Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Pada Sebuah Kapal” as Want to Read:
Pada Sebuah Kapal
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Pada Sebuah Kapal

3.58  ·  Rating details ·  1,068 Ratings  ·  71 Reviews
Setelah tunangannya (Saputro) tewas dalam kecelakaan pesawat terbang, akhirnya Sri menikah dengan Charles Vincent. Pasangan ini kemudian bermukim di Kobe, Jepang. Meskipun sudah memperoleh seorang anak dari diplomat Perancis itu, Sri sesungguhnya tidak merasa bahagia.

Tidak dinyana, dalam perjalanan liburan dari Saigon menuju Marseille, Sri menemukan kembali kemesraan dan k
...more
Paperback, 351 pages
Published 1985 by PT. Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Pada Sebuah Kapal, please sign up.

Popular Answered Questions

Ita Yunita terakhir saya beli di Gramedia dengan cover berbeda. Tapi bisa menelusuri penjual buku online, klik di google saja.

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Dita
Jul 16, 2007 rated it it was amazing
Shelves: classic
Saya jatuh cinta pada N.H. Dini pada buku ini. Tulisannya mengalun, menyiratkan kesederhanaan dunia timur sekaligus menyuarakan kebebasan. Caranya melukiskan cinta luar biasa. Dan saya tiba-tiba ingin jadi penari..
Endah
Apr 12, 2009 rated it really liked it
Nama NH Dini sudah kudengar sejak aku di SMP lewat pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jika harus menyebut salah satu karya terbaiknya dari sekian banyak buku yang ditulisnya, Pada Sebuah Kapal adalah jawabannya. Novel panjang yang konon memakan waktu 10 tahun dalam proses penerbitannya ini, bisa jadi merupakan otobiografi penulisnya. Banyak terdapat kesamaan, baik kisah maupun karakter, antara tokoh Sri dalam buku ini dengan NH Dini yang juga bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukati ...more
Sweetdhee
NH Dini dan Pada Sebuah Kapal hanya saya kenal lewat buku text pelajaran Bhs Indonesia jaman sekolah dulu..sekedar diingat untuk menjawab soal2 ujian atau saat mengikuti cerdas cermat *ciie-ciee, cerdas cermat*
Waktu bbrp kali sempat bertandang ke kos teman di Sendowo, Yogya, namanya kembali muncul karena konon beliau menetap dipanti jompo dSendowo..Saat bergabung dengan GRI,lagi-lagi nama ini muncul dan mengulik rasa penasaran, jadi lah saya beli buku nya..

Bab-bab awal membuat saya menyesal tida
...more
Dwi Riswanandi
Apr 19, 2011 rated it liked it
Sri dilahirkan dari keluarga sederhana yang sangat menyenangi seni. Ayahnya adalah seorang pelukis. Sejak kecil, dia dimasukkan ke sekolah tari. Sri adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Saat umurnya tiga belas tahun, ayahnya meninggal dan setelah selesai sekolah menengah atas, Sri bekerja sebagai penyiar radio yang terdapat di kotanya. Selama tiga tahun menjadi penyiar radio, ia mulai merasa jenuh dengan pekerjaannya. Akdirnya dia singgah ke Jakarta di rumah pamannnya dan bekerja sebagai pe ...more
ana
Aug 13, 2013 rated it really liked it
Shelves: lokal
kita lebih baik memikirkan harapan yang sejelek-jeleknya untuk kemudian tidak terlalu menemukan kekecewaan. (N.H. Dini, 1973: 390)

bagaimana bila kita terlambat menemukan cinta?
mungkin bukan terlambat, hanya saja harus menemui penderitaan yang amat sangat sebelum kita menemukannya.

sang penari telah terlebih dahulu merasakan sakitnya ditinggal oleh belahan jiwanya untuk kemudian menikah dengan orang yang ternyata hanya menyakitinys setiap hari. hatinya telah mendingin bahkan kepada anak suaminya
...more
Ita Yunita
Apr 28, 2015 rated it really liked it
Dalam novel ini NH Dini memberikan kejutan yang tak terduga, ia menghadirkan dua segmen cerita, dimana masing-masing segmen menceritakan secara detail kronologis perjalanan hidup kedua tokoh utama, mula dari masa kecil hingga saat hubungan romantika keduanya berlangsung.

