Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Komik 5 cm” as Want to Read:
Komik 5 cm
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Komik 5 cm

by
3.81  ·  Rating details ·  510 Ratings  ·  44 Reviews
'Komik 5 cm' menggubah novel laris-manis '5 cm' karya Donny Dhirgantoro. Sebagai sebuah karya 'sisi lain', komik ini memotret sisi-sisi inspiratif novel aslinya. 'Cover art' komik ini secara khusus dikerjakan oleh Is Yuniarto dibantu oleh Azisa Noor untuk pewarnaannya.

Dalam 'capture' komiknya kali ini, Is Yuniarto menangkap detik-detik ketika kita kehilangan sesuatu, itu l
...more
Paperback, 176 pages
Published August 15th 2011 by Grasindo
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Komik 5 cm, please sign up.

Be the first to ask a question about Komik 5 cm

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
Sulis Peri Hutan
Sep 03, 2011 rated it liked it
Shelves: pinjem
Numpang baca di gramed solo hihihi.

Waktu di Gramedia saya penasaran kenapa sampai dibuat komiknya dan kabarnya akan ada filmnya. Yang paling bikin penasaran lagi saya lupa artinya 5 cm itu sendiri, saya tidak ingin langsung membaca di bagian belakang, ceritanya saja saya sudah lupa. Ok, karena komik dan biasanya cepat di baca saya pun nangkring di tempat duduk yang disediakan toko buku tersebut (Thank God! nggak perlu berdiri kesemutan)

Nggak begitu suka sama novelnya, nggak selesai bacanya, wakt
...more
Reinita Afif Aulia
Oct 12, 2011 rated it it was ok
Yang di atas itu karena memang komik ini nggak ada halamannya. Dan saia males ngitung eniwei.
Yah. Buat orang belum baca versi novelnya, saya pertama mau bilang kalau komik ini berasa cuma 'numpang lewat'.
Gimana nggak, orang nggak sampai 10 menit udah abis..
Saya benar-benar tak bisa merasakan esensi komik ini, di mana konflik utama berada. DATAR.
Perjalanan pendakian Mahameru tak bisa saya rasakan emosi dan urgensinya.
Kesenangan, kepanikan, ketakutan, tawa, apalah, emosi seakan hanya mengambang sa
...more
Neni Puji Artanti
Sep 05, 2011 rated it really liked it
Pasti berat sekali "menceritakan kembali" dalam bentuk gambar sebuah novel yang sudah melekat di hati pembacanya. 5cm adalah salah satu novel Indonesia yang bagus banget, yang setiap lembarnya meninggalkan kesan dalem. Namun saya sih percaya dengan kapabilitas yang dimiliki Is Yuniarto sebagai komikus. Tentu mustahil mengharapkan komik ini akan meninggalkan kesan yang sama seperti ketika kita membaca novelnya. Apalagi komik gituuuu, inti dari inti kalo kata saya mah. Dan, overall Is berhasil. Me ...more
Nike
Aug 23, 2011 rated it it was amazing
Asli ini komiknya keren bener deh.
Pertama, covernya dahsyat, imajinasi atas Genta, Zafran, Iyan, Riani dan Arial itu pas banget.
Kedua, gambarnya maaaan..... bagus bener dah. 2 Jempol mah kalo buat saya.
Ketiga, Is Yuniarto mampu membawa gambar-gambar dalam komik ini seakan nyata dan persis sama kayak di novelnya.

Cuma 1 sih, harganya lumayan mahal buat komik :D
Sarmidi Natanegara
Oct 12, 2011 rated it really liked it
kata my fairy "aku lebih suka yang ini.. ada gambarnya dan lebih cepat di baca..." tapi jawabku "tak semua gambar menyiratkan kata... tapi dengan kata, kita bisa menggambarkan semua..." hahaha... jadi my fairy "rajin2 aja baca.. biar ndak gampang ngantuk.."
Milka
Aug 28, 2011 rated it it was ok
mungkinkah memang harus baca novelnya dulu, baru komiknya? atau sama saja? yang jelas komiknya terlalu cepat selesai dibaca, karena pasti tidak mudah menggubah impresi dari kata-kata dalam bentuk visual. tadinya berharap isi komiknya sama menariknya dan berwarna seperti sampulnya. sayangnya tidak.
Nung Ria
Sep 06, 2011 rated it really liked it
setelah saya tahu diterbitkan edisi komik dari novel 5 CM, rasanya ingin segera berlari ke toko buku untuk sekedar melihatnya secara langsung. walau sebenarnya saya ini baru selesai baca novelnya beberapa bulan yang lalu *timpuk bata kak Donny*. Namun, realisasinya.. baru dua hari kemudian saya ke toko buku. Qodarulloh di toko buku langganan belum tampak adanya komik ini. Alternatif selanjutnya, pergilah saya ke Gramedia. Walaaaa.... berjejer dengan cantiknya buku ini di atas deretan novel 5 CM. ...more
Zahwa az-Zahra
Sep 06, 2011 rated it liked it
Ya. Sepertinya komik ini memang lebih asyik dibaca bagi mereka yang telah rampung membaca novel 5 cm. Sayangnya, saya belum pernah membacanya. Maka, kalau banyak yang mengatakan bahwa novelnya itu mampu membangkitkan semangat meraih mimpi dengan konsep "5 cm"-nya. Bagi saya, komik ini tak memberi itu semua. Apa yaa? terlalu cepat selesai. Saya bahkan menuntaskannya tak lebih dari setengah jam. He he.. Itulah yang membuat saya merasa tak mendapatkan apa-apa kecuali kata-kata yang bagus ini:

