Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “2” as Want to Read:
2
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

2

3.55  ·  Rating details ·  1,969 ratings  ·  185 reviews
Ini Bulutangkis, dan Ini Indonesia, dimana impian dibawa ke dunia nyata, tidak berlaku untuk Gusni Annisa Puspita, remaja yang 'kelebihannya' adalah keterbatasannya. Cita-citanya sejak kecil untuk membuat orang tuanya senang dengan bermain bulutangkis terus kandas.

Suatu malam sebuah kenyataan pahit datang untuknya, sebuah kenyataan tak berperi, hidup yang tidak berpihak
...more
Paperback, 418 pages
Published 2011 by Grasindo
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about 2, please sign up.

Be the first to ask a question about 2

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.55  · 
Rating details
 ·  1,969 ratings  ·  185 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of 2
an
Jul 07, 2011 rated it did not like it
Shelves: punya, novel
kesan awal membaca buku ini adalah... berlebihan.

jika dilihat dari opening na aja dah berlebihan banget. mungkin image 5 cm sudah melekat di rhe dari karya donny ini sehingga ketika baca 2 rasa na seakan penulis inngin mengubah tulisan na menjadi lebih... apa ya istilah na, lebih remaja kali ya. bahasa yang digunakan pun serasa ingin menggunakan bahasa-bahasa yang menghibur, tapi yang ada malah kesan berlebihan. apa karena cerita na tentang 'kelebihan' ya?

kalau si papa di bab pertama dah pengen
...more
Truly
Jul 13, 2011 rated it really liked it
Jangan pernah meremehkan kekuatan seseorang manusia, karena Tuhan sedikit pun tidak pernah.
Citius, Altius, Fortius
Faster, Higher, Stronger

SAYA TIDAK SALAH PILIH!

Terus terang buku ini awalnya saya pilih dengan harapan bisa ikut mengembalikan saya ke alam produktif. Belakangan entah kenapa, saya merasa jenuh. Buktinya terlihat jelas, hingga nyaris tengah bulan baru 3 buku yang saya baca. Bukan salah buku-buku tapi konsentrasi yang terbagi membuat saya cepat merasa lelah dan jenuh.

Saat mencari buku
...more
Muhammad Ridwan
Jul 21, 2013 rated it did not like it
Shelves: grasindo
Kesan pertama baca buku ini: ALAY!

Sumpah! Ini novel berlebihan, lebay, lebay, lebay, dan alay banget dari awal. Setelah mencoba untuk terus melanjutkan membaca, ternyata saya memang gak sanggup buat meneruskannya. 50 halaman sudah cukup membuatku stress.

Ini hasil keanehan dari halaman 1-50.
1. Kalau usaha pembuatan kok-nya cuma pakai alat tradisional dan gak punya pegawai (karena cuma 1 alatnya), kenapa bisa beli mobil? Apalagi saat itu kok sedang tidak laku karena produk Malaysia?
2. Segampang
...more
AmaLia
Jul 24, 2011 rated it it was ok
Shelves: fictions, indonesia
Agak kecewa sebenarnya.. Mungkin karena udah terLaLu 'mentok' sama 5 cm. Mungkin karena gwe sendiri udah berubah, jadi udah ga mempan 'diceramahi' panjang Lebar - biarpun tetep ada beberapa quotes yang inspiratif, tapi makin ke beLakang makin susah masuk ke kepaLa, mungkin karena udah terLanjur bosan. Tapi seenggaknya gwe dan Gusni sama-sama berjuang.. Gusni berjuang meLawan segaLa keterbatasannya, dan gwe berjuang mengkhatamkan buku ini.
macrogasm
Feb 07, 2013 rated it did not like it
I only gave 1 out 6 to this novel, just trying to be honest that in my opinion this novel is "agak maksa".
Saya belum pernah baca 5 cm yang katanya masterpiecenya Pak Donny banget, saya nonton sih filmnya (dan kurang suka, cuma suka cinematography dan fedi nuril nya doang). Jadi saya gak bisa bandingin 5 cm dan 2, tapi ga perlu dibandingin aja menurut saya novel 2 ini udah 1 out 6 banget.
Saya tertarik awalnya karena rekomendasi teman, katanya lucu dan unik. Memang humornya lumayan menghibur dan
...more
Marina
** Books 171 - 2016 **

