Mery's Reviews > My Sister's Keeper - Penyelamat Kakakku

My Sister's Keeper - Penyelamat Kakakku by Jodi Picoult
Rate this book
Clear rating

by
1961006
's review
Jan 19, 10

bookshelves: punya
Read in December, 2009

Jika kau menggunakan cara yang salah secara moral untuk menyelamatkan hidup anakmu, apakah itu menjadikanmu ibu yang buruk?

bagaimana menjawabnya?
Aku harus kasih bintang berapa?
Aku harus komen apa?
Buku ini bikin aku terenyuh dari awal sampai akhir...
Bikin marah dan menangis di waktu yang sama...

Begitu tersentuh dengan kegigihan Sara memperjuangkan nasib Kate yang menderita leukimia APL akut, sampai dia harus melahirkan seorang anak dengan rekayasa genetika hingga DNA anak itu 100% sama seperti Kate. Hal itu dia gunakan hanya untuk menyelamatkan hidup Kate, dengan bantuan tali pusat yang disumbangkan Andromeda untuk Kate ketika lahir, membuat usia Kate lebih panjang dari yang seharusnya. Keajaiban atau kebetulan? Atau keberhasilan?

Begitu terharu liat anak sekecil Kate berjuang melawan kangker darah sejak usia 2 tahun. Anak yang seharusnya bisa tumbuh sehat dan berlari seperti anak lain. Dengan polosnya Kate kecil sabar dan tabah menghadapi perjuangannya melawan penyakit tersebut.

Kegigihan Kate dan kegigihan Sara patut diacungi jempol, seperti halnya dengan semua orang yang berjuang melawan kangker.

Begitu bangga aku melihat Andromeda atau Anna. gadis kecil yang pintar dan ceria. Yang sejak kecil sudah dikenalkan dengan suntikan dan infus demi menolong kakaknya. Tapi yang dipertanyakan adalah, apakah Anna pernah ditanyakan kemauannya untuk menolong Kate?
Hingga akhirnya ketika Anna tidak lagi sanggup sebagai penolong, dia menuntut bebas dirinya secara medis dari orang tuanya...

Lalu apakah Sara salah jika terus memaksa demi Kate?


Aku suka drama ini, kompleks banget, penuh konflik namun penuh pesan.
Dibuat dengan sudut pandang berbagai tokoh sehingga kita bisa menyelami pemikiran si Tokoh dalam memandang segala hal. Gak bisa marah pada Sara, menjadi sayang terhadap Anna, menjadi simpatik terhadap Kate, dan ikut terluka bersama Jesse.

Aku suka penulis menggambarkan Anna sebagai bintang dalam sudut pandang Brian, aku suka penulis menggambarkan Jesse sebagai asap dalam sudut pandang Jesse.

Jadi apakah Sara ibu yang buruk?
Tergantung siapa yang punya pemikiran seperti itu. Yang Sara inginkan cuma Kate sembuh, tetapi dibalik itu dia melakukan kesalahan dengan mencampakkan kasih sayang ke anak2nya yang lain. Andai Kate meninggal, dia akan kehilangan Kate, tapi juga dia akan kehilangan anak-anaknya yang lain...


Adil itu bukan ketika ada anak yang sakit maka anak yang lain juga harus merasakan sakit yang sama.
Adil itu adalah bagaimana memperlakukan anak yang lain sebagaimana ibu memperlakukan anak mereka.

Masa depan sudah ditakdirkan, kabar baiknya adalah masa depan bisa diubah. Tapi terkadang apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan harapan kita. (Mengutip quote Cassie Holmes/Dakota Fanning di film PUSH hehehe)

Pada dasarnya yang diperlukan selain berjuang adalah keikhlasan dan berserah diri pada Tuhan.


24 likes · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read My Sister's Keeper - Penyelamat Kakakku.
Sign In »

Comments (showing 1-31 of 31) (31 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Mia Queen (new)

Mia Queen Wow bintang 5.. Ga pernah baca bukunya Jodi Picoult, tapi sepertinya ini yang paling happening ya Mer..


message 2: by Adhe (new)

Adhe Blm baca..... Tp dah nonton filmnya,
cm kl difilm ko krng berkesan yach...
Apa krn belinya bajakan.. +_+


Mery @Ratu Drama: huehehe aku baru baca buku ini doank... dan ini aku suka banget. kompleks banget konfliknya. ayo bacaaa keren banget :)


