Δx Δp ≥ ½ ħ 's Reviews > Catatan dari Bawah Tanah

Catatan dari Bawah Tanah by Fyodor Dostoyevsky
Rate this book
Clear rating

by
1618324
's review
Jun 08, 09

bookshelves: i-me-mine, a-day-in-the-life

dapet dg harga 2000 emas... seperti nemu harta karun ;)

Sekilas ceritanya mengingatkan saya pada The Catcher In The Rye yang sama-sama menceritakan individu yang menarik diri lingkungan sosial setelah ditolak oleh sistem sosial yang dia anggap penuh dengan kemunafikan, kepura-puraan, imitasi, dan tidak memiliki empati. Tapi ada perbedaan mendasar sih.

Dalam The Catcher In The Rye diceritakan tokohnya berupa pemuda canggung yang sedang 'menemukan jati' diri namun kemudian kecewa melihat 'kenyataan dunia', dan bentuk kekecewaannya diungkapkan dalam bentuk makian, umpatan, dan sikap sinis. Makanya tak heran sepanjang novel penuh dengan kata vulgar, kasar, dan makian barbar.

Nah, di "Catatan Bawah Tanah" ini, yang diceritakan si tokohnya juga menarik diri setelah 'dilecehkan' lingkungan pergaulan. Ada juga kata makian, tapi bukan itu bagian yang menariknya. Secara mendalam, diceritakan pergulatan batin sang tokoh. Intinya sih, yang Dosoyevsky lebih ke arah filosofis. dan jelas, suasana penceritaannya lebih suram. :)
2 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Catatan dari Bawah Tanah.
sign in »

Comments (showing 1-32 of 32) (32 new)

dateDown_arrow    newest »

message 1: by Nanny (new)

Nanny SA Harta karun?? .. review nya dong :)


 Δx Δp ≥ ½ ħ hehe.. baru baca bagian satu ajah. y jelas kerasa bgt kesan suramnya :)
maklum bekas tahanan Siberia. Mirip tahanan pulau Buru kita kali, cuma lebih kejam

Yup. kek nemu harta karun coz pas liat di toko buku, harga cetakan yg baru nyampe +/- 30rb. Lagian ni cetakan klasik. lumayan lah :)


message 3: by Nanny (new)

Nanny SA Nemu buku yang bagus dan murah ..rasanya lebih berharga dari nemu ..minyak yah :)


 Δx Δp ≥ ½ ħ heu..heu.. kalo dibandingin dg ituh mah susah keknya. soalna harga biaya buat ngebor minimal (kalo beruntung) 2 juta US$


message 5: by Nanny (new)

Nanny SA :D - kl uang segitu dibeliin buku yang harganya murah pusing ya kebanyakan he..he..


 Δx Δp ≥ ½ ħ bisa sekalian borong toko gramed kale :D

*ngitung pake kalkulator, berapa biji buku harga 2000 yg dapet jika punya duid 2juta dollar*


message 7: by Nanny (new)

Nanny SA pinjem aula barat ITB buat naro buku, muat ga ?


 Δx Δp ≥ ½ ħ aula barat kan bangunan cagar budaya. jd ga bisa dipake but naro buku

stt... ada tempat sewa yg 2000emas gak? XD


message 9: by Nanny (new)

Nanny SA ya cari sana sampe nemu...:P



 Δx Δp ≥ ½ ħ Nanny wrote: "ya cari sana sampe nemu...:P
"


hehe bantu cari dung soalna urgen neh.. tp hrga mahasiswa yak?
*kamar kost-an yg mule sumpek dg >300 biji buku* :D


message 11: by Nanny (new)

Nanny SA QuiGenusHumanumIngenioSuperavit wrote:
*kamar kost-an yg mule sumpek dg >300 biji buku* :D"


awas lg tidur ketimpa buku ...:)


 Δx Δp ≥ ½ ħ gak ampe ketimbun buku coz bukuna dijadiin kasur :D

*lumayan hemat, ga perlu beli kasur :-p*
mungkin ini kali yah yg disebut mahasiswa ripuh? XD


message 13: by Nanny (new)

