Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Danur” as Want to Read:
Danur
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Danur

4.09  ·  Rating details ·  4,516 ratings  ·  249 reviews
Jangan heran jika mendapatiku sedang berbicara sendirian atau tertawa tanpa seorang pun terlihat sedang bersamaku. Saat itu. mungkin saja aku sedang bersama salah satu dari lima sahabatku.

Kalian mungkin tak melihatnya.... Wajar. Mereka memang tak kasat mata dan sering disebut... hantu. Ya, mereka adalah hantu, jiwa-jiwa penasaran atas kehidupan yang dianggap mereka tidak a
...more
Paperback, 216 pages
Published January 2012 by Bukune
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Danur, please sign up.
Popular Answered Questions
Faizia Pergi ke toko buku dan beli bukunya. Goodreads bukan aplikasiuntuk baca buku, tapi untuk review buku.

Community Reviews

Showing 1-30
4.09  · 
Rating details
 ·  4,516 ratings  ·  249 reviews


Filter
 | 
Sort order
Vera Maharani
Aug 15, 2012 rated it it was ok
Recommends it for: Orang-orang yang tidak keberatan membaca cerita bagus dengan kesalahan penyuntingan di sana-sini
Kisah seorang gadis kecil yang berteman dengan lima hantu anak kecil dari zaman penjajahan Belanda. Premis itu sangat menarik buat saya, apa lagi penulisnya, Risa Saraswati, adalah seorang penyanyi yang sedang naik daun. Salah satu teman baik saya, Dini Fauziah Pratiwi, sangat merekomendasikan penyanyi ini, yang menurutnya menyajikan pengalaman menikmati musik yang 'berbeda' (I haven't had the pleasure to listen to her music properly, though). Karena itu, saya pun membaca buku ini dengan ekspekt ...more
Sulis Peri Hutan
Mar 31, 2012 rated it really liked it
Shelves: koleksiku
kau tau kan apa itu Danur? itu adalah air berbau busuk yang keluar dari mayat yang mulai membusuk.

membaca buku ini membuat saya memahami kalau 'mereka' juga butuh curhat, 'mereka' kesepian, butuh teman

.......
review lengkap di http://www.kubikelromance.com/2012/06...

Jangan heran jika mendapatiku sedang berbicara sendirian atau tertawa tanpa seorang pun terlihat sedang bersamaku. Saat itu, mungkin saja aku sedang bersama salah satu dari lima sahabatku.

Kalian mungkin tak melihatnya… Wajar. Mereka m
...more
Mpur Chan
Mar 21, 2015 rated it it was amazing  ·  review of another edition
“Jangan heran jika tak sengaja mendapatiku sedang berbicara, atau tertawa ketika tidak ada siapapun yang sedang terlihat bersamaku. Aku tidak sendirian seperti yang terlihat. Coba picingkan sedikit mata kalian, dan lihat aku sedang berbicara dengan siapa.”

Risa memiliki kelebihan. Tidak seperti kebanyakan orang, ia bisa melihat dan berdialog dengan mereka yang tak kasat mata. Kelebihan ini membawanya ke dalam persahabatan dengan lima anak hantu Belanda bernama Peter, William, Janshen, Hendrick,
...more
Viona
May 01, 2015 rated it really liked it  ·  review of another edition
Jiwaku sudah hilang, tak bisa lagi disebut manusia. Tapi kini aku merasa jauh lebih hidup daripada saat aku hidup dulu. Aku bahagia, mungkin aku adalah jiwa mati paling bahagia yang pernah ada.- Will

Secara keseluruhan, buku ini adalah sebuah novel. Tetapi, tiap babnya memiliki ‘judul’ yang berbeda. Bukan hanya judul yang berbeda, tapi ‘tokoh’ yang diceritakan juga berbeda. Cerita ditulis dari sudut pandang orang pertama, setiap babnya.

