Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Clara's Medal” as Want to Read:
Clara's Medal
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Clara's Medal

3.71  ·  Rating details ·  49 ratings  ·  11 reviews
"Saya kira tidak adil, Pak, kalau Bagas tetap bisa ikut Olimpiade," tiba-tiba Meddy dengan lantang angkat bicara.
"Memangnya relevan, ya?" ganti Clara angkat bicara. "Bukannya tim Olimpiade adalah siapa pun yang lulus seleksi? Kalau kasus Bagas dikait-kaitkan dengan FUSI, itu kan media yang melakukannya."
"Sangat relevan, Ra," tukas Meddy menyambung Angga. Nada suaranya agak
...more
Paperback, 484 pages
Published September 1st 2011 by Qanita
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.71  · 
Rating details
 ·  49 ratings  ·  11 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Clara's Medal
htanzil
Dec 28, 2011 rated it really liked it
Apa jadinya jika 16 orang remaja jenius dalam bidang fisika dengan berbagai karakter dan latar belakang budaya yang berbeda berada dalam sebuah asrama selama 4,5 bulan untuk dilatih guna mengikuti Olympiade Fisika Internasional?.

Mereka digodok dalam pelatihan superintensif dengan materi yang nyaris setara dengan bobot delapan semester masa perkuliahan. Selain itu merekapun harus bersaing satu dengan yang lain karena dari 16 peserta pelatihan, hanya 12 peserta terbaik yang akan diberangkatkan ke
...more
Sulis Peri Hutan
Jan 13, 2012 rated it really liked it
Saya punya masa lalu yang buruk dengan Fisika, coba bayangkan, kelas satu SMA kalau ulangan nggak pernah yang namanya nggak remidi, sampai-sampai saya les Fisika di dua tempat, itu pun hasilnya hanya membuat nilai saya nyaris remidi, yang jelas Fisika bukan jam pelajaran favorite saya, jam pelajaran favorite saya adalah jam kosong dan jam istirahat *malah curhat*.
Kenapa saya ngomongin Fisika? Karena di buku ini bercerita tentang anak-anak yang digodok untuk mengikuti Olimpiade Fisika di Singapur
...more
Aleetha
Jan 27, 2012 rated it liked it
Olimpiade Fisika. Mengucapkan dua kata tersebut yang terlintas adalah kumpulan soal-soal yang sangat rumit yang penyelesaiannya membutuhkan analisa yang tidak sederhana. Bahkan ketika tidak setaraf olimpiade sekalipun, menyelesaikan soal-soal fisika bukan perkara yang gampang. Sebuah rumus tidak serta merta digunakan untuk mendapatkan hasil akhir. Setidaknya itu kesimpulan yang saya dapatkan setelah mempelajarinya selama bertahun-tahun.

Namun pemikiran semacam itu tidak berlaku bagi enam belas s
...more
Oky Septya
Jan 13, 2012 rated it really liked it
Dalam Clara's Medal tak melulu soal fisika yang menjadi topik utama, tapi juga perjalanan para peserta disini diceritakan dengan apik, bahkan ada satu bab tersendiri tentang masing-masing kisah-kisah latar belakang dengan pola flashback dan narasi para peserta yang menonjol seperti Arief tentang keluarganya, George dengan kasus bullying-nya, Meddy dengan pengorbanan orang tercinta. Generasi muda penerus bangsa ini tetap termotivasi menjadi pemenang justru karena latar belakang pahit yang menyert ...more
OceMei Belikova♥
http://sikutubukuocemei.blogspot.com/...

Selama ini Clara Wibisono hidup dengan impian untuk membawa pulang medali dalam Olimpiade Nasional dan Internasional Fisika. Disaat gadis seusianya menghabiskan waktu mereka untuk sekolah, berpacaran, ikut kegiatan OSIS & cheerleaders, Clara menggunakan waktunya untuk belajar fisika. Tak pernah ada yang memaksanya untuk melakukan itu. Tidak ayahnya yang adalah fisikawan terkenal, dan tidak juga ibunya yang seorang seniman tari.

Setelah melewati seleksi Olim
...more
Sabrina Zee
Feb 12, 2012 rated it really liked it
Shelves: teenlit-lokal
Ini pertama kalinya saya baca buku model begini. Jarang-jarang ada novel fiksi bertema fisika yang pasti terdengar mengerikan dan bikin kepala mumet. Apalagi novel lokal. Tapi tenang saja. Isi buku ini sama sekali bukan tentang fisika, melainkan tentang mestakung atau semesta mendukung. Yah, boleh dibilang semacam teori keajaiban berpikir positif.