Yang k
...more
Ruth Vania
Aug 24, 2012 rated it it was ok
Seperti yang dilakukan oleh penulis novel komedi Raditya Dika, nampaknya Donny juga agak salah dalam mengambil keputusan untuk menerbitkan versi komik dari novel best-seller nya, yaitu "5 cm". Novel yang memberikan efek luar biasa kepada saya saat membacanya sepertinya sangat tidak cocok untuk divisualisasikan seperti itu. "Feel" petualangan sesungguhnya tidak dapat dirasa sama sekali di dalam komik ini, terkesan hanya seperti draft kasar dari novelnya saja. Saya sebagai pembaca tadinya sempat p ...more
Alisnaik Alisnaik
Jul 24, 2012 rated it really liked it
Shelves: komik-indonesia
copas dari review komik ini di blog saya

"saya belum pernah baca novel 5 cm, dan langsung melompat ke versi komik yang ini.

cerita-nya inspratif.
tentang 5 sahabat yang memutuskan untuk berpisah sementara selama 3 bulan, kemudian ajang reuni mereka dilakukan sambil mendaki puncak Mahameru yang ada di gunung Semeru.

gambar komik 5 cm juga bagus, seperti yang diharapkan dari seorang is Yuniarto.
cuma memang ada beberapa bagian yang sepertinya agak kedodoran, dan sedikit adegan yang bagi saya merasa kur
...more
Firza  Rhamadhan
Jul 01, 2014 rated it liked it
Shelves: komik-indonesia
Komik ini merupakan ilustrasi dari Buku 5cm. Saya belum pernah membaca buku dan menonton filmnya. Terlepas dari cerita di bukunya, menurut saya cerita di komik ini memang cenderung datar. Endingnya mudah ditebak. Tetapi penggambaran persahabatan mereka berlima cukup bagus, jadi kita bisa merasakan perasaan di antara kelima sahabat ini. Dari segi gambar, kang Is memang juaranya. Hanya saja, kedetailan komik ini tidak sama seperti di Wind Rider atau Garudayana. Ukurannya menurut saya terlalu besar ...more
Hayati
Jul 02, 2012 rated it liked it
Shelves: own, grasindo
setelah baca novel 5cm yang ceritanya sangat sangat berbekas di hati, aku jadi penasaran pengen liat versi komiknya so, aku beli deh komiknya walau sejujurnya aku nggak ngerti2 amat baca komik ><
Tapi karna sebelumnya aku udah baca novelnya, jadi saat membacanya aku nggak akan bingung.
Saran aku sih sebelum baca komiknya, sebaiknya baca dulu novelnya karna di komik ini ceritanya nggak terlalu mendetail, sejujurnya aku agak kecewa sih dengan isi komik tapi itu terobati semuanya karna aku cuku
...more
Dwi Tupani
Sep 12, 2011 rated it liked it
ketika saya lihat ada komik 5cm di rak buku di toko buku mal di depan bunderan HI jakpus, saya langsung semangat belinya..

daaaan reviewnya adalah.. "kok ringkes banget ya jadinya cerita 5cm yang sampe sekarang masih terngiang2 isinya di kepala saya.."

banyak detil2 kecil yang hilang..
mulai dari obrolan ian dan komputernya yang dipotong, obrolan selama di kereta matarmaja, mas gembul supir angkot, kaki juple yang berdarah saat mendaki gunung, "arwah" mahasiswa pake jaket almamater, dan menyanyika
...more
Lee
Oct 07, 2011 rated it liked it
versi komik dari 5 cm ini ternyata jauuh lebih oke dari novelnya. Saya juga gak ngerti kenapa bisa begitu. Bahkan kalau menurut saya bikin ceritanya jadi lebih asik.

