Endah's Reviews > Ring

Ring by Koji Suzuki
Rate this book
Clear rating

by
1597717
's review
May 03, 09


Kalau saja malam itu, Asakawa, wartawan surat kabar Daily News, Tokyo, tidak pulang dengan taksi, mungkin hidupnya akan tenang-tenang saja sampai hari ini. Atau andai saja supir taksi yang dinaikinya itu tidak bercerita ihwal peristiwa kematian seorang remaja pria pada malam 5 September 1990, tentu Asakawa tak akan pernah terlibat pada urusan pelik yang kemudian mengancam nyawanya itu.

Ya, semua bermula dari kisah supir taksi mengenai tewasnya Shuichi Iwata yang lalu mengingatkan Asakawa kepada keponakan istrinya, Tomoko Oishi, yang juga tewas pada malam yang sama dan dengan penyebab yang sama : serangan jantung mendadak.

Naluri jurnalisnya segera mencium ada sesuatu yang tidak wajar dan misterius di balik kematian kedua remaja tersebut. Kecurigaan Asakawa makin kuat ketika kemudian ia mendapatkan berita dua orang remaja lainnya juga tewas pada malam yang sama. Ia pun lantas berniat menyelidiki kasus itu.

Hasil penelusurannya membawa wartawan itu ke sebuah resort di Hakone. Ternyata seminggu sebelum kematian keempat remaja malang itu, mereka sempat menginap di resort tersebut dan menonton sebuah video yang mengandung kutukan mematikan bagi penontonnya, termasuk Askawa sendiri. Kutukan itu sebenarnya mempunyai penangkal. Hanya celakanya, bagian yang mengatakan tentang penangkal itu, justru rusak terhapus. Maka, Asakawa harus berlomba dengan waktu memecahkan misteri penangkal atau ia dan keluarganya harus mati seperti keempat remaja tadi.

Dengan dibantu oleh sahabatnya, Ryuji, seorang dosen filsafat, sedikit demi sedikit terkuaklah tabir gelap yang melingkupi kutukan itu. Si pembuat kutukan adalah Sadako, seorang gadis jelita yang meninggal dua puluh lima tahun lalu. Ia merekam video maut tersebut melalui lensa matanya dengan kekuatan supranatural yang dimilikinya, mencoba menyampaikan pesan kepada dunia luar (penonton) perihal kematiannya.

Memang agak sukar dipercaya rasanya bahwa ada orang yang bisa mempunyai kekuatan mistik serupa itu. Apalagi jika fakta tersebut hadir di tengah-tengah dunia modern saat ini dan di negeri berteknologi maju seperti Jepang atau Amerika.

Ring adalah novel yang memadukan mistik dengan ilmu pengetahuan modern. Penulisnya, Koji Suzuki, berpendapat bahwa saat ini justru telah terjadi perkembangan baru dalam ilmu pengetahuan, psikologi paranormal khususnya, yang menyatakan cabang ilmu psikologi tersebut adalah salah satu kunci untuk menyingkap struktur alam semesta (hal 143). Hal inilah yang diangkatnya dalam novel horor yang di Jepang, konon, telah terjual sebanyak 2,8 juta kopi.

Seperti lazimnya cerita horor, Ring pun dijejali adegan-adegan yang (diharapkan dapat) menghadirkan ketegangan ke tengah-tengah publik pembacanya, Ketegangan itu agak berbeda dengan saat kita membaca Da Vinci Code, misalnya. Pada Da Vinci Code, thriller yang tercipta disebabkan oleh bayangan kengerian peristiwa pembunuhan sadis, sedangkan dalam Ring, jikapun kita sedikit merasa tegang, itu karena unsur hantu dan mistisnya, walaupun keduanya sama-sama menyuguhkan kisah misteri pembunuhan.

Belakangan ini kita saksikan layar televisi dan bioskop diramaikan oleh acara serta film-film bertema hantu dan mistik. Tampaknya, tema ini sedang digandrungi. Sebenarnya, lakon horor hantu-hantuan ataupun dunia mistik supranatural bisa sangat menarik jika digarap dengan baik, misalnya, What Lies Beneath (Robert Zemekcis). Tidak seperti yang terjadi pada televisi dan bioskop kita, yang justru terjerumus jadi cerita klenik tak masuk akal.

