Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sepotong Senja untuk Pacarku” as Want to Read:
Sepotong Senja untuk Pacarku
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sepotong Senja untuk Pacarku

3.97  ·  Rating details ·  2,067 ratings  ·  210 reviews
Kisah cinta Sukab yang mengirimkan sekerat senja dalam amplop untuk Alina, pujaan hatinya, namun baru sampai sepuluh tahun kemudian, menjadi kisah utama dalam kumpulan cerpen tentang senja yang sangat populer ini. Setelah satu dekade berlalu, keindahan senja yang diabadikan Seno ternyata banyak dijadikan bagian dari surat cinta untuk memenangkan hati para gadis di dunia ny ...more
Paperback, 220 pages
Published January 2002 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... Edit Details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sepotong Senja untuk Pacarku, please sign up.

Be the first to ask a question about Sepotong Senja untuk Pacarku

Community Reviews

Showing 1-30
Average rating 3.97  · 
Rating details
 ·  2,067 ratings  ·  210 reviews


More filters
 | 
Sort order
Start your review of Sepotong Senja untuk Pacarku
Astri Kusuma
Nov 26, 2009 rated it it was amazing
Inilah buku tentang seorang pemuja senja yang nekat memotong senja sebesar kartu pos untuk dikirimkan pada pacarnya.

Kalau saya jadi Alina, perempuan yang dikirimi kartu pos senja itu, saya akan bilang "tidak, terima kasih. Senja punya makna berbeda untuk setiap orang. Jangan mengambilnya walau cuma sepotong, atas nama cinta. Itu egois namanya."

http://menantifajar.multiply.com/revi...
...more
Anis
Dec 24, 2009 rated it really liked it
ini adalah buku seno yg sangat saya sukai. sebenarnya saya tidak pernah menyukai senja, karena seperti ada perasaan kehilangan saat saya melihatnya. Tapi, perlahan seno telah mengubah anggapan saya..
Windry
Jan 15, 2008 rated it liked it
(3.5)

SGA kuat di ide. surealis yang dikembangkan dari hal-hal yang kadang cenderung dihindari orang karena takut kena isu klise. macam surat cinta buat pacar, lalu ide sepotong senja untuk pacarku itu (menurut saya) diambil dari frase klise yang sama dan sangat gombal (yang sering kita jumpai dalam dialog roman picisan). macam, "kasih, kan kupersembahkan bulan ke hadapanmu."

sejauh saya membaca beberapa cerpen SGA (yang baru sedikit sebenarnya hehehehe, namanya juga pembaca amatir), saya melihat
...more
Meliana
May 10, 2008 rated it really liked it
Shelves: indonesia-puitis
seorang teman pernah berkata padaku,

...senja, bagiku,adalah seperti seorang pengembara tua yang bercerita. di matanya, semua kehidupan bermuara. setiap hari yang berakhir adalah seperti kisah yang tergelung, lelah dan jauh. namun penuh dan indah..


sepotong senja bagi pacarku, adalah sepotong keindahan yang kucuri dari penulisnya. kuselipkan diam-diam dan rapi dalam lipatan ingatanku. setiap kali ketika senja jatuh dan berlalu dalam deru hidupku..
Farissa Nuri
"Kukirimkan sepotong senja untukmu Alina, bukan kata-kata cinta. Kukirimkan padamu sepotong senja yang lembut dengan langit kemerah-merahan yang nyata dan betul-betul ada dalam keadaan yang sama seperti ketika aku mengambilnya saat matahari hampir tenggelam di balik cakrawala."
Darmaila Wati
Aug 31, 2007 rated it liked it
Recommends it for: Sastrawan dan Penikmat Sastra
Ada 13 Cerita Pendek (Cerpen) dalam buku ini.Semuanya manis dan membawa kita kepada perasaan sentimentil dan berimajinasi... . Seno memiliki gaya penulisannya sendiri. Meski menulis soal cinta tetapi tidak klasik. Bahkan menulis hal-hal sentimentil sekali pun seperti dalam buku ini, tidak ada gambaran cengeng dalam ceritanya justru ketegaran. Aku suka pilihan kata-katanya (diksi).Permainan kata-katanya malah tidak membuat jenuh.Membaca cerita-cerita dalam buku ini membuat santai... .
Alvina
Mar 30, 2016 rated it liked it
Baca ini sambil kekenyangan mbayangin senja. Senja di kotamu. Senja di pantai. Senja di kartu pos. Senja di spion. Senja di puncak himalaya. Senja terakhir manusia.

