owl's Reviews > Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta

Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta by Luis Sepúlveda
Rate this book
Clear rating

by
145863
's review
Aug 31, 09

bookshelves: owl
Read in August, 2009

Bukunya Jeng Keeper a.k.a mia dengan a tiga, tapi dirampok waktu berada ditangan Harun hehe...
Pertama liat bukunya di GR, hemm penasaran. Buku udah ditangan, buka bukunya, hemm penerjemahnya Rony Agustinus ("kayaknya ini Mas Rony Goodreaders deh", pikirku saat itu), makin penasaran.
Ya sudah..mari kita baca..=D

Gaya bahasanya aku suka banget, kata per kata dan kalimat per kalimat terangkai sedemikian rupa sehingga paragraf yang terbentuk menjadi puitis. Jadi ikut mendayu-dayu waktu bacanya =D. Sangat nyaman.

Cerita pendek yang menarik, dan gak salah alamat jika kisah ini mendapat Premio de Tigre Juan. Tokoh si Pak Tua, Antonio Jose Bolivar merupakan sosok yang ideal (menurutku) jika ditugaskan untuk menjaga keberlangsungan hutan-hutan di Indonesia. Sosoknya yang mencintai alam dan teliti dalam menganalisa setiap kejadian membuatnya lebih terlihat terpelajar dibanding tokoh walikota yang digambarkan dalam kisah ini, pun jika dibandingkan pejabat-pejabat urusan perhutanan Indonesia (mungkin hehe).

Yang paling aku suka dari si Pak Tua ini adalah kegigihan dan semangatnya untuk membaca dan terus membaca. Walaupun diberkahi kemampuan membaca yang minim, namun ia tidak bosan membaca buku yang disukainya, buku-buku yang berkisah tentang cinta. Dan yang membuat aku lebih terpukau dengan sosok Pak Tua ini adalah ketika ia telah sampai di sebuah perpustakaan di El Dorado (kalo gak salah), dimana ia melahap buku-buku yang ada diperpustakaan tersebut selama sekitar 5 bulan, hanya untuk mencari tahu buku bergenre apa yang ingin dia baca. Hebat menurutku untuk seukuran kakek tua berusia tujuhpuluh tahunan dan dengan kemampuan membaca seadanya tapi semangat yang luar biasa. Ini juga yang membuat aku termotivasi untuk baca, baca, dan membaca terus. Apapun itu.

"Aku masih duapuluhan loh Pak Tua Antonio Jose Bolivar, aku akan lebih bersemangat lagi", kataku kalau aku bertemu dengan Pak Tua Antonio Jose Bolivar =) =)

Selain itu, kehidupan masyarakat di pedalaman yang menyatu dengan alam (tanpa Mbah Dukun), digambarkan dengan sangat apik. Disamping ceritanya sendiri yang menarik, banyak pengetahuan yang belum kutahu akhirnya menjadi tahu dari buku ini. Padahal mungkin pengetahuan yang biasa dan kecil, tapi bagiku ini terasa besar karena aku belum tahu, hehe. Contohnya, seekor macan kumbang akan jauh lebih cerdik ketika dia sedang lapar. Lalu, monyet-monyet yang tertarik kepada segala sesuatu yang menggantung didiri manusia, dan apapun itu harus diberikan, jika tidak, kawan-kawannya akan menghabisi anda XD XD. Lucu tapi itu pengetahuan, dan aku suka. Banyak lagi yang lainnya, akan panjang kalo dijejerin satu-satu.

Makasih banget yah buat Kak Mia dengan a tiga yang udah minjemin buku ini. Hehe...


likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta.
sign in »

No comments have been added yet.