Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Indonesia Mengajar” as Want to Read:
Indonesia Mengajar
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Indonesia Mengajar

by
4.01  ·  Rating Details ·  1,068 Ratings  ·  109 Reviews
Ini negeri besar dan akan lebih besar . Mengeluh dan mengecam tidak akan mengubah sesuatu. Nyalakan lilin, lakukan sesuatu, Setahun Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi.

Pendidikan, masih saja menjadi barang mahal di tanah saudara-saudara kita yang jauh dari pusat. Bangunan yang hampir roboh, fasilitas yang kurang memadai, jarak yang jauh dan terjal, kurangnya tenaga pengaj
...more
Paperback, 322 pages
Published November 2011 by Bentang Pustaka
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Indonesia Mengajar, please sign up.

Be the first to ask a question about Indonesia Mengajar

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Agoes
Jan 24, 2012 Agoes rated it it was ok
Buku ini merupakan kumpulan tulisan para Pengajar Muda angkatan pertama yang dikirim ke berbagai tempat di pelosok Indonesia. Saya pertama kali mendengar tentang gerakan Indonesia Mengajar di TEDxJakarta, saat pak Anies Baswedan menjadi pembicara di konferensi tersebut. Saat ini, animo pemuda terhadap Indonesia Mengajar sangat tinggi, terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar yang mau menjadi guru di tempat-tempat terpencil.

Sebagai sebuah gagasan dan gerakan, Indonesia Mengajar layak mendapatkan
...more
Sagita
Feb 05, 2012 Sagita rated it liked it
Ada bagian yang mengharukan, ada yang bikin ketawa, dan ada juga yang terlalu datar. Tapi semuanya menggambarkan betapa wajibnya kita untuk saling berbagi ilmu dengan sesama, mensyukuri semua yang kita miliki saat ini, dan termotivasi untuk menjadi bagian dari pengajar muda Indonesia :D
Rino Ferdian
Mar 18, 2012 Rino Ferdian rated it it was amazing
Didepanku, siaran kotak ajaib mencuci otak para penikmat kegalauan negeri ini. Kanan kiri, meng"gibah"kan negeri dengan segala kenegatifannya. "Sudahlah, takkan bisa negeri ini bangkit". "Haduh, kau liat itu di TV, sudah kacau lah negeri kita ini" dan segala ocehan sempit dari pita suara parau seorang bapak tua perokok berat yang masih diberi hidup.
Tapi ditanganku, kisah ini bergulir, kawan. Membaca baris demi baris harapan. Senyum, tawa, tangis yang bersatu mewarnai negeri. Kecil memang yang me
...more
Aveline Agrippina
Dec 27, 2011 Aveline Agrippina rated it liked it
Tentunya, salah satu dari berjuta masalah yang ada di setiap negara adalah pendidikan. Orang tua sibuk mencarikan dana sampai kepada sekolah terbaik untuk mempersiapkan masa depan anak-anak mereka. Pemerintah pun demikian, yang (mungkin) mempersiapkan pengelolaan pendidikan sampai pada tingkat yang paling maksimal.

Lantas, bagaimana dengan wajah pendidikan Indonesia? Anies Baswedan setidaknya membuka mata hati para pemuda untuk bergerak lebih banyak di saat pemerintah tidak mau dan atau tidak san
...more
Edy
Jun 12, 2012 Edy rated it liked it
Indonesia Mengajar merupakan sebuah gerakan sosial kesukarelawanan untuk mengembangkan pendidik muda yang berkualitas yang disebarkan diberbagai pelosok tanah air. Gerakan ini dipelopori anatra lain oleh Anis Baswedan (Rektor Universitas Paramadina). Para anak muda diseleksi dan direkrut dari berbagai disiplin ilmu. Mereka kemudian dibekali melalui suatu pelatihan kependidikan dan baru diterjunkan di lapangan.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan pengalaman para pengajar muda yang ditempatkan di p
...more
Syafiq Segaf
Dec 15, 2013 Syafiq Segaf rated it liked it
Buku yang agak memalukan. Indonesia Mengajar adalah gagasan yang amat sangat bagus, mulia dan inspiratif tapi kenapa bukunya seperti ini. Sama seperti blog-nya, editing bukunya nyaris nol. Seolah penulisnya (para pengajar muda) sekaligus juga jadi editor dan proofreader dan beberapa kelihatan tidak mau susah payah (saya tidak menyalahkan mereka, mestinya memang bukan tugas mereka).