3,1 dari 5 bintang

Saya sebenarnya suka dengan konsep kegigihan Gusni yang memiliki penyakit mematikan tetapi ia tidak mau menyerah dengan keadaan tetap berlatih bulutangkis sampai ia benar2 bisa berhasil

Sayangnya saya kurang menyukai gaya penulisan buku 2 ini apa terlalu banyak kalimat yang lebay ya. Banyak juga kata "berlebihan" didalam novel ini yang saya lihat rajin berseliweran didalam novel ini. Saya masih merasa lebih suka dengan tulisan mas donny di 5 cm yang lebih
...more
htanzil
Jul 12, 2011 rated it liked it
Setiap manusia memiliki cita-cita namun terkadang apa yang dicita-citakannya itu terhalang oleh keterbatasaan dan ketidaksempurnan hidup. Untuk itulah kita perlu memiliki mimpi sebagai api penyulutnya, namun mimpi saja tidaklah cukup karena harus ada perjuangan dan kerja keras untuk menggapai mimpi kita.

Itulah juga yang dialami Gusni, seorang perempuan yang berjuang untuk mimpinya, ia mencintai hidupnya di tengah segala keterbatasan dan waktu sigkat yang dimilikinya. Semenjak lahir Gusni
...more
Hasbi Ash
Jun 15, 2012 rated it it was amazing
Buku 2 dari Donny Dhirgantoro ini menceritakan seorang perempuan yang
terlahir dengan masa depan yang tidak sempurna, perempuan tersebut
bernama Gusni. Gusni terlahir dengan badan yang besar dan karena kelainan
genetika maka badannya tidak akan pernah turun dan malah akan terus
membesar sepanjang usianya. Kelainan genetika ini dipengaruhi juga oleh
garis keturunannya, karena kakek buyutnya juga seperti itu dan mereka
tidak pernah bisa hidup sampai umur 25 tahun. Beruntung gusni mempunyai
keluarga yang
...more
Ayu Larasati
Jan 05, 2013 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Stefanie Sugia
I want to give all the thumbs up I could give to this book :) An absolute masterpiece, in my opinion :')
----------------------------------------------------------------------------------------------------

"Karena tadi pagi saya melihat ia berlari... seakan ia berkata ke saya... bahwa tidak ada hidup yang sempurna, hanya seorang pengecut yang menginginkan hidupnya sempurna..."

Kisah ini dimulai dari kelahiran seorang Gusni Annisa Puspita; yang lahir pada tahun 1986 dengan berat luar biasa 6.25 kilo
...more
Agustina Masito
Jan 22, 2014 rated it it was ok
Saya adalah salah satu orang yang menunggu dengan gak sabar munculnya buku kedua donny, tetapi setelah muncul saya termasuk orang yang kecewa. Buku ini terlalu bertele-tele dan ketebalannya seperti kesia-siaan. Donny mencoba mengeluarkan kritik sosialnya di sini, tetapi menurut saya terlalu ringan dan hanya menyentuh kulit.


Buku ini menceritakan tentang bulutangkis indonesia. Dony jelas punya visi ingin membangkitkan kembali prestasi bulutangkis indonesia, minimal membangkitkan kembali euforia
...more
Mikochin
Aug 21, 2012 rated it it was ok
Sebenarnya buku ini menarik. Masih tidak jauh dengan 5cm, penulis sepertinya berusaha menyampaikan dan memberikan motivasi bagi para pembacanya, baik dalam menjalankan hidup, termasuk pula menaruh harapan besar pada dunia perbulutangkisan Indonesia.

Hanya saja saya agak kurang sreg sama gaya menulisnya. Entahlah, terlalu banyak kalimat yang tidak perlu, diulang-ulang hingga monoton, dan sebagainya. Dan terus terang saya termasuk pembaca yang cenderung menjudge suatu buku dari gaya menulisnya,
...more
Ajeng
Dec 04, 2011 rated it did not like it
Reading 2 by @Donny5cm Big book, skipped most parts because it's boring.BUT this is an important book maybe for Indonesian children-teenager, in terms of teaching kids to work hard and dream. The storyline is in the calibre of children stories, not comparable to high quality contempary work such as Laskar Pelangi. I will save this book and lend it to someone much younger, a school kid maybe, while regretting the fact that I had a curiosity to buy it in the first place. If you're a literature ...more
Sa`ad Ahyat Hasan
Jul 15, 2011 rated it liked it
Lumayan sih. Tapi lagi-lagi seperti 11 Patriot, saya merasa olahraga kurang cocok diangkat menjadi tema sebuah novel.

