Indah Threez Lestari's Reviews > Gaul Jadul: Biar Memble Asal Kece

Gaul Jadul by Q. Baihaqi
Rate this book
Clear rating

by
1604173
's review
Oct 03, 09

bookshelves: indonesian, nonfiction, punya
Read in October, 2009

mengaku jaduler...
*liat kanan kiri cari teman, ups... banyak juga euy*

era 80-an: masa wajib belajar 9 tahun, jadi so pastilah nyambung dengan uraian panjang lebar Q di buku ini.

Pas di bagian Catatan si Boy 1, jadi inget kalo adegan panas Onky Alexander dan Meriam Bellina itu adegan panas pertama (yang bikin serem merinding gimanaaaa gitu...) buat gw yang baru aja akil balig. Hihihi... habis waktu itu bacaannya masih Agatha Christie, belum kenal sama novel-novel Sidney Sheldon & Jackie Collins, apalagi novel-novel Harlequin. Temen-temen cowok sih kayaknya diam-diam sudah pada baca EA atawa NC pas jam pelajaran, tapi gw masih murid teladan yang lugu 'n baik-baik, apalagi tampilan cetakan EA dan NC yang stensilan dari jauh saja keliatan enggak oke banget buat dibaca apalagi dikoleksi.

Omong-omong soal bacaan era 80-an, berikut bacaan yang gw alami di era itu *nggali ingatan*:
1. Majalah: Ananda, Hai, Gadis, Kartini, Mode, Anita Cemerlang, Tempo
(berlangganan), Bobo (pinjem ke tetangga)
2. Komik : Tintin, Lucky Luke, Asterix, Smurf, Steven Sterk, 4 as,
Fantomette, Tanguy & Laverdure, Deni Manusia Ikan, Trigan,
Arad dan Maya, serta seabrek komik-komik Eropa terbitan
Indira, Aya Media Pustaka atau Sinar Harapan lainnya
(kayaknya dulu banyak banget deh yang gw pinjem dari taman
bacaan, belum ada serbuan manga Jepang sih)
3. Cersil : karya-karya Kho Ping Hoo, Chin Yung, Bastian Tito
4. Novel : - Semua seri Enid Blyton (tapi yang dikoleksi lengkap cuma
seri Pasukan Mau Tahu, seri Petualangan, dan seri Sirkus)
- Serial Trio Detektif
- Serial Musashi
- Serial Noni-nya Bung Smas
- Seri Kiki dan Komplotannya
- Novel2 Agatha Christie (especially yang tokohnya Poirot)
- Sidney Sheldon
- Mira W, Marga T, S. Mara Gd, V. Lestari, Carl Chairul,
Maria A Sardjono, n novel2 sejenis lainnya
- Serial Lupus, Balada Si Roy, novel2 Hilman, Zara Zettira,
Arini Suryokusumo, Adra P. Daniel dan para penulis remaja
lain yang lagi beken waktu itu
- dan... *garuk-garuk kepala* nggak inget lagi deh, zaman
sekolah dulu lebih banyak nyewa daripada beli, jadi ga ada
di list perpus gw

Awal 1990-an manga mulai masuk ke Indonesia, dan (di luar novel) mulai menjerat minat dan dompet gw, lantas terus berkelanjutan deh sampai sekarang. Xixixi... *otaku abis*

Hidup Manga!!!
1 like · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Gaul Jadul.
sign in »

Comments (showing 1-8 of 8) (8 new)

dateDown_arrow    newest »

message 1: by Nenangs (new)

Nenangs Perasaan era 80-an tuh wajib belajar masih 6 tahun deh...
Yang koleksi EA & NC mah pastinya bukan buat dipajang atuh...makanya cukup dengan stensilan bluwek sajah...

*koleksi stensilan, tapi bukan EA ataupun NC, & layak dipajang*


message 2: by [deleted user] (new)

iya, baru mo komen yg sama: wajib belajar 6 tahun hehe..

koleksi stensilan Nenangs bisa bikin merinding disko ga?



Indah Threez Lestari oh wajib belajar dulu cuman 6 taun ya...? lupa euy. cuma mo ngasi tau secara engga langsung aja sih kalo era 80-an tuh gw masih SD sampe SMP... *yah... jadi aja ketauan deh angkatannya* XD

@nenangs, perasaan stensilan yang paling penting jaman itu stensilan soal TPB, THB atawa EBTA ya? Bikin merinding kalo ga tau jawabannya LOL...


message 4: by Nenangs (new)

Nenangs koleksi stensilan sayah tentu saja bikin merinding...tapinya merinding kedinginan, bukan disko.
Secara judul2nya ajah pake "pulau es", kan dingin tuh...:D


message 5: by Nenangs (new)

Nenangs Threez wrote: "@nenangs, perasaan stensilan yang paling penting jaman itu stensilan soal TPB, THB atawa EBTA ya? Bikin merinding kalo ga tau jawabannya LOL... "

Wahahaha...betul juga niy...THB ama EBTA/EBTANAS...dulu teh bikin merinding dangdut...:LOL


message 6: by Indah Threez (last edited Oct 03, 2009 09:49PM) (new) - rated it 3 stars

Indah Threez Lestari stensilan "pulau es" ya...
eh...*jadi malu sendiri pas inget*

ternyata gw juga punya koleksi stensilan terbitan CV.Gema, meski ga lengkap. terus judul favorit malah yang "Pendekar Mata Ker****ng" dan sekuelnya lagi. Udah gitu dibacanya pas waktu masih SD pula, padahal ada bumbu adegan panasnya...

ralat di sini aja deh ripiunya... adegan panas yang pertama gw baca bukan di novel Sidney Sheldon, tapi di cersilnya KPH. Hehehe...


message 7: by Tyas (new)

Tyas Sssst Nick Carter masih ada di Pasar Festival tuh... hehehehe


indri mm, kalau golongan Gaul Jadul itu kan mentoknya ama yang sekolahnya SMA kan??

kl yang sekolah di SMU kyknya dah gak jadul deh.. dah generasi boyband..


back to top