Pada bagian prolog–atau bisa disebut saja pada bagian awal, b
...more
Rido Arbain
Gerbang Dialog Danur adalah edisi repackaged dari buku berjudul Danur yang pernah diterbitkan Bukune pada tahun 2011.

Buku ini bukanlah novel fiksi, tapi cenderung nonfiksi karena isinya berupa memoar pribadi penulis. Lewat buku ini, Risa Saraswati membeberkan pengalamannya selama mengenal hantu-hantu Belanda semasa kecil. Ya, hantu. Sejak kecil Risa sudah dihadiahi kemampuan melihat 'mereka'—sosok tak kasat mata yang akhirnya malah jadi sahabatnya. 

Ada Peter si anak remaja pendek yang sangat na
...more
Dyah
This is basically DANUR (2012) with a few changes/additions. The cover design changes (so does the logo of the publisher, Bukune). GDD has an adorable illustration of Risa & her 5 ghost friends. I like this very much, though I think DANUR also has a unique cover design that I like, employing cut out technique. Hence, I don't regret buying both books. In GDD, the name RISA SARASWATI is bigger than in DANUR. I think it's because she becomes more famous lately... Her name becomes a selling poin ...more
Isnanto
Saya bukan peminat buku bergenre horor, namun dikarenakan hype atas promosi film, trailer dan asal muasal cerita yang diangkat pada buku ini, membuat saya akhirnya membeli buku ini. Saya mendapatnya buku versi cover film yang menunjukkan bahwa saya termasuk dalam golongan orang-orang yang telat mengetahui kisah peter cs.

Ekspektasi dari buku ini awalnya adalah saya ingin menemukan jawaban berupa cerita bagaimana si Risa menyadari bau danur yang menjadi penanda bahwa peter cs bukan manusia, dan ba
...more
Zulqa'ida Rizha Rizha Vahlevi
Saya membaca cerita horor dengan pandangan berbeda.



Saya salah, seharusnya saya membaca buku ini terlebih dahulu baru menonton filmnya. Tetapi pada kenyataannya saya melakukan sebaliknya. Dan, semuanya membuat saya bertanya-tanya, mengapa begini dan mengapa begitu.

Pertama, Saya membaca Danur dengan pandangan berbeda. Saya kurang suka dengan film atau bacaan bergenre horor, tetapi di Danur saya sangat menyukainya. Dalam Danur, penulis tidak perlu memaksa membuat cerita itu mistis, karena dalam k
...more
Sulhan Habibi
Ok. Salahku yang berharap ada kengerian di buku ini walaupun sedikit, tapi nyatanya nggak ada.

Ceritanya cukup seru dan membuat ingin tahu lebih banyak lagi mengenai Lima Sahabat tak kasat mata Risa.

Ilustrasinya bagus.

Tapi, endingnya tahu nggak sih aku jadi kepikiran ingin melihat makhluk dari dunia lain. Tapi, aku tersadar ini bukan idea yang menarik 😂😂😂
Rezza Dwi
Apr 24, 2017 rated it liked it
3,5 bintang dariku :D

Seru, seru. TBH, aku nggak suka cerita horor, tapi ternyata aku bisa menikmati buku ini. Danur berhasil kutamatkan hanya dalam beberapa jam saja (sembari diselingi ini itu).

Tulisannya ngalir dan enak dibaca. Bukan rasa takut yang kudapat setelah baca ini, tapi aku terharu. Di balik hal yang terlihat menyeramkan, banyak sekali kisah menyedihkan yang tersembunyi.

Btw, aku baca ini dalam rangka diajakin ibuku yang pengen banget nonton filmnya hari ini. Baca dulu sebelum nonton~
...more
Ronald Otong
Apr 06, 2015 rated it really liked it  ·  review of another edition
Salah satu buku yg terbaca dalam 1 hari :D
Hanya ada 1 alasan kenapa bisa beres dalam 1 hari, rasa penasaran yg tinggi tiap membuka lembar demi lembar buku ini, aslinya da :D

Boleh dibilang buku ini adalah (50%) biografi sang penulis yaitu Risa Saraswati. Karena memang berisi pengalaman pribadi Risa bersama "temen2"nya dari dia mulai kecil (kelas 5 SD) klo tidak salah sampai dia sudah mulai mapan dengan dunianya di Sarasvati.