Kisahnya sederhana, sesederhana pesan yang ingin disampaikan oleh Mas Donny kepada para pembacanya.
Laras
May 20, 2013 rated it did not like it
Saya membutuhkan kerja keras buat menyelesaikan buku ini (pret).

Sebenernya bahasa yang dipakai nggak menyulitkan, malah cenderung nge-pop.
Tapi, hmmm...

Oh iya, ini bakalan banyak spoilernya.

Sebelumnya, saya mau kasi pujian dulu buat buku ini. Angkat topi buat covernya yang bagus banget, mulai dari desainnya, warnanya, font yang dipake, saya sukaaa! Saya juga suka judul-judul yang dipakai penulis untuk buku-buku yang dikarangnya. Judul yang dia pakai itu singkat tapi bikin kita jadi nanya-nanya.
...more
Arial Ratih
Mar 24, 2018 rated it it was amazing
Arah ceritanya jelas, nggak melebar ke mana-mana. Penulis fokus sama lingkup tema cita-cita, impian, dan harapan.

Banyak dialog berbobot. Misalnya dialog antara papanya Gusni dengan Pak Pelatih, dialog Gusni dengan Harry. Dialog-dialog mereka sukses menghidupkan hampir semua indera pembaca. Pokoknya bener-bener hidup dan membuat pembaca nggak sadar ngomong dalam hati, "Iya juga ya, kok aku nggak mikir sampai situ".

Alurnya rapi. Mulai dari Gusni lahir sampai usia remaja, penulis menyampaikannya
...more
R.G. Widagdo
Jun 05, 2017 rated it did not like it
Judul : 3/5
Sampul : 2/5
Pembuka : 1/5
Cerita : 1/5
Bahasa : 1/5
Penutup : 1/5
Level Rekomendasi: 1/5

Total : 1/5

Catatan:
Buku ini salah satu yang ingin tidak saya selesaikan. Selain membosankan, banyak hal yang bagi saya kurang logis (terutama pada bagian bulutangkisnya). Dosis motivasinya juga terlalu 'over', malah menjadi racun. Satu kata untuk novel ini: BERLEBIHAN 'also known as' LEBAY.
Daniel Julianto
Nov 10, 2018 rated it really liked it
"Jangan pernah meremehkan kekuatan seorang manusia, karena Tuhan sedikit pun tidak pernah..." . Salah satu quotes yang ada di buku ini. Di novel kedua ini, Donny bercerita perjuangan seorang anak yang ingin seperti kakaknya dengan segala kekurangnnya. Buku ini memberikan kita pandangan tentang arti semangat dan berani menjalani hidup. Namun, disisi lain menurutku ceritanya berlebihan.
Roni Vebrian
May 13, 2018 rated it it was amazing
Bulu tangkis membawa harum nama Indonesia di hidung dunia.
Novellina A.
Feb 07, 2018 rated it really liked it
Sebagai penggila olahraga Tepok bulu...suka banget sama buku ini
edah tahir
Jan 25, 2020 rated it it was amazing
bagi kamu yang ingin menyerah dalam hidup, cerita dibuku ini mungkin bisa membangunkan dirimu dari keterpurukkan
Annisa Anggiana
Aug 18, 2011 rated it really liked it
“Mungkin semuanya menjadi berbeda saat kamu melangkah dan menginjak tanah tempat kamu berdiri, mungkin kadang manusia harus kembali menjejakkan kakinya diatas tanah tempat ia berdiri sekadar untuk menghitung jejak dan langkah kakinya, sejauh mana ia telah berjalan dengan langkahnya. Sejauh mana masa lalu ada untuknya, sejauh mana ia akan meninggalkan masa lalunya untuk melangkah maju, melangkah lebih cepat lagi dalam hidupnya? Setiap manusia akan menjalani takdir baiknya, setiap manusia akan ...more
Dani Noviandi
Jul 05, 2013 rated it liked it
Shelves: gift-away, it-s-mine
Out of the box! Sempat bertanya-tanya, apakah buku berjudul “2” ini akan serupa dan segenre dengan karya Donny sebelumnya, “5 cm”. Ternyata sangat berbeda jauh, sangat mengejutkan ketika Donny mengangkat tema olahraga secara penuh dalam buku keduanya ini. Bulutangkis, olahraga paling berprestasi di Indonesia inilah yang coba diangkat oleh Donny dalam buku keduanya ini. Seingat saya, inilah buku Indonesia pertama yang saya baca yang bertema olahraga, unik, hanya itulah yang bisa saya katakan.

