Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Tiga Manula Jalan-Jalan ke Singapura” as Want to Read:
Tiga Manula Jalan-Jalan ke Singapura
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Tiga Manula Jalan-Jalan ke Singapura

3.99  ·  Rating details ·  457 Ratings  ·  57 Reviews
Tiga Manula adalah seri kartun terbaru karya Benny Rachmadi. Menampilkan tiga tokoh dari etnis - Betawi, tionghoa, dan Jawa - Benny mengesplorasi habis habisan karakter mereka sebagai bahan cerita. Ditambah detail dan warna gambar yang menawan.

DDC: 741.5
Paperback, 90 pages
Published December 2011 by Kepustakaan Populer Gramedia
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Wirotomo Nofamilyname
Saya adalah orang yang benci dan sangat terpukul dengan sebuah perpisahan. Siapa sih yang tidak begitu?!
Tapi sialnya keterpukulan saya ini berlanjut bukan hanya menyangkut perpisahan di kehidupan pribadi. Saya tidak bisa tidur saat Savage Garden bubar (untung waktu Beatles bubar, saya belum lahir :-)). Saya dongkol banget waktu George Michael memilih bersolo karier. Dan saya kepikiran terus waktu KLa Project sempat dikabarkan berpisah jalan.

Jadi bisa ditebak saya juga sangat terpukul waktu Benny
...more
Lia Agustin
Aug 05, 2016 rated it really liked it
Tiga sekawan yang sudah manula ini bernama Sanip, Liem, dan Waluyo. Karena bisnis tablet android Liem sedang bagus-bagusnya, ia mengajak dua sahabatnya jalan-jalan ke Singapur! Wow, enak banget ya. Dan mereka bertiga ini 'ndeso'-nya gak ketulungan. Geli sendiri liatnya ha-ha.

Komik ini bagi saya kayak paket lengkap. Ada info-info yang oke punya, tips-tips, kultur orang sana, tempat-tempat wisata terkenal sampai makanan khasnya (ngiler banget sama singapore sling, es krim potongnya juga)! Namun di
...more
Akbar
Mar 12, 2012 rated it really liked it
Shelves: comics, benny-mice
Lucu, norak, nggemesin, ngelihat tiga manula yang punya rejeki jalan-jalan ke Singapura.

Satu lagi bukti kepiawaian Benny Rachmadi merekan realita sosial yang tertuang dengan sangat indahnya dalam bentuk kartun...
htanzil
Dec 15, 2011 rated it really liked it
Dalam komik terbarunya ini seperti biasa Benny Rachmadi mengangkat peristiwa-peristiwa keseharian yang sederhana menjadi sebuah kisah yang lucu dan menghibur.

Kali ini tokohnya adalah tiga orang manula yang berusia 70-an tahun dengan latar belakang etnis yang berbeda-beda. Ketiganya bersahabat dan sama-sama suka usil, iseng, dan nakal.

Yang paling uzur adalah Mbah Waluyo (76 tahun), bertongkat, kumis lebat, agak lambat berpikir,dan menganut kejawen, disusul Juragan Sanip (72 thn) ), punya kontrak
...more
Darnia
Badan boleh menua, namun jiwa selalu muda. Mungkin itu prinsip yg dianut ketiga manula kita di seri ini: Sanip, Liem dan Waluyo. Kalo ngeliat sekilas, yg kekinian jelas Oom Liem dan yang ndueso banget (tapi tahu kalo Singapura nggak pernah kena tsunami) adalah Waluyo. Sanip itu ibarat Tarsan di Srimulat, Ronald Surapraja di Extravaganza atau Parto di OVJ (yaelah tontonannya), karakter netral gitu.

Yg jelas seri ini nggak kalah kok sama seri-seri kolaborasi Benny dengan Mice dulu. Masih kocak.

Maka
...more
asdewi
Dec 21, 2011 rated it liked it
Recommends it for: semua yg suka baca komik, semua orang pada dasarnya sih
Lucu. Dan buku ini emang menyindir semua kelakuan orang2 Indonesia di SG dan kelakuan orang2 SG sendiri :))

Sayangnya sih buku ini emang kurang tebal. Dan to be honest, 50rb sih kemahalan untuk buku setipis ini >.<
Untung aku dapatnya dari bookswap :D
Guguk
Jan 10, 2016 rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: donat-meses
Lumayan menghibur (^__^)
Aku masih lebih suka pas mereka bertiga menyusuri utara dan selatan Jawa...info kulinernya lebih maknyuush~ (≧▽≦)
Nanik Nur'aini
May 31, 2013 rated it really liked it
Sebenernya ini adalah komik yang dibuat oleh komikus terkenal di Indonesia. Tapi format komiknya nggak seperti komik Jepang (Manga) ato komik Korea (Manhwa). Kalo menurutku sih, desain tampilannya lebih seperti komik superhero Amerika. Tapi tapi tapi, komik ini nggak nyeritain superhero ato komik dengan tokoh pria cantik ala Jepang. Benny, sang komikus sudah terbiasa mengangkat tema kisah sehari-hari dengan selipan humor nan konyol di setiap komiknya. Komik ini juga bisa dibilang sindiran untuk ...more
Adzhy
Jan 29, 2017 rated it it was amazing
Very good
Funny
Hahahahhaha
Uthie
Mar 17, 2014 rated it really liked it
Reviewnya singkat aja.

