Mery's Reviews > Ronggeng Dukuh Paruk

Ronggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Rate this book
Clear rating

by
1961006
's review
Dec 19, 11

really liked it
bookshelves: pinjam
Recommended to Mery by: e.c.h.a
Read from June 14 to 17, 2010

Oh Tuhan, tak bisakah dua anak manusia ini bersatu?


Langit di timur mulai benderang ketika aku melangkah ke luar. Belum seorang pun di Dukuh Paruk yang sudah kelihatan. Langkahku tegap dan pasti. Aku, Rasus, sudah menemukan diriku sendiri. Dukuh Paruk dengan segala sebutan dan penghuninya akan kutinggalkan. Tanah airku yang kecil itu tidak lagi kubenci meskipun dulu aku telah bersumpah tidak akan memaafkannya karena dia pernah merenggut Srintil dari tanganku. Bahkan lebih dari itu. Aku akan memberi kesempatan kepada pedukuhanku yang kecil itu kembali kepada keasliannya. Dengan menolak perkawinan yang ditawarkan Srintil, aku memberi sesuatu yang paling berharga bagi Dukuh Paruk: ronggeng!
(Ronggeng Dukuh Paruk – Ahmad Tohari)



Oh, Rasus tak sadarkah dirimu Srintil menantimu seumur hidupnya?
Oh, Rasus tak bisakah kaubuang dulu egomu sejenak demi dirinya?
Oh, Rasus tak bisakah kaulupakan bahwa kau pun anak Dukuh Paruk?
Oh, Rasus….


Hiks hiks hiks
Bacanya bikin hati tersayat-sayat. Apalagi di halaman 348. Ketika Rasus dan Srintil bertemu kembali.

Kebekuan. Tangisan tertahan. Cinta yang menggebu-gebu. Harapan. Namun mereka tidak juga bersatu.


Di situ, aku sempat membayangkan bagaimana rasanya ketemu orang yang kita cintai sejak dulu, namun tidak pernah bisa kita miliki. Entah karena alasan apa. Yah bayangin saja. Saling mencintai, tetapi yang satu ogah buat bersatu. Dan sudah lama berpisah, kemudian bertemu kembali. Aihhhh pasti rasanya sakit banget. Bercampur aduk gitu antara rindu, lega, dan perasaan pengen memiliki tapi gak bisa-bisa. Ahay mulai gelo.



Nasib Srintil sebagai Ronggeng kebanggaan Dukuh Paruk membawanya ke sebuah takdir yang mengharuskannya menjadi sosok duta perempuan. Yang cantik dan memesona seluruh pria. Melayani para pria dalam petualangan berahinya. Membuat iri semua wanita yang menoleh ke arahnya.
Namun nasibnya menjadi seorang Ronggeng juga membawanya pada sebuah takdir yang menghancurkan Dukuh Paruk. Di tengah-tengah perubahan politik tahun 1960-an, Dukuh Paruk yang primitif, melarat, bodoh, dan miskin ini juga tidak luput dari hal tersebut. Karena kepolosannya, Dukuh Paruk tidak sengaja melakukan pelayanan jasa kepada para komunis. Hal tersebut mengakibatkan Dukuh Paruk dibakar, Srintil dipenjara.



Endingnya…. Duh bikin jedug jedug kepala….

Oh, Srintil tak bisakah kau menunggu sedetik lagi?
Rasus pasti datang membayar cintanya padamu. Hiks hiks hiks

Mengapa oh mengapa dua insan ini tak kunjung bernasib baik?
25 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Ronggeng Dukuh Paruk.
Sign In »

Reading Progress

11/14/2009 page 9
2.27% "Catatan Buat Emak"
11/16/2009 page 105
26.45% "widih Rasus nangkep prampok..."
11/19/2009 page 105
26.45% "Back to Dukuh Paruk"
06/14/2010 page 111
28.0% "Lagi mabok fantasy. Yuk ke sastra indonesia. Lintang Kemukus Dini Hari." 2 comments
06/16/2010 page 165
42.0% "ketika sang ronggeng menampik cinta dan rindu, dukuh paruk pun sepi..." 11 comments
06/16/2010 page 247
62.0% "Jantera Bianglala"
show 1 hidden update…

Comments (showing 1-50 of 147) (147 new)


indri karena lagi dibaca adek imut ini, marilah kita pilih siapa yang pantas memerankan Rasus di filmnya..

Dude Harlino?
Darius Sinartya?
Dwi Sasono?

sapa ya yang tampang2 Jawa gitu..
Nicolas Saputra terlalu ganteng..


e.c.h.a Dwi sasono kali ya..rasus tdk ganteng tapi rasus punya kharisma dan rasus juga plin plan.