Segmen pertama bertajuk "Penari" menceritakan kisah Sri dari sudut pandang Sri sebagai tokoh aku. Bagian ini terasa sangat feminin, unsur kehalusan sangat terasa pada ungkapan-ungkapan perasaan Sri.

Sedangkan segmen kedua berjudul
...more
Imas
Buku ini sudah lama sekali ingin dibaca, sejak zaman sekolah, tp entah kenapa baru sekarang bisa dibaca...Kenapa Yah..Aku jg bingung...Ceritanya mirip dengan salah satu seri buku kenangan yg ditulis oleh NH Dini, soal perjalanannya disebuah kapal yang menemukannya dengan pria yang sangat dicintai saat masih terikat dalam perkawinan....Jadi membuat kita berfikir kisah ini mungkinkah kisah nyata beliau...Karena mirip dengan buku yg sudah pernah kubaca, jd seolah hanya mengulang dengan sedikit tamb ...more
Ratna
Mar 08, 2008 rated it really liked it
Recommends it for: siapa aja yg mencintai sastra indonesia
baca buku ini pertama kali pas kelas 1 SMA. pinjem dari perpustakaan sekolah.terkaget-kaget juga dengan kelancaran tutur cerita NH Dini dan kehalusan gaya bahasanya.
inget banget pas disuruh ama guru bahasa indonesia untuk bikin resensi novel indonesia, aku langsung pilih buku ini. dan ama guruku waktu itu, aku disuruh baca hasil resensiku didepan kelas. rata-rata temen aku pada melongo waktu itu. mungkin mereka terkaget-kaget aku sempet-sempetnya baca buku "seberat" itu.
aldo zirsov
Nov 30, 2008 rated it really liked it
Shelves: indonesian
edisi buku Nh. Dini, Pada Sebuah Kapal, Penerbit Pustaka Jaya, cetakan I, tahun 1973
Syifa Adiba
Sebenernya, cerita ini sudah lama saya baca. Hm. Sekitar kelas 2 smp dan sekarang saya udah semester 3. Oke, OOT banget. Malah ngomongin umur. Yang jelas, saya tertarik membaca buku ini karena ada di buku teks bahasa Indonesia punya kakak saya yang SMA tahun 80-an. Tua banget, ya? Hahaha.

Yang membuat saya tertarik adalah sinopsis dari isi buku ini. Tentang seorang wanita yang harus kehilangan tunangannya karena sang tunangan mengalami kecelakaan dan akhirnya dia menikah dengan seorang diplomat
...more
winda
Mar 19, 2011 rated it it was ok
Shelves: book-borrowing
Saya suka dengan kesederhanaan NH.Dini dalam bercerita, tidak terkesan hiperbolis . Novel ini merupakan karya yang populer dari Nh.Dini dan dikutip dalam buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia.

Sesungguhnya cerita di dalam novel ini menarik,kisah percintaan selalu menarik untuk disimak: kehilangan, kerinduan, kebahagiaan, pengharapan...
Namun saya merasa bosan... memang pada bagian awal buku ini, Nh. Dini membukanya dengan menarik bagaimana perjuangan Sri setelah ditinggalkan ayahnya untuk dapat hi
...more
Truly
Nov 19, 2008 rated it liked it
Miris juga mendengar sekarang NH Dini hidup disebuah panti jompo dalam kondisi keuangan yang jauh cari cukup. Bahkan kabarnya, beliau ingin melelang beberapa lukisannya, guna menyambung hidup!

Buku pertama yang kubaca adalah Bumi sahabat kami, salah satu autobiografinya. Ada yang menyebutkan kalau buku ini juga merupakan autobiografinya, bahkan khabarnya dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa menuntaskan buku ini.

Buku yang sudah terdiri dari dua sudut pandang cerita kedua tokohnya.
Dari sisi sang w
...more
Kusnul Latifah
SRI - SANTOSA
SRI - CHARLES
SRI - MICHEL

Kisah cinta Sri yang penuh lika - liku....
Zhico zulfa choiriyah
Jan 07, 2015 rated it it was amazing
Sebuah buku yang sangat bagus. Buku ini mengisahkan tentang kehidupan, cinta dan keluarga. Perjalanan cinta yang tidak berarti tamat ketika dua orang telah menikah. Pernikahan dan percintaan adalah dua hal yang sama sekali berbeda tapi tersaji dalam piring yang sama. Jatuh cinta lagi dan menjalani percintaan yg romantis pada sebuah kapal yang jauh dari "kapal" rumah tangganya, telah menyeret tokoh Dini sekaligus pembaca pada pengalaman yang berbeda. Percintaan yang saya enggan menyebutnya dengan ...more
Teguh Affandi
Nov 22, 2013 rated it it was amazing
Selain "Sebuah Lorong di Kotaku" aku sangat mencintai buku ini. Aku merasa Nh Dini menulisnya dengan penuh perasaan, kelembutan, dan kesederhanaan.
Dalam buku ini konflik yang dilalui oleh tokoh utama Sri, sangat komplek. Keluarga, karir, dan kisah percintaannya yang romantis dan asyik dinikmati.