Ada beberapa kesalahan yang sangat mencolok dan bukan sekedar salah ketik atau tata bahasa, melainkan kesalahan fakt
...more
Febrina
Dec 30, 2012 Febrina rated it really liked it
setelah membaca buku ini,,, tak bisa berkata apa-apa,,sangat salut dengan semangat para pengajar muda,,begitu besar semangat mengajar di daerah yang terpencil,dengan segala keterbatasan tak ada keluhan yang terpancar,,tapi SEMNGAT membangun bangsa yang tampak, dan ternyata tak kalah semnagat dengan para pengajarnya,,anak didik yang merupakan generasi muda penerus bangsa ini,,begitu sangat antusias dalam menuntut ilmu,,sungguh mereka yang begitu haus akan ilmu,,dan akhirnya terobati dengan adanya ...more
Hanifah Rufa' Idah
Speechless. Gatau mau bilang apa. Terharu, salut, kagum, prihatin, heran, dan tersentil. Rasanya sebagai seorang pelajar, jiwa saya menjadi kurang sempurna tanpa mengajar. Saya jadi pengen mencicipi bagaimana rasanya mengajar anak-anak hebat ini, yang secara sosial berada pada kelas yang kurang beruntung karena prasarana yang tidak memadahi di daerah mereka. Sedih karena anak-anak yang berpotensi ini harus berada terpisah begitu jauh dari telinga penguasa, hingga tak ada yang peduli bagaimana ma ...more
Yusuf Ks
Dec 26, 2013 Yusuf Ks rated it liked it
Recommended to Yusuf by: ulaniori
Shelves: true-story
One of my good friends gave me this book last year, thank you my friend!

Setelah beberapa bulan tersimpan baik di dalam lemari, pada bulan Desember 2013 akhirnya saya menyempatkan membaca buku ini.

Kesan saya secara umum setelah membaca buku ini adalah saya merasa salut dan sangat mengapresiasi usaha para Pengajar Muda yang telah menyempatkan satu tahun mereka untuk mengajar dan mendidik anak-anak sekolah di berbagai pelosok terpencil di Nusantara.

Masing-masing Pengajar Muda pasti memiliki pengala
...more
Dani Noviandi
Dec 14, 2011 Dani Noviandi rated it it was amazing
jujur aja,sempet gak tertarik pas buku ini digembor2 ama penerbitnya di twiter trus pas ada di kick andy jg ya gw lewatin gt aja,sempet apatis sama buku ini :malu:
entah kenapa tiba2 tertarik baca pas buku ini datang sebagai hadiah bentang,padahal review di belakang buku jg gw baca gt2 doang :malu:
setelah membuka cerita pertama,ternyata bukunya keren,buka wawasan kita tentang daerah2 yg selama ini gak terbayangkan,membuka kesadaran jg kalo kisah di buku ini nyata,tentang pengalaman para pengajar
...more
Asna
Jan 21, 2012 Asna rated it it was ok
Buku ini berisi pengalaman para Pengajar Muda dan beberapa esai mereka yang dituangkan kebanyakan hanya dalam 3-5 halaman, dilengkapi dengan peta penyebaran tempat bertugas, profil, kata pengantar dan pengenalan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.

Pertama kali yang saya baca adalah kata pengantar di bagian paling awal dan pengenalan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar di bagian akhir. Kedua bagian ini terus mengelu-elukan kata "terbaik": "sarjana-sarjana terbaik" "anak-anak muda terbaik" "putra-pu
...more
rizki
Cukup bagus.

Beberapa cerita cukup menarik, namun beberapa yang aku maksud disini jumlahnya tidak terlalu banyak, masih lebih banyak cerita yang (mohon maaf, menurutku) membosankan. Hampir semua cerita yang ditampilkan merupakan pengalaman para PM dalam menjalankan tugasnya. Hampir semuanya mempunyai gaya bahasa yang sama dan inti cerita yang sama pula. Ditambah lagi, para PM memanglah bukan seorang penulis handal yang mampu menarik minat para pembaca buku. Di siniliah aku mulai bosan setelah mem
...more
Ika Karunia Purnamasari
Jan 26, 2012 Ika Karunia Purnamasari rated it really liked it
Guru adalah agen perubahan, setitik makna tentang pembelajaran. Dari aksara biasa hingga tentang bagaimana memupuk berbagai pandangan. Bensin masa depan para anak didik dalam uraian setiap episode kehidupan. Kini dan masa datang. Fenomena adalah ketika anak-anak muda terbaik bangsa meninggalkan kemapanan kota melewatkan segala kenyamanan yang ada memilih menjadi guru SD di desa-desa.