Mery Tapi aku suka Nicholas aku suka ;D

kalo Kharisma hmmmm yg jadi tokoh utama di film Merah Putih aja. sapa tuh namanya?

hehehe yg dr sulawesi itu ;D


indri Hiyah, gw gak nonton.. sapa ya??

Mario Pratama oke juga tuh..



Mery Mario Pratama? huahahaha aku naksir dia dulu...tapi aktingnya mario bukannya kurang bagus yah ^^


message 6: by indri (last edited Oct 26, 2009 09:54AM) (new) - rated it 5 stars

indri coba kita tunggu pendapat yang laen..

aduh, kl di jaman gw pasti gw vote Elmo..cukup ganteng..
biarpun menurut Echa Rasus tuh gak ganteng, tapi gw tetep pengen pemeran yang ganteng..


message 7: by Ayu (new)

Ayu Yudha @mery: aku juga dulu naksir berat sama mario pratama.. (^^,)V
tapi sekarang lagi naksir desta club80s..

blm baca buku ini jd blm tau karakter rasus, tp kl yg tampang2 jawa keknya aku pilih dude herlino..


indri hmm, br liat thriller sinetron, ituh cowok yg jd Adil di sinetron Shafa dan Marwah d rcti tuh sapa ya?
cocok tuh ma gambaran echa, kliatan plinplan dan ga bs ngmbil keputusan..
tapi tmpgnya kurang jawa ya??

*msh mikirin Mario*


e.c.h.a Dude gk cucok ah, kurang ndeso. Mario pratama siapa pula itu. Yg orang sulawesi itu namanya donny siapa? Matanya sipit, misscasting lha kalo buat rasus. Zumi zola aja dah wkwkwk


Wirotomo Nofamilyname kenapa nggak pilih Wirotomo aja yg jadi Rasus hahaha


message 11: by Ayu (new)

Ayu Yudha @kak indri: namanya riza shihab pacarnya fitri tropica.. hahaha iya bener mukanya plin plan tp jelas bukan muka jawa.. @kak echa: masa siy dude kurang ndeso? kl gitu doni damara aja... mario pratama itu anaknya ida leman..


message 12: by Enny (new) - rated it 4 stars

Enny kadarsih dwi sasono aja yang njawani he he he


indri oh, the same mario pratama yang suka maen sinetron anak2 dulu ya??

cha, mario tuh yang jadi kurir tepat waktu di iklan rokok apa tuh.. bentoel ya? *nanya presenter gosip wirotomo*

donny kusuma kayaknya jg oke tuh, tapi apa ga ketuaan, doni damara plg cocok, tp udah alot gitu..


e.c.h.a Donny damara ketua-an, donny kusuma? Mo main baseball memangnya. Wirotomo? Siapa pula itu. Sejauh ini dwi sasono paling pas, gayanya khan suka tengil gtu.


message 15: by Ayu (new)

Ayu Yudha hahaha.. kak echa tega banget sama mas tomo.. :D


indri kl yang jadi Azzam di Para Pencari Tuhan sapa, Yu?
kan gayanya sok butuh gak butuh tapi ngangenin gitu *halah* rada nyebelin tapi sebenernya bingung n plinplan.
ndeso iya, jd tentara jg keknya pantes.

wirotomo mah berperan jadi dukunnya aja yah.. yang maen gendang..


message 17: by Ayu (new)

Ayu Yudha ohiya.. itu si agus kuncoro. mukanya tengil plus ndeso. hehe tapi lumayan hebring jg dia acting nya.. hahaha, mas tomo jd dukun yg maen gendang. gapapa lah mas drpd jd gendangnya. hehe...


message 18: by [deleted user] (new)

vote mas tomo!!!!


Miss Kodok vote mas Tomo juga ah buat peran dukun.

Kalo jadi Rasus kok keknya Mas Tomo kelewat ndeso ya ?
**kaboorr...*


e.c.h.a Dukun apa Tukang kendang ni yg cucok buat mas tomo hi9 Kira2 "bulak klambu" ada gk ya? *Ngayal* hahaha


Wirotomo Nofamilyname Aduh Rasus itu kan ceritanya wong ndeso banget, wong masih membudayakan ngeronggeng. Berarti kan daerah minus.
Nah siapa yg lebih bisa menampilkan gaya ndeso, selain orang ndeso seperti saya hehehe....

Tapi Dwi Sasono sama Agus Kuncoro mestinya bisa sih menggantikan aku. Kebetulan aku juga lagi ada banyak kerjaan nih hihihi....



message 22: by Mery (new) - rated it 4 stars

Mery *elus elus dada*

sukurlah Mas tomo lagi banyak kerjaan hihihihi


Fanina Wah, RDP mau di film-in???