Ini pertama kalinya saya membaca kisah para tiga manula yang bertingkah gak seperti manula itu. Tiga manula dengan perjalanan mereka.

Waluyo dan Sanip diajak Liem untuk jalan-jalan ke Singapura. Kebetulan bisnis android Liem sedang sukses besar sehingga untuk merayakan hal tersebut, ia mentraktir dua sahabatnya itu untuk jalan-jalan ke Singapura. Dan.. di Singapura lah segala macam tingkah konyol mereka terjadi. Mulai membawa minyak angin yang super bau ke dalam kabin pesaw
...more
Damar Juniarto
Feb 06, 2012 rated it liked it
Shelves: 2012
Masyarakat Indonesia memiliki cara pandang unik pada generasi lanjut usia (lansia). Secara antropologis, kedudukan generasi ini seringkali didudukkan sebagai orang yang perlu didengar pendapatnya. Itu sebabnya, barangkali Benny Rachmadi, menaruh tiga karakter ini dalam rentang umur yang renta. Ketiganya berusia 70 tahunan dengan latar belakang etnis yang berbeda-beda: Mbah Waluyo (76 tahun), Engkong Sanip (72 thn) dan Liem (68 thn), lengkap dengan karakter dan visual yang berbeda. Celotehan mere ...more
Cici Pratama
Nov 02, 2012 rated it really liked it
Nah, ini cerite dari bang Benny Rachmadi tentang 3 manula yang akan ke Singapura dan sedang di Singapura. Pemeran utama nya ada ngkong Sanip, Liem, dan satu lagi Waluyo. Duuuuuh, lucu juga kayaknya jalan-jalan sama kakek-kakek inih. Hahaha...

Duuuh, lucunya cerita yang ditulisin ke buku Tiga Manula Jalan-Jalan ke Singapura ini. Mulai dari gambar/kartun nya, trus percakapan yang bikin ketawa jungkir balik. Hahaha... Pokoknya baca aja deh, nggak bakalan rugi. Suwer!

Pokoknya perjalanannya menyenangk
...more
Rahmadiyanti
Dec 22, 2011 rated it liked it
Shelves: comic
Mau tahu, bentuk gedung Marina Bay Sands di Singapura terinspirasi dari apa? Tsunami Aceh. Yap, tsunami. Kala itu ada kapal yang terombang-ambing ombak besar, hingga kemudian kapal itu nyangkut di atas tiga pohon kelapa. Jadilah bentuk itu menginspirasi Marina Bay Sands.

Hehehe, itu bisa-bisanya Koh Liem, yang ngajak dua teman sepuhnya, Kakek Sanip dan Kakek Waluyo, jalan-jalan ke Singapura. Apa jadinya 3 manula keliling negeri jiran itu? Lucu lumayan lah, nggak lucu banget sih. Kegagapan (dan ke
...more
Vera Maharani
Dapet minjem dari lemari buku Adira Oktaroza, hehe. Dia ngumpulin komik-komik karangan Benny & Mice dari dulu, juga karangan masing-masing setelah berpisah. Kakaknya ini tinggal nebeng baca, hahaha.

Quick read (only 90 pages and most of it are pictures) but very refreshing! Sudut pandang trio manula lintas budaya dalam melihat Singapura dan sebagian kecil seluk-beluknya sangat menarik untuk dinikmati. Mungkin belum bikin pengen ke Singapura, tapi jadi pengen coba makanan Singapura. Roti Prata
...more
Biondy
Aug 30, 2012 rated it really liked it
Lucu!! Itu satu kata yang mewakili keseluruhan buku ini. Saya sampai ketawa-ketawa sendiri pas baca buku ini di Gramedia (yah, ketahuan deh kalau numpang baca doang). Sampai dilihat-lihatin sama orang-orang yang lewat. Apa? Belum pernah lihat cowok cakep ketawa yah? *heh

Btw, kalau gak salah ada lagi seri Tiga Manula yah? Yang jalan-jalan ke Pantura. Yang itu lucu gak yah. Ntar deh kalau jodoh pasti nemu satu yang kebuka di toko buku *ditimpuk komikusnya.
Elly Kurniawati
Apr 11, 2012 rated it it was amazing
Lucu, ngakak tapi singkat banget bacanya. Baca buku ini bikin keceriaan balik asal jangan mengingat kembali hal yang bikin sedih. Isinya kakek2 pada pergi ke Singapura. Iya sih nyindir2 juga kebiasaan orang Indonesia yang sukanya kesana buat belanja atau kebiasaan orang2 yang suka foto di depan universal studio. Sayang untuk dibeli makanya diusulkan untuk langsung baca di toko bukunya. Dijamin dilirik pengunjung lain plus dicurigai sama penjaga tokonya karena ngikik2 sendiri.
bakanekonomama
Dec 27, 2012 rated it really liked it
Hahahaa... lucu. Kelakuan tiga manula norak di negeri penuh larangan.

