Belajar Menulis Indonesia discussion

1840 views
Penulisan Novel > Cara awal menulis novel bagi pemula gimana ya itu?

Comments (showing 1-30 of 30) (30 new)    post a comment »
dateDown_arrow    newest »

message 1: by [deleted user] (last edited Apr 05, 2013 05:33PM) (new)

Hari ini Aksara mendapat pertanyaan, bagaimana membuat sebuah novel.

Pertanyaan sangat bagus dan seperti biasanya Aksara akan membawa berkeliling terlebih dahulu sebelum menyentuh inti permasalahan. Mengapa demikian? Oh itu karena Aksara penulis dan penulis itu suka menulis hahahaha….

Apa itu novel? Apa itu buku? Dan untuk apa?

(view spoiler)

Siapakah penulis itu dan apakah yang dilakukan olehnya?

(view spoiler)

Mengapa kita menulis?

Ada berbagai alasan kita menulis.

Dari Winna Efendi

http://winna-efendi.blogspot.com/2013...


Alasan Aksara menulis.(view spoiler)

Bagaimana proses memulai menulis sebuah Novel?

Sebenarnya ada berbagai cara memulai dan dijelaskan bagi yang lebih berpengalaman tapi Aksara akan mencoba menjelaskan sesuai pengalaman Aksara.

“Bagaimana cara memakan seekor gajah? “(view spoiler)

Janganlah terburu-buru dalam menyelesaikan sebuah novel, kerjakan perlahan-lahan.

Cara paling umum adalah dengan membuat Outline, cetak biru atau kerangka cerita dari awal hingga akhir cerita.

Contoh: (view spoiler)

Cara Aksara adalah tidak seperti di atas, tapi lebih pada pencatatan acak.

Contoh : (view spoiler)

Contoh gambar
(view spoiler)


message 2: by [deleted user] (last edited Apr 05, 2013 05:30PM) (new)

Hal-hal yang perlu diperhatikan sepanjang pembuatan sebuah Novel.

Tema, Penokohan, Alur, Gaya bahasa, Latar, Sudut pandang dan Amanat.

http://www.goodreads.com/topic/show/1...

Tema.

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah pastikan untuk menulis sebuah buku di mana kita cukup memahami tema tersebut. Jika anda seorang yang tinggal di pegunungan tropis seumur hidup, lebih baik menulis cerita tentang pegunungan tropis dari pada menulis cerita gurun pasir atau kutub utara. Pada banyak buku terkenal, rata-rata penulisnya adalah orang yang cukup memiliki kerterkaitan tentang tema cerita yang mereka tulis. Jadi, alangkah baiknya menulis sebuah buku di mana kita memiliki informasi yang cukup mengenai tema itu.

Penokohan.

Sebelum menulis novel, pastikan tokoh2 yang akan ikut serta. Tokoh utama biasanya akan lebih mendapatkan perhatian lebih. Sebaiknya tiap tokoh itu sudah diberi informasi secukupnya tentang bentuk fisik, latar belakang, kepribadian, atau dikaitkan dengan seseorang yang dikenal. Semakin bagus penokohan, pembaca akan semakin tertarik.

http://www.goodreads.com/topic/show/1...

Alur cerita.

Pada awalnya saran Aksara adalah membuat alur maju. Dan jika setelah selesai semuanya, silahkan untuk memindahkan alur demi alur untuk dirangkai menjadi alur maju atau mundur. Atau gabungan keduanya. Saran tambahan adalah usahakan setiap bab memiliki cerita menarik tersendiri yang mendukung pada alur buku tersebut, untuk menghindari kebosanan pembaca.

Gaya bahasa.

Setiap orang memiliki gaya bahasanya sendiri, namun Aksara secara pribadi menyarankan untuk memakai gaya bahasa sederhana yang lebih dipahami banyak kalangan atau kasaranya dapat dibaca oleh anak SD atau SMP. Alasannya adalah gaya bahasa yang sederhana, tidak memakai kata-kata rumit dan membutuhkan pemikiran berat akan lebih mendapatkan banyak pangsa pasar pembaca. Tidak semua pembaca dapat mengartikan kata-kata rumit. Tapi terserah pada penulis jika lebih ingin memfokuskan pada segmen pasar pembaca tertentu sehingga menyesuaikan gaya bahasa tersebut untuk kalangan itu.

