Weni's Reviews > Sang Ketua Penyihir

Sang Ketua Penyihir by Trudi Canavan
Rate this book
Clear rating

by
1073731
's review
Mar 10, 09

Read in March, 2009

The High Lord adalah buku terakhir Trilogy Black Magicians. Pertanyaan2 yang muncul di buku pertama dan kedua terjawab di buku ini. Benarkah Lord Akkarin, sang Ketua Tertinggi Persekutuan Penyihir, menggunakan sihir hitam ? Siapakah orang yang dibunuh Akkarin dan disaksikan oleh Sonea pada akhir buku kedua ? Benarkah orang itu hendak membunuh Akkarin ?

Sonea mendapatkan semua jawaban dari pengakuan Akkarin sendiri setelah Akkarin menunjukkan buku2 sihir hitam untuk Sonea pelajari. Sihir hitam sendiri dulu disebut sihir tingkat tinggi dan diajarkan di Universitas. Namun karena sihir ini bisa berakibat sangat buruk ditangan orang yang ingin menyalahgunakannya, maka sihir hitam dinyatakan terlarang.

Akkarin mengisahkan masa lalunya pada Sonea. Ketika menjelajahi negara2 tetangga (yang tergabung dalam Persekutuan) untuk mencari dan mempelajari sihir kuno, Akkarin muda sampai di Sachaka, negara yang tidak tergabung dalam Persekutuan. Di gurun ia ditangkap oleh orang Ichani (orang2 Sachaka yang dibuang ke gurun) dan dijadikan budak. Orang2 Ichani adalah penyihir hitam. Kekuatan mereka luarbiasa krn mereka selalu mengambil energi dari budak2 mereka (dengan cara menoreh kulit). Setelah menanggung penderitaan sbg budak begitu lama, Akkarin dapat meloloskan diri dan membunuh Dakova, tuannya. Akkarin yang telah mempelajari sihir hitam selamat sampai di Kyralia (negara tempat Persekutuan Penyihir berada), bersama Takan, seorang budak.

Saudara Dakova, Kariko, pemimpin para Ichani, menyimpan dendam. Dendam sbg pribadi dan dendam sbg bangsa Sachaka yang terbuang dan diperangi Kyralia. Ia ingin membunuh Akkarin, menyerang Kyralia dan mengambil alih Persekutuan. Sudah bertahun2 Kariko mengirimkan mata2 ke Kyralia sbg persiapan menyerang, sekaligus memastikan bhw Persekutuan memang melarang sihir hitam shg para Ichani akan mudah mengalahkan para penyihir Persekutuan. Akkarin yang telah menjadi Ketua Tertinggi Persekutuan mengetahui hal ini. Ia menangkap dan membunuh para mata2 itu.

Sonea yang mulai terbiasa dengan kehadiran Akkarin, merasakan simpati pd Akkarin (pdhl dulu dia sangat membencinya), terutama stlh Sonea membaca pikiran salah satu mata2 Ichani. Akkarin tidak berbohong. Kyralia dalam bahaya. Ichani memang tidak banyak, tapi dengan sihir hitam mereka akan mengalahkan Persekutuan. Kekuatan mereka berlipatganda stlh menarik energi dari para budak atau orang2 yang dibunuhnya. Maka, meski Akkarin menghalangi, Sonea berkeras mempelajari sihir hitam. Harus ada yang membantu Akkarin mengalahkan para Ichani. Ia pun mengikuti Akkarin berburu mata2 Ichani.

Lalu dtg berita buruk. Lord Jollen (penyihir Persekutuan) terbunuh. Melalui pemeriksaan dipastikan ia dibunuh oleh sihir hitam. Akkarin menjadi tersangka krn di tangan Jollen ditemukan potongan jubah sang Ketua. Akkarin dan Sonea ditahan lalu disidangkan. Dalam sidang yang dipimpin Lord Lorlen, Ketua Harian sekaligus sahabatnya, Akkarin mengaku menggunakan sihir hitam, tp ia tidak membunuh Jollen. Akkarin lalu menceritakan semua ttg orang2 Ichani, termasuk penyerangan yang akan mereka lakukan. Para penyihir gelisah, meski banyak jg yang tidak percaya pada cerita Akkarin. Raja Kyralia memutuskan Akkarin harus dihukum. Lorlen mengusahakan agar Akkarin tidak dieksekusi, dg pertimbangan mungkin saja cerita Akkarin benar. Maka sidang memutuskan sang Ketua Tertinggi diasingkan ke Sachaka. Sonea terkejut, ini sama saja dengan mendatangi kematian. Akkarin, Lorlen dan Rothen (yang dulu pembimbing Sonea) berusaha agar Sonea tetap di Persekutuan. Raja setuju. Namun Sonea berkeras untuk ikut Akkarin ke pengasingan. Dia tidak bisa membiarkan Akkarin menghadapi maut sendirian.

Banyak hal terjadi selama Sonea dan Akkarin menjalani pengasingan. Di Sachaka, mereka terus memburu para Ichani dan berusaha mengetahui rencana Kariko. Sementara itu, Raja dan para penyihir bersiap2 menghadapi Ichani, jika yang dikatakan Akkarin benar. Sonea yang tidak lagi takut dan benci pada Akkarin mulai merasakan sesuatu yang lain. Hingga suatu ketika Sonea melihat citra dirinya di pikiran Akkarin. Akkarin ternyata merasakan hal yang sama. Hanya saja Akkarin menutupinya krn Sonea adalah siswa bimbingannya dan umur mereka berbeda cukup jauh (meski Akkarin sangat muda dibanding penyihir2 persekutuan lainnya). Tp tentu saja Sonea, si gadis dari pemukiman kumuh, tidak peduli :D Pengasingan makin memperkuat cinta mereka.