51 pengajar muda memilih untuk mengabdi. Rakyat di pelosok sana sudah hafal janji kemerdekaan, tetapi kita tak kun
...more
Nikki
Apr 03, 2012 Nikki rated it liked it
Shelves: catatan-pribadi
Buku ini sebenarnya mempunyai semangat yang baik dalam pesan2 yang ingin disampaikan. Bahwa pendidikan di negeri kita masih banyak yang terbelakang. Selayaknya untuk mencapai mimpi negara yang besar maka modal sumber daya manusia inilah yang sebenarnya harus ditempuh. Walau jalan ini sering kali berliku dan hasilnya baru terasa satu generasi mendatang namun inilah sebenarnya jalan yang terbaik ditengah bangsa kita yang seringkali menyukai hal2 instan.

Namun karena isi buku ini hanyalah merupakan
...more
Hadiyatussalamah Pusfa
Oct 14, 2012 Hadiyatussalamah Pusfa rated it really liked it
Buku setebal 322 halaman ini merupakan kumpulan kisah pengajar muda di berbagai penjuru Indonesia. Sekolah seperti yang Andrea Hirata deskripsikan di “Laskar Pelangi” itu banyak dan nyata bertebaran di Indonesia, bahkan yang kondisinya tidak lebih baik pun banyak.

Ada 2 cerita yang paling saya suka dalam buku ini. Yang judulnya “Rizki, My Genius Student” (Erwin Puspaningtyas Irjayanti) dan “Manusia Auksin” (Bagus Arya Wirapati).

Cerita pertama itu bener-bener menyentuh. Terharu ga sih kalo ada an
...more
Ivan
Aku suka ide untuk mengumpulkan beberapa cerita tentang perjalanan dan pengalaman pengajar muda kedalam suatu buku. Ada beberapa cerita yang mengharukan seperti cerita mengenai kepolosan dan ketulusan anak-anak dalam menghadapi pengajar muda di dalam maupun diluar kelas.

Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk dijadikan pengalaman. Karena pengalaman adalah guru yang paling berharga. Saya salut kepada para pengajar muda angkatan 1 dibuku ini yang bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.
...more
Ari Murdiyanto
Apr 21, 2013 Ari Murdiyanto rated it it was amazing
“Berhenti mengecam kegelapan. Nyalakan lilin. Ini negeri besar dan akan lebih besar. Sekedar mengeluh dan mengecam kegelapan tidak akan mengubah apapun. Nyalakan lilin, lakukan sesuatu.”

Kalimat tersebut adalah kalimat yang terpampang jelas di halaman situs Indonesia Mengajar. Gerakan Indonesia Mengajar yang diprakarsai oleh Anis Baswedan, seorang intelektual muda yang kharismatik dan sangat mencintai tanah airnya ini, memiliki misi mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan d
...more
Qiqi Sarah
Apr 22, 2013 Qiqi Sarah rated it really liked it
Judul : Indonesia Mengajar
Pengarang : Pengajar Muda
Penerbit : Bentang
Tahun : November 2011
Jumlah Halaman : 322 halaman
Kota Terbit : Jakarta
Isi

Keharuan dan kekaguman yang saya rasakan setelah membaca dan menyimak kisah-kisah dalam buku ini. Bagaimana tidak, para guru muda yang ditempatkan untuk mengajar di daerah-daerah terpencil di Indonesia, telah menemukan berbagai pengalaman yang memberikan makna lain pendidikan.Mereka tidak lagi bicara soal teori pedagogi ataupun jargon-jargon yang diungkap
...more
Dwita Ariyanti
Apr 09, 2013 Dwita Ariyanti rated it really liked it
Shelves: favorites
Sekitar dua tahun yang lalu adalah pertama kalinya saya mengetahui tentang program Indonesia Mengajar. Waktu itu, dalam acara Kick Andy diudang beberapa Pengajar Muda (istilah dalam Indoensia Mengajar untuk guru) yang telah menyelesaikan tugasnya di berbagai pelosok bahkan pedalaman di Indonesia. Dari situlah dimulai ketertarikan saya pada keberadaan program ini.

