Ordinary Dahlia's Reviews > The Catcher In The Rye

The Catcher In The Rye by J.D. Salinger
Rate this book
Clear rating

by
189220
's review
Mar 19, 09

Read in March, 2009



*Naga berlagak ala Holden*

Awalnya aku sempet kesal dengan buku yang begini-gini. Liat saja isinya, kalau di ucapkan tidak enak didengar penuh kata kasar dan sebagainya. Bikin puyeng. Kau tau maksudku? Kalau kalian tidak niat baca atau sebagainya lebih baik buku seperti ini dibakar atau dirobek-robek saja. Setengah-setengah bacanya hanya bakal bikin muntah. Aku serius ketika mengatakannya, ini buku bisa bikin stress. Aku kasih bocoran yah, si bajingan Holden, tokoh utama buku ini, lebih parah dari orang yang sakit jiwa. Pikirannya negatif terus-terusan, tidak ada bagus-bagusnya. Padahalkan hidupnya lebih baik dari orang kebanyakan. Jadi mendingan ga usah baca aja.
Tapi kalo kalian lagi tidak ada kerjaan atau sebagainya, jangan distop bacanya. Serius deh, bukunya jadi keliatan bagus. Oke, bagus banget sebenernya. Lepas dari kata-kata kasar dan sebagainya dari si bajingan Holden, dia punya sesuatu yang keren abiez! Kebaikan-kebaikan dan sebagainya si Holden ketutup ma umpatan-umpatanya. Kalian pasti ngira si Holden bolot banget, kenyataannya tidak tuh! Cukup cerdas dia.
Ya gitu-gitu deh. Pokoknya baca aja, capek ngejelasinnya. Kayak ga ada kerjaan aja!

*Niat ngeloyor pergi*

Eh lupa, kalo kalian penasaran kenapa judulnya The Cather In The Rye kayak aku, kalian harus liat puisi Robert Burns, karena katanya si pengarang ngambil referensi dan sebagainya dari puisi itu orang. Tapi kukasih tahu yah, si Holden ini salah ngartiin puisinya. Bisa bikin kalian mati ketawa deh kalau kalian ngerti maksudnya. Baiklah, aku kutip karena lagi iseng…

Coming Through the Rye (Robert Burns 1759-1796)


Coming thro' the rye, poor body,
Coming thro' the rye,
She draiglet a' her petticoatie
Coming thro' the rye.

O, Jenny's a' wat, poor body;
Jenny's seldom dry;
She draiglet a' her petticoatie
Coming thro' the rye.

Gin a body meet a body
Coming thro' the rye,
Gin a body kiss a body -
Need a body cry?

Gin a body meet a body
Coming thro' the glen,
Gin a body kiss a body -
Need the warld ken?


Sudah ah, baca sendiri. capek!!!
*ngeloyor pergi sambil nyanyi2 lagu Catcher In The Rye
Guns N' Roses yang baru didonlot*


By Dahlia
Naga yang hampir seminggu mendalami buku JD Salinger dan hampir keblinger
Buku disupply ma penghuni radal
(Thx a lot mba...bukunya, K E R E N !!!)



12 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The Catcher In The Rye.
sign in »

Reading Progress

03/15/2009 page 59
19.67%
03/16/2009 page 126
42.0% "ampyuuuun...negatif thinking akut!!" 5 comments
03/17/2009 page 192
64.0% "Jatuh kasian ma Holden..." 2 comments
03/18/2009 page 213
71.0% "Capek G!!!!! *jedot2in kepala*" 5 comments

Comments (showing 1-50 of 62) (62 new)


Palsay  well?? gimana dek naga???
*mulai pusing nih gw, padahal cuman kasih komen..*


Ordinary Dahlia jidat q dah benjol kujedot2in mulu...


message 3: by Roos (new)

Roos Dah selesai Nag?...*pertanyaan yang bodoh*


message 4: by Roos (new)

Roos Repiunya juga KEREN!!!!...*kembali membungkuk hormat*


Ordinary Dahlia Selesaaaaaaaaai...*ngusap keringat*


Ordinary Dahlia Keknya dirimuw pem-vote setia yah?! hahaha...


message 7: by Roos (new)

Roos Aku baik yah....*halah*


Ordinary Dahlia iya,baik sekali. traktir ya...*lebih halah!*


Sylvia Waw! Ncing ngutip puisi :D *ngasih kompres buat jidat benjolnya*


miaaa naga holden :D
*hugs*


message 11: by Nenangs (new) - added it

Nenangs aduh kepencet...yah...sudahlah...



