Roos 's Reviews > The Enormous Crocodile: Si Buaya Raksasa

The Enormous Crocodile by Roald Dahl
Rate this book
Clear rating

by
138700
's review
Dec 18, 09

bookshelves: 2009, teenlit
Read in January, 2009, read count: 1

** spoiler alert ** Lucu juga buku ini, beneran deh kalo udah sok pintar, nih buaya malah gagal semua itu rencananya...karena lapar dan ingin makan kenyang ( dengan sasaran tiga anak kecil ). Maka pergilah si Buaya Raksasa ini dengan melintasi hutan hingga sampai ke kota yang memang banyak anak-anak. Dan ia pun menjalankan rencana-rencananya.

Rencana pertama adalah dengan berpura-pura menjadi pohon kelapa, berdiri dengan ekornya, terus kaki depan memegang buah kelapa dan mulutnya penuh dengan dahan kelapa yang berhasil diambilnya...demi untuk menjebak anak-anak kecil yang memang sangat tertarik melihat pohon kelapa yang aneh, tapi rencananya yang ini digagalkan oleh teman Kudanilnya si Humpy-Rumpy yang menabraknya hingga jatuh, maka berlarian kaburlah anak-anak kecil tersebut.

Rencana kedua adalah berpura-pura menjadi jungkat-jungkit disebuah taman bermain dengan meletakkan tubuhnya melintang pada sebuah batang pohon. Maka saat anak-anak berdatangan untuk bermain, tertariklah mereka untuk bermain jungkat-jungkit tersebut, wah sudah merasa penyamarannya berhasil si Buaya dikejutkan dengan kedatangan si kera Muggle-Wump yang berseru pada anak-anak untuk berlari karena itu bukan jungkat-jangkit, itu adalah buaya raksasa.

Rencana ketiga adalah sampainya si Buaya Raksasa di suatu pasar malam, maka dia menyamar menjadi salah satu binatang di sebuah Komedi putar. Dan seorang anak kecil bernama Jill sangat tertarik menaiki komedi putar yang berbentuk buaya tersebut, tapi saat hendak manaikinya datanglah Burung Roly-Poly yang berteriak pada Jill untuk tidak naik ke buaya karena itu buaya betulan. Langsung seluruh pengunjung pasar malam tersebut bubar jalan lari tunggang langgang meninggalkan si Buaya Raksasa sendirian yang kelaparan.

Taktik Cerdik nomer empat adalah menyelinap ke tempat piknik dengan menekuk kepala ke arah dada, dan menekuk ekornya agar tak terlihat ia membuat dirinya tampak persis seperti bangku panjang disebuah tempat piknik. Datanglah dua anak laki-laki dan dua anak perempuan membawa sekeranjang makanan dan tertarik untuk duduk dibangku panjang yang berbentuk buaya. Tapi lagi-lagi tak disangka oleh si Buaya Raksasa datang si Gajah Trunky menyuruh anak-anak untuk mundur dan dengan belalainya ia melilit ekor buaya Raksasa dan memutar-mutar dengan sangat kencang kemudian dilemparnya buaya itu melesat ke angkasa seperti roket hijau makin tinggi dan tinggi dan akhirnya si Buaya meledak di angkasa.

Gagal maning-gagal maning....kasihan juga ni Si Buaya Raksasa ni, kelaparannya berakhir dengan ledakan dirinya di angkasa.

Nah kalo yang ini muluk-muluk banget, berlebihan tapi lucu, yah lumayan bikin tersenyumlah. Lagi-lagi Roald Dahl sangat canggih dalam memberi nama tokoh-tokohnya seperti si Gajah Trunky, Si Burung Roly-Poly, si Kera Muggle-Wump dan si Kudalil Humpy-Rumpy, aku suka itu.

Lumayan lah buat selingan baca euy....hehehehe.

2 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The Enormous Crocodile.
sign in »

Comments (showing 1-6 of 6) (6 new)

dateDown_arrow    newest »

message 1: by Sylvia (new)

Sylvia Perasaan gw blm pernah baca nih Roald Dahl yg ini *mikir*


Roos Ya dah kapan-kapan kubawain deh Syl...kalo di perpusmu gak ada....hehehehehe.



message 3: by Sylvia (new)

Sylvia Eh ada ternyata! secara gak mgkn bgt Roald Dahl terlewatkan disini. hehe baca aahh! buat selingan :D


Roos Heeeemmmmmmmmm.....lumayan kok Syl.


message 5: by Sylvia (new)

Sylvia Cerita anak-anak yah? halamannya dikit, keknya kelar nih hr ini jam istirahat :D


Roos Sip...kasih repiu yah...


back to top