Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Jejak Kenangan” as Want to Read:
Jejak Kenangan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Jejak Kenangan

by
3.18  ·  Rating details ·  79 ratings  ·  23 reviews
Duka masa lalu membayangi Allysa Gumulya. Berawal dari ayah yang tak pernah dikenalnya, kepergian ibunda yang sangat dicintainya, juga masa remaja penuh keprihatinan karena perbuatan gadis kejam yang tak berperasaan.

Ally bersumpah, demi malam yang dilaluinya dengan tangis, kesempatan untuk membalas luka masa lalunya akan tiba. Dan saat yang ditunggu itu memang tiba. Gadis
...more
Paperback, 264 pages
Published June 2011 by Gramedia Pustaka Utama (first published May 2011)

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Jejak Kenangan, please sign up.

Be the first to ask a question about Jejak Kenangan

Community Reviews

Showing 1-30
3.18  · 
Rating details
 ·  79 ratings  ·  23 reviews


More filters
 | 
Sort order
ijul (yuliyono)
Jul 24, 2012 rated it liked it
Shelves: amore
Tak baik menyimpan bara masa lalu karena bisa membakar masa depanmu...

description

Nadia Valencia Wibrata. Nama itu akan dikenang Allysa "Ally" Gumulya seumur hidupnya. Karena pemilik nama itu dengan tega membiarkannya merana sewaktu SMA dan bahkan menyebabkan sang mama meninggal dunia. Ally bersumpah, di suatu waktu kelak ia akan menuntut balas padanya. Ally yakin dengan sumpahnya.

Tahun berselang, Ally yang sebatang kara telah mencapai segalanya. Karier yang moncer, sahabat dekat yang begitu perhatian, temp
...more
Fhily
May 17, 2012 rated it really liked it
Demi malam yang dilalui Ally dengan tangis, Ally bersumpah gadis itu akan menuai perbuatannya kepada Ally, suatu saat dia akan merasakan apa yang dirasakan Ally. Ya, Ally bersumpah!

Allysa Gumulya, menyimpan dendam kesumat pada seorang gadis karena kejadian masa lalunya. Gadis itu yang membuat masa SMA-nya menjadi masa yang tak akan terlupakan. Masa yang dilaluinya dengan cemooh dan dengan tangis ditiap malamnya. Hanya karena dia meminta bantuan padanya, ketika ibunya sakit. Dia membongkar kehidu
...more
Caca Venthine
Apr 09, 2014 rated it really liked it
Yap dengan ini saya menyatakan telah melahap semua novel ci Rina yang sudah diterbitkan Gramedia, dan penasaran sama novel2 lainnya yang diluar Gramedia karena udah susah nyari nya -__-

Jadi ada apa lagi dengan novel yang 1 ini? Jejak Kenangan bersama mantan dari sabang sampe merauke..

Kalo ngeliat dari sinopsisnya udah pasti nebak kan ye jalan ceritanya. Oke jadi gini muggles *uhuk*

Ally harus nerima kenyataan pahit ditinggal ibunya karena punya penyakit kanker. Selama ibunya sakit, Ally berusaha
...more
Rizky
Apr 11, 2013 rated it liked it
Shelves: koleksiku
Ketika harus memilih antara cinta dan dendam, manakah yang akan dipilih?

Ini novel kesekian Mba Rina yang kubaca dan jujur aku benar-benar menikmati setiap karyanya, simple, ringan tapi selalu begitu dalam chemistry yang dibangun diantara para tokohnya^^

Kali ini, Mba Rina mencoba membawakan kisah Allysa a.k.a Ally, wanita yang cukup sukses dalam karir dan punya lingkungan pergaulan yang dekat dan hangat. Tapi itu tidak membuat Ally cukup bahagia, ada satu bagian dalam dirinya yang belum lepas den
...more
Ayu Fitri
Dec 14, 2014 rated it liked it
Aku kasih 3 bintang.
Karena lini novel ini amore, udah pasti happy ending dan manis banget.
Dan aku suka :D

Ini buku kedua mbak Rina yang aku baca dan semakin banyak baca tulisan mbak Rina, kayaknya aku mulai bisa ngenalin ciri khasnya.
Kayak facts yang ditulis di halaman terakhir novel ini, mbak Rina menurutku emang cocok sama genre romantis dan lini amore ini.
Sejauh yang aku tau dan inget, novel-novel mbak Rina emang kebanyakan ada di lini amore.
Udah cocok banget deh menurutku, hehe.