Ngomong-ngomong... daripada semua tempat yang disebutkan di komik ini, saya justru lebih ingin pergi ke tempat lain yang anti mainstream. Tempat itu adalah....

BRAS BASAH!!

Thanks to seseorang yang sering menyebutkan tempat ini di grup wassap para maniak buku. xDD

Dapet komik ini cuma 20 rebu aja. Alhamdulillah :")
Primadonna
Dec 25, 2011 rated it liked it
Idenya bagus. Sayang, beberapa typo cukup menganggu. Sayang juga, sulit berempati pada sang karakter. Apa karena baru saja diajak berkenalan dengan mereka, sudah dibawa jalan-jalan pula? Jadi eksplorasi karakternya terasa dipaksakan.
Alisnaik Alisnaik
Jul 24, 2012 rated it really liked it
Shelves: komik-indonesia
satu tipe dengan Benny Mice Lost in Bali,

di komik 3 manula ini komikus nya jalan2 ke Singapura sambil cari materi.

cuma yang beda,
sekarang mas Benny nggak pake karakter dia sendiri,
tapi pake karakter baru, 3 manula yang mewakili beberapa suku di Indonesia
Titis Wardhana
Dec 15, 2011 rated it really liked it
hasil dari nukerin poin halo telkomsel, lumayan cuman bayar ongkir ehh bukunya dianterin hari ini. Ceritanya ada 3 manula: sanip, liem, waluyo jalan2 ke Singapore, en crita2 lucu en norak mereka di sana
Firly
Dec 19, 2012 rated it it was amazing
Nguakak.
Buku bukan tentang travel sesungguhnya tapi bikin saya pengen ngedadak langsung chaww...
Kayanya buku ini deh yang bakal saya bawa sebagai book guide di singapurah sanah.
Norak? Biariin...
Long live komik Indonesia
Jaya selalu di toko buku
Dee
Jun 21, 2012 rated it did not like it
Shelves: comic-graphic, humor
Secara garis besar buku ini cukup menghibur dengan gambaran hal-hal jamak dilakukan warga kita sewaktu melancong ke negeri singa. Sayang ceritanya terlalu pendek karena dilahap dengan gambarnya yang terlalu besar.
Iss
Aug 28, 2013 rated it really liked it
Shelves: komik-indonesa
seperti biasa kelakuan tiga manula ini bisa bikin saya senyum-senyum sampe ketawa ngakak:D
apalagi 2014 mau backpacking ke tiga negara salahsatunya ke singapura jadi dapet informasi tentang tempat-tempat mana aja disingapura yg wajib dikunjungi
Nulur
Dec 31, 2013 rated it really liked it
Pertama baca buku yg versi pertama dengan kover seperti yg ada di gambar. Entah kenapa bacanya kurang gereget dan kurang menarik. Trus ada versi extended yg saya beli denga judul yang sama. Ternyata, bisa juga lhooo bikin saya ketawa. Padahal, gak tau deeh sama ato ga ceriyanya :D
Leny Valenia
Apr 16, 2012 rated it liked it
kocak lah bukunya,,hahaha
Famega Syavira
Apr 29, 2012 rated it liked it
Lucu seperti biasa, khas Benny (sebenarnya saya tak bisa bedakan mana yang ditulis Benny dan mana Mice setelah mereka berpisah).
Adhitia Adrian
Dec 18, 2011 rated it really liked it
Menghibur laah
Lika Asri
hmm.......
Enny kadarsih
Dec 19, 2011 rated it really liked it
Shelves: comic
buku gratisan hasil nukerin poin telkomsel....
cindy
May 23, 2012 rated it really liked it  ·  review of another edition
Soooo....Indonesia-lah.... :D

random question:
betewe... kenafa ya harga tiket pesawat jkt-smg itu sering lebih mahal drpd tiket jkt-sg?
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Kisah Jahil Di Sekolah
  • Duo Hippo Dinamis : Tersesat di Byzantium
  • Islam Sehari-hari: Yang Penting, Yang Terabaikan
  • Buku Ajar Koas Racun
  • Married with Brondong
  • Bule Juga Manusia: Petualangan Turis Gila di Indonesia
  • Gadis Kretek
  • Hidup Itu Indah: Kumpulan Komik Opini
  • My Stupid Boss 3: Heaven is Full So I Came Back!
  • Bertanya Kerbau pada Pedati: Kumpulan Cerpen
  • Mafalda 6 (Mafalda, #6)
  • Ih, Syereeem!
  • Generasi 90an
  • Entrok
  • Hai Miiko! 25
  • Real Masjid - Komik Strip Religi dan Pekerti
  • Nguping Jakarta
  • Jalan Raya Pos, Jalan Daendels
786275
Benny Rachmadi adalah seorang kartunis. Bersama dengan Muhammad Misrad, alumni Institut Kesenian Jakarta ini membuat strip komik Benny & Mice yang berisi tentang kriti-kritik sosial.
More about Benny Rachmadi...

Share This Book