Mery's Reviews > Vampire Academy

Vampire Academy by Richelle Mead
Rate this book
Clear rating

by
1961006
's review
Mar 25, 10

bookshelves: lepas
Read on January 01, 2009, read count: 5

Pertama tau Vampire Academy itu dari temen yang bikin thread Richelle Mead di salah satu forum yang aku naungi ;D. Awalnya gak gitu tertarik, karena trauma ama buku vampire lain, yang mana saat itu lagi beken banget.

Akhirnya nanya2 ama Zaizai, lalu tertarik baca deh. Awal baca VA sih agak boring, karena bab satu nya ada di tengah2 cerita. Maksudnya gak menceritakan awal mula Rose dan Lissa kenapa2, melainkan cerita ketika mereka dikejar2 para Pengawal sekolah Vladimir.

Tokoh utama di sini bernama Rose Hathaway, dia seorang dhampir, makhluk setengah manusia setengah vampir, bisa dibilang dhampir itu kasta bawah nya kehidupan Vampir. Karena Dhampir dibuat untuk melayani Moroi (Vampir hidup). Di sinilah uniknya baca Vampire Academy. Ada berbagai jenis Vampire yang ikut serta dalam buku ini.

Kita udah pernah liat Lestat dengan Peti Matinya dan Edward dengan mata emasnya juga kebiasaannya tak pernah tidur. Tapi di sini, Vampire Academy menyajikan Vampire jenis lain.

Moroi = Vampire tidak kekal; artinya Moroi itu bisa mati, mereka juga makan dan minum. Moroi punya gerak refleks dan kekuatan seperti vampire lain. Dan mereka punya kelebihan menguasai elemen. Mereka bisa tahan terhadap matahari dalam jumlah batas tertentu.

Strigoi = Vampire abadi; artinya tentu saja mereka tidak dapat mati, mereka jahat. Jahat dalam arti VA adalah, bahwa Strigoi meminum darah dengan membunuh. Beda dengan Moroi yang meminum darah dari para sukarelawan.

Dan terakhir ada juga Dhampir: Setengah manusia setengah vampire. Dhampir mewarisi gerak refleks dan indera tajam dari moroi, namun dhampir juga mewarisi ketidakpekaan terhadap matahari dari manusia. Dhampir diciptakan para Moroi untuk menjadi pengawal mereka, karena Moroi yang bisa menguasai elemen percaya bahwa kekuatan elemen mereka tidak boleh digunakan untuk kejahatan.

Jadi sudah bisa ketebak, bahwa cerita Vampire Academy ini memusatkan cerita antara Strigoi yang ingin membasmi Moroi, terutama anggota kerajaan, namun akhirnya malah berhadapan dengan Dhampir sang pengawal para Moroi ^^

Yang unik dan kenapa aku mau lanjut baca VA selain mengangkat mitos Vampir Rumania itu (Moroi, Strigoi, dan Dhampir), adalah karena tokoh utamanya yang Dhampir. Kebanyakan dari serial YA itu kan para tokoh utama cewe nya adalah cewe lembut, cantik, dan berkelakuan baik yang semua cowo2 seneng liatnya.

Sedangkan Rose sikapnya keras kepala, main hantam sana sini, grasak grusuk, senang banget cari masalah. Dan tentu nya jago berantem...Sudut pandang juga memakai sudut pandang Rose yang penuh dengan komen ceplas ceplosnya yang mengandung humor. Namun khas nya genre YA, Vampire Academy juga tidak menghilangkan persaingan cinta para remaja, persahabatan, kenakalan melanggar aturan sekolah, dll.

Rose Hathaway sebagai dhampir muda mempunyai tekad yang kuat dalam dirinya, yaitu ingin menjadi pengawal. Sedangkan Moroi yang ingin dia kawal tak lain adalah sahabatnya sendiri Vasilissa Dragomir, yang kebetulan seorang pewaris kerajaan dari Klan Dragomir.

Sepeti taglinenya: Only a true best friend can protect you from your immortal enemies.

Rose menyerahkan hidup dan matinya hanya untuk melindungi Lissa. Memasuki gerbang sekolah yang dinyatakan aman, terlindung dari sihir gaib, dan dilindungi oleh ratusan pengawal namun justru di dalam sekolah lah teror demi teror datang pada mereka, mengganggu hidup mereka, mengincar Lissa dan apa yang ada pada dirinya.




7 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Vampire Academy.
sign in »

Comments (showing 1-17)




dateUp_arrow    newest »

message 17: by e.c.h.a (new)

e.c.h.a Belum baca gw mer...sdh gw save di ebook reader MP4 gw seh..tunggu timing aja hahaha


message 16: by DuniaFriskaIndah (new)

DuniaFriskaIndah kayakny Lo harus temanan sama Hilda deh. Soalnya dia tuh pecinta vampir...


message 15: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Friska: lah sudah koq... sudah lama temenannya dengan Hilda ^^


message 14: by DuniaFriskaIndah (new)

DuniaFriskaIndah oiya ya. Baguslah say. Ga buat arisan. Biar giliran makan2, gw nongol..


Hilda @Mery: setuju Mer, cuma true best friend yang mau :)
@Friska: aku temenan pertama kali malah sama Mery, soalnya dia nulis Mery Ivashkov sih ^^


message 12: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery iyah Hilda, itu tagline di belakang bukunya kan... :D :D
suka deh sama setiap tagline buku2 VA ^^


Angelic Zaizai gw ga tau tagline-nya VA, mer..

*bukunya kan masih dalam plastik hihi*


message 10: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery 仔, 没有 你, 我是谁? wrote: "gw ga tau tagline-nya VA, mer..

*bukunya kan masih dalam plastik hihi*"


wkkkk belom dibuka? sama... xixixixi
tagline buku 1 yah itu tadi yg Only True best friend can protect you from your immortal enemies...
kalo buku 2: when love and jealousy collide on the slopes. winter break turns deadly.

kalo buku 3: what if following her heart means rose could lose her best friend forever.

buku 4: Bound by Love, But sworn to Kill... (yng ini bener gak yah? wkkk gak punya Blood Promise. Liat gih Zai ;D




Angelic Zaizai di sebelah mana sih tagline-nya.. ??


Mery di belakang atau gak depan bukunya Zai ;D


Angelic Zaizai ga ada .. :((

apa karena hardcover ??


Mery masa g ada? @_@
mungkin memang cuma di Softcover kayaknya...
duh Softcover keluar barengan Spirit Bound yah? hiks... nunggu Spirit Bound softcover ampe bulan apa coba ^^


Abidal Putri kakak, ini mau terbit iia??


Mery Hai... salam kenal...

yup ini sudah bisa preorder kok. minggu depan sudah ada di toko buku...

beli yah :D :D




*promosi mulu*


message 3: by Wulan Smile (new)

Wulan Smile ternyata nick twit diambil dari sini ( moroi dhampir )


Mery iya hihihi... ;D
tadinya mau pake little dhampir tp udh ada yg pake :P


message 1: by Lanny (new) - added it

Lanny Lokajaya Ada d toko buku mana yah sis?


back to top