Review lengkap menyusul.
Nufira S.
Jun 14, 2016 rated it really liked it
Siapa yang tidak suka senja?

Pertanyaan retoris itulah yang menjadi landasan mengapa Seno Gumira Ajidarma senang menulis tentang senja. Tetapi tentu saja cerita tentang senja akan terdengar klise dan kering jika tidak diiringi dengan kemampuan bercerita yang baik.

Favorit saya dalam kumcer ini tentu saja Trilogi Alina. Cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku adalah cerpen yang telah saya baca berulang kali. Pernah saya bacakan pula di depan pacar saya yang berbeda, terdahulu dan sekarang :p

Mainstrea
...more
Ariel Seraphino
Jan 27, 2015 rated it really liked it
Saya membayangkan bagaimana kemudian seorang Seno Gumira Ajidarma membuat sebuah komposisi cerita dalam sebuah buku yang kemudian mengambil topik sebuah senja pada awal tahun 2000. Bagaimana kemudian senja yang bisa jadi sering sekali orang lihat ternyata menjadi demikian berbeda ketika itu dilihat oleh seorang penulis macam SGA. Sebagai pembaca yang menggemari karya-karya beliau sejak lama, saya menyadari bahwa karya ini termasuk salah satu yang saya baru baca. Alasan di balik itu banyak sekali ...more
Lilia Zuhara
Jul 04, 2016 rated it it was amazing
Roman sureal yang berkutat disekitar cahaya kemerahan senja. Membaca buku ini serasa mendengar Gabriel Garcia Marquez dan Haruki Murakami saling berdongeng. Absurditas yang dibungkus dalam romantika.
Dewi Hambali
Feb 13, 2017 rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Zulfasari
Sep 27, 2017 rated it really liked it
Sudah banyak karya yang mengambil senja sebagai tema atau untuk mewakili rasa. Lama-lama bisa jadi kita akan jenuh, bahkan merasa sepertinya mereka kehabisan ide. Lama-lama mungkin senja terasa terlalu sentimentil dan klise.

Tapi lain dengan Sepotong Senja untuk Pacarku. Senja dan beberapa kosakata yang terus berulang malah tidak serta merta kehilangan makna. Semakin sering kata itu diulang, semakin saya menyadari bahwa.... "Senja memang indah, tetapi ketika berakhir ia menjadi rawan dan memberi
...more
Ferry Fansuri
Jun 05, 2017 rated it it was amazing
Semua yang berbau “Senja” ada pada Seno Gumira Ajidarma (SGA), ini terlihat dari karya legendarisnya Sepotong Senja Untuk Pacarku. Sebuah kumpulan cerpen yang menasbihkan SGA sebagai penulis yang diperhitungkan dalam ranah sastra. SGA juga mempopulerkan nama Alina dan Sukab yang selalu jadi icon karakter tiap cerpennya. Terdapat 3 trilogi awal dari kumcernya ini ; Sepotong Senja Untuk Pacarku, Jawaban Alina dan Tukang Pos dalam Amplop.
Sebenarnya kumcer ini bukan hal baru, tambahan halaman dan c
...more
Wihambuko
Dec 27, 2009 rated it it was amazing
Saya membelinya di tahun 2004, mungkin, saya agak lupa waktunya. Saya baca sampai selesai, kemudian, entah sedang mengalami fase apa, buku ini terlupa begitu saja.

Tapi hari minggu kemarin saya membuka lagi, saya baca kembali.

Astaga, saya lalu menyadari betapa dungunya saya dulu, meski bukan berarti sekarang saya lebih pintar.

Semua cerita pendek yang ada dalam komposisi Sepotong Senja untuk Pacarku ini, bagi saya adalah ruang kelas. Saya belajar banyak. SGA - mungkin karena saya ngefans dengan c
...more
Laras
Hari ini aku mabuk senja gara-gara SGA. Padahal aku menyukai senja seperti aku menyukai air putih karena bisa menghilangkan dahaga. Senja juga bicara tentang keindahannya yang selalu membuat mata dan hatiku terpana. Seperti senja yang sore tadi aku abadikan dalam kemera, semburat keungu-unguannya membuatku sulit untuk berpaling dan ingin selalu menatap ke arahnya.

