy
Jan 25, 2013 rated it liked it
Judul: Takdir Elir (Trilogi Elir, #1)
Pengarang: Hans J. Gumulia
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 238 halaman
Terbitan: 2012

Takdir membawa lima orang untuk bertemu. Rozmerga, Liarra, Sigmar, Althor, dan Xaliber. Lima orang dengan latar belakang berbeda, tapi memiliki satu takdir yang sama. Membawa kedamaian di Benua Elir. Satu per satu misteri di benua itu terungkap dan menggiring mereka semakin dalam ke jalan takdir mereka. Sanggupkah kelima pahlawan ini menjalani takdir mereka?

Review
B
...more
Zehel
Mar 13, 2012 rated it did not like it
Cerita sederhana, dan KLISE tidak selamanya buruk. Saya beranggapan demikian.
Tapi dalam buku ini, saya dikecewakan karena pengarang sepertinya tidak maksimal dalam mengolah ceritanya.

Pertama, saya akan menyuarakan kebingungan saya;
APA SIH FRAMELESS ITU SESUNGGUHNYA?
Ras yang kondisi emosinya berbeda dengan manusia, dan bisa sihir? Kalau begitu, hanya premis kedualah yang tepat, karena tokoh frameless di sini jelas-jelas cuma manusia bermata beda warna, dan SANGAT NAIF, kalau tidak mau dibilang BO
...more
Abe Mitsuteru
Mar 08, 2012 rated it really liked it
Sangat menarik. Mampu menarik pembaca untuk mengexplore lebih dalam dari dunia vandaria. Minim typho which is good.

Plot twistnya mantabh dan mampu membuat saya ingin cepat-cepat membaca sambungannya. Selain itu pemilihan katanya baik, kemungkinan paling baik dari sebelumnya. Ilustrasinya mengagumkan, peletakan yang tepat dan gaya gambar yang khas membuat novel ini mampu untuk menstimulasi imaginasi pembaca.


Kekurangan dari novel ini sebagian besar terletak di backgroundnya. Mungkin yang jadi is
...more
Luz Balthasaar
Mar 15, 2012 added it
Recommends it for: Pelanggan Setia Hitsuji Oden~SHIAWASE~
Recommended to Luz by: Ami Raditya
Mereka yang tahu pendapat saia soal buku ini mungkin mengangkat alis. Dan setelahnya, ngakak. Hehehe.

But a promise is a promise. I borrowed the book. I didn't buy it, so I'm not going to review it.


Unless.
Ardian P
Apr 20, 2012 rated it liked it
Shelves: lokal
Oke, sebagai salah satu orang yang sudah memiliki pengetahuan Vanadis, errr... maksud saia, sudah familiar dengan Vandaria Saga, Takdir Elir adalah novel Vandaria pertama yang saia baca. Ada beberapa alasan sih, pertama, dua buku sebelumnya agak terlalu... *intip dompet* dan melihat ketebalannya, takut ga sempat membaca sampai selesai, sementara novel ini cukup bersahabat baik dari segi harga dan ketebalan.

Alasan kedua, karena saia juga sudah tahu dan cukup mengikuti pembuatan Elir dari jaman m
...more
Han Asra
Review pertama yang benar-benar jujur dari saya.
Dengan tulisan ini, saya berharap sang author mau membacanya. Saya ingin jujur disini, dan tidak akan memberikan rating service. Ini demi perkembangan si penulis agar semakin baik kedepannya, dan memajukan dunia fiksi fantasi di Indonesia juga!

Kalau begitu, kita mulai saja dari sesuatu yang diluar "isi" bukunya.

Pertama yang akan saya singgung disini itu adalah kovernya. Bisa dibilang, kovernya ini menjadi faktor utama bagi saya untuk membeli Takdir
...more
Pauline Destinugrainy
Sebelumnya saya berterima kasih kepada Gramedia, mbak Melody Violine dan mbak Truly Rudiono yang sudah memberikan kesempatan kepada saya me-review buku ini dengan cara mendapatkan buku ini secara gratis. Saya sendiri tergolong nekat mengajukan diri untuk me-review buku bergenre fantasy seperti ini. Soalnya genre fantasy bukanlah favorit saya. Tapi rasa penasaran saya begitu besar untuk membaca buku ini.