@Adhe: aku baca ini justru sebelum nonton filmnya. karena trauma klo baca sesudah nonton filmnya malah ga dpt feel bukunya.
dan aku juga suka filmnya, walo endingnya beda... ^^


message 4: by Mia Queen (new)

Mia Queen Bener mestinya baca dulu tapi sudah keburu nonton, filmnya lumayan sih tapi sepertinya lebih menggetarkan kalo baca bukunya.
Makanya belum nonton sang pemimpi dan inkheart, nunggu tuntasin bukunya dulu :D


Mery aku juga lom nonton n baca Inkheart ;D ;D

iyah, lebih menggetarkan buku. lebih kesel ama Sara juga. huehehe
kalo filmnya aku suka karena endingnya hihihi


Angelic Zaizai reviewnya mantaaap...
jadi pengen baca ulang..

*filemnya belum ditonton jg haha*


message 7: by Mia Queen (new)

Mia Queen hmm, kalo gitu ngambil kesimpulannya, beda ya ending di buku n pilemnya Mer?


 Δx Δp ≥ ½ ħ yep beda. bagusan di pelem XD


Mery @Zaizai baca ulang? 502 halaman? wakakaka *pingsan*
nonton deh zai... bagus koq walo udh kena spoiler... aktingnya Abigail mantab... :)

@Ratu: iyah endingnya beda, tapi bukunya punya kesan tersendiri koq... :)

@Qui: quiiiii high five eh four *kan qui kucing cuma punya 4 jari* ;D ;D
aku juga lebih suka filmnya, karena endingnya.... di buku mah sebellll


message 10: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery memang bub... ini kan buku sad ending ;D
kalo di film juga tetep sad ending donk, kan mati juga ;D
cuma sebel aja, kenapa di buku ini seakan gda keadilan buat yang lain T___T


message 11: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery wakakaka spoiler yah? gak ah, kan gak dikasih tau siapa yang mati. udah jelas leukimia akut, gak mungkin selamat. T__T


 Δx Δp ≥ ½ ħ seharusnya matinya ketabrak ajah yah? :lol:


Harun Harahap pot ah...


message 14: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery @Qui minta dijitak nih ;D

@Pangeran: makasih :D


 Δx Δp ≥ ½ ħ terus gimana matinya? mati kena pecahan ledakan bom? *membayangkan kematian2 kejam ala The Final Destination


message 16: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery jangan ngomong gitu Qui, di sini juga kan pernah ada yg kena Bom.. T___T

Qui ngajakin spoiler nih... [kungfu:]


 Δx Δp ≥ ½ ħ oh.. kalo gituh matinya kena bacokan seorang psiko? :D


message 18: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery bukan Qui, tapi euthanasia pasif ;D
*mampus dah spoiler*


 Δx Δp ≥ ½ ħ yayyy... *angkat tangan*

liat tuh.... bukan saia yg spoiler mah... tp Mery...

*nunjuk2 ke Mery sambil ngeri liat warga yg ngamuk*


message 20: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery *makan kacang sambil ngopi*


ngomong apaan sih qui? xixixixi


 Δx Δp ≥ ½ ħ jiah... gak ngaku lagi!

*ngeliat massa berduyun2 siap ngeroyok Mery*


 Δx Δp ≥ ½ ħ jitak ajah tuh Merynya Salwa!

*ngemut permen sambil liat Salawa kejar2 Mery ala pelem India*


message 23: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery kalo buku bagus, walo udh tau spoiler juga tetep aja enak dibaca ^^
Lagian yang penting bukan endingnya, tapi emosi pas bacanya ^^


 Δx Δp ≥ ½ ħ udah, jitak ajah Mery-nya, Salwa :D

*lempar kompor ke Salwa*


message 25: by Anggia (last edited Mar 03, 2010 06:58PM) (new) - rated it 2 stars

Anggia Retno eh endingnya beda sama film? jadi yang matinya beda gitu? Tipe2 klo ending nyebelin mending ga usah baca haha


message 26: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Iya anggi di buku beda yang matinya. Huhuhu. Sakit hati bacanya


Anggia Retno ga mau baca ah,, untung nonton filmnya aja ;D


 Δx Δp ≥ ½ ħ yay.... dasar.. tapi mang bagusan yg di pelem seh endingnya :P


Anggia Retno haha aku kan emang sengaja nyari spoiler biar ga nyesel


message 30: by Renee (new)

Renee Summa what ever you just said..... yay that was very nice you gave it 5 stars! excellent book!


Tezar Yulianto masih penasaran ama ending filmnya
*belum dl juga


back to top