Mery's Reviews > To Kill A Mockingbird: Novel Tentang Kasih Sayang dan Prasangka

To Kill A Mockingbird by Harper Lee
Rate this book
Clear rating

by
1961006
's review
Dec 19, 11

Read in December, 2009

Buku ini salah satu peraih Pulitzer.

Sudut pandangnya dari seorang anak yang dipanggil Scout, atau nama lengkapnya adalah Jean Louise Finch. Pas baca awalnya gak tau kalo dia perempuan ^^
Apalagi ada perkataan Jem (Kakaknya Scout) yang mengejek Scout, "Kau ini seperti anak perempuan saja".. huhuhu pengen jitak Jem :(

Karena ceritanya dari sudut pandang anak kecil, jadi plotnya agak lelet...Scout selalu menceritakan keadaan sekitarnya dengan detil sekali...Ia tinggal bersama Jem kakaknya, Atticus ayahnya, dan Calpurnia pelayan berkulit hitam di rumahnya.

Khas nya buku anak-anak, pasti saja ada kenakalan2 Scout dan Jem, beserta Dill. Terutama ketika mereka penasaran dengan tetangga mereka yang misterius, Boo Radley. Mereka belum pernah melihat Boo keluar dari rumahnya. Kabar dari sana sini mengatakan bahwa Boo mengalami gangguan jiwa dan dilarang keluar rumah oleh keluarganya.


Suatu hari, Atticus, ayah Scout dan Jem, ditunjuk oleh Pengadilan untuk menjadi pengacara Tom Robinson.
Tom itu berkulit hitam dia dituduh memperkosa seorang gadis berkulit putih, Mayella Ewell.

Hal tersebut membuat Atticus dicemooh dari lingkungan dengan menjulukinya sebagai "pencinta Nigger". Scout pun tak luput dari cemoohan itu. Scout, juga Jem, selalu dididik oleh Atticus untuk selalu membela kebenaran.


Judulnya bagus, To Kill a Mockingbird...
"Kau boleh menembak burung bluejay sebanyak yang kau mau, kalau bisa kena, tetapi ingat, membunuh Mockingbird... itu dosa". Kata Atticus.

Tom Robinson, Boo Radley, dan Atticus adalah Mockingbird yg jadi sasaran tembak. Mereka mendapat tuduhan2 buruk dari orang lain padahal mereka sama sekali tidak bermaksud jahat. Mereka terlupakan begitu saja hanya karena satu keburukan (yang menurut orang2 buruk) tanpa mengingat kebaikan2 yang pernah mereka lakukan dulu...

Terkadang kita juga sering melihat orang2 seperti itu, menghakimi seeorang ketika orang itu berbuat salah, tanpa melihat sebab musababnya terlebih dahulu. Bahkan kadang kebaikan orang yang salah itu tidak diingat lagi.

Satu kesalahan menghancurkan sejuta kebaikan...
9 likes · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read To Kill A Mockingbird.
Sign In »

Reading Progress

12/26/2009 page 533
100.0% "aku ingin ayahku seperti Atticus Finch huehehehe...."

Comments (showing 1-24 of 24) (24 new)

dateDown arrow    newest »

Perdani Budiarti Siip..djamin kcnduan ga brenti bca ni bku, keren bgt [thumbsup:]


Mery iyah, ini juga udh setengahnya... dulu buat tugas kuliah, tp gak baca alias nyontek ;D

ini baca juga karena mau nonton filmnya ^^


Siagian Dewi aku justru baca bukunya, setelah nonton film-nya. keren buku-nya, cool film-nya


Mery aku baca dulu... ^^
Filmnya memang bagus banget...
Aku suka sama tokoh Atticus, baik di buku dan di film (pemerannya maksudnya) ;D


Mia Queen hihihi belum baca n belum nonton pilemnya *pengen ngeramein lapaknya Mery doang* :)


Angelic Zaizai mungkin terinspirasi sedikit, Bub
tapi beda-lah
*suka sekali A Time To Kill ini*

di John Grisham pan hukum dibahas abis juga rasisme, kalo disini fokus utamanya bukan hukumnya :) tapi prasangka-nya




Siagian Dewi bukunya seru, aku belajar berpikir "sederhana" - bersikap seperti Scout & Jem (sudut pandang anak kecil)


Angelic Zaizai Salva Me wrote: "gw juga lom baca a time to kill sih, masih disegel tuh..
seru ya wi ?

to kill a mockingbird selalu jadi inceran, tapi gak pernah direalisasikan nih --"

mungkin masuk wish list dulu biat gw inget :)"



loh kok belum baca.. ??

kalo John Grisham sih gw suka semua, kecuali novel2nya yang tentang baseball..
tapi yang ini bagus banget loh


Mery ini kenapa pada nyambung ke John Grisham? =))


message 10: by Andri (new)

Andri Jadi semakin pengen baca buku ini...

-andri-


message 11: by Leli (new) - rated it 5 stars

Leli Jadi semakin pengen baca buku ini...

-andri-


kayanya pengennya udah lama bgt ya, ndri.. :D

helo merry.. review yg runut.


message 12: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery @Andri: ayo dibaca ^^
Bagus koq...

@Mbak Leli: Runut itu apa yah? *dijitak* ;D
apapun artinya Runut, makasih mbak ^^


message 13: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery oooh gitu... huehehe *bego kumat ^^*


Nenangs o..begitu tho...
tadinya mengira senada seirama dengan "a time to kill". :)


message 15: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery blom baca a time to kill ^^


Nenangs a time to kill seru lho mer. :)

oh...ternyata diatas itu penjelasan zai-zai.


message 17: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Ya oloh ada yg ngelike. Reviewnya kan bahan tugas aku waktu kuliah. Hehehe. Makanya agak sotoy. *kaboooor


Nenangs kalo yang itu contekan tugas kuliah, skarang bikin yang benerannya dong mer...:)


message 19: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Ntar kena ledek grammar police lagi. Xixixixi


Nenangs nggak lah mer...kalo ngga ada kata2 yang "annoying" kan ngga diledek...*grin*


message 21: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Nenangs wrote: "nggak lah mer...kalo ngga ada kata2 yang "annoying" kan ngga diledek...*grin*"

itu kan salah cetak =))


message 22: by Speakercoret (last edited Apr 21, 2010 12:19AM) (new) - rated it 5 stars

Speakercoret M o m o wrote: "blom baca a time to kill ^^"

momo mau baca ?


message 23: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Speakercoret wrote: "M o m o wrote: "blom baca a time to kill ^^"

momo mau baca ?"



mauuuu. kak muthe punya?


Speakercoret itu aku kpn nawarinnya ya :p
lupa.. hehehe...
a time to kill nya john grisham bukan?
perasaan sih ada..
ntar aku liat dulu ya say :D


back to top