Ketika buku ini tiba dengan selamat di tangan saya, saya sempat mengintip isinya. Ada beberapa
...more
Magdalena Amanda
Apr 30, 2012 rated it it was ok
Shelves: fikfan-lokal
Ini buku kedua Vandaria Saga yang saya baca.

Berbeda dibanding kedua pendahulunya yang tebal2, Takdir Elir ini termasuk tipis (terlepas dari fakta bahwa dia akan menjadi sebuah trilogi). Nice strategy. Calon pembaca lebih cenderung membeli buku yang tidak terlalu tebal jika dia tidak mengenal siapa penulisnya.

Nah, mari kita bahas mulai dari ... kover!

Saya suka kovernya. :P Gambarnya rapi (bosan belakangan ini melihat kover novel kok banyak pake foto) dan komposisinya (Anda bisa mengabaikan hal in
...more
Truly
Mar 09, 2012 rated it really liked it
Kita memang tidak bisa menebak kemana takdir akan membawa kita.
Siapa yang bisa menduga, Valuminaire melesat menyatu dengan diri Liarra Valweyn Flavianus
Busur panah sudah memilih majikannya
Liarra, terpilih untuk menyelamatkan Benua Elir

Sementara itu, Rozmega, frameless anggota Ksatria Valiant Ordo Vhranas di Tanah Suci Bedina. diutus untuk menjadi duta perdamaian di daerah yang tak pernah ia bayangkan keberadaannya, daerah di timur laut Tanah Utama Vandaria. Keduanya tidak bisa mengelak dari tak
...more
Alvina
May 11, 2012 rated it really liked it
Shelves: fantasy-fiction
Nama gadis itu adalah Rozmerga, ia seorang frameless yang merupakan anggota Kesatria Valiant Ordo Vhranas di Tanah Suci Bedina. Suatu hari ia ditugaskan oleh Sang Pendeta Agung untuk pergi ke Benua Elir, menghentikan konflik dua kerajaan besar yaitu Kerajaan Serenade yang dipimpin Raja Althor dan Kerajaan Vandergaard yang dipimpin oleh Raja Xaliber. Ditemani para Prajurit Suci, ia berangkat menuju benua asing di timur laut untuk mengaminkan takdir yang telah dituliskan untuknya.

Liarra adalah nam
...more
Melody Violine
Apr 14, 2012 rated it really liked it
Takdir Elir adalah buku pertama dari trilogi Chronicles of Elir karya Hans J. Gumulia. Novel ini merupakan novel ketiga Vandaria Saga, menyusul Harta Vaeran dan Ratu Seribu Tahun yang sudah terbit sebelumnya. Selain kesamaan hidup di semesta, sejauh ini tidak ada hubungan cerita yang signifikan di antara Takdir Elir dengan kedua novel pendahulunya. Ketebalannya pun kurang dari setengah masing-masing novel tadi sehingga membeli Takdir Elir tidak membutuhkan pertimbangan seberat Harta Vaeran dan R ...more
Caroline
Mar 27, 2012 rated it it was amazing
Buku yang menarik untuk dibaca!

Meskipun awalnya saya tidak pernah tau apa itu Vandaria dan frameless karena biasanya saya bukan pecinta buku ber-genre fantasy seperti ini, saya tertarik untuk membaca buku ini ketika melihat covernya yang cantik.

Ketika saya mulai membalik halaman demi halaman, tak terasa saya terhanyut kedalam dunia Vandaria dan ceritanya. Bahasa penulisnya yang menarik dan mudah dicerna (oleh saya, sang orang awam) membuat saya terhibur dan perlahan mulai dapat membayangkan duni
...more
Alex
Oct 20, 2012 rated it it was amazing
Shelves: owned-books
I bought this book because I read Hans J. Gumulia's short story in KRISTALISASI "Pentagon", which quite made me confused a bit but I love the characters' parts, even I still didn't get the point of telling their stories (back then)...

