Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Negeri Senja” as Want to Read:
Negeri Senja
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Negeri Senja

3.75  ·  Rating details ·  754 Ratings  ·  62 Reviews
Daftar Isi:

Prolog
Matahari Tidak Pernah Terbenam di Negeri Senja

Bagian 1
Penunggang Kuda dari Selatan
Peristiwa di Kedai
Penginapan Para Leluhur
Rumah Bordil di Padang Pasir
Perempuan dari Balik Cahaya

Bagian 2
Komplotan Pisau Belati
Usaha Pembunuhan Tirana
Tirana, Perempuan Penguasa yang Buta
Kaum Cendekiawan dalam Kegelapan
Suatu Ketika di pasar
Penangkapan Tokoh Perlawa
...more
Paperback, 1st ed., 243 pages
Published August 2003 by Kepustakaan Populer Gramedia
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Negeri Senja, please sign up.

Be the first to ask a question about Negeri Senja

Community Reviews

(showing 1-30)
Rating details
Sort: Default
|
Filter
cindy
Feb 28, 2012 rated it really liked it
MATAHARI TIDAK PERNAH TERBENAM DI NEGERI SENJA

Senja seharusnya datang dan pergi. Senja seharusnya indah walau temaram. Senja seharusnya penuh kedamaian walau tak lama. Senja seharusnya.....

Namun di Negeri Senja ini semuanya tidak seperti itu. Senja, walau memukau, ternyata menyembunyikan banyak konflik dan kesedihan. Dan di antara remang-remang senja, SGA menyisipkan banyak pemikiran. Tentang kekuasaan, kekerasan, pembunuhan dan teror. Tentang perlawanan, yang bukan dimulai dari gerakan, namun d
...more
Agustina Pringganti
Jan 02, 2013 rated it it was amazing
“Aku membayangkan segala sesuatu yang mungkin dibayangkan, dari aroma parfum yang mengabdi kepada kepentingan tubuh dalam percintaan. Siapakah ia yang merasa bisa menggairahkan percintaan dengan segala aroma? Aku tidak melihat sesuatu dan hanya merasakan tubuhnya, aku tidak melihat tubuhnya dan hanya menghirup baunya; kemudian aku mendengar desahnya yang begitu basah, seperti lidah ombak yang terserap pasir, mendesah dan merintih…

Permainan cinta tidak selalu berhubungan dengan peristiwa cinta,
...more
jessie monika
Dec 15, 2015 rated it liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Nadia Fadhillah
Jun 17, 2012 rated it it was amazing
Recommended to Nadia by: Pandasurya
keren banget buku ini.
sayangnya ini buku pinjem dari mas pandasurya.
padahal tanganku udah gatel banget pengen nyoret-nyoret.

ijin potokopi mas!
Alan Scweik
Dec 03, 2015 rated it liked it
buku pertama yang kelar dibaca di tahun 2016...
Imam Rahmanto
Dec 05, 2014 rated it it was ok
Shelves: hasil-minjam
Saya cukup suka gaya bertuturnya. Namun, ada banyak penjelasan di dalam ceritanya yang agak mengambang. Pesan dalam cerita terkesan disampaikan tersirat, mungkin lebih ke ranah filosofis.

Bagi orang yang senang membaca cerita-cerita "nyata", kisah ini akan sangat membingungkan. Lebih membingungkan ketimbang cerita-cerita distopia. Bahkan, tokoh penceritanya sendiri bingung dengan kejadian yang dialaminya di negerj senja - negeri dengan matahari yang tak pernah tenggelam, hanya tertahan separuhnya
...more
Teguh Affandi
Oct 11, 2015 rated it really liked it  ·  review of another edition
Aku suka sekali buku ini. Seno menyeret pembaca pada sebuah negeri yang tidak kita ketahui lokasi geografis, tidak disebut dalam peta, dan hanya ditemukan oleh tokoh AKU karena pengembaraan dan menuruti penutur-penutur yang juga berasal dari pengembara.

NEGERI SENJA! Negeri yang selalu diselubungi magenta senja, matahari tidak pernah melorot tenggelam, dan ternyata keindahan senja yang terus menerus justru menjemukan dan menawarkan kengerian. Dikisahkan kemiskinan, otoritas, penindasan, atau bahk
...more
Ariska Anggraini
Sep 07, 2014 rated it liked it
Baiklah, saya akan memasukan negeri senja sebagai daftar tempat yang akan saya kunjungi untuk traveling di hari libur nanti. Saya akan berkunjung ke rumah bordil di padang pasir dan berfoto bersama dengan penunggang kuda dari negeri selatan. Juga saya tak akan lupa menikmati matahari yang tak pernah terbenam di negeri senja itu
Eva
Sep 12, 2014 rated it it was amazing
Sudah lama sekali bacanya. Buku Seno yang paling saya sukai. Menyihir.
Saya merasa benar-benar dibawa ke Negeri Senja yang eksotis, memabukan, sekaligus mencekam.
Antariksa Akhmadi
Nov 30, 2015 rated it it was ok
Ide dasarnya eksotis dan asli, sayang tidak dibarengi dengan world-building yang kuat.