Sebelum dosenku mengenalkan tentang Sepotong Senja untuk Pacarku, aku sudah menyukai senja. Kemudian setelah beliau mengenalkannya kep
...more
Nilam Suri
May 04, 2008 rated it really liked it
beli buku ini hanya karena tertarik sama judulnya...dont know exactly why, tapi bayangan seseorang yang mempersembahkan sepotong senja rasanya beyond romantic...

dan membayangkan senja itu berpijar-pijar indah, dengan cahaya lembayungnya membuat gue rela menukarkan apa saja yang gue punya hanya untuk mendapatkan sepotong senja itu, ga peduli sebesar apa...hanya sebesar kartu remi instead of postcard size aja gue rela kok...

sebenarnya sih, sebanyak gue mengakui betapa gue mencitai segala hal yang
...more
NA
Mar 13, 2012 rated it really liked it
Shelves: pinjem
epic Seno Gumira Ajidarma is epic.

Buku kedua yang saya pinjam dari Kak Rumah Kaca.

Pernah denger Seno Gumira Ajidarma? Ini buku kedua yang dia yang saya baca. Buku pertama Linguae memang sukses mencari hati saya #asyik. :P

Sepotong Senja untuk Pacarku ini, merupakan judul pertama tulisannya di buku ini yang memang melulu tentang senja. Saya sendiri adalah pecinta senja, makanya sangat terpuaskan dengan membaca setiap tulisan-tulisan imajinatif Seno.

Favorit saya tentu adalah Sepotong Senja untuk Pa
...more
upiqkeripiq
Mar 22, 2013 rated it it was amazing
Shelves: punya
isinya tentang senja...
satu cerita dan cerita yang lainnya ada hubungannya...
paling suka sama komposisi yang judulnya "jawaban alina"...
seandainya anda penasaran sama isi bukunya tapi nyari nggak dapet-dapet mungkin 3 cerpen yang bisa dibaca di blog ini bisa mengurangi rasa penasaran anda...
jikalau pada suatu kesempatan, entah kapan, anda beruntung menemukan buku ini. Tidak perlulah berpikir dua kali untuk membelinya :)

nb :
http://duniasukab.com/katalog/cerpen/...
...more
Enggar Kusuma
Apr 21, 2017 rated it it was amazing
sudah lama sejak terakhir kali membaca buku dan perasaan sentimentil yang muncul kuaaaaat sekali, entah memang karena sedang sentimentil atau diksi yang dipilih Seno Gumira Ajidarma ini ampuh sekali buat saya. Titiknya pada kisah ke-14, Senja di Pulau Tanpa Nama, setelah Trilogi Alina, yang berhasil buat saya semakin masuk dalam hubungan cinta-benci dengan senja. Sukak!
Fhia
May 07, 2016 rated it liked it  ·  review of another edition
Sesuai dg judulnya, isi cerita didominasi oleh senja. Cuma suka beberapa ceritanya.
Termasuk trilogi pertama.
Juga suka hujan,senja dan cinta (eh bener nggak sih gini urutan judulnya?)

Baca buku ini niatnya buat melepas rasa penasaran krn..pertama terbit thn 1991 trus booming. Baru sekarang cetak ulang.

Yang nggak nyangka, di dalemnya ada surat. :))


Mardian
Oct 07, 2007 rated it liked it
Seperti senja, buku ini menguarkan aroma kering yang dingin. Kisahnya memaksa kita hanyut, dalam perjalanan mencari sebuah suasana senja sebagai hadiah bagi sang kekasih.
Ternyata.. bukan hanya senja yang didapatkan dari perjalanan itu; melainkan pengalaman yang.... (sebaiknya dibaca sendiri saja:)
Jordan Elang
Feb 27, 2018 rated it really liked it
Siapa mampu mengacuhkan senja. Lengkap dengan debur ombak yang membisik mesra, pasir putih yang berkeredap tercium semburat jingga senja, menyelimuti kaki-kaki kecil yang berjalan menyusuri sepanjang bibir pantai. Angin pantai dengan bau amis nya membisikkan kesenduan, dan karang-karang yang bersimfoni di hantam lembut nya ombak.

Senja yang sinarnya kejingga-jinggaan, kemerah-merahan dan keemas-emasan menjadikan air laut memantul berwarna keemasan. Senja yang sempurna.

Orang-orang bahkan harus rel
...more
Ratih
Aug 08, 2016 rated it really liked it  ·  review of another edition
setelah baca Trilogi Soekram-nya Pak SDD, belum ada lagi karya sastra Indonesia yg saya baca kemudian yg bisa ngasih efek nendang kayak gini. tapi Sepotong Senja Untuk Pacarku karya SGA ini bisa sekali memberikan efek itu. mantap banget pokoknya.

repiu menyusul di blog.
Dedik Priyanto
Mar 24, 2014 rated it it was amazing
Lewat cerita Alina, orang-orang yakin bahwa senja itu nyata dan hidup.