Program Indonesia mengajar merupakan suatu wadah yang luar biasa menurut saya. Salah satu hal dari IM yang saya ingat sampai sekarang i
...more
mahatma
Apr 15, 2013 mahatma rated it it was ok
ini adalah kumpulan tulisan, yang dibuat oleh banyak penulis, dengan kemampuan yang berbeda-beda dalam menulis.
oleh sebab itu, membaca buku ini bisa dari arah mana pun. tidak harus dari depan. tidak ada pola linier dari muka ke belakang.
boleh pilih-pilih mana yang secara sekilas menarik.
bunga rampai semacam ini bermanfaat untuk memberi harapan pada pembacanya, bahwa di indonesia ini ada sekelompok orang yang bergerak secara strategis mengisi posisi-posisi edukatif. suatu gerakan yang idealis, ya
...more
Ruth Elisabeth
Jun 13, 2012 Ruth Elisabeth rated it really liked it
Kisah-kisah para pengajar muda dalam program Indonesia Mengajar ini, dirangkum dalam tulisan yang sangat menyentuh.
Terkadang kita dibawa menangis, tertawa atau berimajinasi bagaimana sulitnya kehidupan di pelosok desa yang minim akses air dan listrik.
Kisah-kisah ini, juga mampu menuturkan sisi humanis dari seorang guru muda, terkadang mengalami keputusasaan namun tak pernah jatuh selamanya karena ada idealisme dan semangat yang terus menyala. Yakni, berkontribusi setahun untuk berkontribusi se
...more
Hanif Arkan
Mar 19, 2012 Hanif Arkan rated it really liked it
Well, sebenernya sebelum buku ini terbit gue udah pernah denger soal kegiatan IM ini dari temen gue. Tapi waktu itu gue cuma WOW aja waktu denger ceritanya temen gue.
Begitu gue lagi jalan-jalan ke Gramedia Purwokerto, gak sengaja gue nemu buku ini. Tanpa ba-bi-bu lagi, gue langsung beli buku ini.
Begitu mbaca buku ini, gue cuma ternganga-nganga aja, kagum sama perjuangan dan pengalaman IM selama 1 tahun mengajar di daerah-daerah pelosok nusantara. Dan begitu ngebaca profilnya para anggota IM ini,
...more
Felita Hardigaloeh
sejak ada gerakan indonesia mengajar di berita2, jd penasaran gmn kisah2 sang pengajar di daerah antah-berantah tersebut ?

untungnya, kisah itu dibuat di bukunya. pembaca diajak mengenal karakter anak-anak, ada yg bandel, ada yg pemalu abis, semuanya campur sari...dan salut deh kpd bapak/ibu pengajar muda yg kreatif dan ga mengenal kata menyerah memperkenalkan sisi pendidikan yg menarik.

sempet miris jg ngeliat gmn anak-anak maluku dididik dg kekerasan.apalagi mereka jarang mengeluh saking polosny
...more
Danang Junaedi
Jan 02, 2012 Danang Junaedi rated it it was amazing
Buku ini adalah hadiah ulang tahun dari bunda yang pernah dengan kalo salah satu obsesuku adalah pergi ke daerah bwt jadi guru. Pas dah baca buku ini jadi tambah penasaran n pengen banget bwt jadi salah satu pengajar "yang dah ga" muda, tahun depan patut dicoba, untuk sesuatu yg baik pasti ada jalan.
Buku yang inspiratif banget, kagum dan bangga bwt smua pengajar muda yang dah bela2in jadi guru, smoga bukan cuman 1 tahun aja ya jadi pengajar mudanya...
Jazakumallah, bwt bukunya ya bund...
Jazakumul
...more
Tri Hadiah Muliawati
Masih terkategori buku bagus sih, tapi jujur agak kecewa dengan isinya. Dalam artian tidak sesuai ekspektasi saya :).

Bisa jadi karena buku ini merupakan kompilasi cerita yang ditulis langsung oleh para pengajar muda angkatan pertama (kalau saya tidak salah ingat). Dimana belum tentu mereka punya basic menulis yang mumpuni, jadi kadang ada beberapa cerita dengan pilihan kata yang agak aneh (masih menurut saya loh ya).