Pasti seru bangett, nggak sabar jadinya. Kapan nih rencananya?


e.c.h.a Iyaaaa...ini lagi rempong sama yang jadi rasusunya yang cocok siapa? Menurut lo siapa yang cocok, bu?

Lo khan gemes banget tuh sama Rasus hahahaha


message 25: by [deleted user] (new)

Waktunya nunggu Mas Tomo udah ga sibuk.


indri yang baik untuk kesehatan mata, gimana kalo kita pilih Afghan ato Vidi Aldiano??

*nyari daun muda*


message 27: by Ayu (new)

Ayu Yudha ihsan indonesian idol ajah. ndeso dan jawa bgt tuh..


message 28: by Adhe (new)

Adhe gimana kl tukul? ndeso bgt khan tuch, mas tomo aja kalah...

*kabur...


e.c.h.a OMG Dhe..Tukul. Gila aja lo, rusak sudah bayangan rasus di mata gw =))


Pandasurya klo Aming gimana??


e.c.h.a Gw mendingan Aming dah...Di film yang akan dirilis aja, Aming jadi nenek penghuni panti jompo dan sukses!


Pandasurya ato si Olga ajah??


message 33: by [deleted user] (new)

pandasurya juga okeh


e.c.h.a Panda jadi Rasus!!!!!! Tidddaaakkkkkkkkkkkkkk.......


indri ih, monic apa2an sih..
gak setuju gw!!!!!!

*ikutan teriak ma echa*


message 36: by [deleted user] (new)

hahahahaha............ gw kan cuma bantuin biar panda makin beken. klo panda beken, kita sebagai temennya kan juga bisa numpang beken. hahahahaha...........


Ditta srintil-nya happy salma kan??
hm,,rasus sapa ya??(sambil ngebayangin karakternya karena bukunya udah lamaaa,,banget bacanya..)


message 38: by e.c.h.a (last edited Oct 28, 2009 02:38AM) (new) - rated it 3 stars

e.c.h.a Iya Srintil-nya Happy Salma..makanya nih tokoh Rasusnya belum ketahuan siapa?


indri jangan Dit, jangan dispoilerin... biasanya lo udah tau trus dispoilerin..

monicaäã.. OMG, segitu ngefansnya dirimu..



message 40: by Mery (new) - rated it 4 stars

Mery aku belom start baca di sini udah heboh...kayaknya mesti dibaca duluan nih [lol:]

Rasus nya beneran lom ada pemerannya kah? Fedi Nuril cocok gak? ;D


e.c.h.a Bca dulu bukunya, biar dapat gambaran tokoh Rasus itu karakternya seperti apa....Ntar dapet dah siapa yang cocok :-)


indri trus sekarang momo bingung mo ngebayangin sapa dalam novel ini sebagai Rasus, secara dia baru mulai baca.
hahaha..


e.c.h.a Gk usah dbayangin. Kalau peran si cowo ke 3, cocoknya siapa ya? Yg orang kota itu, siapa namanya lupa gw. Kayanya cocok kalau winky wiryawan tuh yg main.


Pandasurya maap hadirin dan hadirot sayah tidak bersedia memerankan Rasus..maap..:-p

bagaimana kalo sayah usulkan Komeng sajah??



message 45: by Mery (new) - rated it 4 stars

Mery btw buku Inggrisnya udah keluar lom? hihihaha pengen baca Inggrisnya juga... ;D


indri Pandasurya wrote: "maap hadirin dan hadirot sayah tidak bersedia memerankan Rasus..maap..:-p

bagaimana kalo sayah usulkan Komeng sajah??
"


weleh, kita juga ga setuju..

christian sugiono aja buat penyegaran mata.. hehehe..
dijemur sehari ma disinar UV juga lumayan tuh, bisa mencoklat kulitnya..



e.c.h.a Memang ada bahasa Inggrisnya?


message 48: by miaaa (new)

miaaa nanya buku ini cha? ada judulnya the dancer dan udah lama diterjemahin ke inggris aku pengen punya tapi yang indonesia juga blum baca huahahaha :p


e.c.h.a oia??? baru tau gw...RDP trilogi sih sudah kelar..Dijual bebas kah versi Inggrisnya?


message 50: by aldo zirsov (new) - added it

aldo zirsov yup, RDP telah lama ada english edition-nya berjudul the dancer, diterbitkan lontar publishing, dibandrol dengan harga lebih kurang 150rb. masih sering nemu kalo hunting buku, walaupun penerbit lontar sdh mulai mengap2 nasibnya hehehe....


« previous 1 3
back to top