indri juwono's Reviews > Giganto: Primata Purba Raksasa di Jantung Borneo

Giganto by Koen Setyawan
Rate this book
Clear rating

by
1610985
's review
Oct 25, 2009

really liked it
bookshelves: novel, suspense
Read in November, 2009

Buka hal 217 dan silahkan ngaca!!
Maka kau boleh pilih seberapa mirip dirimu..

Susur sungai, masuk hutan, berjuang di riam, memasuki goa, lewat kolam bawah tanah, sampai berada di balik air terjun, membayangkan bagaimana kita dalam situasi seperti itu, seperti dibawa dalam film ala Jurrasic Park, Anakonda, atau film2 petualangan pencarian harta karun. Gaya bercerita mengalir dan Hollywood banget. (Aku rasa mas Koen pasti menonton film-film ini juga). Aku belum pernah baca Michael Crichton sih, jadi nggak bisa ngebandingin juga, tapi istilah-istilah yang dipakai di buku ini cukup umum, jadi pembaca kebanyakan mudah mengerti. Apa Mas Koen mengikuti selera pasar?? Nggak tahu juga sih..

Saya seperti mendapatkan pengetahuan tentang primata ini dari seorang pendongeng ulung. Dengan memakai ilmuwan-ilmuwan peneliti untuk menuturkan, bahasa sederhana yang tidak menggurui, menjelaskan tentang kealamian hutan hujan tropis ini dan situasi yang ditemui di dalamnya, lengkap dengan lintah dan pacetnya. Bagi yang suka berpetualang, tentu akan bisa membayangkan membuka jalan dan melintasi sesemakan.

Bagian favorit saya adalah bagian perjalanan Ruhai, yang menjelaskan kealamian Hutan terlarang.
Bunga-bunga jahe yang kuncup muncul merah menyala seperti obor yang menyala di antara tanah hutan yang temaram. Cabang-cabang pohon besar menyembunyikan anggrek yang berkilauan di antara ketiaknya dan anggrek tanah mengintip malu-malu dari balik akar pohon raksasah.284.
Penggambaran yang membuat jiwa petualang saya bangkit dan ingin menjelajah kesana dan berjingkat diantara kanopi pohon. Dan saya masih penasaran dengan teknik tree climbing (h.9) yang memungkinkannya bergelayutan dengan tali prusik di atas pepohonan raksasa sambil menggunakan teropong dan kameranya di saat bersamaan.

Buku ini cocok dibaca segala usia, dapat juga bagian-bagiannya didongengkan kepada anak-anak. Gaya penulisannya mengingatkan saya pada Dwianto Setiawan, Bung Smas, Arswendo, pada waktu saya SD dulu. 3 ½ bintang untuk ceritanya, tambah ½ untuk petualangannya.

Alam adalah tempat belajar tentang kehidupan. Dimana terbuka semua sifat baik, tulus, jahat, iri, egois, dendam. Jangan pernah melawan alam. Kompromi dengannya. Atau alam akan melawan.

Udah ngacanya??


2 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Giganto.
Sign In »

Comments (showing 1-17 of 17) (17 new)

dateDown arrow    newest »

Truly Udah apet lengkap kan...
Reviewnya segera diedarkan ...


Nenangs Bintang empat karena bukunya apa karena pengarangnya neh? :P


Koen Setyawan Terima kasih Indri. Coba baca Next karya Michael Crichton. Dia idolaku. Sayang tahun kemarin meninggal.


Truly Kayaknyakiat sependapat yah.., dapet ilmu tanpa merasa digurui..!Kalo buku teks pelajaran kayak gini, bisa jadi juara kelas aku. Ngayal deh!


indri juwono pantesan. kt mas tomo, crichton banget tanpa catatan kaki.


indri juwono pantesan. kt mas tomo, crichton banget tanpa catatan kaki.


Koen Setyawan Tapi Crichton nggak pernah ke Kalimantan...hehehe


indri juwono mas koen, ajarin tree climbingnya dengan prusik rope, hehehe..


Koen Setyawan Ya, kalau ada alatnya...


Truly prusik..????? Duh jadi inget masa lalu..!


message 11: by Koen (new) - rated it 3 stars

Koen Setyawan Mantan PA ya, mbak?


Pandasurya sayah suka pertanyaan terakhir di review inih..:-p

sayah udah ngaca..tapi kok ga mirip yah??:-p

oh ya, sayah juga sempet baca Kongo-nya Crichton tapi udah bertaun2 lalu..


indri juwono ngga mirip ya?
mas Koen, ilustrasinya bagus, kayak yg di majalah Bobo thn 80an..

mba truly , menwa ya??


message 14: by Koen (new) - rated it 3 stars

Koen Setyawan Lukisan bona gajah kecil ya? Hehehe


indri juwono Pandasurya wrote: "sayah suka pertanyaan terakhir di review inih..:-p
sayah udah ngaca..tapi kok ga mirip yah??:-p"


Panda miripnya sama....*sensor*




indri juwono Koen wrote: "Lukisan bona gajah kecil ya? Hehehe"

Eh, bukan Bona gajah kecil.. tapi Pak Janggut
mm, mas Koen tuh sering nulis di Bobo ya?? kayaknya waktu jaman adek saya baca Bobo suka ada ceritanya..


message 17: by Koen (new) - rated it 3 stars

Koen Setyawan Belum pernah


back to top