Secara garis besar buku ini menceritakan tentang kisah persahabatan Risa
...more
Nalia
Feb 26, 2013 rated it really liked it
Shelves: indonesia, mystery, ghost
Buku ini di rekomendasikan sama teman dan ternyata merupakan kisah nyata...
Epik banget rasanya baca buku ini jam 12 malam, awalnya ga tau lho kalau ternyata buku ini menceritakan Kisah Risa dengan kelima sahabatnya yang bisa dibilang bukan manusia.

Sederhana tapi mengandung banyak makna kehidupan, bahkan pelajaran hidup pun dapat diambil dari kisah para hantu yang Risa tuliskan di bukunya. Contohnya, sebagian hantu memang jahil tapi sebagiannya lagi hanya kesepian dan membutuhkan teman berbicara
...more
Dyah
Apr 11, 2012 rated it really liked it
Thanks to Danur, my thirst for horror story is satiable (for now).
It was love at the first sight when I see the cover design (no, the photo you see here doesnt do it justice, it's way nicer when you see the actual book), and it turned out the inside layout/design is lovable as well. Though I'm not really fond of the illustrations, they suit the story well.

Now, I'm sure I'm not the only one wondering what the meaning of Danur is when hearing/reading this word. The author explains it nearing the e
...more
Truly
Oct 09, 2015 rated it really liked it  ·  review of another edition
Namaku Risa. Aku bisa melihat 'mereka'.
Namaku Truly. Aku bisa (tapi sangat tidak ingin) melihat 'mereka"

......
......
......

http://trulyrudiono.blogspot.co.id/20...

Konon khabarnya, 'mereka' bisa dilihat dan berkomunikasi dengan Risa atau orang-orang seperti Risa dikarenakan mereka 'klik'. Ada yang berpendapat kedua pihak memiliki gelombang frekuensi dan aura yang sama jadi bisa saling mengetahui keberadaan satu sama lain. Ada yang mengikuti pelatihan khusus untuk bisa berkomunikasi dengan 'mereka'
...more
Winna
Jul 05, 2012 rated it really liked it
Shelves: general-fiction
Buku ini tidak jatuh pada kategori horor maupun misteri, juga bukan teenlit, jadi saya mengkategorikannya sebagai general fiction.

Overall suka dengan formatnya yang variatif, dari surat, kisah pendek berbagai sudut pandang, dan jurnal. Suka juga dengan gaya penyampaiannya yang walau kadang agak kaku untuk beberapa karakter yang masih muda, menunjukkan begitu banyak potensi sebagai penulis debut. Ada beberapa adegan yang lumayan seram, tapi keseluruhannya sangat menunjang cerita. Ilustrasinya jug
...more
Dian Hartati
Feb 05, 2014 rated it liked it
Shelves: novel
Keinginan membaca Danur datang ketika saya ingin membandingkannya dengan naskah-naskah bergenre horor yang pernah edit.

Hm, ternyata setelah membacanya saya tidak takut (perlu diketahui saya seorang penakut). Dan ternyata juga hal yang membuat buku ini "ngena" banget sama diri saya adalah perihal kepergian.

Batas antara benci dan cinta itu tipis sekali. Saya hampir saja "membenci" Tuhan ketika kehilangan suami dan kisah itu saya dapatkan dalam Danur.

Satu pelajaran penting setelah membaca Danur a
...more
Alvi Syahrin
Jul 28, 2012 rated it did not like it
Buku ini menarik sebenarnya. Tapi karena diset seolah-olah kisah nyata, saya tidak bisa relate sama ceritanya. Masalahnya adalah... saya tidak percaya adanya hantu. Apalagi hantu gentayangan. ._.
Tristanti Tri Wahyuni
Sep 11, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: favorites

Jangan heran jika mendapatiku sedang bicara sendirian atau tertawa tanpa seorang pun terlihat bersamaku. Saat itu, mungkin saja aku sedang bersama salah satu dari lima sahabatku.