Hal yang sangat kusukai adalah kesederhanaan nilai femins yang dianut oleh Sri, seorang lelaki tidak sewajarnya memamerkan kekuasaan dan menganggap wanita (red: istri) sebagai orang yang satu strata di b
...more
Annisa Finnuala
Feb 07, 2016 rated it really liked it
Saya menemukan buku ini di perpustakaan sekolah, kebetulan mendapat tugas dari guru B. Indonesia Saya untuk membuat resensi buku roman.
Karena saya penasaran, (dan kebanyakan malah teman-teman saya mencari resensinya di internet dan tinggal sedikit membuat ulang dan terima jadi), saya memutuskan membaca buku ini.
Dari awal cerita, (yang ternyata berseri), saya sudah sangat tertarik dan senang mengikuti alurnya yang tidak membosankan sama sekali dan bahasa yang dituturkan mudah untuk dimengerti.
Ulil Ananta
Nov 23, 2012 rated it it was amazing
Novel yang sangat manusiawi. Dengan gaya bahasanya N.h Dini yang mengalir lembut menambah semakin menariknya cerita antara seorang penari dan perwira kapal ini. Ending cerita yang merupakan sebuah penantian lelaki terhadap kekasihnya di kota Paris membuat serasa gak nyesel baca nich novel! Saya membaca cuplikan cerita novel ini ketika SMA, dan baru sekarang saya mendapatkan buku ini terbitan pertama.
Intan Kirana
Sep 21, 2012 rated it liked it
ceritanya bagus, dan gaya penceritaannya eyang nh dini banget, saya selalu suka gayanya beliau, tapi sayang, saya baca buku ini setelah baca jepun negerinya hiroko, la grande borne dan seri cerita kenangan lain, jadi saya seperti membaca sebuah cerita yang sama berulang kali, karena kalau tidak salah, Eyang Dini juga pernah bilang bahwa pada sebuah kapal ini terinspirasi oleh cerita hidupnya. Jadinya yah, waktu baca ini tidak ada hal yang mengejutkan bagi saya.
Rahmadi Fajar Himawan
Sebagai Sri dalam Pada Sebuah KapaI", perempuan menebas persepsi penulis laki-laki terhadap kaum saya : bahwa kaum perempuan selalu berlemah lembut baik dalam fisik dan rohani. Bahwa perempuan selalu menerima segala sesuatunya seolah menjadi kodratnya. Dan mereka salah. Salah besar.

Karena sebagai Sri, perempuan benar-benar berhakikat sebagai perempuan bila dilukiskan oleh kaumnya sendiri.
Nyie Rombeng
mungkin maksud NH Dini pada arti kata "kapal" adalah penjelajahan hati.
bagaimana tidak,seberapa kali sri bersuamikan yang berbeda profesi bahkan beda ras tidak membuatnya menyerah menemukan suami yang sempurna untuk dirinya walaupun hatinya sedikit demi sedikit terkikis sakitnya rasa cinta.
well,cukup tegar sosok sri menurutku tapi adakalanya tidak semua impian manusia itu terwujud.
para readers pasti setuju dibalik kekurangan seseorang pasti ada kelebihan didalamnya?!:)
Kimi
Aug 07, 2010 rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: punya, indonesia, fiction
Tadinya mau ngasih lima bintang, tapi empat bintang aja deh. Soalnya, pas bagian Kapten Michel yang bernarasi, aku sudah tidak berminat lagi. :-D