Ordinary Dahlia *lempar patrik pake rumah kerang gede*


message 13: by Roos (new)

Roos Naga ma Patrik emang sejoli....wakakakakakakakkk.
Cucok banget seh....*tambah senang*


Palsay  baca ripiu naga aku jadi kangen Barty...*iya aku tau, gada hubungannya*..ngloyor..


Ordinary Dahlia Barty...*mngerutkan dahi*



message 16: by Weni (new)

Weni Roos wrote: "Naga ma Patrik emang sejoli. Cucok banget seh....*tambah senang*"

waaah... aku ikut senang... :))




Ordinary Dahlia saya senang kalo warga gudrid senaaang...


 Δx Δp ≥ ½ ħ bahaya neh naganya kepengaruhi racun holden...
awas lho... ntar kayak Mark David C yg nembak john Lennon ituh...

tp kalo dr segi cerita, kerenan "Vernon God Little" lho... sama-sama nyeritain pemuda yg suka memaki dunia. tp konfliknya lebih banyak dan lebih parah... ;-)


message 19: by Ayu (new) - rated it 5 stars

Ayu Palar We all love and hate Holden at the same time :)


Ordinary Dahlia Ga punya bukunya...*mnunduk lesu sambil nempelin ujung2 telunjuk tangan*



 Δx Δp ≥ ½ ħ keren lho Vernon...
*pamer iming-iming buku ke naga.... :P


 Δx Δp ≥ ½ ħ Ayu wrote: "We all love and hate Holden at the same time :)"

makanya Holden berada di peringkat pertama sbg tokoh fiksi yg paling terkenal sepanjang masa..
gak tau versi apa, lupa, ada di buku "ensiklopedi sastra dunia"-nya Anton Kurnia


message 23: by Bunga Mawar (new)

Bunga Mawar QuiGenusHumanumIngenioSuperavit wrote: "makanya Holden berada di peringkat pertama sbg tokoh fiksi yg paling terkenal sepanjang masa..
gak tau versi apa, lupa..."


Kok gw belon kenal, yah? Lebih terkenal daripada tokoh penstempel buku ... siapa itu... aldozirsov? :D

*kabur sebelum dipentong yipyip*



 Δx Δp ≥ ½ ħ tuh artinya Vera yg belom terkenal buat baca buku yg terkenal :D

*kabur juga sebelom ditimpuk Vera


message 25: by Nenangs (new) - added it

Nenangs Roos wrote: "Naga ma Patrik emang sejoli....wakakakakakakakkk.
Cucok banget seh....*tambah senang*"


Suit-suit...selamat ya naga ma patrik...jadi headline koran kuning...


message 26: by Roos (new)

Roos Dasar...ubur-ubur!!!


 Δx Δp ≥ ½ ħ yah... petrik-nya ilang...
diganti ubur-ubur...
ntar sy jadiin bubur!


 Δx Δp ≥ ½ ħ diliat dr jumlah kakinya, kayaknya yg sekarang namanya Squidward :P


miaaa kembalikan patrik!!
kembalikan patrik-nya naga!!
:D


 Δx Δp ≥ ½ ħ jd kangen ma Petruk... eh petrik...


message 31: by Pra (new)

Pra permisi.... numpang lewat.......


 Δx Δp ≥ ½ ħ silakan juragan.jgn ngalangin jalan, huss...pergi sono
:P


message 33: by Nenangs (new) - added it

Nenangs Ho...
ngga disangka banyak yang ngefans ma si patrick.

begitulah manusia...nggak sadar n menghargai apa yang sudah dimiliki sampai mereka menghilang...

*ngloyor sambil usap2 kpala ubur2*


Ordinary Dahlia Ga g apa2in keep, dia dah berinkarnasi jadi ubur2?! hati2 ntar d sengat temans...


message 35: by Nenangs (last edited Mar 20, 2009 07:43PM) (new) - added it

Nenangs Ngakunya ngga ngapa2in...padahal nyambit pake rumah kerang...

Hmm...they said that dragons are keeper of thousands years of knowledge...nyang inih mah meragukan...keknya memang bunglon nyaru naga...
*ngumpet dibalik bata tahan api*

Perhatikan ituh temen2 ubur2 ngga ada tentakel sengatnyah...kalo ada sengatnya, mana berani kita ambil foto2 di danau penuh ubur2 begeto?

ubur2 yang lebut dan manis ituh...oh...


message 36: by Roos (new)

Roos Cieeeeeee...cieeeeeeeeeeeeee...cieeeeeeeeee...dua sejoli beraksi....wakakakakakakkkk....*semakin senang*


message 37: by Nenangs (new) - added it

Nenangs *nyiapin kencleng buat para penonton*

Ayo nag...siap2 beraksi...