Meskipun tetep aja gak berhasil bikin saya suka sama novelnya sih.. :p
Tapi yang jelas bikin makin penasaran sama Is Yuniarto, si tukang komiknya. Sayangnya sampe sekarang masih belum berhasil nemu karya-karyanya yang lain.
Hadi Wijaya
Sep 17, 2011 rated it really liked it
Shelves: graphical-books
I like this book. I would like to read the novel, but I find the graphical format, so I choose to read it. It's very inspiring. I always like the story about youth, when dream and love is in its highest level. It teaches us to put our dream only 5cm in front of our eyes, so we can always see it and it motivates us to give effort to reach it. A simple story but quite touching, somehow make me want to repeat my youth :).
Nida  Damia
Cuma numpang baca di Gramedia. Awalnya cuma ngelirik doang, tapi tiba-tiba tangan ini membukanya dan tanpa terasa sudah dibaca sampai akhir..
memang ya komik itu sangat cepat dibacanya.. (waktu SD sering banget baca komik jepang, yang lawas-lawasnya juga, hahaa)
5 cm, Amazing! Awesome! :D

“Percaya 5cm di depan kening kamu”
Uty Hana Syafitri
Dec 24, 2012 rated it really liked it
Gue nonton filmnya terlebih dahulu sebelum baca komik ini.
Dan otomatis feel nya dapet pas nonton filmnya. Antara komik, novel, dan filmnya emang agak beda. Apalagi pas liat cover komik ini.
Tapi komik ini cukup membuat gue rela buat merogoh kocek. Gak nyesel deh beli komik ini!
Seru banget, seseru film dan novelnya!
Antara Persahabatan, Cinta, dan Petualangan.
Recommended!
Maria Avendias
Dec 06, 2011 rated it liked it
jauh lebih menikmati daripada novelnya..
gak bertele2, dan visualisasinya keren.. top deh komikusnya.
lebih menghibur sih, tapi kebalikan dari novelnya, disini bagian pendakian gunung nya malah g terlalu seru, lebih seru di novelnya..
ato mungkin beda sama imajinasi saya waktu baca novelnya ya?

Yah, lumayan lah, drpd novelnya..
jayawardana
Feb 01, 2013 rated it liked it
Shelves: pinjam
lebih bagus bukunya. komik ini cuma menceritakan kejadian-kejadian yang dialami, tanpa banyak menceritakan percakapan-percakapan filosofis di kereta, di stasiun, dan sepanjang pendakian. komik ini lebih seperti cerita filmnya.
Nadia Fadhillah
Apr 02, 2013 rated it it was ok
Shelves: borrowed
cepet amat baca komiknya, gak ada setengah jam.
dan kayaknya kalo baca bukunya jadi cepet banget tuh perjalanan naik gunung. tapi tentang teman yang masih kuliah dan mengurus skripsi itu nyesek sih, hahaha.
Gusti Reza
Komik Indonesia kedua yang saya baca setelah Kambing Jantan-nya Raditya Dika. Komik ini bisa dikatakan versi sederhana dari novel "5cm" yang tebel itu. Namun, walaupun sederhana, tidak meninggalkan esensi dari versi "aslinya". Let's make our dreams come true! \m/
Peni Desiana
Jul 23, 2012 rated it liked it
I would love this as Novel Grafis. Untuk jadi komik ukurannya terlalu gede. Untuk dijual komik cukup komersil.
Forman
Sep 24, 2013 rated it did not like it
Menurut saya komik ini khusus diperuntukkan bagi yang khatam novelnya, bagaimana tidak terlalu singkat dan banyak dipotong.
Anisfar
Jul 21, 2015 marked it as to-read
nice
Moh Faqihuddin
Feb 01, 2013 rated it it was amazing
mantaaaaaaaaaaaaaaap
Hasbi Ash
Jun 14, 2012 rated it really liked it
easy....yang udah pernah baca novelnya pasti ngakak..terkagum..terinspirasi..."sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberi manfaat bagi orang lain/adrian. a (alm)"
miss
Sep 03, 2011 rated it liked it
Bacanya sambil ketawa sendiri gara-gara liat gambarnya, hoho. Mudah2an dunia per-komik-an Indonesia semakin berkembang dengan hadirnya komik 5 cm ini. :)
Megaayulestari6
Sep 10, 2015 rated it it was ok
Shelves: a
thx
Simbahenom
Nov 16, 2012 rated it it was ok
baca abis ashar tiba-tiba dah selesai aja....
Haya Najma
Sep 02, 2011 rated it really liked it
Shelves: komik
Jangan menempel, biarkan menggantung, 5 cm di depan kening, supaya dia tidak terlepas dari mata kita.

Tidak bertele-tele, yang kayak gini yang SERU!
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Garudayana Vol. 3
  • Berjalan Menembus Batas (Man Jadda Wajada Series, #1)
  • 100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda
  • Aku Ber-Facebook Maka Aku Ada
  • Sebelum Cahaya
  • Mencoba Sukses
  • Merdeka Dalam Bercanda
  • Married with Brondong
  • Anak Kos Dodol Dikomikin Vol. 2
  • Anak Kos Dodol Dikomikin
  • Blackjack
  • Rainbow and Ocean
  • Blue Romance
  • Duo Hippo Dinamis : Tersesat di Byzantium
  • The Color of Water (Color Trilogy, #2)
  • I Love My Boss
  • Pintu Terlarang

No trivia or quizzes yet. Add some now »