Dan, Seno harus bertanggung jawab untuk itu... :)
resthi
Dec 16, 2008 rated it really liked it
baguuuussss...., banyak tema mengenai kehidupannya
Rafik Bojes
May 28, 2020 rated it really liked it
Untuk Alina, Selamat! Kamu Punya Banyak Kekasih
-
Ternyata, Senja sudah semenjak dahulu menjadi barang yang amat romantis. Jika sekarang anak muda banyak mengenal ‘Senja’ sebagai sesuatu bahan guyonan, atau –yang sudah menjadi wajar di abad 21 ini– yang identik dengan: kawula muda Indie (terlepas indie apa yang dimaksud). Maka anak muda dahulu –yang menikmati Cerpen SGA ini di tahun 2000an– barangkali lebih banyak mengenalnya dengan sosok ‘Alina’. Dan tentunya dahulu, saya kira, semuanya mengilham
...more
Meta Morfillah
May 16, 2017 rated it really liked it  ·  review of another edition
Judul: Sepotong senja untuk pacarku
Penulis: Seno gumira ajidarma
Penerbit: Gramedia
Dimensi: xii + 208 hlm, cetakan ketiga januari 2017
ISBN: 978 602 03 1903 2

Enam belas cerita pendek yang dibagi menjadi 3 bagian: Trilogi Alina, Peselancar agung, dan Atas nama senja. Dalam Trilogi Alina, menceritakan kisah Sukab, Alina, dan Tukang Pos yang menjadi inti utama buku ini. "Sepotong senja untuk pacarku" adalah surat hati Sukab untuk Alina. "Jawaban Alina" adalah balasan surat Sukab dari Alina yang telat
...more
Mochammad Taufik
Jan 12, 2019 rated it really liked it
#ReadingChallenge2019, buku kedua.

Seno Gumira Ajidarma adalah nama jaminan dalam hal urusan membuat cerita pendek. Tak terkecuali di buku ini. Dengan menampilkan cerpen pertama yang fenomenal sekaligus menjadi judul buku ini: Sepotong Senja Untuk Pacarku, seakan menegaskan Seno-lah sang pencuri sepotong senja dan memainkannya sepanjang buku ini.

Lewat tokoh andalannya, Sukab, yang dengan entengnya memotong senja yang biasa kita nikmati setiap sore dan mengirimkannya kepada Alina kekasihnya.

Tak cu
...more
Hanifati
Senja itu ada di sepucuk kartu pos; yang dipotong dan dicuri sebagai tanda kasih dari ia untuk dia.
Senja itu ada pada Anak-Anak Senja; disekujur tubuhnya yang telanjang dan tak berkelamin.
Senja itu ada tiga; di bagian tengah, kiri dan kanan spion mobil yang meluncur meninggalkan tiga matahari yang perlahan membenam.
Senja itu ada di kota di mana pelangi tidak pernah memudar, dengan semburat cahayanya yang membakar langit menjadi keemasan.

Saya tidak pernah sadar langit senja yang kemerah-merahan
...more
Beben39
Dec 05, 2019 rated it liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Readers also enjoyed

  • Bumi Manusia
  • Laut Bercerita
  • Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
  • Pulang
  • Beauty Is a Wound
  • Tidak Ada New York Hari Ini
  • Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
  • Sang Pemimpi
  • Hujan
  • Jejak Langkah
  • Filosofi Teras
  • Saman
  • Aroma Karsa
  • Man Tiger
  • Child of All Nations (Buru Quartet, #2)
  • Hujan Bulan Juni
  • Ronggeng Dukuh Paruk
  • Catatan Seorang Demonstran
See similar books…
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more

Related Articles

Fresh off the success of her World Fantasy Award–winning novel Witchmark comes a standalone romantic fantasy from author C.L. Polk. In The...
44 likes · 2 comments
“Sudah terlalu banyak kata di dunia ini Alina, dan kata-kata, ternyata, tidak merubah apa-apa. Lagipula siapakah yang masih sudi mendengarnya? Di dunia ini semua orang sibuk berkata-kata tanpa pernah mendengar kata-kata orang lain.” 70 likes
“Atau, apakah didunia ini sebetulnya seperti didalam amplop ya Sukab, dimana kita tidak tahu apa yang berada di luar diri kita, dimana kita merasa hidup penuh dengan makna padahal yang menonton kita tertawa-tawa sambil berkata, “Ah, kasihan betul manusia.” Apakah begitu Sukab, kamu yang suka berkhayal barangkali tahu.” 19 likes
More quotes…