Tak
...more
Lona Yulianni
Apr 30, 2012 rated it it was amazing
Gusni Annisa Puspita, lahir sebagai seorang perempuan yang harus menderita penyakit genetis yang membuat tubuhnya terus membesar dan berat tubuhnya terus naik. Gusni kecil yang suka sekali makan onde-onde dan choki-choki, suatu ketika harus merelakan onde-onde yang ada di kantin karena habis diborong "saingannya". Dari situlah Gusni bertemu Harry, anak laki-laki yang juga bertubuh tambun. Awalnya Gusni menganggap Harry menyebalkan karena onde-onde di kantin habis olehnya. Pandangan Gusni berubah ...more
beloved wit
Dec 03, 2015 rated it really liked it
Setiap manusia memiliki cita-cita namun terkadang apa yang dicita-citakannya itu terhalang oleh keterbatasaan dan ketidaksempurnan hidup. Untuk itulah kita perlu memiliki mimpi sebagai api penyulutnya, namun mimpi saja tidaklah cukup karena harus ada perjuangan dan kerja keras untuk menggapai mimpi kita.
Itulah juga yang dialami Gusni, seorang perempuan yang berjuang untuk mimpinya, ia mencintai hidupnya di tengah segala keterbatasan dan waktu sigkat yang dimilikinya. Semenjak lahir Gusni
...more
Eka
Jun 08, 2012 rated it really liked it
"Kamu dikatain Gendut ya?"
Gusni mengangguk. Harry menatap Gusni tulus dan bertutur lembut. "Kata Mama Harry…lebih enak jadi orang gendut, karena ukuran hatinya pasti lebih besar."

Honestly, this quote is the thing that made me buy the book.
An unconventional heroine's story bring up the curiosity in me.
But in the end, the book is giving me more.

Gusni Annisa Puspita is a girl with a lot of "big" things.
The first thing that catch the attention is her size. She's big since baby with 6.25 kg weight
...more
Aleetha
Jul 22, 2013 rated it liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Amaya
Oct 22, 2013 rated it liked it
Trilogi Laskar Pelangi Masih yang Terbaik

…lebih enak jadi orang gendut, karena ukuran hatinya pasti lebih besar (70)

Karena melihat Papa, Mama, dan kak Gita bahagia setelah kemenangan Susi Susanti di Olimpiade 1992, Gusni juga ingin menjadi pemain bulutangkis. Alasannya sederhana, Gusni ingin melihat Papa, Mama, dan kak Gita bahagia. Gusni yang polos tak tahu disebut apa keinginan itu, hingga ia bertemu Harry setelah drama rebutan onde-onde di kantin sekolah.

"Gusni-Gusni cita-citanya apa?"

"Aku
...more
Edy
Aug 22, 2012 rated it liked it
Buku ini bercerita tentang keluarga Gusni dengan setting tahun1990an – 2000an. Gusni merupakan anak perempuan ke dua dari sebuah keluarga pengusaha shuttlecock badminton tradisional. Anak sulung mereka bernama Gita berjenis kelamin perempuan dan merupakan atlet berprestasi di bidang olah raga badminton. Gita sejak lahir mempunyai kelainan fisik dimana tubuhnya sangat bongsor dan gemuk. Meski demikian ayah ibunya serta Gita sangat menyayangi Gusti.

Di sekolah, Gita berteman akrab dengan Ani dan
...more
Cut Keumala
Dec 30, 2016 rated it it was amazing
Buku ini membakar semangat
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
  • Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Ranah 3 Warna
  • Negeri 5 Menara
  • Bidadari Bidadari Surga
  • Perahu Kertas
  • Ayahku (Bukan) Pembohong
  • Partikel
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Rindu
  • Negeri Para Bedebah
  • Cinta di Dalam Gelas
  • Dalam Dekapan Ukhuwah
  • Edensor
  • Padang Bulan
  • Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)
  • Sepatu Dahlan
See similar books…
No trivia or quizzes yet. Add some now »
“Dan bermimpi saja tidak akan pernah cukup...Dan sebuah impian memang seharusnya tidak perlu terlalu banyak dibicarakan,tetapi diperjuangkan.” 73 likes
“lebih enak jadi orang gendut, karena ukuran hatinya pasti lebih besar” 32 likes
More quotes…