In short, nove
...more
OceMei Belikova♥
Jun 15, 2011 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Viktoria
Mar 19, 2012 rated it really liked it
“Mungkin bukan karena cinta yang membabi buta, tapi lebih karena harga diri yang terluka oleh pengkhianatan dan penghinaan. Tapi sesakit apa pun hatinya, Ally tetap harus belajar memaafkan. Harus.” (hlm.163)


Allysa Gumulya, 23 tahun, menghabiskan 6 tahun hidupnya dalam kesendirian dan keterpurukan. Terlahir tanpa ayah membuatnya hidup dalam tekanan dan cemoohan orang, tak terkecuali saudara ibunya sendiri. Apalagi, sepeninggal ibunya di usianya yang ke-17 membuatnya bertahan hidup dalam dendam. Y
...more
Natha
Jun 06, 2011 rated it liked it
Shelves: romance, chicklit
Oke, hutang review mesti dibayar. ^^

Buku ini sudah kepingin dimiliki dan dibaca sejak membaca sinopsisnya di GR, namun baru kemarin Sabtu akhirnya memiliki kesempatan untuk beli, punya dan baca. XD

Tulisannya memang agak terlalu besar-besar, terlebih buat aku yang suka banget baca buku dengan tulisan mungil-mungil, tapi itu oke koq. Tidak menjadi masalah seberapa besar hurufnya asalkan ceritanya lezat. :P

Allysa, seorang gadis di usia muda (seusia sama aku ih, jadi malu *blush*) yang terpaksa kare
...more
Stefanie Sugia

"Ally pantas menyimpan dendam dan amarah sebesar itu karena akhirnya Mama meninggal tanpa mendapatkan perawatan yang layak. Ketika berlutut di makam Mama yang tanahnya masih basah, Ally mengatupkan jemari erat-erat, memejamkan mata, dan sekali lagi meneguhkan sumpah dalam hati.

Suatu saat nanti, gadis brengsek itu akan menangis setiap malam, persis seperti yang Ally lakukan dalam kehampaan kamarnya..."



Allysa Gumulya, seorang perempuan berusia 20-an yang bekerja sebagai associate designer (peran
...more
echyrosalia
Sep 18, 2016 rated it liked it
.. just hope and pray, love will find a way...

awalnya saya menolak membaca buku dengan genre sejenis ini, terkesan termehek mehek aja gt. Rawan baper, dan ga mau terima kalo nantinya sad ending.
Buku ini pertama saya buka saat perjalanan Surabaya - Probolinggo. Kira kira 4 jam perjalanan dengan kereta, dan kemudian di lanjut keesokan harinya.

Terlepas dari beberapa kekurangan dari buku ini yang sudah diutarakan oleh pembaca sebelum saya, tentang typo, tentang alur yang kadang lari larian, dan te
...more
Fanny Roswita Ria
Jul 11, 2011 rated it liked it
Diawal membaca novel ini, sangat berbeda antara sinopsis dengan ceritanya. dimana dari sinopsis Ally berniat merebut Ivan yang merupakan tunangan Nadia, teman 1 sekolah Ally yang menolak permintaan Ally untuk meminjamkan uang ketika ia butuh membawa ibunya ke dokter. baru di halaman ke seratus sekian ceritanya sesuai dengan sinopsisnya.

Alurnya agak beda dari cerita yang biasanya dimana longkap jangka waktu alur sangat jauh. 1 bulan, 6 bulan, sehingga agak-agak rikuh waktu membacanya. seolah-olah
...more
Qiserra
Apr 19, 2015 rated it liked it
asikkkkk bisa nulis review ala aku . hmmmm yuk sayangggg di mulai

satu yang buat aku suka dengan cerita ini adalah karakter cerita di jejak kenangan,semuanya pas tanpa ada yang berlebihan atau kurang . hmm pas

dua yang buat aku kepincut dengan cerita ini adalah konfliknya yang hmm bikin gemas tiap buka lembaran demi lembaran ditambah lagi banyak kejutan yang timbul membuatku nggak bisa lepas dari buku ini.

tiga yang buatku bersemangat membaca hingga akhir adalah alurnya,sang penulis yang sangat
...more
Jessica Ravenski
Jul 04, 2013 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Yuliana
Aug 03, 2013 rated it really liked it
Duka masa lalu membayangi Allysa Gumulya. Berawal dari ayah yang tak pernah dikenalnya, kepergian ibunda yang sangat dicintainya, juga masa remaja penuh keprihatinan karena perbuatan gadis kejam yang tak berperasaan.