Latar/ setting.

Latar yang bagus adalah latar yang sudah pernah dikunjungi oleh penulis. Jika tidak, pastikan bahwa latar itu sudah memiliki gambarannya, foto dsb.
http://www.goodreads.com/topic/show/1...

POV.

Mengenai pemakaian POV sepenuhnya diserahkan pada penulis. Berbagai POV dapat dilihat pada link ini.
http://www.goodreads.com/topic/show/1...

Amanat.

Setiap buku novel yang bagus, pastinya membuat pembaca duduk merenung setelah menutup buku. Mereka mendapatkan sesuatu untuk batin mereka, sebuah pengetahuan atau kebijaksanaan. Sebelum menulis buku, pastikan apa kebijaksanaan yang dapat diterima oleh pembaca. Di sini kita tidak sok-sokan tapi hal ini jauh lebih bagus dari pada tidak memiliki amanat sama sekali. Buku dapat digunakan untuk menanamkan kebaikan di hati pembaca atau kemarahan. Semaunya tergantung dari penulis.

http://www.goodreads.com/topic/show/1...

Sekian dan mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Dan silakan untuk menambahkan tips dan trik untuk mendukung para penulis untuk menulis novel. Serta silakan bertanya jika ada yang ingin diketahui.

Tambahan, Setiap novel itu harus memiliki bagian yang lengkap dalam sebiau cerita seperti

Pengenalan - Masalah - Konflik - Akhir cerita

Meski keempat ini dapat disusun dengan bentuk acak atau terbalik.. tetap saja keempat ini harus ada untuk mencegah adanya ketimpangan. ^ ^


message 3: by Levif, Cygnus Warrior (new)

Levif | 21 comments Mod
Adam wrote: "Hari ini Aksara mendapat pertanyaan, bagaimana membuat sebuah novel.

Pertanyaan sangat bagus dan seperti biasanya Aksara akan membawa berkeliling terlebih dahulu sebelum menyentuh inti permasalaha.."


Yah, udah menjadi gayamu... :p


message 4: by Pipit, Time Traveler (new)

Pipit Di (sevenofwind) | 8 comments Mod
kalau aku yang ditanya bagaimana cara membuat novel tentunya aku akan bertanya balik pada orang yang bertanya

"Sudah berapa buku yang kau baca ?, jadi jangan mulai menulis jika belum membaca minimal 3 buku dalam 2 bulan

aku mengatakan ini selain karena pengalaman juga hasil dari observasi kecil kecilan, yang menghasilkan kesimpulan bahwa

dengan banyak membaca maka tulisanmu akan semakain bagus

...btw pernah kutulis di kompasiana :

http://media.kompasiana.com/buku/2013...

setelah rajin membaca, untuk mulai menulis : ikuti saran Adam diatas


cheers

Pipit Di

Gurn And Eartixo


Farida Durrotun Nasihah (farida_dn) | 2 comments wahahaa, ohh gitu awal mulanya. terima kasih Aksara udah mau berbagi. bermanfaat banget nih :D

dan ternyata.... prosesnya sangat... panjang


message 6: by [deleted user] (new)

^ ^ semoga sukses bagi yang menulis dan Aksara baru mendapatkan tips lagi.. :)

"Christian Simamora.

notes to writer: if you want your reader smiles reading your book, maybe you should smile too writing it."

well... kita tidak bisa menuliskan sebuah kisah bahagia jika kita sendiri tidka tertawa saat menulisnya.. dan begitu juga untuk semua emosi....


message 7: by Dhia, Pengendali Naga (new)

Dhia Citrahayi (dhiacitrahayi) | 28 comments Mod
kalau saia cuma bisa memberi satu masukan yg sederhana. bagaimana cara menulis novel? tulislah lbh dulu maka kita akan tau hasil yg kita dapat. :D


Syifa Fauziah (syifa_ziah) | 4 comments prosesnya panjang banget, tapi klo sudah di pertengahan pembuatan, terus pas baca ulang ngerasa gak PD dengan hasil yang sudah di tulis.
gimana cara buat percaya diri sama tulisan sendiri?
saya sangat butuh masukkan, karna saya masih proses belajar dalam tahap pembuatan Novel.


message 9: by [deleted user] (last edited Apr 01, 2013 03:16AM) (new)

Dear Syifa...

