Ihwan's Reviews > Kokology: More of the Game of Self-Discovery

Kokology by Tadahiko Nagao
Rate this book
Clear rating

by
567830
's review
May 23, 10

Read in October, 2007

Sewaktu ke Gramed kemarin secara nggak sengaja aku melihat buku ini, judulnya yang nggak pernah aku dengar dan tagline-nya yang menarik membuatku jatuh hati untuk membelinya.
Buku ini ditulis oleh Isamu Saito dan Tadahiko Nagao, keduanya merupakan ahli psikologi Jepang yang menciptakan dan mengembangkan Kokology. Kokology sendiri diambil dari bahasa Jepang: Kokoro yang artinya pikiran, semangat, perasaan dan bahasa Yunani logia: ilmu. Jadi Kokology adalah sebuah permainan psikologi yang dirancang untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang.
Berbeda dengan buku-buku psikologi lainnya, Kokology mengajak pembacanya untuk menemukan jati diri dan menggali potensi melalui sebuah permainan yang menyenangkan. Memang sih kita tetap diminta untuk menjawab pertanyaan tapi jangan khawatir karena pertanyaan2 yang diajukan sangatlah sederhana dan menyenangkan. Jawaban yang kita pilih itulah yang akan mengungkapkan sifat dan jati diri kita yang sebenarnya. Yang pasti kita harus jujur saat menjawab dan jangan mencoba untuk mengira-ngira biar keliatan pintar atau menebak makna di balik jawaban itu.
Sebagai contoh, ada pertanyaan tentang seekor burung berwarna biru yang masuk ke kamar kita. Karena burung itu menarik kitapun lalu memeliharanya, namun esok harinya burung itu berubah warna menjadi kuning. Di hari ketiga berubah lagi menjadi merah terang dan hari keempat menjadi hitam. Nah kita disuruh untuk menjawab perubahan warna burung tersebut di hari yang ke-5. Ada empat pilihan yaitu: hitam, biru, putih atau emas. Karena warna favoritku biru maka akupun memilih biru. Makna apakah yang terkandung di balik pilihan jawaban itu?
Burung yang masuk ke kamar nampak seperti simbol dari nasib baik tapi perubahan warnanya membuat kita khawatir kalau kebahagiaan itu takkan bertahan lama. Warna yang kita pilih merupakan gambaran diri kita dalam merespon cobaan dalam hidup. Warna hitam berarti orang yang memiliki pandangan yang pesimis. Biru adalah orang yang optimis. Putih adalah orang yang tenang dan tegas meski di bawah tekanan. Emas berarti tidak memiliki rasa takut. Lumayan cocok ama gambaran diriku, cieeee.
Namanya juga permainan pasti lebih asyik jika kita membacanya bersama keluarga, pacar atau teman2 kita. Dari situ kita bisa lebih mengenal dan memahami satu sama lain. Tapi kita harus siap2 mental jika sifat asli kita ketahuan, apalagi kalo yang ketahuan itu sifat jeleknya.
Aku sendiri sering terkejut saat mengetahui makna dari jawaban2 yang kupilih karena benar2 di luar dugaan. Setelah aku renungkan, kebanyakan emang cocok ama sifat2ku. Ada sih beberapa yang bikin aku bertanya: masa sih aku kayak gitu…?
Buat yang nggak hoby baca dan sekedar pengin tahu sifat aslinya mungkin akan terasa basi jika membaca untuk kedua kalinya karena sudah tahu makna dari jawaban2 itu. Tapi buat kutu buku mania pasti nggak akan bosen biarpun baca berulang kali karena biasanya mereka percaya bahwa semakin sering buku dibaca maka akan semakin banyak hikmah yang didapatkan. (ehone)
1 like · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Kokology.
sign in »

No comments have been added yet.