Tapi tetap tidak mengurangi kekaguman saya akan mereka yang mau menyisihkan wak
...more
Ephi
Jan 25, 2012 Ephi rated it it was ok
Sort of disappointing. I don't know what the planned format for this book, but it looked very unstructured for me. Yes, I know that most of the pages are taken from the teacher's blog. But even then, I don't know whether it was edited or not. I do not see the thread that binds it as whole. Somethings are not even explained or given background. Hopefully it will be better in the second time around.

However, the movement is highly applaudable, everyone involved in making a better future for Indones
...more
Fadilah
Jul 08, 2012 Fadilah rated it it was amazing
Shelves: non-fiction
Awalnya saya tidak terlalu tertarik membaca ini. Apalagi sebelumnya saya belum punya, dan tidak tahu apakah ada teman yang memilikinya. Akan tetapi, setelah saya mengunjungi pameran buku, dan buku ini diskon 30%, tanpa pikir panjang saya langsung membelinya.

Banyaks ekalih kisah inspiratif dari berbagai pengajar muda yang tersebar di beberapa wilayah terpencil. Ada beberapa kisah yang membuat haru, ada pula kisah yang inspiratif. Sayangnya mungkin setelah disunting atau bagaiman, pembagian porsi
...more
Tidar Rachmadi
Membaca buku ini sedikit banyak kayak membaca kisah hidup beberapa bulan terakhir :p

Saya yang bertugas sebagai salah satu Pengajar Muda jadi semakin bisa melihat bagaimana perjuangan dan kisah teman-teman PM 1 di daerah penempatannya. Kisah mereka begitu menginspirasi sehingga saya merasa mewajibkan diri untuk ikut terlibat dan turun tangan. Menyaksikan sendiri betapa berwarnanya Indonesia. Betapa kayanya potensi anak-anak Indonesia. Dan betapa ajaibnya dunia pendidikan kita.

Dengan 1001 moments
...more
Destini
Apr 08, 2012 Destini rated it it was amazing
buku yang menginspirasi. berisi kisah-kisah para pengajar muda selama masa mengabdinya di daerah-daerah terpencil di Indonesia.
ternyata mengajar tidak semudah yang saya kira, tetapi juga tidak sulit. setelah membaca buku ini, saya termotivasi untuk lebih sering berbagi dengan mereka, anak-anak kurang mampu yang belum tersentuh pendidikan. pendidikan itu penting, apalagi pendidikan di usia dini. di usia anak-anak lah karakter seseorang mulai dipersiapkan. maka, untuk menyiapkan karakter bangsa ya
...more
Sa`ad Ahyat Hasan
Dec 20, 2011 Sa`ad Ahyat Hasan rated it really liked it
Shelves: beli, non-fiksi, edukasi
Luar biasa. Patut dijadikan renungan di saat banyak yang berlomba-lomba jadi guru bukan karena "panggilan hati" tapi hanya karena "besarnya gaji".

Banyak kisah menarik di dalamnya.

Tapi tetep, yang paling bikin berdecak kagum adalah biodata para pengajar muda angkatan I yang disisipkan di bagian akhir buku. Sosok-sosok mawapres semuanya. Benar-benar membuat saya merasa tidak ada apa-apanya.

Harapan saya setelah baca buku ini cuma 1, semoga suatu saat nanti saya bisa menjadi bagian dari mereka dan
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Indonesia Mengajar 2
  • Selimut Debu
  • Notes From Qatar
  • 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Dua Tangis dan Ribuan Tawa
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
  • Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara
  • NASIONAL.IS.ME
  • Saga no Gabai Bachan (Nenek Hebat dari Saga)
  • Life Traveler
  • The Naked Traveler
  • Sepatu Dahlan
  • DreamCatcher
  • Habibie & Ainun
  • Berjalan Menembus Batas (Man Jadda Wajada Series, #1)
  • Orang-Orang Tanah
  • 7 Keajaiban Rezeki
5354079
Pengajar Muda adalah generasi muda terbaik bangsa yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar untuk mengabdi di masyarakat sebagai guru di daerah terpencil selama 1 (satu) tahun.
More about Pengajar Muda...

Share This Book



“Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti juga, anak-anak yang tidak terdidik di Republik ini adalah "dosa" setiap orang terdidik yang dimiliki di Republik ini. Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan.” 38 likes
More quotes…