Saya selalu suka tipe cerita yang banyak tokohnya dan mereka semua punya sifat yang aneh-aneh. Seru pokoknya kalau lihat orang-orang seperti itu digab
...more
Syifa Luthfianingsih
Apr 26, 2014 rated it really liked it
3 hukum mestakung.
Hukum 1: Dalam setiap kondisi kritis ADA jalan keluar. Kondisi kritis ini bisa berupa cita-cita, atau masalah.
Hukum 2: Ketika kita melangkah, TERBUKALAH jalan keluar. Melangkah ini bisa berupa niat dan pemikiran strategi untuk keluar dari kondisi kritis.
Hukum 3: Ketika kita melangkah dengan tekun, TERJADILAH MESTAKUNG (seMESTA menduKUNG). Melangkah dengan tekun adalah tindakan nyata. Kalau ini dilakukan terus menerus tanpa henti maka kita akan melihat segala sesuatu akan memban
...more
Inge
Jan 19, 2012 rated it really liked it
Shelves: isi-rak
sukaaaa... :D

keinget dulu waktu SMA, masuk IPA tp tetep gak suka fisika... ah andai dulu guruku melakukan apa yg dilakukan oleh Bram, ayah Clara... hehe

nggak melulu tentang fisika tp jg latar belakang beberapa tokohnya, perjalanan mereka sampai bs masuk ke pelatihan FUSI juga tentang hambatan2 sblm mereka berangkat mengikuti olimpiade...

oia, awalnya aku ngira ini buku terjemahan hehe ternyata karya anak bangsa... kereeeen...

4bintang untuk pak Bram dan pak Tyo unk usahanya membuat fisika menjadi
...more
Wulan Smile
Jan 27, 2013 rated it liked it
Shelves: what-s-name-2013
setelah baca buku ini jadi tahu klo tendangan pinalti sepakbola ternyata ada dalilnya juga.
memang ada bagian yg menurutku agak kurang pas sih. tapi secara keseluruhan ceritanya ok.
Sylvia Lim
rated it did not like it
May 06, 2014
Kemas
rated it it was ok
Mar 17, 2019
Ferina
rated it really liked it
Jan 09, 2012
Syarif Hidayat
rated it it was amazing
Nov 29, 2016
Mardiani
rated it it was amazing
Nov 03, 2012
Mecca Ca
rated it it was amazing
May 30, 2013
Aprilian Nuwada
rated it liked it
Mar 14, 2016
Fatiyar
rated it liked it
Feb 01, 2018
Jimmy
rated it really liked it
Nov 11, 2011
Tantri 0314
rated it liked it
Apr 02, 2014
lita
rated it liked it
Mar 27, 2012
Oriza Salma
rated it really liked it
May 22, 2012
Erika
rated it really liked it
Oct 18, 2013
hana
rated it it was amazing
Apr 01, 2019
Ahmad Turkhamun
rated it liked it
Sep 26, 2013
Firda Arifah
rated it liked it
Dec 25, 2011
Elsa Simanjuntak
rated it it was amazing
Oct 19, 2017
Tezar Yulianto
rated it really liked it
Jun 29, 2013
Nabila Budayana
rated it liked it
May 13, 2012
Gina
rated it liked it
Jul 06, 2016
« previous 1 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Paris Belum Ingin Tidur
  • Yasmin
  • This Star Won't Go Out: The Life and Words of Esther Grace Earl
  • Kâğıt Ev
  • The Fire Sermon (The Fire Sermon, #1)
  • Surat Kecil Untuk Tuhan
  • Negeri Di Ujung Tanduk
  • Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh
  • Pulang
  • Komet
  • Komet Minor (UNEDITED Version)
  • Si Anak Cahaya
  • The Revenant
  • Bintang
  • Pergi
  • Don Quixote
  • Batas: Antara Keinginan dan Kenyataan
  • Blood Red Road (Dust Lands, #1)
See similar books…
36 followers
Feby Indirani, Journalist and Writer, started to write since elementary school, beginning with a diary. When in high school, she got 2nd place in an essay contest for teen organized by Gadis magazine, and was actively involved in a school publication. She went to Universitas Padjadjaran, majoring in journalistic, and joined djatinangor student publication. Feby won an Essay Writing Competition for ...more

News & Interviews

Need another excuse to treat yourself to a new book this week? We've got you covered with the buzziest new releases of the day. To create our...
32 likes · 7 comments
No trivia or quizzes yet. Add some now »