Tapi, secara keseluruhan Nh. Dini bagus sekali dalam mengisahkan kisah cinta antara Sri dan Michel. Detil tapi tidak membosankan. Cerita mengalir dengan lancar dan diceritakan secara halus. Sedikit mengumbar seks, tapi masih dalam porsi wajar.
Dwi Patmawati
Nov 02, 2013 rated it really liked it
Sebuah kisah yang sederhana tetapi menyentuh..... Gaya bahasa yg digunakan juga biasa tidak berbelit.Pertama membaca waktu Smp, sampai sekarang masih terkesan dengan buku ini....miris mendengar kisah penulisnya,seorang penulis besar yang harus tinggal di panti jompo......Inikah wajah dunia sastra Indonesia?
Henny Sari
Aug 29, 2008 rated it it was ok
Shelves: novel-sastra
perspektif cowoknya tidak berhasil. sangat kecewekan banget! mengecewakan memang, beda jauh dengan Milan Kundera yang tekniknya seperti ini juga (The Unbearable Lightness of Being). sepertinya NH Dini kurang 'menjadi cowok' ketika memerankan cowok, sama halnya dewi lestari di buku pertamanya. tapi mungkin teknik spt ini di jamannya NH Dini lmyn baru ya..
Harun Harahap
Sebuah masterpiece dari Nh. Dini. Wajib dibaca!!!


************************************************************************

Tau cerita ini pas masih sekolah dulu. Gak nyangka ternyata kisahnya ada adegan seksnya. Kenapa gak itu aja yah bagian yang ditulis di buku pelajaran Bahasa Indonesia. Sapa tau nilai bahasa Indonesianya jadi bagus2!hehehehe...
Irsa
Nov 22, 2009 rated it liked it
romance yg totalitas...... i always love her work!!!!!!!!!!!!!!
sangat wajib baca..
nh dini slalu bikin penasaran pengen baca lagi dan lagi.
cara dy cerita tuh sangat totalitas. walopun dstiap bukunya slalu ada a glimpse of herself tetep tdk mengurai sisi menarik buku2nya

love her oh so muchhhhhh
Nenangs
Gue baca buku ini kapan ya? kayaknya SMP deh...pinjeman dari oom, mungkin pada waktu luang saat jeda membaca khoo ping hoo...hehehe...

Ngga begitu inget detil ceritanya, cuma meninggalkan kesan kuat aja.
Gilang Permana
Jan 07, 2013 rated it liked it
Sebuah cerita percintaan hingga pernikahan yang lengkap dengan pernak perniknya termasuk perselingkuhan, yang membuat istimewa adalah NH Dini mampu membuat alur yang diceritakan dari 2 tokoh dalam 2 bab serta penjelasan setiap karakter yang tidak biasa dalam novel Indonesia
Triasterina
Sep 11, 2007 rated it really liked it
Penari dan Pelaut,
mereka berdua perlahan-lahan dialun dan diayun oleh gelombang musik atau aluan ombak?

Ombak, musik, cinta pertama, gagal, dan letupan. I enjoyed reading this novel. I read it 3-4 times i guess...
Yuanita Intan
Dec 30, 2009 rated it liked it
Kemampuan Nh. Dini untuk menceritakan segala sesuatu dengan detail, termasuk lika-liku kehidupan seseorang dari dua sudut pandang, dimana orang itu bukanlah orang yang sebangsa dengan Nh. Dini sendiri, memang menakjubkan.
Asih
Jul 03, 2013 rated it it was amazing
diawali sebuah keterpaksaan membaca sebuah novel saat pelajaran B.Indonesia waktu SMA. tapi ternyata benar-benar menarik ceritanya, buku ini benar2 berkesan banget. mungkin ini buku pertama yang saya baca setelah sebelumnya saya tidak terlalu suka membaca. he
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Layar Terkembang
  • Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Badai Pasti Berlalu
  • Ca Bau Kan: Hanya Sebuah Dosa
  • Harimau! Harimau!
  • Belenggu
  • Orang-Orang Bloomington
  • Perburuan
  • Salah Asuhan
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Tarian Bumi
  • Pengakuan Pariyem
  • Para Priyayi: Sebuah Novel
  • Senopati Pamungkas (Senopati Pamungkas #1)
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Let Dai, Volume 02
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
824284
Nh. Dini (Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin) started writing since 1951. In 1953, her short stories can be found in most of national magazines like Kisah, Mimbar Indonesia, and Siasat. She also writes poems, radio play, and novel.

Bibliography:
* Padang Ilalang di Belakang Rumah
* Dari Parangakik ke Kampuchea
* Sebuah Lorong di Kotaku
* Jepun Negerinya Hiroko
* Langit dan Bumi Sahabat Kami
* Namaku
...more
More about Nh. Dini...