Dan bencana pun tiba. Kariko dan para sekutunya menyerang Kyralia. Raja tak punya pilihan lain selain memanggil Akkarin kembali. Tp Akkarin tak menjawab meski ia dan Sonea telah kembali ke Kyralia. Makin sedikit yg tau mereka ada di kota, makin baik. Mereka berburu Ichani dengan bantuan Kaum Pencuri (penguasa bawah tanah). Satu persatu sekutu Kariko tewas, namun yang tewas dari pihak penyihir Persekutuan jauh lbh banyak. Penduduk telah diungsikan. Hingga akhirnya tinggal Kariko dan 2 sekutunya. Mereka memasuki Universitas. Akkarin dan Sonea menghadapi mereka disana, disaksikan Lord Balkan, Lord Rothen dan Dorrien. Perang antar penyihir hitam pun terjadi. Kariko dkk terkuras energinya. Namun tanpa diduga, tipuan Kariko berhasil. Pisau Kariko menembus perisai sihir Sonea & Akkarin, melukai kaki Sonea dan menancap di dada Akkarin. Akkarin memerintahkan Sonea untuk mengambil energinya. Dg kemarahan luarbiasa Sonea menarik kekuatan yang diberikan Akkarin dan menghancurkan 3 lawannya. Lalu Sonea berusaha menyembuhkan Akkarin. Tp tidak ada lagi kehidupan disana. Akkarin sudah memberikan semuanya untuk Sonea.

Dibanding 2 buku sebelumnya, buku ini lebih seru dan menarik. 3,5 bintang untuk The High Lord. Tdnya saya mau memberi 4 bintang, tp saya turunkan 0,5 untuk alasan yang sangat subjektif :D
Di buku ini saya jatuh hati pada Akkarin dan Sonea. Pada Akkarin yang dingin dan misterius, namun sangat mencintai Sonea dan Kyralia. Pada Sonea yang keras kepala, setia dan berani menempuh bahaya demi Akkarin dan Kyralia. Pada cinta mereka berdua.
Karena itu saya kesal dan kecewa ketika penulis 'membunuh' Akkarin di akhir cerita, memisahkan Sonea yang blm lama mengecap kebahagiaan dari laki2 yang dicintainya.

Epilog: Stlh dibahas dalam sidang Dewan Penyihir Tertinggi, Sonea akhirnya diijinkan menjadi Penyembuh (keahlian penyihir selain Ksatria dan Alkimia). Rumah sakit untuk penduduk pemukiman kumuh didirikan. Sonea bertemu kembali dengan Joana, bibinya, dan memintanya tinggal bersama. Krn trnyt Akkarin meninggalkan bagian dirinya pada rahim Sonea.
likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Sang Ketua Penyihir.
sign in »

Reading Progress

03/02/2009 page 80
9.69%
03/07/2009 page 576
69.73% 1 comment
show 4 hidden updates…

Comments (showing 1-16 of 16) (16 new)

dateDown_arrow    newest »

Ordinary Dahlia Covernya mang putih item gitu wen? keren yaa...



message 2: by viki (new)

viki ho oh ,keren euy...


Weni iya yah keren covernya kalo item putih gitu hihihi. sayangnya cover versi indo bukan begitu. daku cari edisi indo-nya belum ada di gudrids.


message 4: by viki (new)

viki kl covernya udah keren ,mang critanya kagak ya...?

adooh,dah nomor tiga ya,yang atu aja blom...
*pergi mo nyari pinjeman ke toko*


Weni @Viki: waaah trnyt kita blm berteman yah hehe. barusan dah gw add.


message 6: by viki (new)

viki kl nge add sekalian bawain kopinya ya mbak...!!!!

*langsung nunggu depang pintu*


message 7: by Bunga Mawar (last edited Mar 09, 2009 08:28AM) (new)

Bunga Mawar Edisi Indonesianya udah ada di sini, Wen: http://www.goodreads.com/book/show/63...
Silakan di-switch.


Weni wah thanks Vera :)


message 9: by Bunga Mawar (new)

Bunga Mawar sama2... *sbenarnya sambil ngarep pinjeman*


message 10: by viki (new)

viki he he he,ada yang bermaksud sama ternyata..:)


Nenangs Translatornya siapa ya?
Masukin ke author field dong...


message 12: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni @Vera & Viki: ayo maen ke cilegon, nanti dipinjemin hehe.

@Nenangs: bukan saya Nangs ! :D


message 13: by Idle Hippo (new)

Idle Hippo saya juga bukan, nang

nungguin si weni ke bandung aja ah


message 14: by viki (new)

viki Weni wrote: "@Vera & Viki: ayo maen ke cilegon, nanti dipinjemin hehe.

@Nenangs: bukan saya Nangs ! :D"


jauuuuuhhh.........:)


Nenangs Beuh...
Maskudna liat di halaman copyright & register, biasana kan ada disituh translatornya siapah.

Ho, cilegonese yah skarang? deket tuh ke rumah dunia nya gola gong.


message 16: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni @Erie: untung kamari teu ka bdg frit. macet pisan cenah balikna.

@Nenangs: iyah benul, cilegon. Nangs, kl berhasil kontak Kori, kabar2i ya.


back to top