Fiksi fantasi memang cukup sulit dibuat walalupun pengarang punya segala kekuasaan untuk membuat apapun yang dia mau. Tapi, perlu diingat bahwa para pembaca hidup di dunia yang nyata. Tidak ada masalah dengan membuat negeri yang mataharinya tidak kunjung bisa terbenam, tapi kurang bisa dipahami kalau orang bisa membuat partai politik di zaman musafir masih berkelana naik keledai. Tidak bisa Mungkin di sini Sen
...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Awal bulan kemarin adalah sesuatu yang membahagiakan. Setidaknya untuk saya pribadi dan pembaca Seno Gumira Ajidarma. Novel ‘Negeri Senja’ akhirnya diterbitkan kembali tahun ini. Penerbitan kembali ini disertai dengan tampilan cover yang baru dan juga ilustrasi dari tokoh-tokoh pemeran cerita dalam novel itu sendiri. Dengan demikian, suasana pembacaan menjadi agak sedikit hidup karena pembaca tidak lagi perlu membuat imajinasi sendiri mengenai rupa para tokoh tersebut. ‘Negeri Senja’ sendiri sel ...more
Lila Cyclist
Sep 07, 2014 rated it liked it
Shelves: buku-pinzeman
Rating 3,5/5
Syahdan, ada sebuah tempat dimana matahari tak pernah tergelincir ke peraduannya, dan tak pernah terbit terang di pagi dan siang hari. Tempat itu bernama Negeri Senja, sebuah negeri dengan pemandangan redup sore hari, sebuah negeri yang selama beratus tahun menanti kedatangan seseorang yang akan menyingkirkan kutukan negeri dengan naungan senja sepanjang masa.
Syahdan, datanglah sang pengembara yang penasaran dengan Negeri Senja, yang selalu mencatat keindahan, kemustahilan, dan kejah
...more
Marina Zala
** Books 295 - 2015 **

3,5 dari 5 bintang!

"Tapi benarkah pemandangan senjakala bukan pemandangan yang sebenarnya? Benarkah hanya pemandangan pagi dan siang saja yang merupakan pemandangan sebenarnya, sedangkan senja dan malam hari hanyalah pemandangan yang semu saja? benarkah segala sesuatu dalam cahaya terang lebih benar dibanding segala sesuatu dalam cahaya remang-remang? Mungkinkah semuanya benar ataunya semuanya semu-bukankah cahaya itu sendiri mengubah penampakan suatu benda kemudian hilang
...more
upiqkeripiq
Mar 30, 2013 rated it it was amazing
Shelves: punya
Lagi-lagi tentang senja. Tapi kali ini ada sedikit adegan silatnya...

Sudah lama buku ini ada di rak. Semenjak maret tahun lalu... Sampai kemarin ada teman yang tanya sudah baca buku ini belum. Dan liburan kemarin pun saya putuskan untuk membawanya pulang ke rumah buat di baca...

Ceritanya tentang seorang pengembara yang singgah di negeri senja dan mencatat apa saja yang dia alami dan amati disana. Negeri yang cukup unik kerena selalu berada dalam suasana senja. Tapi siapa yang bisa menyangka jika
...more
Anita Daniel
Aug 08, 2014 rated it it was amazing
Matahari tidak pernah terbenam di Negeri Senja. Namanya juga Negeri Senja, satu-satunya negeri yang selalu berada dalam keadaan senja, barangkali.
Ada yang ingin menghindari kenyataan, berusaha kembali tapi tidak bisa. Bagaimana bisa keluar dari Negeri Senja? Negeri yang tidak ada di dalam peta.
Ada kisah tirani yang membelenggu lama. Ada kisah cinta segitiga yang usang tertimpa kisah cinta yang baru.
Ah tentu saja. Sangat menggoda. Perempuan tanpa kecerdasan saja sudah begitu indah, apalagi perem
...more
Mona
Jan 18, 2011 rated it really liked it
"Aku masih teringat mayat-mayat yang bergelimpangan di pasar, perempuan-perempuan yang tewas karena menjaga kehormatan."

Cerita tentang suatu negeri bernama Negeri Senja. Negeri yang tak tercantum dalam kota, hanya bisa diketahui dari ucapan-ucapan para pengembara. Negeri yang kelam, sekelam senja yang tak pernah berubah menjadi malam.

"Bukan hanya Negeri Senja yang dikuasai oleh kebisuan dan kegelapan, tetapi juga negeri-negeri dengan matahari terang-berderang tidak memberikan pencerahan bagi ma
...more
Nonna
Feb 08, 2015 rated it it was amazing
"Barangkali rumahku adalah perjalanan itu sendiri."