Ally bersumpah, demi malam yang dilaluinya dengan tangis, kesempatan untuk membalas luka masa lalunya akan tiba. Dan saat yang ditunggu itu memang tiba. Gadis masa lalu itu, Nadia Wibrata, hadir sebagai tunangan Ivan Adidjaja, pria yang sangat Ally cintai.

Solusinya terasa sangat muda
...more
Pia Devina
Sep 19, 2012 rated it it was ok
Sebelum beli buku ini melalui toko buku online, saya membaca sinopsisnya. Saat membaca sinopsis itu, ada rasa tergugah utk membeli buku ini karena line-line yg ada di sinopsis membuat saya membayangkan bagaimana sakitnya kehilangan orang tercinta hingga akhirnya menyalahkan org lain atas kehilangan itu.
Yg agak ganjil menurut saya, saat membaca bukunya, hampir setengah buku, sama sekali tidak menceritakan 'sang tersangka' pembuat sakit hati itu.
Alur ceritapun berkesan terlalu cepat, denga meng-sk
...more
Ryaa Tenriawaru
Apr 17, 2012 rated it really liked it
Fffiuh...menutup buku ini dengan segala emosi yang ada..

Tapi jujur sangat puas dengan karya mbak Rina Suryakusuma & ini karya pertama yang saya baca dan langsung suka sama gaya penulisan mbak Rina :D

Overall semua emosi dapet, manis, sebal, geram, sedih, menyayat hati dan ada klimaksnya, serta ditutup dgn ending yg bikin gemes, sweet! :)))

Gak sabar baca buku-buku mbak Rina yang lainnya :)
Sabrina Zee
Jun 06, 2011 rated it liked it
Ide dasar ceritanya bagus banget. Tentang cewek yang dihina dan bersumpah untuk balas dendam. Dan kesempatan itu datang dalam bentuk cowok yang dicintainya. Kebetulan cowok itu adalah tunangan orang yang dibencinya. Ia berusaha merebut cowok itu.
Ceritanya sweet amat. Tapi alurnya terlalu cepat, kurang detail, dan banyak adegan di-skip begitu saja. Jadi, 3 bintang saja deh.
ayanapunya
Jul 18, 2015 rated it liked it
Shelves: amore
Ini adalah novel kedua Rina Suryakusuma yang saya baca. Kelebihan dari novel ini adalah ceritanya mengalir dan nyaman dinikmati. Kekurangannya covernya kurang menarik dan plot yang terasa berjalan sangat cepat.

https://ayanabooks.wordpress.com/2015...
Primadonna
Aug 14, 2012 rated it liked it
Shelves: romance, indonesian
Menjelang akhir, sebenarnya aku merasa ada yang "miss". Kenapa seolah tidak dijelaskan mengapa Ivan diisyaratkan ingin kembali pada Ally? Menurutku akan lebih indah dan tuntas kalau perasaan Ivan dieksplor lebih dalam di sini.

Tetap saja, cerita ini manis. :)
Retno Winarni
Bacaan ringan tanpa perlu berkerut merut, kalo pake dipikir malah bete, ga bakalan enjoy bacanya ...
Win
Jun 24, 2011 rated it really liked it
Shelves: favorite, metro-pop, amore
gak perlu ripiu...rekomended bgt!!!

asli mau ngasi 5..tp cukup lah 4,5..alasan ny kurang detail...

tp ini hero Rina yg paling oke n membumi menrt q...

*siap di lahap dlm wtk 2,5 jm..wowww*
Lea Citra
May 30, 2011 marked it as to-read
Model mirip kisah yg sering ditulis Mira W, Marga T. Bicara ttg genre Amore, jadi ingat buku legendaris Memory & Destiny ;p
Trifonia
ejak Kenangan, Rina Suryakusuma ini membawa peran Heroine ini menjadi begitu berbeda, Allysa yg mempunyai masa kelam sukar melupakan dan menutup pintu masa lalunya
and penuh pelajaran hidup ^^
Delly Safira
rated it really liked it
Dec 22, 2012
Nuri Dhea S
rated it liked it
Jan 07, 2014
Venta
rated it liked it
Jun 27, 2017
Wivina
rated it liked it
Aug 26, 2011
Geovani Jeonica
rated it really liked it
Aug 20, 2015
Shella
rated it really liked it
Apr 29, 2015
« previous 1 3 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
99 followers
She is just an ordinary woman with million dreams. Falls in love with writing and lots of thing. Knows everything that she has, is only by His grace.
The author of Let's Fall in Love, Gravity, Falling, Perfect Mess, Just Another Birthday, Lullaby, and more.

For her, life is what happen to us while we're busy making other plans :))

No trivia or quizzes yet. Add some now »