AND THEN... I read TAKDIR ELIR on that fated day and realized "Oh, okay.. it was like the introduction or some sort of excerpt of what's happening in Elir Trilogy, get it.. get it.."

And reading his work, made me think of an RPG game (which is good) such as Tales se
...more
Andry Chang
Lima menguak takdir, melintas masa, memutar roda.

Bacalah panduan lengkapnya di:
http://fantasindo.blogspot.com/2012/0...
Mahfudz D.
Mar 10, 2012 rated it it was ok
Entah kenapa, aku ngerasa kok kayanya dipaksakan jadi trilogi ya?
-____-
Kristy Tjong
Ceritanya mayan asik buat diikuti. Tapi jujur saya agak sweatdropped juga sama beberapa poinnya...

Dua negeri yg lagi panas2nya perang, langsung pada anteng begitu disuguhi kata "takdir" pada sebuah surat.

Lalu (saya nggak setuju juga sama reviewer yang bilang novel ini kebanyakan fillernya), menurut saya justru segala sesuatunya terjadi dengan terlalu cepat. Alur di paruh pertama cerita udah pas. Tapi begitu udah masuk paruh kedua, saya ngerasanya kayak diburu2 banget ceritanya. Sebentar udah ke
...more
Sabilal  Ramadhan
Apr 15, 2012 rated it really liked it
aku rasa keinginan penulis untuk membuat cerita yang mengambil setting di benua elir,vandaria ini agak kurang pas(it's just my opinion). sehingga konflik yang terkandung pada buku rada "kurang bumbu".. konflik baru terasa pedas-asam-manisnya di akhir-akhir buku. perjalanan liara dan sigmar pun kurasa agak sedikit plat. namun adanya peta benua elir di awal buku menjadi nilai plus dari buku ini.bebeda dengan buku vandaria saga sebelumnya yang pernah kubaca, ratu seribu tahun yang tidak memberikan ...more
Agam Wira sani
Nov 22, 2012 rated it really liked it
Sebuah buku yang membawa ukiran kisah dan tertulis baik di dalamnya.
Terimakasih saya ucapkan kepada buku Takdir Elir. Buku yang telah mengenalkan saya kepada vandaria saga serta kepenulisan novel fantasy.
Buku yang menginspirasi saya untuk mengukir kisah, menulis cerita fantasy walaupun masih dalam tahap perkembangan "iseng-iseng" saja.

Terimakasih Hans J. Gumulia, terimakasih Takdir Elir, terimaksih Vandaria Saga.
semoga kristalmu tetap terang, mengukir dan mengalun damai di Vandaria Saga.
Dina Begum
Kisah ini menarik, bikin aku betah melahap halaman-demi halaman sampai habis tidak bersisa. Hanya saja kenikmatan membacaku agak tersandung-sandung oleh gaya penulisannya. Kemungkinan besar sih karena gayanya tidak sesuai dengan seleraku saja, atau bisa jadi karena sepanjang membaca aku sering membatin 'eh ini mirip cerita ini' atau 'lho kok ini seperti novel itu.'
« previous 1 3 4 5 6 next »
topics  posts  views  last activity   
Kastil Fantasi: Chronicles of Elir 268 157 Jan 25, 2013 10:39PM  

Readers also enjoyed

  • Hailstorm (Vandaria Saga)
  • Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010
  • Anak Rembulan: Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari
  • Nibiru dan Kesatria Atlantis
  • Orang-Orang Tanah
  • Rencana Besar
  • Chronicle (Ther Melian, #2)
  • Sabda Palon 2: Roh Nusantara dan Orang-orang Atas Angin
  • Buku Ajar Koas Racun
  • Utukki: Sayap Para Dewa
  • Manxmouse
  • Touché: Alchemist (Touché, #2)
  • Garudayana Vol. 4
  • Sincerely Yours
  • Oda Nobunaga
  • Three Weddings and Jane Austen
  • Bintang Bunting
  • Intertwine: Takdir yang Berjalin
See similar books…

Other books in the series

Trilogi Elir (2 books)
  • Vandaria Saga: Masa Elir (Trilogi Elir, #2)