Δx Δp ≥ ½ ħ 's Reviews > Philosophy of Mind: Encyclopedia of the Philosophical Sciences

Philosophy of Mind by Georg Wilhelm Friedrich Hegel
Rate this book
Clear rating

by
1618324
's review
Apr 12, 2009

liked it
bookshelves: i-do-not-want-spoil-the-party

Saya sebenarnya tidak percaya ada fenomena keracunan buku. Mata merah dan pedas, perut kram, kepala pusing bak ditinju Tyson, dan alis pegel setelah seharian mengerut dan gejala lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Tapi, gejala itu saya alami pas baca buku yang luar biasa (hebat sekaligus mengerikan) ini.

Ditulis oleh sorang sesepuh yang telah menjadi kiblat dunia filsafat, buku ini bak minuman arak asli. murni sekaligus memabukkan. Pas, liburan pemilu dikasih pinjem ma temen, liburan akhir pekan menjadi tidak lagi nyaman :((

Well, bener deh, ni buku njelimet abis. mana kata-kata yang digunakan terlalu canggih buat kepala saya. bahkan saya bener-bener kaget. buku ini pertama ditulis tahun 1807. tapi, 200 tahun kemudian, kata-kata dan pemikirannya masih terlampau canggih. nyaris hanya di halaman-halaman awal saja saya mengerti isi buku ini. Itu pun sedikit. Tadinya, nantang ke temen, buku filsafat apa yang paling sulit. dia ngasih buku ini, dan ternyata... OMG!

Dan saya bener-bner bersyukur kalo ternyata Hegel bukan seorang fisikawan. Kebayang, nulis buku tanpa persamaan aza dah jelimet, palagi ditambah nerangin teori mekanika kuantum Schroodinger atau prinsip lokalitas Bell? Soalnya, pas baca buku ini, saya mendapatkan sensasi yang sama seperti saat baca buku tentang Mekanika Quantum dan General Relativity. bener-bener bikin mabuk dan kepala pening.

Jd, coz sy sendiri kagak ngatri isi total buku ini, jd gak bisa ripiyu. baca aza sendiri dan berdoalah moga tidak muntah. Saran juga, mending baca buku 'Hegel for Beginners'. lebih manusiawi isinya. tentu saja jika itu tujuan kita, hanya sebatas mengenal. tapi, kalau ingin memahami, yah baca buku aslinya. dan mending beli dulu antimo sebelum baca :D
flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Philosophy of Mind.
Sign In »

Reading Progress

03/18/2016 marked as: read

Comments (showing 1-2 of 2) (2 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Nenangs (new)

Nenangs Cukup hebat...
Ditinju Tyson cuma kepala pusing, ngga sampe pingsan.
:)


 Δx Δp ≥ ½ ħ kan sebelum pingsan pasti pusing dolo, dan sesudah ingsan, rasa pusingnya masih nempel seminggu :D


back to top