Pandasurya's Reviews > Gadis Pantai

Gadis Pantai by Pramoedya Ananta Toer
Rate this book
Clear rating

by
411374
Sahaya ini orang kecil, orang kebanyakan, orang lata, orang rendah, kalaupun jatuh—ya sakit memang, tapi tak seberapa. Bagi orang atasan ingat-ingatlah itu, Mas Nganten, tambah tinggi tempatnya tambah sakit jatuhnya. Tambah tinggi, tambah mematikan jatuhnya. Orang rendahan ini, setiap hari boleh jatuh seribu kali, tapi ia selalu berdiri lagi. Dia ditakdirkan untuk sekian kali berdiri setiap hari (h. 98)

orang bawahan selalu lapar, karena itu matanya melihat segala-galanya, kupingnya dengar segala-galanya dan hatinya seakan segala-galanya, sedang jantungnya deburkan darah buat segala-galanya (h.105)

kau mengabdi pada tanah ini, tanah yang memberimu nasi dan air. Tapi para raja dan para pengeran dan para bupati sudah jual tanah keramat ini pada Belanda. Kau hanya baru sampai melawan para raja, para pangeran, dan para bupati. Satu turunan tidak bakal selesai, man. Kalau para raja, pangeran, dan bupati sudah dikalahkan, baru kau bisa berhadapan pada Belanda. Entah berapa turunan lagi. Tapi kerja itu mesti dimulai.(h.121)--> Laik dis! :)
7 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Gadis Pantai.
sign in »

Comments (showing 1-15 of 15) (15 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Felly (new) - added it

Felly banyak yg bilang bagus yaa..
katanya klo males ama sinyo2n tetralogi pulau buru..baca aja yang ini :D


Pandasurya embeerr..emang buku ini salah satu buku fav dr para pembaca Pram dan banyak dibahas jg. tema dan ceritanya itu yg menarik, bisa dibilang 'menyerang' feodalisme jawa :)
rekomendet lah..bade? *ngomporin*


message 3: by Felly (last edited Apr 04, 2011 11:25PM) (new) - added it

Felly bade ateuh..trima pinjeman da si gua mah :D
buku elo yang nyanyi sunyi seorang bisu dah kelar tuh :p


Pandasurya wah gimana tuh yg Nyanyi Sunyi? bikin ripiu? or eni komen?
baiklah ntar gw pinjemin Gadis Pantai ini, soalnya masih dipinjem euy, belom dibalikin jg..
Cowo Pantai aja dulu gimana? oh udah punya?:D

ato dirimu bisa pinjem jg ke yg lain yg punya..
jeung Indri asana mah gaduh


message 5: by Felly (new) - added it

Felly udah ripiu and komen dunk
http://www.goodreads.com/review/show/147730858
ahahah tenang aja...masih ada yg harus g baca..pasti ntar minjem entah dari siapa :D

cowo pantai siapa yang ngarang? Pandasurya Ananta Toer? :D


Pandasurya ahahaha..:D *tersipu*

wokeh mantaapp..ripiuna ringkas,padat,merapat :D


message 7: by Felly (new) - added it

Felly thanks Bro'
terima kasih juga atas virus PAT-nya
tiap kalo g baca dan bawa ni buku..ada aja orang2 yg komen

" wah bacaannya Pram euy" tanya seorang teman
" emang kenapa?" kata si gueh
" itu kan buku yg dilarang ntu" sahut teman
" trus??" *mulai kesel
" ya ngga seh? asa berat ikh?"
" akh maneh wae? maca we heula" ceuk urang *lanjut baca :D


Pandasurya yup2, emang susah kalo udah terjangkit virus PAT teh, jadi nagih euy:p

haha..yah dr dialog itu kan emang keliatan ya stigma itu cukup susah dihilangkan
tapi yah jgn pernah lelah, dan spt yg ditulis PAT di buku ini :

Kau hanya baru sampai melawan para raja, para pangeran, dan para bupati. Satu turunan tidak bakal selesai, man. Kalau para raja, pangeran, dan bupati sudah dikalahkan, baru kau bisa berhadapan pada Belanda. Entah berapa turunan lagi. Tapi kerja itu mesti dimulai.(h.121)


Biene_maja hehe felis tertular virus PAT. Baca deh yang perawan dalam cengkeraman militer bikin nggak bisa tidur berhari-hari marah, sedih dkk bercampur rasanya.panda punya "arus balik" kah?pinjem dong...


Pandasurya yup yg perawan dalam cengkeraman itu juga keren. berdasarkan kisah nyata.

iya, may
sayah punya Arus Balik tapi lagi dipinjem si Qui
kamana tah budak? coba dicek ke yg bersangkutan..hehe

Arus Balik juga itu mantep sekaleh. itu bahkan ada yg bilang setara atau bahkan lebih keren dr Tetralogi, padahal cuma tuntas 1 buku. Meski sebenernya itu juga rangkaian dari Arok Dedes-Mata Pusaran (yg hilang dokumennya :()--Arus Balik
manteplah pokonamah:)


 Δx Δp ≥ ½ ħ belum kelar Panda... *cengengesan*

bukunya segede bantal.. males buat dibawa2... saya sering ke luar sih sekarang-sekarang mah *ngeles*


Pandasurya nah,may, kita sudah mendapat jawaban dr yg bersangkutan
silakan ditagih..;p


message 13: by Felly (new) - added it

Felly akh pokona mah urang bade nginjeum :D


message 14: by Rina (new) - rated it 4 stars

Rina Purwaningsih Agak miris membacanya, jadi banyak berkhayal


message 15: by Arien (new)

Arien fitrah wow... menarik rupanya


back to top