Siapakah Tirana? Siapakah sosok di negara ini yang dianalogikan penulis dengan perempuan buta itu, yang memimpin Negeri Senja selama 200 tahun? Tirana yang keji, Tirana yang tidak mengenal cinta.

Lalu dimana letak Negeri Senja? Pertanyaan yang paling menggangu. Berbagai tempat coba saya cari untuk bisa menggambarkan Negeri Senja. Sampai pada akhirnya saya lupa, bahwa Negeri Senja adalah negara yang tidak ada di dunia.

Konon, dan memang hanya kon
...more
Rotua Damanik
Ini novel pertama Seno Gumira yang aku baca. Sejujurnya saja agak kecewa sih. Mungkin karena terlalu berharap banyak dengan nama besar Seno Gumira. Novel ini sendiri sebenarnya agak unik. Lebih banyak narasi dari pada dialog. Bisa jadi karena faktor itu juga novel ini jadi sedikit membosankan. Ternyata memang benar kata orang bijak, kalau mau bikin tulisan yang menarik tambahkan sedikit saja dialog di sana. Urusan keindahan rangkaian kata sih Seno Gumira jempolan banget. Di awal saja sudah terpa ...more
winda
Apr 06, 2013 rated it liked it
Negeri senja adalah negeri dimana matahari tidak pernah tenggelam, selalu dalam kondisi senja. Negeri dimana segalanya samar-samar... antara gelap dan terang.

sukaa dengan seno yang memiliki daya imajinasi tingkat dewa.
Shabrina Firdha
Mar 12, 2015 rated it really liked it
Seno Gumira selalu berhasil membuat saya semakin jatuh cinta pada senja. Di buku ini penggambaran negeri senja agak berbeda dari yang saya bayangkan dari cerita "Tujuan: Negeri Senja". Agak lebih kolosal dan mencekam. Tapi tetap sangat menarik
Bintang Pramodana
Sep 26, 2009 rated it liked it
buku yang menceritakan seorang pengembara yang mampir di negri dimana selamanya senja dan matahari seperti tidak mau tenggelam. cerita yang absurd dari negeri khayal yang diciptakan SGA. saya tidak pernah tenggelam dalam ceritanya.
Dei sha ta mar
Jan 12, 2008 rated it it was amazing
Recommends it for: agnesha, andycka
Serius! Gw bingung banget sama SGA pas pertama kali baca buku ini. Dia bisa ada ide darimana coba bisa buat tulisan kayak gitu. Imajinasinya liar dan keren banget!! Buku imajinatif dan petualangan aseli dari Indonesia, yang gw suka banget!!
Pipa
Nov 23, 2007 rated it liked it
khas seno banget
setting waktu senja dan kesan yg muram
tapi seru kok ni buku
karena dah agak lama bacanya, jadi dah agak2 lupa jalan ceritanya
rasa yg timbul pas gw baca buku ini, sama kyk pas baca abarat buku pertama
Castro
Sep 15, 2010 rated it it was amazing
hmm, selalu muram
Gamaliel
Sep 27, 2007 rated it really liked it
Recommends it for: pecinta sastra
Shelves: sastraindonesia
suasana senja yang dibangun, bagiku sangat menarik, sedikit surealis tapi imajinatif......
Rosa
Jan 18, 2010 rated it really liked it
Imajinatif dan penuh misteri.
I loved it!
Arnellis Mellema
Jan 23, 2011 rated it liked it
Ingat Soeharto. Ingat negeri ini. :(
Indra Darmawan
May 05, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
Negeri senja, potensi keindahan syahdu yg menjadi semu karena penguasa yang tidak bisa berdamai dari masa lalu. " - di dunia orang dewasa, bukankah kita harus selalu berdamai dengan luka?"
Fika Rachman
Jan 17, 2011 rated it really liked it
Luar biasa, menurutku novel ini mencoba mengkritik sikap pemerintahan Soeharto yang memalsukan demokrasi. Saat jurnalisme dibungkam, sastra harus bicara.
Riza
Dec 12, 2015 rated it really liked it
"Jika anak-anak tidak diberi pelajaran, mereka akan mengira kehidupan tertindas adalah kewajaran"

Buku ini sangat wajib dibaca, untuk mengenal indonesia lewat pandangan SGA.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Orang-Orang Bloomington
  • Orang-orang Proyek
  • Arus Balik
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Pengakuan Pariyem
  • Khotbah di Atas Bukit
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • Seribu Kunang-kunang di Manhattan
  • Jalan Tak Ada Ujung
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Parijs van Java: Darah, Keringat, Air mata
  • Tarian Bumi
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more
More about Seno Gumira Ajidarma...

No trivia or quizzes yet. Add some now »