Nanny SA Ah itu mah bkn ripuh, salah sendiri, suruh beli kasur sm ibunya malah borong buku murah :P


message 14: by Maykeginting (new)

Maykeginting Heheheheheee.. Quiqui kog lucu bgt se.. kyknya da bakat deh jadi plawak... :p


 Δx Δp ≥ ½ ħ beli sih kasur. tp kasur murah juga XD

@May, makasih atas pujiannya
*bergaya nyisir rambut ala vokalis The Changcuters*


message 16: by owl (new) - added it

owl hiyaaaa...
qui, aku baru dapet buku ini hari rabu kemaren...
dr temen di Lampung...pinjem sih...tp tukeran...
blm dibaca...

*jd semangat baca euy..


message 17: by Nanny (new)

Nanny SA hiya..Vokalis The Changcuters baca bareng vokalis Kangen band :)

* sebagai emak2 ngikut kemauan anak aja deh


message 18: by owl (new) - added it

owl hiyahahahahahahaha....
*maksudnya apa ya...

aku baru dpt buku ini...soalnya aku suka tuker2an buku ma temenku di lampung. buku na banyak, jadi ta rampok2in...heuheuheu...


 Δx Δp ≥ ½ ħ Nanny wrote: "hiya..Vokalis The Changcuters baca bareng vokalis Kangen band :)

* sebagai emak2 ngikut kemauan anak aja deh"


udah kelar kok Mbah. tipis seh bukuna. lebih tipis drpd komik. jd kilat bacana :)


message 20: by gonk bukan pahlawan berwajah tampan (last edited Nov 27, 2009 06:43PM) (new)

gonk bukan pahlawan berwajah tampan dapet 2000 di mana qui? klo terjemahan Indonesia terbitan mana yah?


message 21: by [deleted user] (new)

@gonk: ini pustaka jaya, edisi baru kaya Prajurit Schweik dan Dataran Tortilla


 Δx Δp ≥ ½ ħ gonk wrote: "dapet 2000 di mana qui? klo terjemahan Indonesia terbitan mana yah?"

lapakan buku bekas :-)

ada edisi cetakan barunya. kafernya, persis spt gambar di atas.

kalo yg kafer lamanya, saia sercing di gugel gak nemu, ya sudah, pasang kafer edisi baru, biar kerenan dikit :D. soalnya pas discan kafer edisi jadul, hasilnya malah jelek. maklum kafernya dah semi-bulukan XD


gonk bukan pahlawan berwajah tampan @qui dan sam Ronny : trims infonya


message 24: by nanto (new) - added it

nanto gue ada pustaka jaya yang sampul biru. dan terjemahan inggrisnya


gonk bukan pahlawan berwajah tampan harga lapak cak?


 Δx Δp ≥ ½ ħ sama-sama :)

tp kalo buku Desteyovsky, saia sukanya bukan yg inih, yg inih mah bikin stress bacanya :D

coba baca yg judulnya The Brothers Karamazov. meski muram juga, tp ada pembunuhannya. jd rada ga bikin ngantuk

duh... yg Crime and Punishment lum sempet dibaca uy.... tebel bukuna. jd males :D


gonk bukan pahlawan berwajah tampan yg elo punya itu terjemahan apa masih english version qui??


 Δx Δp ≥ ½ ħ yg mana? kalo catatn bawah tanah indonesia--eh, ygcetakan baru harganya sekitar 27-an ribu

yg Karamazov ma C&P inggris, makanya males dibaca. hahay :D


gonk bukan pahlawan berwajah tampan kau terjemahin aja qui, terus kirim ke penerbit :D


 Δx Δp ≥ ½ ħ wew... gak berani... secara suka mencerca terjemahan yg menurut pribadi gak bagus. ntar malah saia yg kena cerca, xixixixi


message 31: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname @ Qui:
petok... petok... petok.... :-)


 Δx Δp ≥ ½ ħ ayam mah gak laku Bung, sekarang gi rame kambing ma sapi :D


back to top