indri's Reviews > To Kill a Mockingbird

To Kill a Mockingbird by Harper Lee
Rate this book
Clear rating

by
1610985
's review
Aug 25, 12

bookshelves: sastra-dunia, drama
Read from August 23 to 25, 2012 — I own a copy

Mungkin ini buku yang tahun ini menjadi buku-yang-tak-bisa-kuletakkan-hingga-usai. Tema, alur, dan penceritaannya yang luar biasa membuat aku selalu memegang buku ini di setiap kesempatan membacaku yang sempit ini. Dan akhirnya tamat dalam beberapa hari, diuntungkan dengan perjalanan yang cukup menyenangkan untuk membaca.

Buku seterkenal ini? Kenapa baru membacanya sekarang? Tidak ada alasan khusus, selain bahwa memang baru dapat waktu dan mood yang cocok. Dan dengan mood yang sebagus ini membuat buku ini sangat luar biasa.

"Keberanian adalah saat kau tahu kau akan kalah sebelum memulai, tetapi kau tetap memulai dan merampungkannya, apa pun yang terjadi."

Aku sangat suka Jean Louise Finch, pencerita dalam buku ini, yang berani, kritis, dan sangat lugas sifatnya sebagai seorang anak perempuan 8 tahun yang punya kakak laki-laki dan ayah pengacara Atticus Finch. Kepingin rasanya punya anak secerdas Jean Louise. Tapi, kalau mau punya anak seperti itu, kita harus sebijak Atticus Finch bukan?

Atticus mengajari anak-anaknya untuk menghargai perbedaan manusia sebagai hal yang tak perlu dibedakan. Ia juga mengajari rasa hormat, berani mengakui kesalahan, dan tanggung jawab atas apa yang dikerjakan. Ia menyuruh Jem meminta maaf pada Boo Radley, menjaga adiknya baik-baik, dan bersikap sewajarnya pada bibi mereka Alexandra, walau pun ia sendiri tak terlalu cocok juga.

Buku ini memberikan pelajaran atas banyak hal. Banyak sekali. Tentang kesabaran, tentang persahabatan, tentang dunia sederhana dalam satu kota, tentang cara menjaga sikap. Terjemahan yang indah dari mbak Femmy, membuat aku ingin membaca karyanya yang lain juga. :)

3 likes · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read To Kill a Mockingbird.
Sign In »

Reading Progress

08/23/2012 page 129
24.0%
08/23/2012 page 153
29.0% "Hanya karena kita telah tertindas selama seratus tahun sebelum kita mulai melawan, bukan alasan bagi kita untuk tidak berusaha menang." 1 comment
08/23/2012 page 219
41.0% "Keberanian adalah saat kau tahu kau akan kalah sebelum memulai, tetapi kau tetap memulai dan merampungkannya, apa pun yang terjadi."
08/24/2012 page 419
78.0% "Ada sesuatu di dunia kita yang membuat orang kehilangan akal --- mereka tak bisa adil meskipun sudah berusaha."
08/24/2012 page 529
99.0% "Kau tak akan pernah mengenal seseorang sampai kau berada dalam posisinya dan mencoba menjalani hidupnya."
show 2 hidden updates…

Comments (showing 1-10 of 10) (10 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by sinta (new) - added it

sinta nisfuanna lah, sama ma gw


Johan Gue juga belum punya :( dan belum baca.


Tezar Yulianto sekarang udah punya mbak?


indri tamatlah...


message 5: by Ria (last edited Aug 25, 2012 08:56AM) (new) - rated it 5 stars

Ria iyaaa... aku juga suka sama Scout... gadis cilik bandel yang tomboy dan pemberani ;)

sayang ya, Harper Lee ini cuman buat satu buku ini aja.


indri Ria wrote: "iyaaa... aku juga suka sama Scout... gadil cilik bandel yang tomboy dan pemberani ;)

sayang ya, Harper Lee ini cuman buat satu buku ini aja."


jadi kalau mau punya anak kayak Scout, ortunya harus kayak Atticus ;)
one hit wonder kayaknya. satu cukup..


Agoy iya ini buku bagus dan betapa dongkolnya ketika bukuku ini raib saat diletakkan di kursi pesawat dan kutinggal sesaat untuk ke toilet. *curhat


indri Agoy wrote: "iya ini buku bagus dan betapa dongkolnya ketika bukuku ini raib saat diletakkan di kursi pesawat dan kutinggal sesaat untuk ke toilet. *curhat"

duh, kasian. lha emang lihat kiri kanan nggak ada yang megang juga?


message 9: by Farah (new)

Farah aku lupa udah pernah baca buku ini apa belom ya..


indri Farah wrote: "aku lupa udah pernah baca buku ini apa belom ya.."
masa belum? udah kali.. Atticus... Atticus..


back to top