Menurut Aksara... kalau Syifa baca ulang dan merasa ngak PD...

( kalau masalah PD yah, mungkin harus cari beta reader atau pembaca untuk memberikan masukan kualitas dari bacaan. Di sarankan untuk menyamarkan nama penulis untuk menghindari kritik yang menyerang pribadi hahaha... )

jikalau ngak PD karena Syifa merasa bisa memperbaikinya atau merevisinya menjadi lebih baik... saran Aksara .. lakukanlah..

berapa kali?

Sampai Syifa merasa PD atau memang sudah ngak ada idea untuk mengubahnya lagi.

Setelah itu bukunya akan matang dengan sendirinya. Perubahan itu bagus, jarang ada penulis yang sekali tulis langsung siap cetak... banyak yang melalui proses revisi atau perubahan besar dan kecil...

Yang penting jangan menyerah yah Syifa, Kita sedang membuat karya seni... dan untuk itu butuh kesabaran

Semoga karya Syifa bisa mendunia...

Silakan bertanya jika ada yang kurang jelas :)


Syifa Fauziah (syifa_ziah) | 4 comments terima kasih atas masukkannya, ya sekarang saya sudah mengerti, masih proses dan sampai terbit memang panjang ya...belum lagi klo timbul rasa malas yg bikin gak konsiten waktu untuk nulis.

amin....untuk sekarang novel selesai dan bisa diterima sama pembaca udah alhamdulillah. Ya do'akan semoga cepat selesai, dan bisa lolos di penerbit.

Semangat Fighting !!!


message 11: by [deleted user] (last edited Apr 06, 2013 03:22AM) (new)

Benar Syifa... dan Tambahan, Setiap novel itu harus memiliki bagian yang lengkap dalam sebuah cerita seperti

Pengenalan - Masalah - Konflik - Akhir cerita

Meski keempat ini dapat disusun dengan bentuk acak atau terbalik.. tetap saja keempat ini harus ada untuk mencegah adanya ketimpangan. ^ ^

Semangat menulis


Syifa Fauziah (syifa_ziah) | 4 comments terima kasih atas infonya :)
semakin semangat buat nyelesain.


message 13: by Okta, Anak Bawang (new)

Okta | 77 comments Mod
Adam wrote: "Benar Syifa... dan Tambahan, Setiap novel itu harus memiliki bagian yang lengkap dalam sebuah cerita seperti

Pengenalan - Masalah - Konflik - Akhir cerita

Meski keempat ini dapat disusun dengan b..."


hmmm ada yang kurang sepertinya..?
Pengenalan - Masalah - Konflik - Solusi/Jalan keluar - Akhir cerita


Nisa Pandu | 3 comments terimakasih mas, sangat membantu sekali :D
jadi semangat... (^^)9


Mita Oktavia (Mitarainyoktavia) | 1 comments menyimak infonya ^^


Rey | 1 comments hem info nya cukup lengkap n bermansaat banget.
gan ane 4 tahun yg lalu ane sempet belajar nulis cerita tentang pengalaman pribadi, ane tulis di catatan facbook.
tapi karna salah satu tokoh dalam cerita pergi ane stop.
tapi setelah ane baca info dari agan ane mulai da semangat buat nulis cerita lagi.
Btw makasih gan.


Yosi | 1 comments Klo udh buat novel, cara memproduksi / cetaknya gmn ?
Ngeluarin biaya gak ?


Iwan aster (iwanaster) | 28 comments Dear Yosi.
Diikutin sayembara aja. siapa tahu menang, dapat hadiah uang tunai, bingkisan buku, dan kontrak penerbitan. Tentunya novelnya harus sesuai dengan tema lomba.