Ordinary Dahlia Baiklaaaah...*nyomot pompom*
Kita bermakarena ala keeper?


message 39: by Nenangs (new) - added it

Nenangs Hyukk...

*mulai nyetem gendang*


miaaa tarik maaaaaaaaaaaaaang
*siap2 nonton sejoli joget*


message 41: by Roos (new)

Roos Ooooh yang ini tho...*masih muka culun*
Siap nonton Naga goyang Inul...ma gendhang nabuh Ubur2..eh kebalik...hehehehe.

*gelar tiker siapin cemilan*


Ordinary Dahlia Yihaaaaaa...yang duduk ditikaaar...mari bergoyang?!
shake shake shake...



message 43: by Nenangs (new) - added it

Nenangs *ngundang hippo tuk tari perut*


 Δx Δp ≥ ½ ħ asik, ada lawakan gratis... pake acara nari-nari segala... mana neh si Hipo? belom ikut gabung yaks?

btw, pas kemaren liat di Pameran buku, cover buku the catcher diganti.... bukan lg yg putih kepunyaan bu Naga Bonar (ato pijeman?)
Covernya bergambar anak muda (tp gak bule, mirip preman yg mangkal di terminal) dg api terbakar! udah getoh ekspresinya melotot gak jelas. dah gituh, gambarnya bisa dikatakan jelek (maaf) coz gak pantas jd cover buku yg masuk daftar 100 buku terbaik sepanjang masa, lebih cocok buat gambar baju kaos rebel.
dan yg lebih parah, di covernya da kata-kata "Novel Amarah Anak Muda".... ampun deh... mirip novel remaja Indonesia versi jadul tahun 80-an
pas sy rekomen ke temen buat beli buku keren ini, temen nunjuk buku tsb dan tanya, ini buku yg kata kamu bagus ituh.... sy cuma bisa tampang pasang mesem...T_T


message 45: by Nenangs (new) - added it

Nenangs *sambil nabuh gendang ngiringin naga bergoyang*

hah? sumpe lo yip? beneran diganti covernya?
*pura2 terkejut*

terbitan mana? jangan2 versi bajakan...

Wakakakaka....amarah anak muda...novel ato pelem taun 70-80an banget...


Ordinary Dahlia Jelas pinjeman dunk Yip!



 Δx Δp ≥ ½ ħ @Naga Bonar, dah sy duga
@Petruk, bener kok versi Indonesia terbitan Banana Publishing. duh.. bener-bener kampringan deh tuh cover... andai sy gak pernah denger judul buku itu dan belom baca terus tiba-tiba nemu, kayaknya males bgt buat ngelirik... T_T
padahal cover yg putih kayak pinjeman bu Naga Bonar ituh dah keren bgt T_T


bambycaulfield yo.

gua adalah salah satu pemuja holden paling anyar. dan gua rada gimana gitu sama review lo. oke, pendapat orang emang beda2 tapi berhubung gua pemuja holden, well.

gua baca yang versi bahasa inggris, dan buat gua emo-nya lebih dapet. holden caulfield adalah pahlawan gua setelah Allah SWT. humor-humornya sarkas tapi 'kena'.

dan gua setuju kalo dia punya kebaikan, kayak dia ke adik cowoknya yang mati dan phoebe, ke ibunya juga.

btw, dimana gua bisa dapetin versi bahasa indo? knp yg nerbitin bukan GPU yah? damn.

holden udah ngebuka mata gua kalo dunia itu nggak ada indah-indahnya.

makasih.


message 49: by miaaa (last edited Jul 01, 2009 03:15AM) (new) - rated it 4 stars

miaaa ahahahahahaha adoh
sakit perut duluan gw, padahal bintang udah lima tetep aja salah gimana kalo bintangnya lu kasi satu yah nag *guling2 sambil megang perut*

mendadak ingat palsay yang selalu mual gak jelas kalo denger soal buku ini hehe


Ordinary Dahlia yah g harus jujur, g mang nggak memikirkan konsekuensi apa-apa pas bikin review, apapun yang saat itu g rasakan dan ingin g tulis mengenai buku ini, ya g tulis aja. Malah untung bgt g mao nulis waktu itu Hehehe....

@bambycaulfield~ Cuekin saja repiu g kalo ini membuat u 'gimana gitu'. Review inikan sekedar pendapat pribadi g, u sendiri bebas mengemukakan rasa atau pendapat mengenai suatu buku. Lebih bagus lagi kalo u kemukakan pendapat mengenai buku ini habis-habisan direviuw pribadi u ;D





« previous 1
back to top