Novel laris ini juga telah difilmkan, di Jepang dengan judul Ringu dan The Ring ( Gore Verbinski) di Hollywood. Ring adalah buku pertama dari triloginya. Judul buku lanjutannya adalah Spiral dan Loop. Bagi mereka yang gemar kisah horor dengan menyertakan hantu di dalamnya, Ring bisa jadi sangat menarik.
1 like · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Ring.
sign in »

Comments (showing 1-21 of 21) (21 new)

dateDown_arrow    newest »

message 1: by Helna (new)

Helna buku ini berseri ya? Yg ada filmnya itu kan mbak?


Endah Benar. Tapi aku belum ntn filmnya.


Rika aku lebih suka bukunya daripada filmnya..tapi..itu karena filmnya serem banget... hii.. *masih terbayang2*


message 4: by nanto (new)

nanto film horor jepun itu menyeramkan karena setiap kemunculan hantunya punya suspense yang tinggi banget.

dulu nonton pas ama temen berdua di kos. siang2 kita tutup hordeng dan jendela biar ruang tamu kos jadi gelap kayak bioskop. gak lama film mulai dan hantunya muncul. gue ama dia njerit bareng. ampe temen gue yang di kamar jadi keluar dan nanya ada apa. padahal orang yang nonton film horor siang2 dan njerit itu 2-2nya cowok. *jadi malu*


message 5: by Endah (last edited May 03, 2009 09:30AM) (new) - rated it 3 stars

Endah waaaak....tampaknya menarik nih filmnya. Tp sebenarnya aku ga suka film hantu2an gitu, lebih suka horor pembunuhan spt The Silence of the Lambs.


message 6: by Weni (new)

Weni kl aku bukan cuma ga suka ama film hantu2an, tp anti. bisa2 kejadian kayak pakde Nanto, menjerit2 :D


message 7: by Miss Kodok (new)

Miss Kodok Jadi pengen baca nih.... pengen nonton juga....


Endah ya baca saja, Ana. Lumayan kok.


message 9: by Miss Kodok (new)

Miss Kodok Nunguin yang minjemin. hehehehe....


Endah weeeeew....


message 11: by timoen (last edited May 05, 2009 04:20AM) (new)

timoen Ada versi komiknya juga kalo nggak salah. Sayang waktu mau aku donlot, ternyata udah gak bisa lagi. :(

Aku dijebak nonton versi Jepang 1 & 2-nya (waktu itu Ring 0 belum ada) sama senior2 di kampusku dulu. Mulai jam 12 malem. Sambil nyisir2 rafia hijau muda untuk dibuat rok hula-hula properti operet. Alhasil aku parno selama 1 tahun. Gak berani tidur sendirian, mandi pun pintu pasti kebuka dikit, gak berani liat kaca bundar. Huwaaaahhh!!!! Sialan kau para seniorku!!!


message 12: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Malam itu...d komplek perumahan Bogor terjadi kehebohan besar hanya karena anak-anak satu koz-an yang berjumlah hampir 20 org perempuan serempak menjerit kaget pada jam 11 malam!
usut punya usut, Pelem The Ring-lah penyebabnya :p
Itu terjadi pas adegan ada 'sesuatu' keluar dari televisi! Huahahahaha...


Endah waaaak..kayaknya seruuwww. Mau cari ah DVD-nya.


message 14: by Rika (new) - rated it 3 stars

Rika ati-ati lho mbak endah..aku aja abis itu tobat ga pernah nonton film horor jepang lagi (emang pada dasarnya ga tll suka film horor hantu)..dan selama beberapa minggu (atau bulan ya?) ga berani liat tv mati... hihihi..
Versi film agak beda sama bukunya. Hantunya lebih beneran di film. Kalo di buku kan sebenarnya ketakutannya agak filosofis gitu..


Endah semakin penasaran jadinya nih, Rika.


message 16: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia bener2, efek setelah nonton dasyat! rasanya g blom nemu film seserem pelem Jepang satu ini.
Paginya setelah nonton, mao mandi g harus ngintip dulu bak mandi, myakinkan diri ga bakal ada yg keluar huahahaha...


Endah wuuuih...semakin pgn ntn deh jadinya, Dahlia.


message 18: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia ayo mba nontooon. Ringu aja, the Ring Hollywood mah d lewat aja, ga ada serem2nya :P



Endah okeh okeh. ntar cari di ambasador dvd jack sparrownya.


message 20: by timoen (last edited May 06, 2009 05:07AM) (new)

timoen @ Naga : Sereman mana sama gw, Nag? Gw gak lama setelah nonton itu diajak pulang kampung, di mana kamar mandinya terpisah dari rumah & harus nimba dulu dari sumur.


message 21: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia huahahahaha...gilingan! kebayaang deh *ngasih permen coklat k timoen*



back to top