Mulyani | 4 comments teman-teman klo bikin cerita baru setengah jalan pasti kehabisan bahan cerita. tipsnya dong biar bisa lanjut nulis ceritanya gitu.

makasih


Iwan aster (iwanaster) | 28 comments @ Mulyani
Kalo aku sih, nyari referensi dulu via internet, sesuai dengan tema novelku. Kalo nggak, bisa juga membaca curhatan para bloger yang mengalami nasib yang sama karena kejedok writer's block. Yang penting, keep moving aja.


Istin Nana | 1 comments harus gemar membaca :)


message 22: by Pipit, Time Traveler (new)

Pipit Di (sevenofwind) | 8 comments Mod
Setuju dengan isti hrus hobby membaca


Dinar (dinarkarani) | 4 comments Novel Fantasy, anyone?
Saya kepentok dinding di tengah jalan. Tiba-tiba aja selera menulis saya hilang, karena merasa sudah "terpuaskan" oleh kisah yang seharusnya saya tulis (karena di otak saya ceritanya sudah sampe ending dan menurut saya seru, jadi saya eneg untuk menuliskan lagi, hehe).

Gimana cara mengakali itu yah? Lieur..


Rani (ranikartika) | 2 comments Dinar wrote: "Novel Fantasy, anyone?
Saya kepentok dinding di tengah jalan. Tiba-tiba aja selera menulis saya hilang, karena merasa sudah "terpuaskan" oleh kisah yang seharusnya saya tulis (karena di otak saya ..."


aku juga sering banget kayak gitu. ceritanya udah selesai di otak saya dengan akhir yang bagus. giliran ditulis malah jadi kayak cerita sinetron =___=


Dinar (dinarkarani) | 4 comments Dwimarani wrote: "Dinar wrote: "Novel Fantasy, anyone?
Saya kepentok dinding di tengah jalan. Tiba-tiba aja selera menulis saya hilang, karena merasa sudah "terpuaskan" oleh kisah yang seharusnya saya tulis (karena..."


Haha, berarti bukan saya doang yah (legaa). Dwimarani punya tips ga?


Wiji Lestari | 2 comments Ini masalah Tema. Seumur hidup (saya 23th) saya belum pernah pergi keluar Lampung. Di Lampung pun saya hanya pernah tinggal lama di lam-tim dan sekarang di lam-sel. Intinya, saya "manusia kamar" bisa dibilang. Tapi, dalam novel yang sedang saya garap, saya membuat gurun pasir, salju, tebing yang belum pernah saya lihat. Saya bisa melihatnya hanya melalui imajinasi atau mimpi. Karena dari situlah inspirasi menulis saya dapat. Orang-orang yang saya kenal pun tak banyak karena saya kerap ketakutan di tempat ramai. Tapi, sudah banyak tempat asing yang saya impikan dan khayalkan tanpa sengaja. Apakah ini suatu awal kesalahan bagi saya menulis? Maksud saya untuk tema tulisan saya. Terima kasih.


Dinar (dinarkarani) | 4 comments Wiji wrote: "Ini masalah Tema. Seumur hidup (saya 23th) saya belum pernah pergi keluar Lampung. Di Lampung pun saya hanya pernah tinggal lama di lam-tim dan sekarang di lam-sel. Intinya, saya "manusia kamar" bi..."

Wiji, dapet inspirasi dari mimpi itu keren banget! Menurut saya ngga masalah sih, bahkan saya pernah dengar beberapa author juga begitu.
Supaya yakin, baiknya diikuti riset ttg hal-hal yang belum pernah dialami (macam salju, tebing, dst) td.

Aku juga sedang riset nih.. :)


Sehabuddin (sehabooks) | 2 comments CARA MENULIS NOVEL 30 HARI

Ini adalah garis besar bagi Anda dengan menggunakan metode 30 hari, sampai menjadi snapshot yang utuh. Setelah menyelesaikan ini semua, Anda harus merasa memiliki bakat untuk membuat buku novel.
http://sehabooks.blogspot.com/2013/02...


Winarto (BengkelKata) | 2 comments Arikel ini sangat membantu

terimakkasih Aksara :)


Katumbiria Triandhini | 8 comments Numpang baca, artikel ini membantu sangat, makasih :D


back to top

unread topics | mark unread


Books mentioned in this topic

Gurn And Eartixo (other topics)

Authors mentioned in this topic

Pipit Di (other topics)
Winna Efendi (other topics)