Kanti's Reviews > Absolute Watchmen

Absolute Watchmen by Alan Moore
Rate this book
Clear rating

by
203842
's review
Mar 10, 09

bookshelves: comics, blog
Read in November, 1999

http://www.dccomics.com/sites/watchmen/

Gambarnya bagus, ceritanya daleummm, tapi... mengganggu. Bagi saya yang saat itu masih remaja, ini bikin stress berat. Mungkin kalau saya membacanya setelah setengah baya, akan sangat mengena.

Ini adalah kisah terperinci mengenai berbagai segi post-power syndrome dua generasi pahlawan bertopeng, yang berusaha sekuat tenaga menegakkan kebenaran keadilan dan kemanusiaan di dunia ini.
Kebenaran Keadilan dan kemanusiaan seperti apa?
Bagi saya saat ini, moral objektif seperti yang dianut Rory. Tapi mungkin kalau sedang bete, selera humor Comedian lebih cocok. Sedangkan kalau sempat menggunakan kecerdasan untuk meraup banyak duit, logika Ozy juga bisa diterima. Si Doc sih ga usah diperhitungkan, dia mah sudah bukan manusia lagi. Tokoh yang dua lagi, euh, saya gak begitu peduli...

Sulitnya membahas komik ini, adalah bahwa komik ini merupakan kritik terhadap genre superhero, sementara saya sendiri belum sanggup memperbandingkannya dengan komik-komik superhero lainnya. Ya, beberapa tokoh bisa saya kenali, mirip siapa, meledek siapa. Tapi belum yang lainnya. Karena saya mengalami masa balita dalam timbunan bande dessinée, dan masa remaja kebanjiran manga, tidak pernah benar-benar terjerumus ke dalam komik berciri khas Amerika.

Yang membuat saya mulai membacanya bukanlah karena komik ini masuk ke dalam jajaran seratus novel terbaik versi majalah Time, atau karena menang penghargaan Hugo Award, atau memberi polesan nama baru terhadap komik sebagai "graphic novel", tapi semata gara-gara di diskusi alt internet (masa awal-awal globalisasi tuh) orang-orang Amerika yang juga berpengalaman membaca manga dan bande dessinée, ternyata masih meletakkan Watchmen ke dalam urutan teratas. Wah, komik mana pula yang bisa melampaui Akira, Tintin dan Kaze no Tani no Nausicaa? Penasaran tentunya.

Yang saya paling suka, adalah narasi bertingkat melalui komik bajak laut (tentu saja, secara BAJAK LAUTTT gitu loh!!!) yang dibaca seorang anak nongkrong setiap hari di kios majalah. Di tempat lain terjadi berbagai aksi, di sini dia diam bergeming tapi dengan kepala penuh petualangan. Mungkin itu juga yang sedang dialami pembaca komik ini, ketika di belahan dunia lain juga terjadi segala macam peristiwa. Hebat.

Akhir ceritanya agak aneh, tapi memang fenomenal. Menurut desas desus, dalam film akan diganti. Berhubung filmnya sudah mau tayang, memang ada baiknya membuka-buka kembali buku ini. Mampukah film tersebut menampilkan segala kerumitan yang disampaikannya secara tetap kompak dalam format yang berbeda?
1 like · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Absolute Watchmen.
sign in »

Comments (showing 1-3 of 3) (3 new)

dateDown_arrow    newest »

message 1: by Felis (new) - added it

Felis Makasih buat review-nya, tadinya rada-rada enggan baca komik ini, karena superhero dan kebanyakan pujian, takutnya malah cuma hyped doang....

Tampaknya bakalan ini yang dibaca duluan, bukan Y (habis Y banyak bener bukunya, bangkrut euy).


Kanti Baca yg absolut sekalian Dres, lebih gede cetakannya, biar puas. Tapi jangan diperbandingkan dengan Y deh... masalah yg diangkat sama sekali beda, sih...
Kalau soal jumlah buku dan harga sih urusan lain lagi, ya.
Duluin yg ini karena filmnya duluan tayang aja.

Indres wrote: "Makasih buat review-nya, tadinya rada-rada enggan baca komik ini, karena superhero dan kebanyakan pujian, takutnya malah cuma hyped doang....

Tampaknya bakalan ini yang dibaca duluan, bukan Y (h..."





message 3: by Felis (new) - added it

Felis Kanti...yg edisi absolut harganya ngga kira-kira mahalnya, 75 pounds! Engga deh, paperback saja. BTW, Y ternyata mau di-bundle jadi satu, belum terbit sih, tapi harganya jadi masuk akal buat satu seri itu.


back to top