Kalian mungkin tak melihatnya. Wajar. Mereka memang tak kasat mata dan sering disebut... hantu–jiwa-jiwa penasaran atas kehidupan yang dianggap mereka tidak adil.

Jujur, sebenarnya saya ini penakut. Jangankan berurusan dengan hantu, mau ke kamar mandi di rumah lewat jam 10 malam saja saya tidak berani. Namun, saya mem

...more
Ratna Sari
Feb 16, 2018 rated it really liked it
Shelves: ebook-2018

.
.
"Kamu tidak perlu memakan cokelat-cokelat itu lagi, saya yang akan menggantikan mereka... mengatasi segala tekanan yang yang kamu rasakan. Izinkan saya mendampingimu..." (hlm. 164)
.
.
Akhirnya aku memberanikan diri membaca bukunya kak Risa. Dan aku berhasil! 😄😄 Oke, mungkin memang terkesan lebay, tapi untuk orang yang penakut sepertiku, membaca buku horor Indonesia selalu bikin keberanianku ciut. Walaupun takut, aku penasaran juga, makanya saat ada diskon beberapa waktu lalu di Goggle Play, aku
...more
Jennifer Jd
Aug 23, 2018 rated it really liked it
Buku ini sempat dibicarakan banyak orang ketika film adaptasinya sukses di box office Indonesia. Melihat poster filmnya yang bernuansa begitu gelap dan menyeramkan, genre horor menjadi yang pertama terpikirkan olehku. Sebagai penggemar cerita-cerita horor, aku langsung menargetkan buku ini dan membelinya ketika ada kesempatan.

Tapi ternyata begitu membaca beberapa halaman pertama aku sadar asumsi awalku tentang buku ini salah besar. Horor jelas bukan tema utama buku ini. Risa Saraswati seakan tid
...more
Frida Anantya
Dec 21, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
I never interested in horror stories because I get scared easily. But I was curious about this book after I listened to "Story of Peter", a song that based on true story in a town where I live. And surprisingly, this book didn't scare me at all, umm...even when I had to stopped reading -twice- because *sigh* I felt a bit 'uncomfortable' while I was reading it. In fact, the story of Samantha brought tears to my eyes. I rarely cry when read or watch a movie, so even I was quite surprised by it.

Ab
...more
Dessy Priyatna
Ini di luar ekspektasi saya, baca buku ini cepet banget, total 220 halaman gak sampai seharian, cuma sambil duduk nungguin anak-anak main dah kelar bacanya. 😁
.
.
Bukan, bukan karena saya begitu penasaran dengan jalan ceritanya, saya cuma nyari seremnya di mana, atau juga karena gaya berceritanya terlalu lugas banget jadi saya bacanya cepet gak mesti banyak mikir atau karena saya kebanyakan baca Eka Kurniawan, Dee Lestari, Seno Gumira, Sapardi Djoko Damono atau gimana?
.
.
Hehe maaf Mba Risa, bukan be
...more
Dini Maulidya
Oct 15, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Pertama kali kenal teh Risa (penulis buku ini) di youtube pas doi ngajak jalan-jalan Prilly ke suatu taman (aku lupa) buat ngeliat-ngeliat hantu-hantu yang ada di sana. Aku suka karakter teh Risa dan pas tau doi nulis buku jadi kepengen baca. Tentunya dari bukunya yang pertama wajib dibaca karna sudah dibuat movie-nya: Danur.

Waktu peluncuran movie Danur, buku ini sempat kehabisan stok dimana-mana. Setelah itu diproduksi ulang dengan cover yang baru. Aku rundung mau beli karena nggak pernah suka
...more
fica
Apr 30, 2012 rated it really liked it
Shelves: favorites, drama
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
ellemaddy
Aug 31, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Interestingly enough all these ghost stories bring tears to my eyes. My coworker is a big fan of Risa Saraswati and she lent me her books, all complete with a personalised stamp that said "property belongs to ... (her name)" and Risa's autographs. I find this book unique since it is supposedly based on real life events and that the author herself isn't writing a horror book, it's more like an autobiography where she can take lessons from each ghosts and period of her life and we can learn from h ...more
Muhammad Rifall Zainal
Buku pertama dari teh Risa Saraswati yang saya baca. Saat pertama kali saya baca blurb-nya di bagian belakang, saya langsung tertarik. Berekspektasi bahwa novel ini bakal menakutkan. Tapi ternyata salah. Novel ini lebih banyak 'sedih'-nya daripada seram. Seriously. Mungkin hanya beberapa bagian saja yang bikin saya merinding. Agak kecewa karena isinya gak semenyeramkan gambaran di blurb. But it's okay. Itu karena saya yang berekspektasi terlalu tinggi.

Poin plus untuk novel ini adalah bahasa sim
...more
Dessy
May 08, 2017 rated it liked it
Saya membaca buku ini setelah menonton filmnya. Saya tidak suka filmnya tapi malah jadi penasaran dengan bukunya karena filmnya "full of plot holes" dan banyak hal yang tidak masuk akal (well, jangan mikirin hantu dengan akal sehat).

Filmnya jelas bergenre horor, atau mencoba untuk menjadi horor, sementara buku Danur ini lebih ke cerita persahabatan. Tentu saja bisa masuk genre horror karena ada hantunya, tapi ini memang cerita persahabatan, baik dengan hantu atau dengan diri sendiri. Buku ini ja
...more
Puti
Sep 14, 2018 rated it it was amazing  ·  review of another edition
Kisah ini tidak seseram yang aku bayangkan. Bahkan tidak seram sama sekali. Aku menyukainya.
Kisah pertemanan antara manusia denga sosok yang tak kasat mata.
Kisah seorang gadis kecil bernam Risa yang memiliki lima orang sahabat dari dunia lain, yaitu Peter, Hans, Hendrick, William dam Janshen. Lalu seiring berjalannya waktu, Risa tak lagi menjadi seorang gadis kecil, pada saat itulah ia kehilangan kelima sahabatnya. Ia pun bertemu dengan hantu-hantu lain yang memiliki kisah tragis. Hingga ia se
...more
Arneldi Silitonga
May 19, 2017 rated it really liked it
Mending nonton filmya dulu..




Sebelum baca bukunya.. :)
Karena filmnya sangat berbeda dengan bukunya.
Gaya penulisannya menarik dan tidak membosankan. Mungkin karena hampir seluruhnya dituliskan dalam bentuk pengalaman hidup. Namun, pemaparan beberapa karakter pembantu yang terkesan hanya untuk 'menebalkan buku' membuat buku ini jadi sedikit membosankan.

Selain itu juga, plot yang terlalu acak dan konklusi di bab akhir yang intinya self-reminding bikin buku ini ngga plong di akhir cerita.

Looking forw
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Nibiru dan Kesatria Atlantis
  • A Girl Who Loves A Ghost
  • Glam Girls
  • Incognito
  • Camar Biru: Cinta Tak Selalu Tepat Waktu
  • Reputation
  • 86
  • Mahogany Hills
  • Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu
  • Traces of Love
  • Cinderella Rambut Pink (Kos-kosan Soda, #2)
  • Rencana Besar
  • Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan
  • Jerusalem: Kesucian, Konflik, dan Pengadilan Akhir
  • Target Terakhir
  • Merdeka Dalam Bercanda
  • Buku Ajar Koas Racun
  • Rahasia Selma: Kumpulan Cerita
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Tuhan, jangan pisahkan aku dengan adik yang sangat kusayangi, itu saja Tuhan. Aku terlalu mencintainya, hingga tidak tahu apa yang akan kulakukan jika harus melalui hari-hari tanpanya.” 3 likes
More quotes…